review dan test ride Suzuki GSX-S1000F

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Setelah Suzuki Hayabusa GSX-1300R, ini lah moge dari Suzuki terlama berikutnya yang ngendon di garasi kobayogas hehe.. Lebih dari seminggu sport tourer GSX-S1000F ini ada di tangan KBY, sudah banyak kondisi yang kita lalui bersama, panas, adem, hujan, pagi, siang dan malam udah dicoba semua bersama moge 1000cc bergenre turing ini.. Banyak yang penasaran dengan hasil test ride dan review Suzuki GSX-S1000F Indonesia buatan tahun 2016 berwarna biru yang KBY sebut sebagai baby blue shark alias hiu biru kecil karena dari pinggir tampangnya memang kaya ikan hiu hehe.. Yuk geber dulu lads kisahnya.. 

Dari semua moge berkapasitas 1000cc atau lebih yang pernah KBY review sejauh ini – baik merek Jepang ataupun eropa – kayaknya KBY memutuskan kalau baby blue shark GSX-S1000F ini adalah yang terbaik dari semua sisi riding experience.. Tentu faktor subyektifitas bermain di sini, iya lah kan guweh sendiri yang ngerasain wkwkwk.. Jadi apa cerita setelah lebih dari 250 kilometer dihabiskan bersama sang sport tourer ini? Yuk geber dulu lads..

baca juga: Konsumsi BBM Moge Suzuki GSX-S1000F

test ride dan review suzuki gsx-s1000f -1

DESAIN

Love or hate it.. Desain motor fairing ini tidak semua orang akan suka, karena terkesan nanggung, full fairing tapi setangnya fat bar, jadi ingat Ninja 650 ya? Begitulah desain dari GSX-S1000F yang hanya ada satu satunya di Indonesia ini! Serius kang cuma satu di Indonesia? Begitulah sejauh yang KBY tahu lads..

review dan test ride Suzuki GSX-S1000F kobay

Tidak salah salah amat sih kalau mbah Dukun bilang moge sport tourer ini dibilang kaya encu, itu loh cikal bakal nyamuk wkwkw, karena besar di depan kemudian mengecil di belakang. Kalau KBY sih nyebutnya lebih pantas kaya kecebong yah, tapi kecebong yang ganteng wkwk.. Tidak ada masalah bagi KBY di sektor ini, karena moge moge model dragster pun mirip begini, gede di depan, runcing mengecil di belakang..

kepoin juga nih lads: Mengenal Sosok Suzuki GSX-S1000F Cuma Ada 1 Di Indonesia

Desain depan yang unik sayangnya kurang diimbangi dengan bagian belakang yang cenderung plain. Tapi dari sekian moge Suzuki yang ada, KBY paling suka desain knalpot si GSX-S1000F ini lads, suaranya pun dalam keadaan standar juga mantap! Parau serak serak basah, 4 silindernya keluar banget dah! Kalaupun ada bagian yang kudu direvisi ya di lampu depannya yang kurang sipit.. Sisanya oke, subyektif lah ya.

review dan test ride Suzuki GSX-S1000F 2

ERGONOMI & KENYAMANAN

Ini salah satu sektor yang sangat KBY suka dari moge GSX-S1000F 2016 ini lads, terlihat tinggi, besar dan berat namun sebenarnya tidak! Kaki KBY memang masih jinjit tapi sangat aman karena bobotnya yang bisa dikatakan ringan dan well balance, center of gravity-nya menurut KBY sangat baik, mau bensin full atau sedikit, kita tidak merasakan dia condong ke satu sisi.. well done!

review dan test ride Suzuki GSX-S1000F -3

Bobotnya yang 214kg tidak terasa sulit saat harus membuatnya tegak, malah terasa lebih berat menegakkan Kawasaki ER6N loh menurut KBY,  hal ini terbantu dengan setang fat bar dari Renthal, jadi membuat tegak GSX-S100F biru ini perkara yang mudah.. Paling yang sedikit menyulitkan adalah radius putarnya yang besar serta tenaganya yang beringas, membuat kita kudu hati hati saat harus putar arah.

Dan satu lagi untuk kenyamanan, busa joknya, ya ampunnn.. empuk beuddd! Kalau bahasa jermannya sih ngenyoy.. Dijalan gak rata, joknya sangat mampu meredam goyangan sehingga pantat gak mudah tepos eh pegel! Kalau udah duduk di atas joknya bisa lupa deh kalau kita lagi naek moge yang punya tenaga beringas!

review dan test ride Suzuki GSX-S1000F -4

HANDLING

Meskipun bukan yang terbaik tapi untuk kelasnya sih sangat mumpuni, nurut nurut saja ketika diajak berbelok lads.. Digeber di trek lurus juga anteng, nagen, mantep gak pake goyang. Yang bikin ngeri cuma 1, tenaganya yang gede bikin kita takut gak bisa ngontrol kekeke.. Eh tapi kan udah ada TCS yak..

review dan test ride Suzuki GSX-S1000F -5
ngetes boncengan sama mang asep

 

PERFORMA BERINGAS!

Kalau Suzuki Hayabusa itu powernya super galak di tengah dan atasnya badjingan, sementara GSX-R1000 tipikalnya itu gak sabaran dan pemarah, bawaannya mau nyundul mulu, nah si GSX-S1000F biru ini bisa dibilang ada di antara keduanya.. Bawahnya galak kaya Gixxer 1000 tapi cukup kalem kaya Hayabusa, sedangkan tengah hingga atasnya beringas! Bayangin aja body lebih enteng dari dua moge itu dengan tenaga ajib.. Andai gada TCS dijamin itu ban belakang bakal sering spin wkwkw..

baca: Mengenal Fitur GSX-S1000F, Ada Apa Saja?

Tenaga GSX-S1000F ini adalah 145.5ps dan torsi 106Nm, noh torsinya setara mesin mobil 1200cc! Gimana gak jengat kalau gas dipuntir sekaligus hehe.. Traction Controlnya sangat bermanfaat dan dibutuhkan mengingat moge ini masuk ukuran ringan dan enteng untuk sebuah motor 1000cc, apalagi kalau di jalan licin lads, KBY pernah kehujanan pake moge ini, langsung setting TCS-nya ke nomor 3, biar aman daripada kemlinti wwkkw..

TCS GSX-S1000F

Sektor rem juga KBY suka banget, feelingnya sangat baik dengan performa responsif, brembo gitu loh.. Mantap lah

GSX-S1000F GAK PANAS!

Moge ini bisa dikatakan tidak panas saat dibawa bermacet macet ria lads, tentu jika dibandingkan dengan moge 1000cc lainnya ya.. Menurut KBY hanya sedikit lebih panas dari CBR250RR, hawa panasnya berputar di bagian kaki hingga betis, tidak sampai ke atas. Lagi lagi KBY acungkan dua jempol untuk moge Suzuki, karena semua mogenya – dari GSX-R600, GSX-R1000, V-Strom 650 hingga Hayabusa tidak pernah ada yang benar benar panas hingga menyiksa ridernya! Mantap!

review dan test ride Suzuki GSX-S1000F -6

THE VERDICT

Dari sekian banyak moge 1000cc atau lebih yang pernah KBY coba, (silakan buka arsip kategori moge) gak ragu untuk menobatkan GSX-S1000F adalah moge ternyaman dari semuanya, handlingnya bukanlah yang terbaik, tapi kepuasan diperoleh dari sektor lain, seperti ergonomi, kenyamanan dan bersahabatnya suhu mesin bagi rider, aman bagi sektor “masa depan”! Hehe..

Nah itu lah hasil test ride dan review Suzuki GSX-S1000F versi Kobayogas.com lads, jujur aje kalau Suzuki mau ngasih ini moge atau memberikan harga cicilan yang menarik, dengan mantap KBY akan jawab YES!! Videonya menyusul yaaa…

review dan test ride Suzuki GSX-S1000F -7

GSX-S1000F SPECIFICATIONS

ENGINE 4-CYLINDER, 4-STROKE, LIQUID-COOLED, DOHC

Power: 107kW/145.5PS (MY2016-2017), 110kW/149.6PS (MY2018), Torque: 106Nm (MY2016-2017,)108Nm (MY2018)

STARTER ELECTRIC
TRANSMISSION 6-SPEED CONSTANT MESH
FRONT SUSPENSION 43MM KYB INVERTED FORK, FULLY ADJUSTABLE
REAR SUSPENSION LINK TYPE, WITH ADJUSTABLE REBOUND AND SPRING PRELOAD
FRONT BRAKES BREMBO RADIAL-MOUNT MONOBLOC CALIPERS, DUAL 310MM DISCS
REAR BRAKES NISSIN SINGLE PISTON CALIPER WITH ABS
FUEL CAPACITY 17 LITRES
COLOURS GLASS SPARKLE BLACK / CANDY DARING RED / METALLIC TRITON BLUE/GLASS SPARKLE BLACK / PEARL GLACIER WHITE
WARRANTY 2 YEAR UNLIMITED KILOMETRE
SEAT HEIGHT 810 MM
LENGTH 2115 MM
WIDTH 795 MM
HEIGHT 1180 MM
WET WEIGHT 214 KG
WHEELBASE 1460 MM

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

16 COMMENTS

  1. Nyoosssssss mantap ey udh dipinjemin mobil ditambah motornya jg
    Komparasi mang sm samehhada ( galery foto )

  2. aman buat sektor “masa depan”, setahu orang banyak masa depan itu kuburan lho mang
    wakakaka….

  3. Kerenan pas foto trondolnya mang.. tanpa body & tangki.. gagah, ada versi street nakednya gak..?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.