keren kaaan hahaha

Kobayogas.com – Hola lads, salam geber.. Aki (bukan aki aki) alias Accu atau baterai pada mobil dan motor adalah salah satu sumber daya utama yang digunakan agar mesin, lampu-lampu sampai klakson menyala semua. Nah lads, Honda PCX 150 CBU KBY, si Sniego usianya sudah 4 tahun lebih, setua itu juga usia accu nya. Akhirnya beberapa hari ke belakang, tewas alias soak juga tuh accu hehe.. Mau gak mau ya diganti lah daripada gak bisa dipake wkwkw.. Apa accu penggantinya? Mau tau azah apa mau tau banget? ngah ngah.. Nih review Accu Motobatt MTZ6S buat Honda PCX CBU

USIA PAKAI ACCU HONDA PCX 150 CBU

KBY ga tau ya dengan motor sejenis, tapi yang jelas menurut KBY sih usia pakai accu PCX CBU selama 4 tahun ini termasuk lama! Bahkan seharusnya bisa lebih dari 4 tahun andai Nyonya gak teledor hehe. Waktu punya Scoopy FI usianya cuma setahun lebih, padahal belum ISS. Jadi ceritanya kan udah modif pake keyless punyanya PCX Lokal dikawinin dengan modul alarm DSS, KBY ada andil juga sih, lupa ngasih tau Nyonya kalau udah ngunci setang, kenop tetap ditekan 3x biar posisi alarm On dan listrik terputus total.

Lha ini gak, udah gitu remote di taro di kamar, dari garasi ke kamar jaraknya gak sampai 5 meter, so si modul alarm membaca masih terkoneksi terus wkwkkw.. ya tekor lah si accu besoknya. Pas motor mau dipake gawe eh kenop diteken gak aktif.. waseeemm haha.. Peer lagi daaahh, soalnya buka accu itu kudu buka jok, sementara kenop gak aktif. Ini lah kekurangan pertama modifikasi ke sistem keyless karena kunci darurat gak bisa dipake soalnya gada ruangnya kan, beda dengan PCX lokal.

keren kaaan hahaha

GANTI ACCU HONDA PCX 150 DARI GS KE MOTOBATT

Accu standar Honda PCX CBU adalah GS GTZ6V 5.3 Ah (20HR), dayanya 5.3 ampere untuk tipe 20HR, KBY ga tau ya kalau versi lokal berapa ampere tepatnya, kayaknya sih pas 5 Ah. GS GTZ6V versi lokal dipakai juga untuk beberapa skutik Honda seperti Beat series (termasuk Beat Pop), CB150R K15G, CBR150R K45A dan K45G, PCX CBU 125, 150 dan lokal, Scoopy, Sonic dan beberapa Vario series.

Pengennya sih ganti accu ke ampere yang sama atau lebih tinggi, nah denger denger ampere accu Motobatt dengan kode mirip yaitu Motobatt MTZ6S lebih tinggi yaitu 6 Ampere, secara dimensi tidak ada perbedaan antara GS GTZ6V dengan Motobatt MTZ6S, plek sama, makanya masuk aja ke ruang accu Honda PCX CBU lads.. Dengar dengar juga aki ini ada beberapa masalah, semoga punya KBY aman sentosa deh.

HARGA ACCU MOTOBATT MTZ6S PCX 150

Setelah ngubek ngubek toko online, ketemu lah Motobatt MTZ6S, harganya 209ribu, kayaknya sih itu yang termurah ya, tinggal pake toko cash plus ditambah biaya gosend, total yang KBY bayar adalah 223ribu, oke lah ya? Sementara harga accu GS GTZ6V bervariatif dari 237ribu – 280ribu.

Setelah terpasang, dites langsung langsung cespleng hehe, indikator ISS pun kembali aktif, yoi sebenarnya oli bawaannya si GS GTZ6V pun sudah mulai lemah lads, karena hanya bisa menstarter mesin tapi ISS sudah gak aktif dalam beberapa waktu belakangan ini. Memang salah satu kekurangan motor tanpa engkol ya begini, begitu aki sudah benar benar lemah, mau gak mau langsung diganti accunya. Kalau accu motor lads sendiri kuat berapa lama?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

63 KOMENTAR

  1. selain waktu atau usia pakai, apakah masa bakti aki juga dipengaruhi oleh jarak tempuh ? misal para Ojoler yg sehari2 nya bisa lebih 100 km

    klo Mio Syantik saat ini udah 20rebuan odometer nya padahal blom setahun usia tuh skutik, so far si aki masih fine dan tokcer

    • @Babeh Umar.
      Saya rasa pengaruh Om, sebab setahu saya umur aki dipengaruhi oleh “discharge-charge cycle” yaitu siklus di mana aki dipake buat start dan diisi lagi.

      • ok, berarti ada juga ya efek dari pemakaian si kendaraan sendiri terhadap usia aki

        misal : biker yang sering riding jarak dekat dan jalur macet, bisa jadi usia aki kendaraannya lebih pendek dari biker yang riding jarak jauh dan jalur lancar

        sipp lah kalau bergitar

    • yak, masuk pake eko..
      tapi menurut ay bisa jadi aki lebih cepat tekor meskipun sering digunakan, karena aki pun baru akan terisi kayaknya di motor itu sekitar 3000-an RPM kali ya, kalau di mobil rata rata di atas 4000.

      Jadi kalau sering dipake tapi jarak pendek dan jarang dpt rpm agak tinggi, artinya accu juga jarang tercharge..

  2. Bang Kobay, sharing aja…
    Saya dulu punya NMP keluaran pertama taun 2010. Itu aki nya blas gak pernah ganti sampai tahun 2016 ketika sy jual motor itu. Jarak tempuh selama 6 tahun pemakaian sekitar 70ribuan km.
    Dan selama 6 tahun itu, sy kalau pagi atau motor habis parkir lama atau mesin dingin, selalu starter pakai kick starter. Mungkin itu yg salah satu bikin aki nmp saya tahan sampai 6 tahun.
    Kalau NMAX sy, sampai skr juga blm ganti aki. Udah 3 tahun ini.

      • Iya Bang Kobay… Alhamdulillah, awet ni aki nya nmax… Kondisi nmax sy beneran standar. Tanpa aksesori kelistrikan apapun.
        Sempet dulu miara Vario 125 ISS, akinya gak awet. Setaun udh soak. Padahal klo pagi ato mesin dingin sy juga starter pake kick starter.
        Kebetulan sy di rmh juga sedia jumper utk jump start. Eh buat jaga2 klo aki tiba2 ngadat. Kebetulan mobil sy juga matic. Namanya motor ato mobil matic kan gak bisa didorong buat nyalain klo mogok hehehe…

    • @lxma07
      wah sama donk 6taon, saya abs.revo 2012 masih belum ganti aki, odo sudah 50rebuan.
      tapi ya gejala sudah ada, kalau pencet klakson ya bunyinya ga sekenceng aki baru.. untuk lampu2 dan starter masih tokcer. setiap baru nyalain (kalau bukan di tengah jalan atau lampu merah) ane selalu pakai kick starter juga.

  3. Aki Scorpio saya juga udah 4 tahunan. Masih tokcer walaupun tiap hari pake ekectric start, nggak pernah pake engkol.
    Entar kalo rusak mau coba Motobatt ini juga.

  4. Beat karbu ku udah taun ke 8. Udah ganti aki 3x, semua sama cap GS, yg pertama 3 tahun an, yg kedua cuma 8 bulan, yg ketiga nih awet udah 3 tahunan lebih. Posisi aki beat karbu yg diatas mesin, bikin ruang aki panas saat berhenti (setelah jalan jauh) nah sejak ganti aki ke 3 itu, setelah jalan jauh, jok selalu ku buka supaya aki ga panas. Awet dah. Btw pengen coba deh aki gel itu.

  5. saya juga pake aki motobat di tiger, masih oke walaupun udah rada lemot kalo distater
    ampir 3 taun soalnya,
    hehehe

  6. Untung untungan mang masalah aki ini. Banyak yang awet up to 3 tahun lebih, banyak juga yang apes 2 tahun kurang. Untuk jenis aki dan motor yang sama.. Dan bukan hanya Aki nya yang jadi kambing hitam, Tapi kelistrikan, perkabelan, posisi aki, kebiasaaan pengendara juga menjadi biang kerok masalah awet atau tidaknya sebuah aki.

    Normalnya 3 tahun mang untuk aki bermerek terpercaya kata teknisi aki..

  7. NVL saya malah udah 5 taun 3 bulan masih awet kang. Cuma nambah klakson hella black twin 1 biji aja. Paling kalo pagi bisa pake stater kaki.

    Kalo di mobil yang udah pake start-stop sistem, akinya khusus dan harganya juga bikin mules (diatas 3jt). Nah kalo motor apa udah ada aki khusus juga ato masih bisa pake aki biasa?

  8. Saya punya xeon karbu sekarang udah 8 tahun baru 2 kali ganti (ganti 3 tahun sekali) padahal pernah pasang alarm pasaran terus koslet, akhirnya dilepas tapi aki nya masih ok. Sekarang kilometernya udah 116.000 an, udah dari 0 lagi.

  9. Vario 125 LED bulan mei 2015 saya juga alhamdulillah masih joss kang aki ny, padahal lampu sen depan belakang sama lampu malem dan rem udah saya ganti pake Lampu LED tipe H6 yg buat headlamp bebek, dan pake klakson Denso keong

  10. Sy punya helm in injeksi umurnya adh 6,5 tahun di bulan september ini dan jarak tempuh lebih dr 50 ribu atau bahkan 60 ribuan karena spido rusak di km 50 ribuan lebih dikit. Baru sekali ganti aki. Dan sejak beli mungkin gak ada 10 x pake starter aki. Dr pengalaman sy, menurut sy kalau tindis starter tangan di versi injeksi polanya gak sama dgn versi karburator. Cukup di toel ringan saja kalau injeksi dan gak perlu putar gas. Di sentuh tipis dan ringan aja. Mungkin itu yg bikin aki tahan. Kalau aki mobilku karena ruang mesin panas, sy bikin kotak kardus seukuran aki dan bungkus aki 3 lapis. Tp bagian atas gak dibungkus karena di tutup tutup air aki ada lubang kecil untuk penguapan aki. Jd dibungkus biar menghambat panas mesin yg menguapkan air aki dgn cepat

  11. Wah moga accu ane di k45a awet deh ,
    Kan itu motor gk pya kick starternya ya , udah mau 4th berjalan nih , km udah 38rb an

  12. Klo Tornado GS ane dulu gak pake Accu masih nyala mang di engkol. Kiprok jg msh aman. Kagak serpis n ganti oli 1taon lebih msh cespleng, cuma rutin ganti olsam aja mang, pernah ngejim sekali gara2 lupa isi olsam baret tp ya msh cespleng jg.

    pokoke paling manteb, paling enak perawatan motor ya 2 tak jadul mang. kagak ribet, cukup 35rb oli samping dah ngacir kemana2. klo 4 tak ya begitu lah. selain duid oli juga ya kudu muter baud oli, buka tutup oli di kopling, terus nunggingin hadeehhhh pokoknya ribed dah….

  13. ane pake accu motobatt 5A buat mio dari November 2014 sampai Desember 2017 accu nya masih ada listrik tp buat stater ga kuat yah maklum yang pakai istri buat antar anak sekolah
    sekarang ganti pakai yuassa tapi belum tau ini awet apa tidak hehehe.

    kalau motor kantor pakai Revo injeksi dari 2016 sampai sekarang belum ganti accu masih bawaan accu nya merk nya yuassa Alhamdulillah masih awet walaupun setiap pagi ada tradisi engkol 5 sampai 6 x engkol dan manasin mesin kira kira 10 menit soalnya pake oli sesat si fa*tron merah.

  14. V125 iss 2013 saya ya sama soak di usia 4 tahun dan berpaling sama si kuning juga, pake tipe yg sama. Sejauh ini masih oke oke sajah

  15. Kalau aki seperti sebenarnya bukan aki kering, lebih tepatnya aki bebas perawatan, aslinya tetap bisa di tambah air aki kok. Untuk yg GS agak maksa buka tutupnya. Yuasa lebih mudah buka tutupnya. Udah Saya praktekan di mio sporty waktu tahun ke 2 starter elektrik gak kuat langsung bongkar paksa tutupnya Dan isi dengan air aki tutup biru. Dan sampai tahun ke 4 masih Aman akinya. Kalau yg Supra 125 udah 2 Kali isi air aki Dan menginjak tahun ke 5, pakai yuasa.

  16. Alhamdulillah nvl saya 2013 sampe sekarang masih awet lampu projie hid, klakson ferr, stoplamp led. Tiap hari selalu elektric starter

  17. Nu saya ninja 250 fi aki na sampe keun 5 setengah taun karek soal euy.. Jarak tempuh na 16.000 km ( jarang dipake sih dines luar wae ). Berarti termasuk awet nya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.