Kobayogas.com – Hola lads, salam geber.. sepertinya smart key atau yang sering juga disebut keyless belakangan ini menjadi pilihan tepat dari mentoknya teknologi atau terobosan baru di suatu produk roda dua. Pada dasarnya bukan hal yang buruk sih, bagus malah, karena dapat mengurangi resiko kehilangan. Mungkin karena alasan itu pula lah Kawasaki memutuskan untuk memasang fitur keamanan tersebut pada Kawasaki Ninja 250FI Keyless 2018 daripada memberikan suspensi upside down. Jadi kena berapa harganya si Ninja dengan fitur baru tersebut?

Banyak pilihan suatu pabrikan untuk melakukan update terhadap produknya, seperti Kawasaki Ninja 250FI ini. Sebenarnya Kawasaki bisa saja memberikan update atau facelift berupa shock depan upside down, atau swing arm banana look, bahkan throttle by wire. Tapi tidak, karena mungkin akan terlihat menjadi pengekor, cerdasnya (atau malas?) Kawasaki akhirnya memilih satu fitur yang membuat Ninja 250 FI di kelasnya menjadi yang pertama dan satu satunya di Indonesia, hmm bahkan sepertinya di dunia ya?

KAWASAKI NINJA 250FI KEYLESS

Di ajang IMOS (Indonesia Motorcycle Show) 2018, Kawasaki Indonesia (KMI) memberikan kejutan kepada khalayak yang hadir dengan merilis Kawasaki Ninja 250FI Keyless alias smart key! Loh serius? Iya beneran smart key kaya di skutik skutik itu lads, dan betul juga, persis kaya yang menempel di Suzuki GSX-R150. Keren? Pastinya sih unik, sejauh ini hanya Ninja 250FI yang menggunakan fitur ini di kelasnya. Alasannya apa ya kira kira?

Fitur keyless Kawasaki Ninja 250FI itu dinamakan KIPASS alias Kawasaki Intelligent Proximity Activation Start System. Meskipun pada dasarnya sistem kerjanya sama dengan keyless yang ada di produk lain, tapi tentunya dengan racikan yang berbeda.

CARA KERJA KIPASS KEYLESS KAWASAKI NINJA 250FI

Untuk menggunakan KIPASS ini perlu yang namanya remote atau kawasaki menyebutnya kunci FOB yang mana merupakan Immobilizer portabel di bawa di dalam saku maupun tas dan di letakkan dekat sepeda motor. KIPASS memungkinkan pengendara untuk membuka kunci stang dan kunci kontak utama hanya dengan mendekati si motor.  Selama dalam jarak pancar maka kipass akan terus berinteraksi dengan remote yang dipegang pemiliknya.

begini kurang lebih diagram cara kerja keyless Ninja 250FI

Untuk tutup tangki bahan bakar dibuka menggunakan tombol knob di dalam silinder kunci (KIPASS ). Tombol knob tidak dapat dilepas ketika FOB/ remote berada di luar jangkauan. Yang KBY tangkep sih berarti mirip GSX-R150 yang harus cabut kunci. Kenop bisa dilepas mungkin kalau posisinya diantara tulisan Off dan On itu kah? Menurut Kawasaki, sistem ini menggunakan algoritma enkripsi “MISTY” yang dikembangkan oleh MITSUBISHI ELECTRIC CORPORATION.

begini bentuk kenop keyless Ninja 250FI
begini bentuk remote keyless ninja 250

HARGA KAWASAKI NINJA 250FI KEYLESS SMART KEY

Nah dengan adanya update berupa fitur keyless smart key berapa jadinya harga Ninja 250FI Keyless? Ternyata hanya Rp. 74,1 juta saja lads.. Tentu fitur yang membuat hati nyaman ini masuk kategori mubazir lagi, untuk sebuah motor berjenis sport hehe. Tapi jujur, menarik banget kok, nice to have, bikin puyeng maling motor hehehe.

kalau yang ini kenopnya dimana lads?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

18 KOMENTAR

  1. Tak perhatiin. Dgn tdk mngurangi rasa hormat sy ke spg lain.
    Emang spg kawasaki itu beda. Rata” sprti kelas atas 😂

  2. hmmm…yg dibahas kan tentang keyless ninfi 250 2018 tp knp ada foto d-tracker??hahahahaha….dapet no hp nya ga?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.