wheelie doang mah gampang

Kobayogas.com – Hola lads, salam geber.. Hehe, judulnya lebay? Keknya gak sih ya, kan emang test ride Suzuki GSX150 Bandit alias Bandit 150 pertama kalinya di Dunia untuk rilis dan test ride, satu satunya di Indonesia! Maksudnya di negara lain belum Ada, jadi boleh bangga dong negara kita jadi yang pertama.. Kali ini KBY akan bahas sisi test ride.. Ya performa ya handling, pengereman dll.. Diluar Harga, karena soal itu Kan udah dibahas di artikel sebelumnya.. Penasaran gak review Bandit 150 Ala Kobayogas.com? Yuks geberrr..

Suzuki memilih Taman Impian Jaya Ancol untuk mengumumkan harga resmi Suzuki GSX150 Bandit kemarin, sekaligus memberikan kesempatan kepada para hadirin untuk melakukan sesi test ride Suzuki Bandit 150 yang pertama kalinya di dunia tersebut. Banyak banget lads yang hadir, ada kali 70-80 orang termasuk rekan rekan Komunitas Suzuki.

TEST RIDE SUZUKI GSX150 BANDIT

Terima kasih kepada panitia di event test ride Bandit 150 tersebut karena KBY diperkenankan untuk melakukan sesi test ride di awal awal, soalnya sebelum jam 12 sudah harus cabut ke airport lads, kudu ke Buriram nonton MotoGP pertama kalinya di Thailand. So thanks to Banggas dan Yemima, appreciate it. Saatnya kita test ride dan review Suzuki GSX150 Bandit! World Premier nih, cieeehh..

KBY riding barengan dengan Alki, cuma sayangnya dapet warna item nih, pengennya sih yang warna putih ijo, lebih eye catching gitu kalau dijepret kamera hehe. So pertama kali KBY membonceng Andika Diego, salah satu sahabat blogger juga yang – thanks banget sudah mau disusahin buat jeprat jepret aksi aksi KBY membawa si Bandit 150. So mau impresi sendirian dulu atau berboncengan? Sendirian aja dulu kali ya.. Stay tune

Ergonominya gimana kang? Oia bahas ergonomi dulu yak. Kalau ngomongin ketinggian, Suzuki GSX150 Bandit ini aman kok bagi yang tingginya 155cm sekalipun, mungkin memang masih jinjit, tapi gakan nyusahin karena bobotnya bisa dikatakan enteng. Terima kasih kepada slope alias lekukan yang ada di joknya karena membuat sosoknya lebih rendah dibanding GSX-S150.

Setangnya sedikit meraih ke depan tapi selama ngetes kurang lebih 15 menitan sih gada gejala pegel sama sekali di telapak tangan maupun pundak. Sayangnya posisi foot step masih sama persis dengan GSX-R150 dan GSX-S150, yaitu agak ke belakang, memang diakui oleh Banggas Pardede, style seperti itu sengaja dipertahankan agar feeling sporty-nya tetap didapatkan. Pun begitu KBY merasa kalau si Bandit ini lebih pas kalau posisi duduknya lebih santai seperti CB150 atau Vixion. Just my 2 cents though..

PERFORMA SUZUKI GSX150 BANDIT

Sudah pada tahu belum spesifikasi Suzuki Bandit 150? Nanti lengkapnya di bawah ya, secara singkat GSX150 Bandit ini memiliki mesin yang sama persis dengan para saudaranya, yaitu Satria F150 injeksi, GSX-R150 dan GSX-S150. Yang berbeda paling dengan Satria FUFI, kalau dengan GSXR dan GSXS sih plek plek sama bahkan ECU-nya juga sama. Tenaganya adalah 14.1PS/10.500 alias 19.2 PS (dibulatkan) dengan torsi 14Nm/9000. Dahsyat? Iya untuk sebuah motor sport tanpa fairing.

wheelie doang mah gampang

Dengan performa di atas kertas yang ajib begitu bagaimana kalau di atas aspal? Ternyata memang mantap! Tapi bukan tanpa kekurangan, penyakit bawaan Satria dan GSX 150 series masih menghinggapi Bandit lads.. Apaaan tuuhh.. Yaitu ndut ndutan di rpm rendah, bukan mesin brebet yak, tapi karena gasnya ringan, kalau gak pintar pintar ngatur gas bawaannya jadi kaya ditoyor toyor gitu wkwk.. So nanti pemiliknya kudu membiasakan diri nih.

KEKURANGAN LAIN SUZUKI BANDIT 150

Masih ada lagi yang lainnya, kalau bicara jok, ternyata busanya masih kurang lembut, bagusnya si one piece seat alias jok menyatu ini punya slope/ lekukan yang sangat ergonomis, membuat posisi duduknya sangat pas dan nyaman bagi rider. Kemudian rem, KBY merasa kurang pakem yang depan, tapi dimaklumi karena ini motor belum lagi 200km jaraknya, so masih bedding in, gak ngeloyor sih cuma kurang mantap aja gitu.

Yak itu saja sejauh ini yang KBY rasakan dan amati selain ndut ndutan dari sisi performa mesin di putaran rendah. Kalau desain, yaudah lah hehe.. Harga kang? Yah jujur aja Rp. 26 juta bukan harga terbaik, KBY pikir SIS bakal mendobrak dan mengejutkan banyak pihak dengan memberikan harga yang wow dalam masa perkenalan sang Bandit 150 Indonesia tersebut. Tapi sebenarnya Bandit ini dapat dibeli dengan insentif 3 juta loh, itu loh dengan adanya program Trade Upgrade. Nanti dibahas di artikel terpisah deh.

KELEBIHAN SUZUKI GSX150 BANDIT 2018

Ada kekurangan tentu ada kelebihan lads, setelah membahas kekurangan Suzuki Bandit 150, kini saatnya membahas kelebihan dari Suzuki GSX150 Bandit terbaru. Tak pelak kekuatan utamanya adalah di performa mesin! Sangat responsif dengan nafas cukup panjang dan mampu berteriak sampai limit mendekati 12.000. Torsinya juga badak, saat berboncengan dan bermain di gigi 4, Bandit masih mau ditarik secara spontan, kaget karena KBY pikir ada di gigi 3! Sayang videonya banyak yang terpotong, padahal seri cuap cuap ada tuh, efek buru buru begini nih.. grrrr

Handling, saat sendiri ternyata mantap sangadh.. di Ancol banyak tikungan tikungan yang lumayan menantang lads, ada yang tajam ada juga yang agak parabolic maupun berbentuk putaran. Mampu diatasi Bandit dengan baik dengan gejala limbung minim. Begitu berduaan tentu ada perubahan handling, tapi tidak banyak, selama penumpang bisa mengimbangi, maka berbelok cepat menjadi pekerjaan rumah yang mudah bagi GSX15 Bandit.

THE VERDICT

Ada yang kurang gak lads? Ingetin KBY aja tar diupdate. Kalau konsumsi BBM nya sih KBY sempat intip ada di angka 36km/liter, lumayan untuk motor yang habis digeber geber oleh banyak rider di hari itu. Prediksi KBY kalau harian bakal ada di 1:38-42 per liternya. Yak itulah hasil review dan test ride Suzuki GSX150 Bandit versi KBY lads, meskipun bukan produk yang buruk malah dapat dikatakan baik, tapi tugas si Bandit ini sungguh tidak mudah.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

20 KOMENTAR

  1. penamaannya koq bikin bingung ya? ada GSXR-150R, GSXR150, GSX150 Bandit. Knapa ga dibikin Suzuki bandit aja sih? Simple, mengena.

  2. suzuki berani ngasih nama bandit pd motor generasi pertamanya walau minus g mirip bentuknya sm keluarga bandit, yamaha butuh peslip buat beranikan diri ngasih nama mt k motor generasi keduanya

  3. Klo pake ecu SARP, di setting biar irit BBM bisa gak kang kobay ?

    BBM yg disemprotkan ke ruang bakar dikurangi debitnya dan tentunya juga limit rpm mesin ditaroh di angka 9000 rpm saza

    Bukan ngejar kenceng tapi ngejar irit,,,,,heheee

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.