GSX tekiro

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Pada dasarnya, jika sudah bicara motor dengan kubikasi 250cc ke atas, irit atau borosnya konsumsi BBM menjadi kurang relevan, karena mesin sebesar itu memang gakan bisa seirit bebek atau skutik 100-150cc hehe. Tapi namanya juga kepo dan penasaran, setiap produk yang baru hadir akan timbul pertanyaan, berapa sih konsumsi BBM-nya? Nah ini dia konsumsi BBM Honda Forza 250 saat KBY gunakan harian ke kantor. 

Biasanya, motor dengan kapasitas 250cc ke atas lebih mementingkan performa, meskipun untuk level 250-300cc, konsumsi bbm juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Belum lagi bobot rata rata motor 250cc ke atas sudah bermain di atas 160kg. Honda Forza 250 ini punya mesin 250cc 1 silinder dengan tenaga 23.52 PS (17.3 kW)@7,500 rpm, dan torsi 24Nm@6,250 rpm, bobotnya 182kg.

KONSUMSI BBM HONDA FORZA 250

Bisa dibilang variatif lads, intinya sih kurang lebih mirip dengan kelas 250cc lainnya yang pernah KBY tes, terutama kompetitor langsungnya, si XMax 250. Variatif di sini benar benar tergantung pada kelancaran lalu lintas, mengingat Honda Forza 250 tidak atau belum memiliki fitur idle stop system (ISS) seperti saudaranya yang lain.

baca juga deh: Review Harian Yamaha XMax 250

Hari pertama di tangan KBY, trip B direset dulu, biar tau berapa jarak yang sudah ditempuh selama dipake, otomatis AVG ikut tereset lads. Nah sempat dipake jalan jalan bareng nyonya, AVG nya menunjukkan angka 1:30-an.. Ketemu kemacetan di Buaran, langsung drop pelan pelan, 1:29 dan stabil di angka 1:28.

konsumsi bbm Forza di Trip A adalah 25.6km/l – digunakan oleh sang pemilik dan tidak KBY rubah

Besoknya, hari Senin nih, hari pertama semua yang habis liburan natal dan tahun baru pada masuk, yang sekolah, yang kerja masuk semua. Kebayang macet kek apa? Hahaha.. Udah gitu ga tau kenapa malah pilih lewat cawang, buyar deh itu AVG langsung drop ke 1:23 kekeke.. Konsumsi BBM Honda Forza 250 terakhir ada di angka 24,8 km/liter.

konsumsi BBM Forza 250 selama KBY pegang

RIDING STYLE

Seperti biasa aja, kalau kena macet mau digeber geber? Arogan amat wkwkw, lagian matik digeber geber bisa lompat kali :D. Tapi ada satu kesempatan di hari Selasa tanggal 8 Januari kemarin, berangkat agak siang karena ada acara kantor di Halim. Itu jalanan di otista lumayan lengang! Meski kena macet juga sebelumnya di Pasar Gembrong.

Tak hanya Otista, di jalur Halim juga ternyata KBY dapat kesempatan geber lumayan pol karena sepi.. Ngucur dah tuh bensin Forza 250 wkwkwk.. Nanti KBY bahas di artikel terpisah ya.

KESIMPULAN

Jadi gimana menurut KBY konsumsi Honda Forza 250, irit, boros atau biasa aja? Menurut KBY pribadi sih cenderung biasa aja. Kalau ngeliat kapasitas mesin 250cc maka angka 1:25an bisa dibilang irit, tapi kalau melihat dia cuma 1 silinder, harusnya bisa lebih irit lagi..

Tapi balik lagi, mengingat bobotnya yang lebih dari 180kg (tepatnya 182kg), maka angka konsumsi BBM Honda Forza 250 melalui AVG tersebut masuk kategori irit meski gak luar biasa. Paling parah sih emang kalau ketemu macet ya, kalau ada ISS biasanya kebantu mesin mati, belum lagi sempet digeber pol.

Yah 11-12 lah angka konsumsi bbmnya dengan kompetitor punya. Oia total jarak yang sudah KBY tempuh adalah 110,1km dengan waktu 5 jam 30 menit. Wah gak kerasa juga yah. Sementara total jarak tempuh adalah 253.6 dengan waktu pemakaian 11 jam 11 menit.

Special thanks: Masbro Hadi Subroto

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

42 KOMENTAR

  1. Oh omongin terang ngak terang, sebenarnya kan emang habitat nya di perkotaan, bukan di perbukitan yg gelap. Trus apa ada standar di Eropa mengenai berapa lumen maks/ min lampu kendaraan? Kalau kebisingan kita ada standar nya.

    • Nah kalau standar sih kurang paham, tapi gw percaya pabrikan sudah bikin sesuai standar.. Cuma gw merasa kurang kuat aja sinarnya

  2. Napa om.ngak coba berenti sebentar di BKT, kan rame tuh klau sore pada nongkrong, coba amati penilaian mereka.

  3. Apakah honda forza ngangenin? Yg mana yg lebih ngangenin, forza atau xmax? Jawab jujur….. 😂😂😂

  4. Tanpa perlu penjelasan apa pun kenapa ngangenin…..dan saya sama sekali tidak meragukan independensinya…..Wuakakakaka….. Salah satu yg selalu saya jadikan referensi nih….. 👍 👍

  5. Idih kehed bensinnya boros gak seirit pcx 2 klep ekekekek #fbh mode blo’on, dalam sejarah ini mesin impor honda matic yang pakai 4klep ekeekekk

  6. Yang ane tau sih di kanada lampu led utk mobil dibatasi 4300 kelvin..ga boleh lebih dr itu..cmiiw

    • motor terboros pun kalau digeber konsisten 60km/jam bakal irit mang wkwkwkw…

      Gak nyalahin Motorplus, bebas aja. Tapi menurut gw pribadi paling riil ya tes gw ini, asumsi dipake harian. Gada kecepatan konstan, lancar geber, macet pasrah.

      Tentu hasil bisa berbeda gimana trayek harian yang dilalui.

  7. baru pertama liat langsung ketemu pas di daerah gentong, ternyata lebih ramping banget dari xmax ya. yg nyetirnya juga serasa kayak bawa vario. wkwkwk…

  8. kalo diblog elangjalanan,net Xmax bisa sampai 39km/ltr.. paling boros 30km/ltr waktu kena macet.. katanya boncengan full beban…
    di kompas otomotif bisa 33km/ltr…
    ya mungkin sekali2 di segmen ini yamaha lebih irit dr honda…
    gak papa… honda jepang tahu klo di segmen ini irit tu gak penting bgtt… yg penting kelihatan mewah…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.