wajahnya gakan jauh dari ini - ilustrasi

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Pecinta roda empat semuanya, sempat marak isu bahwa Nissan Indonesia akan merilis MPV 7 tempat duduk baru sebagai pengganti atau penerus Grand Livina yang penjualannya kusut masai. Yang bikin menarik adalah mobil tersebut nantinya akan menjadi kembaran Mitsubishi Xpander! Kembar? Iya beneran lads, sama bentuk dan desainnya. Dan sejauh ini info yang KBY kantungi adalah namanya memang akan menjadi All New Grand Livina! Nah looo.. 

Dulu mungkin kita akan merasa aneh melihat mobil kembar alias sama persis, tapi sejak negara api menyerang eh sejak adanya duet maut Toyota Avanza – Daihatsu Xenia dan Rush Terios yang dilanjut oleh Agya Ayla serta Calya Sigra, melihat mobil yang sama persis hanya berbeda badge (emblem) jadi biasa aja.

MOBIL KEMBAR DI INDONESIA

Di luar Toyota Daihatsu sebenarnya juga ada duet Isuzu Chevrolet dengan Panther x Tavera, bedanya selain di badge ada di mesin, Panther sudah jelas diesel sedangkan Chevrolet Tavera itu bensin.

Kalau lads masih ingat juga ada Suzuki x Mazda dengan Ertiga dan VX1 serta Suzuki x Mitsubishi dengan APV dan Maven. Meski masih aneh melihat mobil kembar di luar Toyota x Daihatsu, tapi memang ada kok meski yang jadi kloningan biasanya gak segemerlap mobil “asli” di sisi penjualan.

Bahkan di Jepang, Suzuki dan Nissan itu bergandengan tangan menelurkan mobil yang serupa, seperti Nissan Serena menjadi Suzuki Landy. KBY naekin tuh Suzuki Landy waktu jalan jalan ama Suzuki ke Jepang hehe.

ALL NEW GRAND LIVINA

Begitu juga proyek kloningan antara Mitsubishi dengan Nissan nih lads. Nissan dikabarkan akan “mencetak ulang” Mitsubishi Xpander untuk kemudian memberi emblem Nissan di moncong depan dan bagian belakang MPV terbaru mereka tersebut.

Jika tak ada perubahan, maka MPV Nissan kembaran Xpander tersebut akan memiliki nama All New Grand Livina! Jika benar mirip maka pertanyaan selanjutnya adalah, apa yang berbeda selain emblem?

PERBEDAAN ALL NEW GRAND LIVINA DENGAN XPANDER

KBY belum tahu persis sih perbedaannya, tapi di luar duet Toyota dengan Daihatsu serta Suzuki – Mazda, biasanya sih ada beda di sektor dapur pacu alias mesin lads. Misal Suzuki APV dengan Mitsubishi Maven, mesinnya berbeda. Panther vs Tavera juga beda banget.

Nah kemungkinan Nissan akan menggunakan mesinnya sendiri nih, bisa jadi tetap pakai mesin Grand Livina lawas yaitu HR15DE 1500cc CVVT atau bahkan mesin yang benar benar gres. Sisanya kemungkinan hanya bermain di fitur dan pernak pernik belaka.

KAPAN ALL NEW GRAND LIVINA RILIS?

Sesuai bocoran, jika tidak ada penghalang, All New Grand Livina Xpander akan diproduksi di tahun 2019 ini tapi setelah pertengahan tahun, artinya lumayan masih lama sih. Nah perkenalannya bisa jadi barengan atau ya akhir tahun 2019 lads.

Yang menarik untuk ditunggu adalah, mengingat Mitsubishi Xpander sendirian saja sudah bisa mengangkangi Avanza berkali kali, bagaimana nanti kalau Nissan Xpander eh All New Grand Livina jadi hadir ya? Duet mautnya bakal seperti Avanza Xenia kemungkinan nih!

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

37 KOMENTAR

  1. “meski yang jadi kloningan biasanya gak segemerlap mobil “asli” di sisi penjualan”

    Tapi avanza lebih laku dari xenia, calya lebih laku dari sigra, agya lebih laku dari ayla, rush lebih laku dari terios.

    • Karena yang diset sebagai kloningannya justru buatan Daihatsunya, meski secara real, justru Xenia, Sigra, Terios sama Ayla itu yang aslinya hehe..

  2. Yah bakal ga ada lg donk mpv (or minibus kl di stnk) rasa sedan… mobilio jelas blm “nyampe” ke level nyamannya GL.. ertiga lebih deket ke feel mpv ala avanza xenia..

  3. Mungkin bedanya ANGL nanti display aircon sdh digital auto climate, headlamp pakai LED, kamera 360… harga diset lebih mahal pastinya

  4. @unyu harga nissan mo lbih tinggi dari mitsu itu niat bunuh diri klo sama level dan segmen dipasaran indonesia. Org lbih suka mitsubishi karena brand image lebih kuat. Meskipun secara global produk nissan lebih bagus daripada mitsubishi.
    Baca di autonet, grill depan beda walo base sama. Lampu senja led jga berubah sedikit untuk lampu utama bisa led bisa bohlam. Mesin fix untuk generasi pertama pke base livina. Kalo pribadi nissan angliv bakal lbih murah

  5. Kang @Baginda, semoga harga Liv lewih murah,
    tur ora mundak hargane tiap semester, hehe
    Enggane motor karo mobil karo pit, tiap semester regane mundak terus.

  6. Livina yg sekarang cenderung lebih mirip Station Wagon.
    kalau pakai basis Xpander berarti bakalan jadi minibus.
    jadi seharusnya Nissan jangan memaksakan pakai nama Livina tapi pakai nama lain buat kembaran Xpander ini, misalnya All New Evalia atau nama yg lainnya.

  7. Mudah2an segera loncing, kasihan salesnya sekarang mau jualan apa.. gl emang handlingnya enak, jauh lah dibanding avxen, yang mendekati enaknya cuma ertiga buat lmpv. meskipun banyak juga kekurangannya (radius putar, cupholder, mesin agak lemot & kopling sensitif dll).

    Mungkin salah satu penyumbang handlingnya yang enak ya karena body ala station wagonnya punya gc yang relatif rendah, jadi ga limbung. kalau pakai platform expander kayaknya ga akan se antep gl yg lama cmiiw

  8. publik ekspetasinya bentuk berubah jangan plek ketiplek Xpander donk,,, katanya Holding Company Nissan salah satu raksasa automotif mosok mau niru Astra sihhhhh #kompor
    ….. btw dulu ada teman punya Chevy Trooper short chassis pas dibuka kapnya eh mesin Isuzu 🙂

  9. Mesinnya kan tetap pake livina. Menurut ane sih pasti tetap nyaman, cuma bodynya aja beda dri livina yg biasa

  10. Iya livina emang nyaman seperti Sedan, yang baru seharusnya juga sih karena kan livina taglinenya itu.

  11. Kalau soal kloningan antar mobil sih udah biasa ya. Udah lumayan byk juga di jalanan Indo. Tapi utk kloningan livina sama xpander agak kaget juga, kayanya menarik. Kapan keluarnya ya? gua rasa bisa jadi pilihan mobil gua tahun ini nih

  12. gak pa2 deh mau digabung atau enggak juga, yg penting nissan ttap utamain kenyamanannya. mantap pokok e nissan! da best

  13. oh masih pake mesin livina? baguslah. Emang bagus sih mesinnya. Semoga kursi mobilnya juga seenak livina. Tapi mungkin pas dipadukan dgn xpander jadi lebih gahar ya? jantan. Cocoklah haha

  14. udah lama pake livina.. liat mau ada model baru, jadi pengen ganti yg baru wkwk. Kerenlah Nissan

  15. Banyak fb R daripada fb T disini. Fbh sedikit, fbs juga dikit, apalagi fb A. mantap juga produksi R ini
    R: renault, mitsubishi, nissan, datsun
    T: toyota, isuzu, daihatsu
    A: audi, lambo, vw
    H: honda, mazda
    S: suzuki, subaru

  16. Sampe apal gitu ya mas..

    Sing penting mobil keluaran nissan ini gk ngecewain sama pablik ekspektasionnya deh, karena kaget jg nama livina mau dipakein tampng xpander

Yuk Tinggalin Jejak Lads..