Kobayogas.com – Hola lads, salam geber.. Sport fairing 150cc terbaru dari Honda di tahun 2018 sudah rilis hari ini, yaitu New Honda CBR150R 2018. Facelift? Yak, sekedar facelift alias minor change. Motor sport fairing 150cc terlaris di Indonesia ini mendapatkan penyegaran dengan tampilan baru, tapi ternyata tidak sampai situ lads, meski sekilas terlihat tidak ada yang berubah, namun ada beberapa part dan fitur baru yang menempel di Honda CBR150R ini. Lebih lanjut kita mengenal fitur baru New Honda CBR150R facelift 2018 berkode K45N tersebut, dua diantaranya adalah ESS dan Adjustable suspension!

Sebelum menuju ke arah pembahasan lebih lanjut, sedikit flash back, KBY merasa kelas sport fairing 150cc sudah menuju ke arah redundant alias mubazir, meski tentu saja tidak salah karena yang pertama eranya sudah sedemikian modern, dan yang kedua demand pasar. Kalau gak mau tergerus ya memang harus berubah dan dinamis bukan? Itu juga yang dilakukan AHM terhadap New Honda CBR150R facelift ini..

Menurut KBY, era fitur mubazir di kelas ini diawali oleh Suzuki GSX-R150 dengan keyless ignition atau smart key, pada dasarnya namanya motor sport apalagi 150cc ga butuh fitur wasted kek beginian, tapi nice to have! Bagusnya, Suzuki tetap mempertahankan kemurnian sebuah mesin sport yaitu DOHC overbore, great job indeed! Disusul kemudian oleh Yamaha R15 VVA, yang mubazir dari motor ini adalah, lampu Hazard, assist & slipper clutch dan shock depan upside down!

Wooo santaiii, gak usah nafsu dulu wkwkw.. Giliran sesembahannya digituin langsung gigi 3 aje haha. Pada dasarnya 11-12 dengan kelas 250cc, butuh USD? Butuh TBW? Butuh riding mode? swing arm aluminium? Bicara efektifitas sebuah sport tentu sebenarnya tidak! Tapi demand dan eranya saat ini demikian, dan KBY pribadi memang tertarik karena asik punya bukan? Bahkan di luar negeri, motor 125cc yang bisa disebut larinya “cupu”, tampilan dan fiturnya gak kalah sangar sama moge, sebut aja Aprillia RS125.

FITUR BARU NEW HONDA CBR150R FACELIFT 2018

Nah AHM gak mau ketinggalan dengan kompetitor soal kekinian, apalagi Honda CBR150R merupakan salah satu pendulang duit di kelas sport fairing 150cc. Oleh karena itu meski tampilan tak banyak berubah, namun Honda memberikan beberapa part dan fitur anyar di si CBR150R terbaru ini.. Apa saja?

  1. Spion model baru, coba diliat liat bentuknya, yoi, kini New Honda CBR150R 2018 menggunakan spion punya saudaranya, Honda CBR250RR K64A. Jelas tampilannya terdongkrak lumayan.
  2. Windshield/ Visor; kerap kali disebut wasted alias useless karena bentuknya yang mini, kini CBR150R punya visor baru yang lebih jenong dan tinggi, dari sisi aerodinamis pasti ngaruh dalam kecepatan tinggi atau balapan. Windshield baru memaksa cover mukanya sedikit berubah lads.
  3. Velg model baru; turun ke bawah, lads akan menemukan velg atau rim yang baru seperti punyanya marchesini atau GSX-R150, palangnya kini lebih tipis.
  4. Disc brake depan belakang juga model baru, wavy – bergelombang atau sering disebut petal disc. Selain dari sisi estetika lebih bagus, kinerja seharusnya juga lebih mumpuni.
  5. Rem ABS, kini New Honda CBR150R facelift memiliki varian ABS, dua channel depan belakang. Menarik untuk mencoba performa remnya ini, setau KBY, ABS Honda bekerja dengan sangat halus.
  6. ESS (Emergency Stop Signal). Rem ABS-nya berkolaborasi dengan sensor, dimana terjadi pengereman mendadak maka lampu sein ala Hazard akan menyala depan dan belakang. Bukan teknologi baru sih karena di mobil sudah duluan, however di kelas motor 150cc (bahkan 250cc – cmiiw) sih memang pertama dan satu satunya.
  7. Shock breaker adjustable depan belakang. Untuk depan KBY kasih jempol, kalau belakang kayaknya bukan hal baru ya, Megapro sudah ada dari dulu, kecuali sistemnya beda.
  8. Speedometer tampilan baru, meski bentuknya sama, tapi pencahayaannya yang berbeda, jadi kaya punya CBR250RR, PCX dan Vario, negative style.

Yah memang, kembali lagi ke atas, bicara kelas 150cc beberapa fitur terasa mubazir, ABS, shock adjustable dan ESS. Tapi sekali lagi, era dan pasarnya meminta demikian, jika tidak ada pembaharuan atau update, ya siap siap ketinggalan, bahkan jika produk tersebut menjadi pemimpin penjualan di kelasnya.

KESIMPULAN

AHM mencoba mengejar ketertinggalan fitur New Honda CBR150R 2018 dari kompetitor dengan menanamkan sesuatu yang berbeda agar terlihat tidak menjadi pengekor yang sudah ada. Tanpa shock depan upside down, tapi sudah adjustable, tanpa keyless ignition, tapi sudah ABS dan ESS. Keunggulan yang sudah ada seperti lampu Full LED tetap dipertahankan. Tidak ada yang aneh dengan minimnya ubahan desain mengingat sosoknya masih sangat enak dilihat walaupun bosan karena banyaknya di jalanan hehe.

Satu satunya yang belum dikejar adalah performa mesin kompetitor, New Honda CBR150R facelift masih paling terlemah (udah paling pake ter- juga pula) dari sisi spesifikasi teknis, meskipun bicara praktek, settingannya memang paling cocok untuk City Riding.. Jangan bermimpi harganya tetap!

HARGA NEW HONDA CBR150R FACELIFT 2018

New Honda CBR150R memiliki 4 varian warna untuk masing-masing tipe. Matte Black dan Victory Black Red harga OTR (On The Road) Jakarta Rp 33.800.000,- untuk tipe STD dan Rp 37.800.000,- untuk tipe ABS. Warna Honda Racing Red harga On The Road (OTR) Jakarta Rp 34.500.000,- untuk tipe STD dan Rp 38.500.000,- untuk tipe ABS. Warna MotoGP Edition (REPSOL) harga On The Road (OTR) Jakarta Rp 34.700.000,- untuk tipe STD dan Rp 38.700.000 untuk tipe ABS.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

74 KOMENTAR

    • Setuju, keyless dah penting sekarang mang. Rawan maling soalnya. Keyless yg mubadzir itu kalo keyless kaya mobil yang kuncinya dijauhin mesinnya mati, dah kaya moge aja.
      Btw nanya dikit nih maap yak ess bukannya sama aja sama hazard? Intinya tu sign lamp kedip dua duanya kan?
      Btw setuju slipper clutch mubadzir di R15, banyak korban fitur ini gara gara sok mau cornering di jalan raya pake engine brake juga eh malah ndlosor gara gara minim engine brakenya ama lupa ngerem. Di bandungan (kab semarang) beberapa kali kejadian. Bahkan ada yang mau nyebur ke jurang gara gara ndlosor ngehindarin mobil juga pas tikungan.

      • kalau hazard kan kedipnya biasa,, kalau ESS kedipnya cepet banget, coba aja search di youtube ESS , setahu ane baru ada di MOBIL, motor baru CBR150rr ini ( setahu saya yah) jdi kedipnya bukan kayak hazard yang cuma cetak cetuk cetak cetuk, tapi ceketak ceketuk ceketak ceketuk wkwkwwkkw cepet lah, 2-3x lebih cepet ngedipnya

  1. Wah, jenderal fbh bilang fitur kebanggaan fby dibilang mubazir, apa ngak disaplok pake sendal kang? Nanti gerembolan fby dari warung iwb pindah ke mareh?

    • Ya emamg mubadzir mau dibilang apa?. Ess di (not) all new cbr kan juga prinsipnya sama kaya hazard cuma beda di operasional yang otomatis. Kok ga dibilang mubadzir ya? 1 lagi yg mubadzir…. Harganya…. Naidzubillah naik banyak banget. Gila emang bisa sama kaya harga CBR 150 CBU. Padahal AHM ngeracik K45G biar turun daei 38jt eh sekarang balik ke atas lagi harganya. Amsyong

      • Ya minimal dengan ess bisa mengurangi orang2 yg sok sokan pake hazard dijalanan untuk keperluan non darurat…
        Hehe

      • mubazir LAH ABS,, malah di salahgunakan !,, justru ESS fitur keselamatan,, dan kedipnya beda bukan kayak hazard, kedipannya bisa 2-3x lebih cepat tandanya darurat, klo hazard kan orang kampung sering make hal ga jelas, nyalip dan turing aja pakek hazard ga tau mau belok kiri atau kanan. bkin orang celaka malah HAZARD di indonesia, pada salah kaprah. ESS nyala cuma saat rem mendadak dan ketika rem di lepas baru mati.

        yang harganya naik itu ABS, yang lama mah TETAP.. hadehh

        justru UNTUNG krna ada preload SUSPENSION depan yang mudah di setting, REVISI wajah, gnti model VELG, LCD negatif, spion CBR250rr

        USD??? bisa di setting?? MUBAZIR menurut gua. klo ada settingan Suspensi kan enak, klo boncengan tinggal setting, klo sendiri tinggal setting.

    • Pekok dipiara!! Emange hargane naik berapa? Lha wong yg harganya mahal karena dikasih ABS tau ABS kagak broooo!
      Coba nanya kebengkel klo mo upgrade rem ABS keluar duit berapa!

  2. Harganya ga masuk akal, sama kaya CBR 150 CBU Thailand pas awal. Inget banget dulu beli segituan. k45A dikeluarin buat nurunin harga CBR eh sekarang produk dengan spek dan kualitas dibawahnya dibandrol segitu. Nyalahin harga dollar? Yang bikin tiba tiba nembus 30jt juga K45G sendiri.
    Ga paham lagi kenapa bisa segitu harganya, sama CBR 250 single tahun 2015 gw aja bagusan punya gw walaupun udah 3 tahun. Untung udah khilaf main mesin 150cc lagi. Cukup sama si VFR wannabe ama duke 250

  3. setelah sekian lama banyakan ngekor,bgitu bisa overtake dia lupa jati dirinya sbgai motor 150cc terlemot…hampir 40 juta????😏 wodefaaak

  4. Knp ya motor2 sport skrng pd pk aksesoris/part yg terkesan mubadzir & gimik cth usd hazard asc keyless dll tp melupakan bagian paling penting yaitu sasis ! Ya minimal sasis ky ninja r lah… syukur2 bisa ky fxr, nsr tzm gitu

  5. USD gak pernah mubazir mang kobay selama meodelnya bagus kyk xabre R155 n CBR250RR
    Very nice to have, keyless sangat penting skrng, asc kelas 150cc? Maybe not so much wajib ada d kelas 250cc, ayo pasang d facelift CBR250RR AHM

    Jujur ane akui model depannya lbh bagus skrng, lbh gagah, panel mukanya mirip CBR250RR, ganteng…, cma come on USD lbh penting dripada ABS mah menurut ane, ya mungkin gak mw ngekor Y kali ya?
    Btw itu koq GSXR nya ganteng bgt, gantengan motornya dripada yg berdiri d sebelahnya
    Ngoahahaha

    K45N not impresive at all

    • Usd lebih penting dr abs?😂, sejak kapan penampilan lebih penting dr pada keselamatan, abs sangat membantu loh apalagi pas panik brake

      • Maklum om kalu anak muda emang yg dipentingkan penampilan dulu.

        Kalu om kan sdh pasti pernah tanding safety.

      • Udah pernah liat modif yg copot cakram belum .broooo??? Kadang yg punya motor tuh gak sempet mikir otaknya mo ditaroh dimana!

    • Keyless & ABS itu sangat penting. Keyless sangat mempersulit maling, ABS beberapa kali menggagalkan ban ane slip dan tergelincir (bunyinya cetitttt kalo pas abs bekerja).

      Motor ganteng di gondol maling = memble
      Motor ganteng gasruk kepleset = memble

    • Yup sebenernya ABS d kelas motor bgini msh bsa d offset sma skill rider, belum lgi bsa engine brake, ABS gak terlalu penting, ya rider harus tw diri lah menyesuaikan jalan, udah tw berpasir ya jangan sruntulan bawanya, lbh baik upgrade diameter discnya lbh besar

      USD menurut ane penting bukan cma sebagai pemanis tampilan tpi jga performa, pakai USD dg preload setting bakal bikin ngiler neh

      Tpi tetep keyless penting

      @eiscell
      Sering bro pakai ban sepeda cakramnya d lepas gila dah ini cara yg salah mendekatkan diri kepadaNYA

  6. preload banyak dijual di aftermarket ada merek lokal seperti B pro. kalau saya jelas pilih yang USD emas karena motor fairing jadi terlihat lebih wow kalau preload dan ABS ngak terlihat secara kasat mata

  7. Shock adjustable SANGAT PENTING… kalau (nekat) dipakai naik gunung melintasi jalan berbatu. Jelas mengurangi penderitaan.
    Kalau mesin lebih suka K45A. Feelnya beda walau agak “eungap” kalo tarik2an dalam kota.

  8. Apa ada yg tiap mau naek motor terus nyetel dulu tingkat kekerasan shockbreaker? Mubazir juga nih..

    • Makanya gw bilang teknologi suspensi motor dikalahin sepeda
      Sepeda tinggal geser tuas langsung berubah settingnya
      Lain kalo ngomongin motor eksotis ya 😚

      • Lah itu juga sepeda exotic yang pake setelan suspensi tinggal geser,,
        Kalo kayak motogp ato goldwing tinggal pencet tombol setelan dah berubah

  9. Saya user r15 lama sampai skrg dan jelas lbh mihak ke cbr ini sih. Kenapa preload saya anggap lbh penting dari USD?

    Pertama karena r15 saya jg udh di modif pake preload, secara tampilan emg gak ngubah. Tapi secara fungsi itu ada efek lumayan. Preload itu barang kecil tp efeknya nampol wkwk. Dan untuk bandingin itu barang penting tau gak, gampang, tinggal test aja itu motor dalam keadaan default dan test lg keadaan setelah disetting.

    USD kenapa gak terlalu penting? Karena pada dasarnya untuk bandingin enak/gaknya USD itu berarti kita harus bandingin sm motor lain yg teleskopik. Kalo sblmnya kita pernah punya motor teleskopik sih mungkin ngerti ya bedanya, tp kalo gak? Pasti bakal bkg ‘enak2 aja tuh’.

    Dan yang jelas balik ke tujuan beli motor itu. Preload bisa disetting sesuai kondisi rute jalan yg biasa dilalui. Kalau USD? Ya gak bisa. Toh saya bukan pebalap. Masa iya mau ke kantor mesti nikung dulu 70 km/h wkwkwkwk.

  10. Heran, pada mentingan USD dariapda Preload suspension?

    di Balapan aja pada pake Preload Suspensi loh, kecuali kalau USDnya di pakein Preload,, tp harganya jd berapa?? entar komen kemahalan wakakkka

    Kalau gua lebih penting ABS dan preload suspensi
    preload suspensi enak, apalagi Settingannya cuma muter drat aja pake obeng minus ( di Motor kan selalu sedia obeng minus dri pabriknya). kalau mau boncengan tinggal setting, kalau mau sendiri tinggal setting, SIMPLE.

    Kalau USD yg tnpa preload? STIFF akan selalu stiff, boncengan stiff, sendiri Stiff, jalan rusak Stiff,, PEGEL PANTAT !!!! wakakakakak

    gua orangnya suka sigap klo main REM, untungnya udah terlatih buat ngurut REM kalau ada kejadian mendadak( jgn panik) sudah terkendali. jadi klo udah merasa ban ngunci langsung longgarin rem biar ga ngesot,

    Nah klo ada ABS kan enak tinggal mencet rem sesuka hati tanpa kuatir wkwkwk + ada ESS yang kalau rem mendadak bisa kasih tau orang belakang biar hati”.

    ESSs sama HAZARD beda loh, klo hazard manual,, dan kedipannya biasa aja gitu kayak orang parkir di bahu jalan nyalain hazard ( MOTOR berguna??? KGK !! )
    ESS kedipannya 2-3x lbih cepat dri HAZARD dan berfungsi saat rem dadakan, dan sangat fungsional dan safety,, pernah pas mudik depan ada mobil yg punya fitur ESS jadi ketika dia rem dadakan gua bisa langsung rem jg tnpa harus bingung orang di depan itu hanya rem biasa atau darurat.

    WELLDONE HONDA !!! ONE HEART, safety FIRST

    NOTE* kalau SUSPENSI nya di taro di NEW CB 150r bsia kgk yah,, wkwkkw jdi pgn preload suspensi bawaan pabrikan,, drpda aftermarket yg kgk aman.

    • upside down dengan level setara (bermerk jelas, KYB, Showa, WP etc) punya kelebihan konsistensi kestabilan terutama di tikungan. Bicara kenyamanan tergantung setingan di awal, mau firm, moderate atau soft.

      Secara kinerja yang bergerak naik turun itu ban, bukan setang, teorinya akan lebih nyaman ke tangan tapi kembali ke settingan.

      • Ouh gitu yak mang.
        Berarti gimmick bkn mang motor semprot 150/250 cc pake USD?

  11. Mang

    sdh tes bedanya abs nmax.2 channel
    Vs
    abs 1 channel.pcx/ cbr 150?

    Apa hasil akan seirama dgn shock type sport di xmax 250 vs shock biting beat di forza 250

    • kalau bicara fungsi abs nya, NMax lebih baik karena depan belakang.. Saat butuh atau reflek rem belakang doang, Nmax gakan ngesot.

      Tapi bicara kenyamanan penggunaan, PCX lebih baik karena getaran ABS hanya terjadi saat panic braking, unlike NMax.

      CBR150 ga tau

      • Jdi pecex msh berpotensi ngesot atau bahkan bisa terjatuh dong mang pada saat panic braking??
        Krna ban belakang nge’lock

      • Kalo begitu agak percuma jg dong mang abs’y kalo cuma single channel.
        Pada saat panic brake kita psti reflek teken tuas rem sekencang2’y

      • mang. dulu aku pernah punya nmax abs…klau panic brake ditekan semuanya tetep yg jalan cuma satu aja absnya. bukan dua2nya…yang paling sering aktif seh yang belakang

  12. kurang setuju kalo keyless fitur mubazir bang..

    justru aneh, kenapa ya di kelas 250cc malah dikasih kunci jadul bahkan tanpa sks..
    pdahal motor sport itu rawan ksrena gampang dibobol pake kunci T

  13. Sokbreker adjustable depan belakang.

    Dulu tahun 1997 saya beli Honda GLMax, suspensinya sudah adjustable depan belakang. Belakang preload 5 posisi, fork depan pake pentil shg bisa diisi angin. Kalo mau kebih keras tinggal nambah tekanan angin. Kalo mau empuk tinggal kempesin anginnya.

    Honda CB-125 saya juga saya modif pake shock dan fork GLMax.
    Krn saya punya kompressor dan pressure gauge, enggak seberapa ribet sih adjustmentnya.

  14. ESS ini kayanya fitur gimmick yg wah bgt ya om kobay..
    Di mobil ae baru kelasan mobil eropa yg pake…
    Dan kalo ga salah agak ribet ya? Musti konek ke sistem abs dan ecu nya juga kayake….
    Kali ini saya kasih applause buat nga ha em….
    Tapi mana powerbomb nya mang???.
    Kecewa di sektor mesin….

    • Balik lagi ke ess.. Meski gw bukan orang teknik tapi gw ngeliatnya bukan sesuatu yang wow.. Sbnrnya bisa dibuat dari dulu Cuma belakangan aja ga tau kenapa di blow up.

      Menurut gw tinggal sensor kecepatan dan kedalaman rem aja keknya ya.. Cuma biar keliatan wow memang rata rata dipaduin sama abs, secara abs juga udah jadi fitur standar di mobil modern, yg murah aja udah ada

  15. Belom keyless ya, udah mau 2019 haha, tapi salut buat suspensi sama ESS nya, kaya civic turbo sama Odyssey dll, kl hazard dimotor kayaknya malah bahaya kl ga ngerti aturan penggunaannya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.