Sebagai automotive enthusiast, apa yang paling didambakan dari suatu tempat? Satu ruangan penuh kendaraan yang belum pernah dilihat sebelumnya? Hal itu terjadi pada KBY saat berkunjung ke Suzuki Plaza di Jepang, dimana di kantor pusat Suzuki Motor Corporation tersebut terletak Museum Suzuki. Museum tersebut penuh sejarah akan perjalanan panjang Suzuki dan pendirinya lads – Michio Suzuki, dan KBY juga baru tahu kalau mesin pertama yang diciptakan Suzuki adalah bukan otomotif. Loh apa dong?

Museum Suzuki letaknya ada di lantai 2 Suzuki Plaza Hamamatsu Jepang, di lantai 2 tersebut begitu kita menjejakan kaki di tangga terakhir, akan disuguhi patung mendiang founder dan first president Suzuki Corporation, Michio Suzuki lads.

Michio Suzuki founder Suzuki Corp

Menengok ke kiri, akan terlihat mesin ciptaan Michio Suzuki yang pertama, yaitu sebuah mesin tenun! Yoi lads, Suzuki pertama kali menciptakan mesin itu bukan mesin motor atau mobil, melainkan mesin tenun. Unik bukan? Mesin tenun tersebut diciptakan tahun 1909. Itulah sejarah asal usul mesin yang diciptakan Suzuki.

mesin pertama Suzuki adalah mesin tenun!

MOTOR dan MOBIL PERTAMA SUZUKI

Barulah di tahun 1952, Suzuki membuat mesin otomotif pertamanya, yaitu dalam bentuk sepeda yang dikasih mesin! Namanya Suzuki Power Free, sepeda motor dalam arti sebenarnya ini pernah hadir di Indonesia dalam ajang Indonesia Motorcycle History beberapa waktu lalu lads.

Di tahun 1954, Suzuki baru membuat motor “beneran” dengan nama Suzuki Diamond Free, bentuknya seperti pada motor klasik di era tersebut lads, ya BSA, Norton, Royal Enfield dlsb.

CIKAL BAKAL SUZUKI INTRUDER

Di tahun 1956, Suzuki menciptakan motor klasik yang unik, lampu depannya lonjong ke depan dengan tudung, namanya Suzuki Colleda termasuk Colleda 250TT. Colleda 250TT ini lah yang menjadi cikal bakal Suzuki Intruder modern saat ini lads.. Bentuknya ada yang menyerupai Intruder terkini loh, termasuk Intruder 150 yang aneh itu wkkwk.

Suzuki Colleda, cikal bakal Suzuki Intruder

Di tahun 1958 kemudian Suzuki membuat moped yang kalau dilihat akan teringat akan Honda Super Cub 70, namanya Suzumoped SM1. Ini cikal bakal bebek modern Suzuki lads.

Suzumoped SM1

MOTOR BALAP PERTAMA SUZUKI

Suzuki ikutan balapan pertamanya di ajang Isle Man of TT tahun 1962 dengan menggunakan Suzuki RM62 berkapasitas 50cc bertenaga 9PS! Weww setara bebek 2 tak Alfa II R tahun 90an yak. Pembalapnya adalah Ernst Degner dan mantapnya langsung juara umum baik racer maupun konstruktornya!

Suzuki RM62 1962 ITT, motor balap pertama Suzuki

MOTOR 500cc 2 SILINDER PERTAMA DI DUNIA

Tahun 1968 kembali Suzuki membuat gebrakan dengan menciptakan motor 500cc produksi massal pertama di dunia yang menggunakan 2 silinder! Namanya adalah Suzuki T500, top speednya mencapai 181km/jam.. edian buat tahun segitu mah wkwkw.. Yang ngeri rem depannya masih teromol.. hiii

Suzuki T500 2 silinder 1968, motor 500cc 2 silinder pertama di dunia

MOBIL PERTAMA SUZUKI – MBAHNYA SUZUKI CARRY!

Suzuki membuat gebrakan pertamanya di roda 4 dengan meluncurkan Suzuki Suzulight di tahun 1955, modelnya kaya Morris Mr. Bean gitu deh lads.. Di tahun 1961 Suzuki membuat pick up dengan nama Suzulight Carry SB, nah ini mbahnya Suzuki Carry wkwkkw.. Suzulight series bertahan lama hingga tahun 1965 sebelum mengganti dengan nama Suzuki Carry saja.

Suzuki Suzulight Carry, Mbahnya Suzuki Carry
ayo siapa yang pernah punya Carry versi ini?

Suzuki Suzulight

MOTOR – MOBIL SUZUKI ERA MODERN

KBY sebut era modern ini saat memasuki tahun 1980-an ya lads, dimana untuk mobil hadir Suzuki Fronte, Suzuki Jimny SJ400, Mighty Boy dan cikal bakal Suzuki Swift, Eleny serta Forsa, yaitu Suzuki Cultus! Ada juga Vitara, Suzuki Cappucino roadster dlsb. Sedangkan mobil yang lebih modern ada di lantai dasar, Swift, Wagon R, Spacia, Baleno dll.

era mobil modern dibuka oleh Suzuki Fronte
Suzuki Cultus gen 1, mbahnya Forsa, Eleny dan Swift

Untuk motor dimulai dari era Suzuki GS750E, GS650G, DR400S, Suzuki XN85 Turbo berbasis Suzuki GS650. Ada juga Suzuki DR600 Dakar, Suzuki GSX-R750, RG250R, Suzuki Katana GSX-1100S, Suzuki GV1400LXE Cavalcade – Gold Wingnya Suzuki nih. Ada juga GN series, salah satunya Suzuki GN250 yang pernah KBY review. Motor lebih modern juga ada di lantai dasar.

Suzuki XN85 Turbo

Well lads, begitu banyak kendaraan di museum Suzuki tersebut, namun waktu terbatas sehingga KBY tidak dapat mengeksplore semua dengan detil, nanti akan ada artikel galeri motor dan mobil Suzuki yang mungkin belum pernah kita lihat di Indonesia. Nanti versi videonya akan KBY buat juga ya, puas deh melototin, tapi jangan lupa subscribe dooong hehe..

motor balap Kevin Schwantz juga ada nih
Made in Japan

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

23 KOMENTAR

  1. Jaman awal2 ternyata model suzuki cenderung selera Inggris ya ?

    Hatur nuhun bonus photo neng geulis na.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.