Kobayogas.com – Hola lads, salam geber.. Ada kabar penting yang sifatnya urgent nih bagi lads yang  memiliki Yamaha R25 dan Yamaha MT-25 di garasi. Sifatnya segera karena PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja di hari ini (Selasa, 20/11/2018) mengumumkan secara resmi pemanggilan Yamaha R25 dan MT-25 untuk mengecek dan jika diperlukan melakukan penggantian 2 part alias komponen yang diindikasi bisa menyebabkan masalah. Adapun yang terkena recall tidaklah semua, itu mengapa penting bagi lads untuk mengecek tahun produksi dan nomor rangka masing masing.

Part yang harus dicek atau diganti di bengkel resmi Yamaha tersebut adalah Spring Torsion (berkenaan dengan kinerja mesin) dan Hose Radiator (berkenaan dengan fungsi pendinginan) sehingga perlu dilakukan pemeriksaan bahkan kalau diperlukan kedua part tersebut akan diganti secara gratis. Berikut adalah daftar tahun produksi dan nomor rangka dari Yamaha R25 dan MT-25 yang terkena recall.

Nomor Rangka Yamaha R25 dan MT-25 Yang Terkena Recall

1. Hose Radiator (Hose 2 (1WD-E2577-00) & Hose 3 (1WD-E2579-00)

ModelNo.RangkaTanggal Produksi
R25Non ABSMH3RG1020EK001001-MH3RG1020JK024683Jul 2014 – Nov 2017
ABSMH3RG0140FK001001-MH3RG1040HK002700Feb 2015 – Okt 2017
MT-25MH3RG1010FK001001-MH3RG1010HK007783Mei 2015 – Des 2017

2. Spring Torsion (90508-29806)

ModelNo.RangkaTanggal Produksi
R25Non ABSMH3RG1020EK001001-MH3RG1020GK020502Juli 2014 – Maret 2016
ABSMH3RG0140FK001001-MH3RG1040GK002260Feb 2015 – Maret 2016
MT-25MH3RG1010FK001001-MH3RG1010GK006308Mei 2015 – Maret 2016

Soo, bagi lads maupun rekan atau saudara yang punya Yamaha R25 dan MT-25 di rumahnya dan tahun produksi serta nomor rangkanya masuk diatas, segerakan geber ke dealer Yamaha berlogo R-shop terdekat untuk melakukan pengantian 2 komponen Spring Torsion dan Hose Radiator secara cuma-cuma alias gratiss! Program recall dilakukan serentak diseluruh dealer R-Shop Yamaha mulai tanggal 28 November 2018.

Yang sulit, di Indonesia yang namanya recall terutama untuk sepeda motor, masih dipandang sebagai hal yang negatif sebagai kekurangan atau buruknya kualitas suatu produk. Memang sih, intinya kualitasnya tidak terkontrol dengan baik, tapi tidak ada satupun produk di dunia – dalam hal ini otomotif yang lepas dari tindakan recall. Dan di luar negeri yang namanya recall sudah dianggap lumrah sebagai bentuk tanggung jawab pabrikan atas kurangnya kualitas sebuah produk setelah dilepas kepasar. Yah, tidak semudah itu Waluyo..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

96 KOMENTAR

  1. Intinya recall untuk memperbaiki suatu part yg sekiranya pas dilepas dipasaran terkandung unsur logam yg tidak sesuai atau kelebihan muatan logam campurannya. Jadi harap segera diganti walaupun cuman cacat dikit tapi jangka panjangnya bisa bikin pengendara tersebut atau pemilik motor tersebut menjadi was2 dalam berkendara. ya kalau ada rezeki lebih ganti aja yg part aksesoris yg bahannya lebih baik dari pabrik pembuatnya

    tull ga om kobay ? ???

  2. Recall seksli 2x layak diaebut tanggung jawab tp klo recall berksli2 layak disebut bozokkkk…

    QA & QC ne kemana?

    • Apa kabar :
      tangki botchor
      Shock bengkok
      Rangka patah

      Yang udah beli dibenerin apa cuman dikasi bacot no jutsu?

      Kalo produsen mau benerin itu namanya tanggung jawab walau itu berkali kali. Seenggaknya mereka tetep memperhatikan produknya

      Kalo dikekepin doang dan konsumen yang udah beli ga dikasi kejelasan itu baru namanya bosok

      Sampai sini udah ngerti pulgoso?

      • Kerenzz nih YIMM memberikan tanggung jawab terhadap produknya…… daripada ada produk yg sdh viral cacat masal tapi kita diberikan pembodohan masal lewat social engineering….

      • 1199 Panigale juga recall berkali2 lho bro..Gk cuma r25 aja yg recall berkali2. Dan masalahnya dimana sih klo r25 recall bukannya bagus buat konsumennya?tenang aja gk usah kelojotan ms beat masih aman kok bro.

    • Ehem ehrm ?
      Daripada endless bacod, nih ane sebutin maksud dari kedua kubu sales ??
      1. Y= Part bnyak ditemukan yg tidak sesuai dh standar, dan akirnya di recall (Pabrikan mau tg jwb) no uang kluar sepeserpun utk owner. Wlopun bgtu produk fine fine aj dikendarai.
      2. H= Bnyak keluhan dll, ampe patah, mleyot banaran (no recall), produk apakah bisa dikendarai ? Iya, tapi dg was was, sewaktu” protol.
      So, silahkan pilih mna ? ??

      Semua produk pasti tidak ad yg lepas dari kekurangan, tetapi secacat cacatnya produk, lebih cacat lgi klo pabrikan diem n gk recall ?
      Betul nda ?
      Hanya FBH aj yg bilang salah, karena produk H maha sempurna ??

      • begini, setelah gw perhatiin maksod dari kedua kubu sugiono dan rocco, dua duanya punya makna tersendiri dan gak bisa disalahin juga Santoso..

        Eiscell pada dasarnya salut sama Yamaha karena berani recall.. tapi andai recall tersebut juga dilakukan tak hanya pada produk berlabel global doang, karena pada faktanya yang lokal juga ditemukan masalah yang bisa masuk ke dalam kategori recall tapi gak dilakuin..

        intinya recall cuma buat produk Globalnya doang.

        Sementara Subaru selain salut sama Yamaha juga kepengen Honda melakukan hal yang sama – yaitu melakukan kampanye recall terhadap produk produknya – gak disebut global atau lokal – pokoknya lakuin hal yang sama aja..

        Bukan begitu Raharjo?

      • Semua ujungnya konsumen yg memutuskan mana yg layak fibrli dan ujubg2nya hasilnya bisa dilihat dari hasil jualan mana yg lebih banyak artinya lebih dipilih konsumen … klo masalah merk H banyak yg memberitakan bosok lha wong jualan aja 70% lebih ya pasti nya jumlahnya juga akan berbanding lurus ..tinggal mana yg bisa memuaskan konsumen tuh . Klo merk H fibilang gak tanggung jawab kov bisa ya kuasai 70% jualan kog bisa ya dapet award best brand kov bisa CS nya dapet awrd palinv aware sama konsumen sungguh ajaib fakta negri ini

      • Emang kemaren lexi bkn trmasuk recall mang??
        Xabre jg bkn’y pernah ada penggantian part kiprok jg ya mang kobay?

    • Betul itu mang kobay ..gak ada salah buat recall asal gam keterlaluan masa satu type direcall berkali kali dari GIR POMPA OLI sampe terakhir ini recall SPRING lha klo sekalinrecall namanya tanggung jawab recall berkali2 namanya produk gak bener develope R&D nya banyak yg diPASS buat kejar tayang .

      harusnyanproduk lokal yg buat konsumen dimari yg banyak dibeli itu yg wajib recall .. bukan type yg direcall karena type GLOBAL aja..

      • Lexi?

        Sama halnya produk sebelah, aplg sebagai market ledaer yg katanyah bisa memuaskan konsumen, cs’y dapet award.

        Tpi knpa utk membeli sebuah part susah/lama banget?
        #serius nanya?

    • Honda dimarinkapok kejadian beberapa puluhbtahun lalu RECALL pertama sepeda motor di indonesia ditype vario pertama tanggapan konsumen anggap cacat produksindan tidak layak dibeli maka sejak itu gak ada lagibistilab recall produk dimari yg ada hanya pengecekan dan penggantian secara diam2 atau head 2 head sama konsumennya langsung .

      Bisa dibuktikan buat bkonsumen yg sempet vokal dimedsos soal motornya yg dianggap cacat hasil akhirnya konsumen dipuaskn terhadap layanannya meski gak recall karena mereka bener2 kapok dg anggapan negatif istilah recall..

      Jadi yg mrrasa motormya bermasalah jangan diem bae ..segera lapor sama CS ew tuntut hak mu jika merasa dapat produk gak bener.

      • Justru gentle mas bro, dy mau recall karna stelah adanya investigasi trnya di temukan ada INDIKASI yg membahayakan konsumen.
        Dy perduli akan keselamatan konsumen

    • Semua Pabrikan mempunyai standar yang sama untuk melakukan Recall..udah dicantumkan dalam sebuah Pasal dalam Assosiasi global.
      Kalau sifatnya sudah Majemux ..buanyaaak..bejibun..mass atau Massaaaal..maka dilakukan Reject Recall ?

      Kalau jumlahnya seicrit apalagi yang banyak versi bc an doang gak perlu sampe Recall ?
      Masalahnya Recall Reject tsb udah Identix dg Y ? yang kaga kapuok2 dan sangat rajin untuk diulang dan terUlang ?

      Makanya ..sebagai Konsumen, kita wajib selalu Cerdas. Dan yang Tepenting adalah :
      Jangan kau Lachurrkan Harga Dirimu hanya untuk sesuatu yang’ Murahan ‘ ?
      Harga diri adalah Jati diri..??

    • Pabrikan Recall..Y ?
      Pabrikan Reject..Y ?
      Pabrikan kePalsuan..Y ?
      Pabrikan ke KW an..Y ?
      Pabrikan Mangkrak..Y ?

      Jangan injak2 Harga Dirimu dengan menempatkannya pada sesuatu yang ‘ MURAHAN ‘.. ?

      Jangan kau Lachurkan dirimu untuk sesuatu yang murah ? ingat..
      Harga diri adalah sesuatu yang pantas ditempatkan dengan segala kebaikan ditempat tertinggi ?

  3. Gayanya nanya kabar …pelek geal geol aja baru diganti setelah molding velg nya ajur bilang apa kabar?
    Shock sekeras batu aja digantj tabung di versk terbaru bilang apakabar? Komstir oblak aja gak ada recall nanyain kabar .. bosok mah bosok aja ..

    Ini recall pun karena produk global coba prodak buat kknsumen lokal bakal diem diem aja tuh ..

    Masih teringat jelas ngebul di 8rb rpm iyu wajar kata petingginya ..

    • Gmn bang dengan mesin yg klotok2, frame yg jelas2 sudah patah( bkn indikasi membahayakan lagi tpi emang membahayakan), shock yg bengkok, cvt gampang gredek, tangki bensin gampang bocor, rantai cepat bunyi.
      Jangan lah semut di seberang nampak tpi gajah di pelupuk mata terlihat bang.

      • Tanya ke AHM kecuali eiscell sales, ngoahahaha. Artikel recall berjilid R2lusin, kok sibuk bahas produk lain, wkkkkkkk

  4. Beye mah gagal.paham.mulu sedari dulu produk pujaannya recall ya karena yg direcall produk global yg produk buat konsumennlokal mah diem.in aja tp ntah itu pura2 apa emang kagak tahu beneran atau mo pura2 lupa?

    Bosokkk mah bosok saja

    • Buktinya blok 1PA diganti 2PV untuk next Pigson. Tinggal shock dan velg aja untuk generasi baru belum teruji. Kalo pigson awal sampai NVA langganan protol dan rompal.

  5. Seenggaknya ada recall yah bukan diedukasi melulu
    Produk bosok yakampret banyak tapi kalau urusan recall dikaitkan dengan kebosokan yang bisa bikin produsen takut recall lagi yang rugi ya konsumen

    Kalo bosok dibela melulu mah yang ada produsen makin seneng dapet konsumen buta mata buta hati, dikasi duit engga tapi fanatik bela ama nyerang

    Sampai sini sudah mengerti bagaimana seharusnya bersikap soal recall chirippa?

    • Recall sekali 2x okey recall berjilid2 tanpa seri artine barange bener2 bosok tidak matang dalam develope produk …

      Toh yg ngebul 8rb rpm karena dongrade ring seher aja dibilang normal

      • ooh..jadi mending dibiarkan saja dan diselesaikan dengan edukasi ya?

        kalo yang ga tanggung jawab itu sih gampang, tinggal bilang “produk diluar sedikit beda dengan kita, produk kita aman”

        itu contoh petinggi r4 sempat berbicara seperti itu saat ditanya recall

        yu suka yang seperti itu? jika iya cukup bagi ai untuk berbicara dengan attack dog seperti ini
        menghabiskan waktu ai saja

      • Recall sekali 2x okey recall berjilid2 tanpa seri artine barange bener2 bosok tidak matang dalam develope produk …

        Toh yg ngebul 8rb rpm karena dongrade ring seher aja dibilang normal

      • Toh yg ngebul 8rb rpm karena dongrade ring seher aja dibilang normal

        Gmn bang dengan mesin yg klotok2, frame yg jelas2 sudah patah( bkn indikasi membahayakan lagi tpi emang membahayakan), shock yg bengkok, cvt gampang gredek, tangki bensin gampang bocor, rantai cepat bunyi.
        Jangan lah semut di seberang nampak tpi gajah di pelupuk mata terlihat bang.

    • Ingat..lihat tahun Produksinya ? itu semua Produk Mangkrak yg direcall ? bukan orodux fress from oven ?
      Buat Rejct25 Facelift…siap2 diReject Recall secepatnya 2 tahun lagi ?

  6. Susah ya ngomong ama attack dog kalo ada artikel bagus buat konsumen malah dijadikan ajang nyerang lawan majikannya

    Kalo urusan produk ai banyak ga suka ama yakampret jaman now tapi kalo urusan recall untuk konsumen gw bela mereka biar ga kapok atau takut buat recall ke depannya

    Susah sekali bicara denganmu sukarwoo

    • Sama aja situ susah menerima fakta klo yg direcall cuma produk global sedangkan produk cashvow sperti meo vixi klo problem juga diem2 bae. Kaca mana kaca

      Mrnolak lupa 8rb rpm ngebul dikatain normal

      • mangkanya gw bilang susah ngomong ama makhluk yang beginian
        untuk urusan recall ai dukung yakampret
        ai tidak akan menyerang mereka dengan membabi buta karena ini urusan dengan konsumen

        yu ga mendukung ngahaem mengadakan recall untuk frame CB dan frame PCX?
        busukkah? berani bilang?

    • Klo ngebul 8rb rpm dikatakan normal gak?? Klo saya sih bilang normal klo itu motor RX king

      Tp klo vixi 4 klep?? Dibilang normala wajar kah??

      Kok situ gak koar2 recall untuk urusan mesin? Akhifnya digen 150berikutnya ring sehernya diganti juga khan tp apa kabar dg gen sebelumnya diem bae tuh

      • Situ menjawab ga untuk recall frame cn dan pcx? Busukkah? Kan ai sudah menjawab untuk yakampret kok situ ga berani nyentuh hondut?

        Ngikik bgt jadinya allesandroooo

      • Nah gmn dengan frame cb/cbr bang, knpa di model terbaru ada revisi di bagian frame yg suka bermasalah(patah), dan apa versi sebelumnya ada penggantian??
        Dulu jg tangki gampang bocor apa ada penggantian dri pabrikan?

        Semut di seberang lautan terlihat, gajah di pelupuk mata tak terlihat.

    • Gak perlu panjang lebar..
      Ingat..jangan kau hargai dirimu dengan sesuatu yang ‘ Murahan ‘ ?

  7. Kita pake logika gampang aja dah,

    utk produk yg sejenis

    Kita akan beli produk yg beberapa kali recall dgn track record penanganan baik,

    Atau akan pilih produk yg blm pernah recall atau jaranglah.

    Kira kira konsumen akan pilih mana?

    Ini.bisa buat survey.

    • Gak usah bingung gak usah survey tinggal lihat data penjualan mana yg lebih laris artinya produknya lebih dianggap memuaskan kknsumen .. gitu aja kog repot..

      • Vixi jg dlu paling laris lho bang?
        Tpi kyk’y abang koar2 mulu maslah vixi?
        Laris =memuaskan konsumen tpi nyatanya abang?????????

    • kalau konsumen R4, mereka justru menunggu recall jika ada kasus
      kalau konsumen R2 dimari justru kebalikan,
      ditambah attack dog jadinya makin runyam
      padahal ai mendukung sekali kalau ada recall2, toh konsumen yang diuntungkan

      • Recall sekali 2x oke namanya tanggung jawab .. recall berkali kali ditype yg sama artinya produk lair prematur develope belum bener dilempar kepasar..

      • @Eiscell
        ya memang sih klo ane liat banyak yang ke skip nih ma QC nya.. masa recall berjilid2

        tapi IMHO masih lebih baik daripada yang udah jelas problem tapi malah ga direcall, tapi dikasih omong kosong marketing.. mungkin memang YIMM ga recall semua produknya, tapi masih mending ada yang di recall daripada ga ada yang direcall sama sekali.

    • Trus mana nih produk yg dipercaya konsumen yg banyak dibeli apa yg laku dikit?
      Kog jadi muter2 gini .. yg memuaskan konsumen banyak yg recall atau yg laku banyak?

      Kov larinya ke roda 4

      • Kalo masalah MS marketing sangat berpengaruh bang.
        Psti abang tau lah marketing sembahan abang gmn kuatnya.

    • Aturan untuk Recall sudah ada pasal dan ayat khusus yang mengatur untuk itu ? pahami saja batas2 nya..jangan disamakan secuil cacat produk dg cacat secara massal ?
      Kalau oabrikan sudah meReject Recall..artinya cacat tsb bisa Fatal dalam jumlah item yang juga tidak sedikit ?

      • Coba buka lagi data AISI 2010, penjualan yamaha vs honda sama 45% beda koma. Btw. Kemana larinya konsumen 23% yamaha ??? Apa kurang promosi atau kecewa dengan produk yamaha ???

  8. Lingkaran kepuasan konsumen berbanding lurus dengan jumlah penjualan..

    Biarlah konsumen yang menilai.. layak tidaknya suatu produk untuk dibeli!

    • belum pasti bang
      sumpah gw bukan fbh,fby atau yang lain
      jumlah penjualan itu belum tentu tanda kepuasan konsumen
      jumlah penjualan adalah raihan suatu produsen atas produknya & jumlah produk itu bisa laku dipasaran karena keberhasilan promosinya
      nah kalau kepuasan itu adalah kondisi dimana konsumen yang membeli suatu produk tersebut bisa merasakan kessenangan tersendiri atas suatu produk tersebut (jari intinya kepuasan itu mesti setelah beli)
      jadi kalau peristiwanya diurutkan seperti ini: produksi->launching->promosi->jual beli->produk ditangan konsumen->dipakai rutin dan lama->kepuasan.
      nah kalau abang menilai kepuasan dari jumlah penjualan itu nggak bisa
      abang pernah nggak beli baju terus ngerasain kecewa (karena kekecilan,warnanya gimana²,kainya gimana) nah itu kan pasti dirasakan setelah beli bukan pas jual beli
      kalau dipromosi ditampilkan video konsumen yang puas atas produk itu (itu juga termasuk dalam promosi)
      karena bisa aja terjadi manipulasi
      kaya pemerintah apa abang sepenuhnya percaya sama pemerintah nggak kan pasti ada ragu² dikit
      sama halnya dengan produsen juga
      jadi jangan bilang bagus kalau kalau belum merasakan sendiri

      • Sebenernya bisa kok jumlah penjualan jadi tolak ukur kepuasan konsumen…

        Contoh produk terlaris aja di masing masing kelas.. Maxi Scoot 150 = NMax, Sport fairing 250cc = Ninja dst gak usah ay jabarin dah hehe..

        Artinya ada repeat order atau repeat buy terhadap merek merek tersebut, bisa ganti motor baru ke merek yang sama, atau nambah jadi motor 2, 3 dst dengan merek bahkan tipe sama pun ada. Singkatnya, konsumen puas dan kepengen lagi..

        bukan begitu Sunaryo? 😀

    • nah kalau mau bilang produk ini produk itu bagus harus mencoba semuanya & membandingkan antara satu dan yang lain
      kalau katanya itu beda lagi karena prespektif orang beda²
      kaya gw ini digarasi ada honda,yamaha,& suzuki (kawasaki nyusul amin)

    • makamya saia bilang belum tentu,bang bay
      tapi terkadang setelah muncul kepuasan & rasa percaya produsen sering downgrade kualitas produknya
      makanya semua belum pasti

      • Itu yg terjadi pada pigson, sebelumnya pake blok 3C1, pada produk berikut dongograde di NVA Blok pake 1PA yg terkenal ngebul dan haus oli. Tapi beda dengan pigson yg dieksport yg sudah pake blok 2PV berkualitas. Yamaha manfaatkan lemahnya perlindungan konsumen dari pemerintah dan konsumen penyembah merek. Jadilah pigson kucing bertopeng macan.

  9. soal 1

    Y menggunakan metode pengetesan dijalan raya utk produknya

    H meggunakan metode pengetesan di internal pabrik

    menurut anda manakah manakah yg lebih baik?

    a. Y , karena bisa mengetahui kualitas lebih dini

    b. H, konsumen jadi kelinci percobaan

    c. keduanya ada plus minus

    soal 2.

    Y melakukan recall terhadap produk yg sudah lulus uji coba langsung di jalann.

    manakah jawaban yg paling tepat ? ;

    a. teori tidak berbanding lurus dgn hasil

    b. material tidak sama antara yg di tes dgn yg diproduk massall.

    c. Y pabrikan yg bertanggungjawab.

  10. soal 3:

    u/ produk kelas yg sama dan type yg sama,

    Y memberitakan recall terhadap produknya yg sdh lulus uji langsug di jalanan

    serta lulus ekspor ke erofa & bertanggungjawab

    H belum lakukan uji internal pabrik, belum pernah recall sampai saat ini

    menurut anda manakah produk yg akan anda beli?

    a. Y , pabrikan yg bertanggungjawab terhadap recall

    B. Y, pabrikan dgn produk kualitas erofa, H blm kualitas erofa

    b. H, pabrikan dgn produk blm pernah recall

    • H belum pernah recall? Vario generasi pertama recalll cuyyy diberitakan seheboh2 nya cek lagi sanah ..

    • Lha kog kata komentator ada edaran resmi dari honda nya masbro!! Kog muter2 gak mo nerima fakta.. cek rekam jejak nya sana . Butuh 3 tahun lebih buat ngebangun merk yg cidera akibat istilah recall

    • Sesuai opini kamu juga konsumen mo milih mana?? Ya tjnggal dilihat hasil jualannya banyak mana yg lebib laku artinya lebih dipilih konsumen

      • Wkwkwkwk larinya jdi k MS mulu.
        Bang kalo MS banyak faktor.
        Dlu vixi jg raja semprot lho bang tpi abang koar2 mulu msalah vixi ngebul.
        Menurut abang vixi memuaskan nggk ya?

    • Sebnarnya ..dijalan raya adalah illegal?
      H juga pernah recall..tapi bukan Langganan ?
      Produk H mana yang gak lulus eksport? ?
      Kualitas eropa itu sept apa? Yang Reject..Recall..Mangkrak ? Atau itu bagian dari sebuah pelarian dalam pertempuran? Atau karena sesuatu hal yang sangat Fatal..misalnya karena kebangkrutan Secara global ? ?
      Gua kira jabaran gua diatas Benar Semua ??

  11. Tiap kali ada recall pasti rame.
    Siapin kopi plus camilan, bakal berlanjut nih telenovela recall ???

  12. Mang kobay yg menuhin komen cuma 2 bandot si subaru sama eiscell doank,ditambah 1 kutu kupret si tak ada yg bisa,ekekekekek

  13. pertanyaan no 4.

    utk kelas dan jenis yg sama,

    sebagian konsumen, manakah produk yg akan dibeli?

    a. produk yg pernah direcall oleh pabrikan.

    b produk yg blm pernah direcall.

    c. produk dari pabrikan yg lakukan recall dan bertanggungnjawab

    d.produk dari pabrikan yg blm pernah recall

    e. produk dari pabrikan yg recall diam diam

  14. recall : ada kemauan untuk perbaikan
    harusnya semua pabrikan jgn takut lah blak2an soal recall. jaman online gini hampir semua orang tau recall itu bagus .Udah kodratnya semua ciptaan manusia itu gak mungkin sempurna

  15. Mantep euuyy… komennya tembus 50 lebih mang.. semua fbh dan fby reunian di marih….. wkwkwk…..

  16. Terima nasib saja…motor hancur dijual ..untung masih ada yang beli walau ketipu.
    Tuh registrasinya wiz jadul..sekian tahun lewat baru diinfokan.. butuh waktu selama itukah? Atau ini strategi untuk memperlihatkan tanggung jawab? Justru sebalixnya..ini ironis , walau kadarnya belum overdosis.
    Dalam 2 tahun berjalan harusnya Cacat atau ketidak beresan ini sudah ditemukan..tapi lihat ..?

  17. Periode awal ini memang berat, tetapi Kalau Yamaha konsisten Recall terhadap semua produk regional atau global terhadap part yang tidak sesuai nanti juga semua pabrik bakal ikut langkah serupa.

    • gw rasa gakan dilakuin pada produk lokalnya.. karena super berat.. gw sih memahami mereka ya. Sementara kalau produk global memang menjadi kewajiban dan yang ketok palu pasti principal.

      cek aja para pabrikan roda dua yang ngelakuin public recall itu terhadap produk lokal atau globalnya doang? Monggo disobek sobek hehehe

  18. Ngomongin recall ya? Sebenarnya produk honda juga ada sih, tp aluss banget caranya. Pengalaman pernah ditanya nomer rangka pas servis cbr 2016 di beres, ternyata yg dicari produk tahun 2014-2015. Ada yang salah dengan setting ecu kata mekaniknya. Langsung diberesin disitu juga tanpa tambahan biaya dan servis gratis.

    Yang kayak gitu termasuk recall kan ya? Tp ga dipublikasi

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.