Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Dibilang sekelas, Honda Forza 250 vs Yamaha XMax 250 memang sekelas, jelas banget dimensi, kapasitas mesin dan fitur mirip mirip.. Built Quality juga 11-13 dengan poin lebih banyak untuk Forza. Disebut beda kelas? Bisa juga secara XMax statusnya buatan lokal Indonesia sedangkan Forza masih Completely Build Up (CBU) dari Thailand.. Tapi memang hanya itu saja sih yang jadi perbedaannya jika mau disebutkan beda kelas – soal status.. Sisanya? Jelas head to head to the bone! Jadi gimana kansnya melawan kompetitor jika Harga Honda Forza 250 terbaru tembus Rp. 70jutaan?? 

Kemarin, di artikel Honda Forza 250 2018 Indonesia Resmi Rilis, KBY menyebutkan bocoran harganya yang di angka Rp. 70juta, ternyata itu belum berakhir, bahkan angkanya lebih dari sekedar 70 juta! Melalui Press Releasenya, AHM menyebutkan Honda Forza 250 dihargai Rp. 70 jutaan, artinya firm gakan kurang dari itu dan bahkan bisa lebih.. Dengan demikian prediksi AHM akan menggunakan bayang bayang harga seperti Honda CBR250RR rilis lebih dari dua tahun lalu tidak lagi digunakan..

KBY pernah bahas komparasi Honda Forza 300 vs Yamaha XMax 300

Ya salah satu penyebabnya mungkin karena perbedaan status, kalau CBR250RR full option dan statusnya buatan Indonesia, setidaknya AHM bisa mengatur harga untuk bersaing di pasar. Sedangkan Honda Forza 250 2018, AHM tidak dapat mengatur strategi seenak jidatnya, bisa jadi Thailand sendiri sudah mematok harga jual tinggi dari sananya lads.. Tapi pertanyaannya, kok Honda CRF250 Rally bisa ya?

Bicara Fitur pun sebenarnya tidak ada yang istimewa dari Honda Forza 250, maksudnya bukan berarti buruk – tapi tidak ada yang terlalu wow untuk kelasnya – kecuali naik turun windshield secara elektronik ya, riding mode gada, parking brake lock juga absen. Intinya, secara fitur, 90% yang ada di Forza 250 juga dimiliki oleh Yamaha Xmax 250, sampai traction control – Honda menamakannya Honda Selectable Torque Control (HSTC) – juga ada di XMax.

Forza 250 CBU ini memiliki tiga warna ekslusif yaitu Pearl Horizon White, Sword Silver Metallic dan Mat Gunpowder Black Metallic. Tidak terlalu banyak pilihan warna sih, oia semuanya sudah rem ABS dua channel dengan traction control. Lagi lagi fitur yang ada di XMax lokal hehe.

So dengan harga Forza 250 sesuai pengumuman AHM ada di Rp. 70 jutaan, maka jangan harap ada susul susulan salip salipan dengan penjualan XMax yak.. Yang jelas kelebihan Forza 250 asal Thailand ini ada di prestige-nya, kedua ada di built quality yang memang lebih kokoh, rapi dan solid.. Nah soal komparasi Forza 250 vs XMax 250 bagian lainnya akan KBY bahas terpisah biar makin penasaran, okeeehh hehe..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

77 KOMENTAR

  1. Salut sama yamaha.. Kebanyakan produk globalnya d bikin lokal.. Padahal penguasa pasar lokal adalah honda.

    • karena penjualan Yamaha Indonesia terbaik diantara 3 negara yang dikuasai Honda, Indonesia, Thailand dan Vietnam… AHM saingannya ya AP Honda Thailand sama Honda Vietnam… Rebutan buat jadi basis produksi… Semuanya punya pabrik besar dengan penjualan bagus.

      YIMM? Given alias otomatis, gada yang lebih baik penjualannya maupun kapasitas produksi dari YIMM di Asia Tenggara atau bahkan Asia om.. CMIIW.

      Kita juga kalau jadi prinsipal pabrikan bakal memilih APM di salah satu negara yang pabriknya paling siap membuat produksi besar..

      Tapi setidaknya setuju sih kita bangga Yamaha memilih YIMM sebagai basis produksi beberapa produk global unggulan.

      • Sampai segitunya jelasin, maksud mang kogay ahm kualitasnya abal2 dan tdk ditunjuk jd basis produksi. Ngah ngah

      • intinya menjadi penyumbang devisa negara bukannya malah naikin harga dengan alasan dollar naik/ rupiah turun. katanya sih lokal konten 100%, tapi masih ngikutin dollar 🙂

      • sebenarnya bukan gk paham ketnya pak kobay, sama sepertu export kenapa ahm gk laku keras exportnya, kita tau di beberapa negara ada pabrik honda, logikanya pak kobay bikin bakwan masa ia saya export bakwan juga ke negara pak kobay, dari juragan bakwan yg sama…..?

      • Cocok di jadiin video series di youtube nih, talkshow si Kobay, jadi pemasukan utamanya bisa dari google, lebih independen dan lebih objektif memberi opini. Tapi yg punya warung gak semenarik SPG pameran otomotif masalahnya……. hahahahaha……

    • Iya saya sebagai FBH (karena keturunan FBH) juga salut sama Yamaha. Honda Indonesia selalu menjadi anak tiri soal kualitas. Bullsh*t lah (orang2 AHM) yang bilang produk lokal gak ada bedanya sama CBU Thailand.
      Pdhal sejak RR lahir, saya kira AHM berubah, ternyata lokalisasi PCX juga sama saja dengan sebelumnya.

  2. Edisi gagal mupeng

    Padahal dulu gw pikir zeref bakal di lego bwt beli forza

    Taunya penonton kecewa

  3. Sayang shock fork forza 250 masih seepewrti skutik entry level pwegangan T nya dibawah ngak sepeerti x max 250 yang fork deepan kaya motorsport shocknya panjang ke atas dan pegangan T nya diatas

    • Setuju, kalo fitur ini mutlak bikin bantingan yg pakai fullsusp jdi lebih baik sih.. selebihnya kalo insiyur honda bisa main di konstruksi rangkanya mgkin bisa ngejar!
      Just my two cent, biarkan nnti reviewer yg buktikan sendiri…

  4. Menurut analisa sotoy ane, target AHM bukan berapa banyak menjual. Forza tidak lebih dari sekedar brand image. Hanya sekedar ada. Selama ini orang membayangkan brand Honda = high class. Orang bisa membeli beat sambil bermimpi membeli motor mahal. Banyak cwe2 kuliahan lebih suka atau dibonceng naik Honda.. karena ada mobil Honda ? Mapan, high class, mature… pokoke the power of dreams laa… Ketika Yamaha mencoba “merusak” impian tsb dgn XMax, tentu Honda (baca AHM) tidak tinggal diam.

    • Pengalaman nyata, teman cowok setelah beli Ninja 250 baru diuber sama cewek dah bukan dilirik lagi (tadinya dilirik juga ngga), kalau Honda beat maaf ya, kalau PCX mungkin effect nya sama Kaya Ninja 250

  5. Secara marketing, Honda bisa dibilang lagi “test the water.”

    Secara finansial, Honda bisa dibilang mencoba untuk main “aman”. Emang sih gak dipungkiri pasar maxi scooter lg boom, tp sebatas mana? Toh nyatanya XMAX gak meledak2 amat walaupun lumayan laku keras. Artinya, kalo Honda jual ini produk secara produksi lokal, perlu ada investasi lagi untuk line produksi baru, blm kontrak kerja sama sm vendor (supplier) yg gak bisa diubah atau diputus seenaknya. Dampaknya, kalo semisal penjualannya gak mencapai BEP (Break Even Point) artinya investasi gagal, gak layak. Mungkin ini udh diperhitungkan Honda. Toh pasar 250 jg lg lesu2nya skrg ini.

    Benefitnya kalo ngedatengin secara CBU, gak perlu investasi besar, dampaknya resiko bisnisnya minim. Selain itu, kapasitas supplynya bisa diatur secara fleksibel. Laku? Tinggal impor lbh banyak. Gak laku? Stop impor. Saya rasa sih dari sudut pandang bisnis alasan ini cukup masuk akal untuk ngeanalisa kenapa Forza didatengin via CBU bukan lokal.

      • Ngahhahaha lawak nih sis..
        Klo pk cara mainstream gitu bisa bikin oondah gede, si om pengamat jg uda bisa segede oondahh 😆
        Justru cara backdoor tusbol yg bisa bikin sis kogay panas dingin merinding 7 hari 7 malam yg bikin oondah umumnya dan asutrah khususnya jd gede 😉

    • Hahaha ..Mang Ferza mah Ulah ngarep dilokalkeun ku AHA EM. .nu engges2 oge Ah apal meureun nya …si Amang ge lewih pede keneh PCX CBU . ..Nu lokal mah plastik doang… Mesin Salome beat haha.

    • “Yah setelah liat pcx lokal hasilnya begitu, mending forza jangan deh dilokalin wkwkwk…”

      Jadi jujur banged, lantaran kecewa ama harga Forza ya Bay…. hehehe…

  6. mang, kmrn ada pengunjung si roy tanya ambil n max yg bisa cash daerah bekasi.
    saya,dapat info dr sales yamaha flagship semarang, untuk bekasi tidak ada, yang ada di jakarta, di dealer flaghsip customer cash atau kredit diperlakukan sama,

  7. Sepi foto SPG malah rame ?
    Miris.
    Btw SPG di booth Yamaha lebih punel mang, dibanding suzuki.
    Ngah ngah ngah ??

  8. Kirain dibanding build quality ahm ?????.
    Nnti jual kampas rem forza dmna ya kang.
    Kn gk mgkn di bukalapak

  9. Bay, bookmark komen gw ini :

    Forza 250 itu cuma decoy.. Sales makernya nanti itu Forza 150 as The Aerox Killer.. Rilis 2019

    • Forza 150 ma Aerox mah beda aliran kaless…. Kalaupun Forza 150 brojol itu karena AHM mau maen keroyokan. Apalagi respon terhadap PCX Edisi Kepala Barongsay kurang wah… Kl Aerox mah lawannya ya Airblade, Bro.

      • Inget kan sama CBR kembar??
        CBR150 lokal gen 1 yg mirip CBR250R Thailand..

        Bukan Ahaem namanya kalo gak bikin multi produk dari satu basis (kecuali CBR250RR yg memang spesial)

        Forza150 itu Forza250 rescale

        buktikan aja nanti

    • repot amat ahm sampe segitunya mau h2h sm aerox? sampe skrg juga aerox mah main sendiri. kl mau disama2in ya vario150 yg marketnya jauh ga kesentuh aerox. klpun mau h2h harusnya target ahm itu nmax bukan aerox yg niche. betul kt pak blade_in lawan aerox ya airblade

  10. Saran aja kang bay, mending yang demen sama nih motor cepet dibeli aja mumpung masih CBU, nanti kalau udah di buat sama AHM bakal ancur kualitasnya. Jadi inget dulu waktu awal launching CBR250RR, ada salah 1 blog sebelah yang ngomong kualitasnya sama kayak CBU, ternyata pas lama beredar dijalanan dan punya kesempatan buat liat dari deket dan pencet-pencet plastik, ternyata juga sama aja ?

  11. Emang kalo dihargai mepet Xmax bakalan jadi xmax killer? Bagus beli old pario design 11 12 sama ne motor ???

  12. Mang kobay, xmax kan ada 4 jenis ya.. setahu saya kalo xmax 125, 250, dan 300 itu sekarang buatan yimm.. nah kalo yg xmax 400 itu bikinan mana ya, yimm juga bukan?

  13. Tapi secara keseluruhan desainnya memang lebih bagus ini ketimbang xmax. Kekurangan xmax itu mukanya terutama di jidat caver hitamnya bikin ilfil terus body tengahnya yg warna silver terlalu panjang.

  14. Kira2 bakal diproduksi lokal gak mang?
    Ini desainnya bagus bahkan lebih bagus daripada Xmax kalau harganya 50jt’an atau dibawah 60jt pasti laris

      • Aku lihat New Vario udah mulai bagus dari segi material dan tingkat presisinya. Tapi pas pegang cat dope (merah) nya. .. Alamak kasar dan berpotensi bikin debu pengen nempel (jauh jika bandingin dengan dop merahnya Aerox) Kalau PCX, overall lumayan bagus. Cuma pasang “kulit” joknya AHM masih kalah sama tukang pasang jok pinggir jalan langganan ane yg bisa ngepress ke busanya. Setahun cukuplah buat AHM belajar bikin motor matic premium yg bagus.

      • Kalau kata warung sebelah, segmen ini “bukan volume maker” jadi nggak bakal dibuat lokal. Apa mungkin maksudnya nunggu matic 250cc laris kayak vario baru mau dilokalin gitu ya? Padahal Xmax sukses bikin porak poranda market motor250cc. Gagal paham nih…???

  15. Klo pun byk duit, tp ko rasa’y ga ikhlas ya ngeluarin duit 70jt hny utk sebuah motor “matic”. Msh mending motor sport…?

  16. kalo populasi ekmek sama firza di jalanan semakin banyak, pemerintah harus segera lebari jalan raya nih..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.