Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Pecinta balapan terutama MotoGP, pastinya banyak banget yang kecewa setelah sekian jam menunggu kepastian jadi atau batalnya motoGP Silverstone Inggris di gelar. Yak, dengan membawa misi masing masing, para pembalap seakan sudah tidak sabar untuk meraih posisi tertinggi di Inggris. Tapi kalau alam sudah berbicara, tak ada satupun yang mampu menahannya sehingga setelah diskusi panjang dan memantau perkembangan cuaca, akhirnya balapan MotoGP Silverstone gagal dihelat. Ternyata, pembatalan ini bukanlah yang pertama kali karena 38 tahun lalu juga pernah dibatalkan!

Setelah berdiskusi dan memantau perkembangan kondisi cuaca, akhirnya keluar keputusan bahwa Gelaran MotoGP 2018 Seri Inggris di Silverstone harus dibatalkan karena kondisi cuaca yang tak kunjung membaik. Hujan yang terus menerus membuat lintasan balap menjadi tergenang air dimana menjadi tak aman bagi pembalap untuk melintasinya. Bayangkan saja motor yang mampu digeber hingga 300km/jam lebih berlari di atas air yang berefek seperti kaca.. ngeriii

Demi keselamatan pembalap, ajang balap MotoGP seri  Inggris ini akhirnya dibatalkan untuk seluruh kelas, ya, mau MotoGP, Moto2 maupun Moto3. Sempat dalam diskusi alot dikatakan sejumlah tim meminta balapan dialihkan ke hari Senin,  namun dari prakiraan cuaca yang diperoleh, di hari Senin pun hujan masih akan mengguyur Silverstone. Akhirnya pembatalan adalah pilihan terakhir bagi semua partisipan.

38 TAHUN LALU JUGA PERNAH BATAL!

Ternyata kondisi yang sama yaitu batalnya pagelaran balapan MotoGP pernah terjadi pada 38 tahun lalu lads, yak sejak 38 tahun lalu baru kali ini ajang MotoGP kembali dibatalkan menjelang balapan berlangsung. Pembatalan MotoGP semua kelas terakhir terjadi pada MotoGP seri Austria pada tahun 1980 silam, tentunya masih bernama GP500 ya? Kala itu, balapan terpaksa dibatalkan karena salju.

Bahayakan Pembalap

Balapan MotoGP Inggris sedianya digelar di sirkuit Silverstone, Minggu (26/8) dengan jadwal yang dimajukan pukul 17.30 WIB. Bukan tanpa alasan waktu dimajukan karena hal ini dilakukan berdasar pengalaman saat sesi kualifikasi sehari sebelumnya. Namun ternyata cuaca mendung tak tertahankan dan hujan lebat pun turun. Setelah beberapa kali ditunda dengan harapan cuaca membaik, akhirnya balapan dipastikan dibatalkan.

Alasan pembatalan menurut direktur balapan adalah karena hujan deras yang merata hingga menghasilkan debit air tinggi terakumulasi dengan terjadinya sedikit pengurasan aspal baru. Adanya genangan air yang tidak mengalir di beberapa sektor sirkuit yang merupakan titik pengereman, sehingga cenderung membahayakan para pebalap.

Sehari sebelumnya pada saat sesi kualifikasi dengan kondisi hujan yang intensitasnya lebih sedang, genangan air di sektor menjelang tikungan sirkuit Silverstone menyebabkan beberapa pebalap kehilangan daya cengkram ban saaat pengereman dan terjatuh. Kondisi ini telah memakan korban yakni Tito Rabat yang saat terjatuh kemudian terlanggar motor Franco Morbidelli yang terhempas setelahnya. Akibatnya, Tito menderita patah tulang kaki kanan.

Dengan demikian keputusan sudah diambil semua pembalap mendapatkan NIL Poin dan tidak ada balapan seri INggris. Balapan MotoGP berikutnya adalah kandang sang legenda Valentino Rossi yaitu Misano Italia.. Sabar yaaakk..

sumber: P2R

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

6 KOMENTAR

  1. Kalau dilaksanakan, akan jadi cerita paling di kenang seperti di F1 sampai difilmkan.
    Coba bayangkan jika Rosa dan Markuwet menolak trus Lorenjo dan Dipo nekat balapan didukung mayoritas pembalap … bla bla …..
    Saat balapan Lorenjo juara diikuti Dopi, Rosa no 16 dan Markuwet kecelakaan motor terbakar lalu cedera absen 3 race.
    Di Valencia Rosa juara diikuti Lorenjo dan Dopi, juara dunia Dopi cukup posisi 3 karena Markuwet tidak menyelesaikan lomba ha ha …….
    Epik tenan tho ……
    Untung race dibatalkan karena keadaan tidak memungkinkan

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.