test ride suzuki nex ii

Kobayogas.com – Hola lads para pembaca setia Kobayogas.. Salam geberrr.. Pasti banyak yang penasaran kan sama skutik entry level terbaru Suzuki ini, hayo ngaku wkwkwk.. terutama dari sisi performa dan kenyamanan. Jangankan lads, KBY aja super penasaran!! Yoi pengen segera review dan test ride Suzuki Nex II terbaru ini biar tahu semuanya hehe. Akhirnya keinginan tersebut kesampaian juga, meskipun sifatnya masih first ride namun bisa masuk kategori komprehensif sih karena jaraknya lumayan loh, lebih dari 22 kilometer! Bisa nemuin jalanan jelek juga, tanjakan juga.. Yuk geber dulu biar tuntas tasss…

Kesempatan test ride Suzuki Nex II tersebut hadir saat ada city riding yang digelar oleh tim Suzuki saat launching regional Jawa Barat kemarin di kota Bandung. Dengan bertolak dari lokasi awal yaitu Festival Citilink Mall di daerah Jamika menuju lokasi berbuka puasa di cafe Hara Karang Setra, jarak pulang pergi pada speedometer mencapai 22 kilometer lebih.

jangan lewatin: 10 Alasan Memilih Suzuki Nex II

test ride suzuki nex ii 1

Unit test ride Nex II ini benar benar gres! Odometer masih 900 meter, iya meter bukan kilometer, kinyis kinyis bukan? KBY dapat tipe standar berwarna merah, standar disini ya benar benar standar, lampu belum LED, tidak ada socket charger, tidak ada aksesoris yang menempel. FYI, Nex II standar ini harganya Rp. 13.950.000 OTR Jakarta. So KBY dan beberapa blogger dan vlogger, serta selegram lansung cussss membelah jalanan Bandung yang sore hari itu amit amiiittt macetnya, gelooo..

intip nih: Galeri Foto Suzuki NEX II

test ride suzuki nex ii 2
kinyis kinyis test ride Suzuki Nex II masih 900 meter

REVIEW TEST RIDE SUZUKI NEX II

ERGONOMI

Ini sudah pasti jadi pembahasan yang paling awal.. Duduk di atas joknya membuat KBY sangat pede berkomentar kalau skutik ini bakal cocok bagi kebanyakan rider di Indonesia yang rata rata punya tinggi 155-165cm.. Soalnya kaki benar benar napak sempurna ke aspal! Hehe.. Saat kaki dinaikkan ke dek, dengkul masih cukup jauh dari kantung depan alias gak mentok. Andika Diego, sahabat blogger yang punya tinggi 175cm juga mengaku dengkulnya aman..

kepoin: 5 Varian Suzuki Nex II

test ride suzuki nex ii 3

Posisi jok NEX II ini cukup rendah, dek agak tinggi jadi posisi duduk nyaman, setang nyaris sejajar dengan panggul, bikin rileks pengendara. Joknya yang kalau ditekan cukup keras ternyata saat diduduki lumayan nyaman dengan adanya slope di tengah jok membuat rider terasa disangga. Luas dek cukup untuk kaki, tapi kalau simpan tas di situ ya kaki bakal nongol hehe..

test ride suzuki nex ii 4
dengkul jauh dari mentok

PERFORMA

Saat mesin dinyalakan, starternya menyalak pelan, masih bletak tapi gak sekencang Honda Beat lawas hehe.. Suzuki Easy Start nya juga bekerja dengan baik, cukup sentuh tombol starter sedikit, biarkan starternya yang bekerja dan menyalakan mesin. Begitu gas dihentak, NEX II gak langsung lompat.. oke kasih waktu dia mendapatkan suhu mesin ideal. Benar saja sekitar setengah menit kemudian, hentakan di awal mulai terasa namun tidak impresif. Mesinnya sendiri bersuara sangat halus..

test ride suzuki nex ii 5

Tenaga awal yang terasa malas dan ogah ogahan ini mengingatkan KBY pada review Suzuki Address beberapa waktu lalu, yoi, karakternya mirip! Ya maklum mesinnya satu platform dengan perbedaan settingan hehe.. Begitu juga saat gas dipelintir lebih dalam, barulah tenaganya menggeliat dan terus hingga atas.. Begitu juga ketika menemukan jalan menanjak, tenaga dan torsinya terasa kuat, gada masalah buat si Nex II ini. Sayang karena banyak nemuin jalan macet plus kudu ikut PJR yang memimpin, KBY tidak pernah mendapatkan akselerasi maksimal.

test ride suzuki nex ii 6

Barulah ketika kembali dari Hara Cafe menuju Festival Citilink, KBY punya satu-dua kesempatan mengambil momen geber pol.. sengaja dari posisi di belakang, begitu ketemu jalan kosong, gas deh si NEX II.. ternyata tenaganya asik juga, kuat di tengah dan atas, tapi tetap saja cuma sampe 60-70km per jam, masa PJR mau disusul wkwkkw.. Nanti deh di kesempatan review harian ya..

test ride suzuki nex ii 7

HANDLING

Nah ini salah satu yang KBY suka, berkat bodinya yang lebih besar dari versi lawas namun tetap kompak, Suzuki NEX II asik untuk diajak meliak liuk di kemacetan kota Bandung. Selap selip diantara kendaraan lain sangat mudah dan menyenangkan. Begitu juga saat harus menikung cepat, suspensinya yang moderate – cenderung firm, mampu menikung stabil tanpa ada gejala membuang.

test ride suzuki nex ii 8

KENYAMANAN

Setidaknya ada dua poin untuk kenyamanan Suzuki NEX II, untuk poin pertama yaitu ergonomi sudah dibahas di atas, dan yang kedua adalah bantingan alias kinerja suspensi Nex 2. Shocknya moderate, tidak bisa dibilang keras, namun juga gak bisa dikatakan empuk, tengah tengah lah ya.. Shock alias skok belakang cenderung lembut apalagi kalau dalam keadaan diam dan diayun ayun, tapi shock depan sedikit lebih keras.

test ride suzuki nex ii 9

Getaran juga dapat dimasukkan dalam kategori kenyamanan, Suzuki NEX II minim getaran, kalaupun ada ya seperti pada skutik pada umumnya lah, yang jelas tidak ada gejala gregel/dredek saat akselerasi maupun stop dan go. Mungkin karena masih sangat baru atau memang skutik Suzuki bebas gregel? Belum pernah punya skutik Suzuki sih.

Karena mesinnya serupa dengan Suzuki Address, kehalusan juga jadi poin utamanya.. Apalagi saat pada kondisi cruising 50-60km/jam.. Enaaakk kaya bawa PCX hehe.. halusss, bikin berkendara jadi nikmat..

test ride suzuki nex ii 10

PENGEREMAN

Yang KBY rasakan kurang responsif dan kurang gigit jika mengandalkan salah satu rem – depan atau belakang, tapi mencoba berpikir positif, ini motor belum genap 100km jaraknya, jadi ada kemungkinan masih proses bedding in antara kanvas dengan rem. So performa terbaik adalah kombinasi rem depan dan belakang.

THE VERDICT

Karena berkesempatan riding malam hari, KBY jadi tau performa lampunya.. Standar lah ya kaya bohlam biasa, tidak istimewa. Ya, sayangnya ini tipe standar yang belum lampu LED, jadi belum tahu performa sinar LED nya. Cahaya speedometernya jelas terlihat baik siang maupun malam hari.

Btw kok jadi kaya review lengkap ya? haha.. Belum, belum lengkap karena belum ada perhitungan konsumsi BBM-nya, performa lengkapnya juga belum dapat. So, pada test ride Suzuki Nex II ini KBY hanya menyayangkan beberapa fitur yang seharusnya sudah menjadi standar wajib namun absen di Nex II, sebut saja Side Stand Switch dan Parking Brake Lock. Saat antri di lampu merah juga karena kebiasaan pake skutik yang ada ISS/SSS nya, KBY suka matiin mesinnya haha.. Next facelift ya Next II!

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

44 KOMENTAR

  1. Samapai detik ini blm bisa tertarik dengan motor S, karena serba nanggung desain dan fitur gak uptodate sama kemauan pasar dan zaman, bad factory

  2. Mang ini test ride tgl 2 ? Atuh mamacetan mang soalna di bandung lagi banyak acara di asia afrik
    😂

  3. baru taw klo felink masuk jamika, kirain yg daerah bekas pesawat jatuh aja..

    btw knapa ya starter konvensional matic mostly bletak, ga honda ga vespa… yamaha punya aja ga bletak dan cenderung mirip starter bebek…

  4. masih punya image bahwa motor suzuki ini susah sparepartnya dan memang rada bingung juga 2 dealer besar di cikarang sudah mati suri.
    padahal pengen juga punya nih, harganya masih masuk akal.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.