sirkuit Mandalika Lombok Indonesia
GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Akhirnya kalimat sakti itu keluar juga, Dorna Sport selaku pemegang hak siar penyelenggara MotoGP mengindikasikan kebenaran dari berita bahwa MotoGP tahun 2021 mendatang siap digelar di Indonesia, tepatnya di sirkuit Mandalika (Mandalika Circuit) daerah Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB). Tapi artinya pagelaran akbar balapan motor dunia tersebut akan berlangsung dua tahun lagi, dimana salah satu legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi sangat besar sudah pensiun! Siap tanpa beliau nih?

MotoGP Indonesia sudah sangat dinantikan oleh publik Indonesia sendiri, mengenang di tahun 90-an saat motor balap nomor wahid di dunia tersebut masih bernama GP500 dan sempat di gelar di sirkuit Sentul Bogor.

Sejak dua tahun lalu, gempar Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP, banyak kabar sirkuit itu lah, sirkuit ini lah yang akan jadi sirkuit andalan motogp Indonesia (baca: MotoGP Indonesia Mau Dimana? dan Akhirnya Indonesia Batal Gelar MotoGP). Salah satunya adalah Sirkuit Mandalika yang sedang disiapkan.

Akhirnya teka teki tersebut terjawab sudah lads, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (PPPI) atau Indonesia Tourist Development Center (ITDC – dalam bahasa Inggris) sebagai perusahaan BUMN yang mengelola kawasan Mandalika Lombok menyampaikan kabar bahwa Mandalika jadi host MotoGP 2021 dan sudah ada MoU dengan Dorna Sport.

sirkuit Mandalika Lombok Indonesia

Dan nyatanya Dorna Sport pemegang hak siar penyelanggara MotoGP membenarkan ini. Yaitu bahwa MotoGP 2021 salah satu serinya bakal digelar di Indonesia tepatnya di Mandalika Lombok, NTB.

Dorna and ITDC set to bring MotoGP™ to Indonesia

Agreement confirms that Indonesia will welcome MotoGP™ and @WorldSBKWorld Championship in 2021#MotoGP |  https://t.co/VjmndNHc3epic.twitter.com/NoiekX9yCj

— MotoGP™ (@MotoGP) February 23, 2019

Dan adanya komentar dari Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna dikutip dari laman MotoGP.com yang dipublish siang tadi menguatkan indikasi tersebut. 

“Ini sungguh sangat unik, memiliki sirkuit perkotaan dengan kelas dunia di sebuah negara yang MotoGP memiliki penggemar dakan jumlah besar. Indonesia adalah pasar utama bagi kami dengan persentase penggemar motorsport yang tinggal di sini. Dan atmosfer MotoGP akan semakin kuat begitu sirkuit selesai. “

Dan ternyata efeknya meluas lads, tak hanya MotoGP tapi balap motor lainnya, seperti WSBK juga akan hadir di Sirkuti Mandalika Indonesia. Mantaapp, kebayang sektor pariwisata akan lebih menguat nih..

TANPA VALENTINO ROSSI?

By the way tapi ada tapinya nih lads, pada tahun 2021 nanti sangat besar kemungkinan sang legenda hidup MotoGP Valentino Rossi sudah tidak akan balapan lagi alias pensiun! Tahun ini konon menjadi tahun terakhir Rossi balapan, kalaupun perpanjang lagi, maksimal setahun hingga 2020.. Hmmm gimana tuh lads MotoGP Indonesia tanpa Rossi kira kira?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

28 KOMENTAR

  1. Sirkuit dekat laut,daerah rawan gempa,ada tsunami selesai pembangunan sirkuit di batalkan 😄😄😄

  2. Pastinya ada multiplier effect. Pembangunan hotel2 (listnya ada & lumayan “seram”), tenaga kerja utk bangun hotel, tenaga kerja tetap utk hotel2 & sarana prasarana wisata, tenaga kerja musiman utk event, homestay utk backpacker, mungkin akan ada jalan tol atau jalan setara tol sampai mandalika (akses sangat penting-lihat thailand yg jalan tolnya bahkan pararel) dst. Selebihnya, gw kejang2 dulu “Aaaaaa…..MotoGP!!!”

  3. Setuju dengan resiko ini. Bukan cuma mandalika, kuta bali juga pasti tamat karena jaraknya berdekatan. Mengapa tetap dibangun, mungkin karena sepanjang catatan yg ada tsunami terjadi di NTB bagian timur (Bima) berbatasan dgn NTT 9 jam perjalanan darat dari Mandalika. Efeknya hanya belasan cm di pantai Mandalika.

  4. G ngaruh sih
    Buat saya pamor kakek legend sudah lama luntur seiring banyak.nya kotrofersi yg sering dia lakukan

  5. Kalau mempersiapkan semua infrastruktur hingga 2020 akhir..masih ke uber..lanjutkan

  6. Lhaa katanya no rosidin no parti mang….?
    Kok dorna brani ya memutuskan…
    Apa ga takut sepi penonton nantinya….
    Kalo gitu brarti dorna yakin donk, meski tanpa rosidin, motogp akan tetap rame bila digelar di Indonesia tercinta ini….

  7. Siapapun pembalapnya…
    Orang awam nyebutnya rossi

    Nah itu masalahnya
    Kalau tanpa rossi gmn ya

  8. Sapa yang mengkuduin rossi ikut gepe?
    WSBK yang level athmosphere nye aje di bawah motogepe rame n disuke, komentar di bloggandos ngehits kok? Sapa yang mengekuduin pake rossi? Hah?
    (Emosi. Marah-marah ala-ala gus nur di yutub)

  9. @alsilen

    yang awam gak bakal nonton,
    gak ngaruh brrti kan ada apa enggaknya mbah rossi

  10. ga masalah mang kobay.
    acara kaya gini sama kok kaya konser2 musik internasional, peminat nya ada 2 tipe.

    1. enthusiast, ga cuma sekedar suka pembalap, emangnya akomodasi kesana murah? kecuali emang enthusiastnya VR46 yang rela kluar uang cm buat meet n greet.

    2. yang pengen eksis di medsos padahal ga ngerti juga apa yang ditonton.

  11. Hmmm, mungkin tetep dengan rossi mang. Tapi ga bejek motor, duduk manis di paddock melihat anak asuhnya kebut – kebutan. Atau berdiri di mimbar sebagai brand ambasador yamaha. Perlu diingat rossi bukan sekedar pembalap, dia sudah punya team balap dan satu lagi masa yamaha rela melewatkan momen motogp untuk promo ? dan rossi adalah marketing paling menjual 😀

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.