TVS Apache 310RR tail lamp

Kobayogas.com – Hola lads para pembaca setia Kobayogas, salam geberrr.. Sebenarnya ini bukanlah yang pertama kali bagi KBY melihat sosok motor sport fairing yang lagi heboh bernama TVS Apache 310RR alias TVS Akula. Yoi, akhir tahun 2017 lalu KBY diundang oleh TVS Indonesia untuk meliput dan melihat secara langsung sosok motor yang masih berupa konsep bernama Akula 310. Punya kapasitas mesin 310cc 1 silinder, Akula yang kini punya nama resmi Apache 310RR hadir dengan balutan warna hitam karbon yang sangar. Sekarang, motor sport fairing canggih ini sudah resmi hadir di Indonesia dan percaya atau gak, meskipun statusnya motor CBU (Completely Built Up) namun harganya tidak sampai 50juta! Edan..!!

Kali ini bertempat di Arena Pekan Raya Jakarta, TVS kembali hadir dan seakan akan mengangkat kenangan lama (cieee) kalau yang namanya Apache R310RR yang dulu punya nama TVS Akula 310 – masih ada dan hadir sekali lagi untuk dijual di Indonesia. Lebih menarik lagi kalau TVS Indonesia ternyata serius membanderol saudara BMW 310R versi pakai sarung ini dengan harga kompetitif… sori salah.. murah banget malah!!

baca dulu: TVS APACHE RR310 1 SILINDER SUDAH HADIR

TVS Apache 310RR

Mencoba mengingat, apa sih yang berbeda dari TVS Apache 310RR ini dengan Apache Akula yang hadir di tahun sebelumnya.. Yang diingat hanya beda warna saja, sisanya kayaknya sama semua.. Ah sayang KBY lupa dudukin jadi ga tau deh gimana rasanya ergonominya hehe.. Sosoknya masih intimidatif dan sangar dan terlihat agresif serta berbeda berkat tralis berwarna merah yang menyolok mata..

TVS Akula RR310
Ini TVS Akula 310

Melihat langsung dan lebih dekat, sosok TVS Apache 310RR ini ternyata bongsor juga, mendekati atau bahkan sama dengan moge moge berkapasitas 600cc, gede euy buat motor 300cc mah.. Dulu waktu liat Akula kayaknya gak segede gini, apa perasaan aja ya hehe..

baca juga: First Impression BMW G310R Indonesia

Dari sisi desain, TVS 310RR ini ternyata lebih bagus versi Akula prototype nya dibanding maspro nya, setidaknya itu menurut KBY ya.. Bagian depan alias wajah lebih menukik Akula dibanding Apache RR310, pada versi maspro lampu utama sedikit ada di atas, ada kesan dangak jadinya.

TVS Apache 310RR merah

Bagian buritan jelas berubah banyak dari sisi bentuk, kalau versi prototype mengingatkan kita akan sosok Yamaha R6 terbaru dan R15 VVA yang punya tunnel alias terowongan, di versi maspro, terowongan itu dihilangkan. Bagian ban belakang juga terdapat mud guard agar tidak nyipratin baik sang rider maupun pengendara di belakangnya. Lainnya, jelas Apache 310RR punya lampu rem sedangkan Akula gak hehe.. Bagian depan atas dan samping terkesan terpisah, akibat adanya garis fairing disitu, jadi bagian kepala seperti ditanam, tidak menyatu dengan bodi bawah.

Yang aneh kalau gak mau dibilang lucu, ada semacam handle di bagian kanan belakang yang bentuknya kaya besi penarik rolling door.. Ini TVS punya selera humor yang buruk atau imajinasinya keterlaluan ya? Desain keseluruhan yang sudah caem jadi hancur gara gara handle fuc*ing ugly tersebut.. Semoga bisa dicopot kalau ada yang beli wkwkwk.. Memang sih maksudnya biar ngemiringin atau geser si motor lebih mudah, tapi emang gak bisa bikin bentuk yang lebih indah gitu?

TVS Apache 310RR muffler
my God ini apa yaaa..

Melirik fitur, TVS Apache RR 310 2018 sudah dibekali beberapa fitur kekinian seperti speedometer full-digital, headlamp LED Projector, stoplamp LED, plus Rem ABS (dual-channel) sebagai standar, tidak ada yang terlalu istimewa kecuali proyektor karena beberapa motor 150-250cc pun sudah memilikinya. Tapi sayangnya – bagi KBY nih – ada di sektor mesin, dengan blok mesin sebesar itu dan desain full fairing sekeren itu kayaknya 1 silinder tuh kurang ajib.. Ya memang berarti bisa dikatakan berantem dengan KTM RC 390 yang juga 1 silinder..

TVS Apache 310RR hitam

Saat mesin dinyalakan, prediksi awal KBY kalau mesinnya yang 1 silinder plus big block bakal mengalami getaran terbukti juga, saat idle setang terasa bergetar ringan, tambah RPM, getarannya semakin terasa.. waduh gimana kalau udah panas mesinnya ya dan digunakan di atas jalanan ya? Tinggal pembuktian di jalanan nih, harusnya sih TVS Indonesia memberikan test ride di Sentul, ya gak lads? hehehe..

TVS Apache 310RR Speedometer
bentuk speedometer TVS Apache 310RR gak lazim tapi sangat lengkap

HARGA TVS APACHE 310RR

Banderolnya seharga Rs. 2.05 lakhs di India atau bila dirupiahkan setara Rp.42.9 jutaan si Apache RR310 ini, itupun tahun lalu, sementara di Indonesia harga TVS Apache 310RR ternyata mengejutkan! TVS Indonesia berani memasang harga hanya Rp. 49juta saja! Jelas ini menohok motor motor CBU lainnya seperti KTM Duke 390 dan saudaranya sendiri BMW G310R . Secara harga sih value pack banget ya? Pilihan warnanya terdiri dari Racing Red (merah) & Sinister Black (hitam).

TVS Apache 310RR belakang TVS Apache 310RR sasis dan suspensi

SPESIFIKASI TVS APACHE 310RR

Engine : 4-Tak, Liquid-Cooled, Back-to-Front Single Cylinder, DOHC 4-Valve

Bore x Stroke : 80 x 62,1 mm

Kapasitas Silinder : 312,2 cc

Rasio Kompresi : 10,9 : 1

Sistem Penyuplai BBM : Bosch Electronic Fuel Injection

Transmisi : 6-Speed, Constant-Mesh

Max Power : 33,5 HP @ 9.700 RPM

Max Torsi : 27,3 N.m @ 7.700 RPM

Dimensi Panjang x Lebar x Tinggi : 2.001 x 786 x 1.135 mm

Jarak Sumbu Roda : 1.365 mm

Tinggi Jok : 810 mm

Ground Clearance : 180 mm

Berat Kendaraan : 169 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 11 Liter

Frame : Steel Trellis, With Bolt-on Subframe

Suspensi Depan : 41mm KYB Upside Down Fork

Suspensi Belakang : Forged Aluminium Swingarm, Gas-assisted Monoshock

Rem Depan : Cakram Hidrolik, Disc 300 mm, Kaliper Radial ByBre (Brembo) 4-Piston, ABS

Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Disc 240 mm, Kaliper ByBre (Brembo) 1-Piston, ABS

Ban Depan : 110/70 – R17 (Michelin Pilot Street Radial)

Ban Belakang : 150/60 – R17 ((Michelin Pilot Street Radial)

VIDEO SUARA TVS APACHE 310RR

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

38 KOMENTAR

  1. Ini nih yg aku tunggu. Menurut aku sich mantap bgt desainnya. 1 silinder no problem. Efisien. Handle kanan its oke! Not bad! Indonesia mana bisa bikin motor kek gini. Pengganti apache 160 ku yg lama. Mesin bandel bertenaga. Kualitas material motor diatas motor2 jepun.

  2. yg di marking tanda tanya ??? Itu namanya Hook mang, iya hook buat rok biar kecantol, eh,
    * cantolan knalfot aftermarket
    * breket tiang strobonya polkis
    * dudukan Action cam
    * tambahin dong….

  3. Sepertinya saya tahu fungsi besi di belakang kanan itu. Kalau dibilang buat geser motor, biasanya kan gesernya ke kiri, lagian motornya ngga punya standard tengah, kalau buat pegangan boncenger, kok cuman kanan? Pengalaman saya pakai NS200, body buntut belakang ada lecet lecet, lantaran sepatu saat turun dari motor. Apa mungkin besi itu buat melindungi ‘tendangan’ sepatu kanan yang suka bikin lecet body belakang kanan?

  4. Foto motor yg dr depan gada yg bagusan dikit mang? dgn SPG kek,, atau gada orgnya sekalian.. kalo liatin foto motor sport tapi bareng bapak2 gitu jd kurang greget deh.. -_-

  5. Kenapa gak kayak RR yak? konsep udah bagus langsing, masspronya ndut…

    disinyalir dikonsep di Indonesia, pas masspro orang india nya acha acha nehi nehi pengen mbroot…

    masukan buat TVS, motor india itu mesti punya settingan sub frame set height, orang lokal sini unyu-unyu.. dan konsep akula itu bisa banget…

  6. kang kobay tolong direview apparel motor donk yang di PRJ, soalnya ane disumut hitung hitung bikin artikel baru soalnya udah lama ngak pernah ada artikel,dan juga artikel review oli motor yang dipakai mang kobay

  7. Motor cbu diatas 250cc termurah
    mengingat dg jeroan special engine
    Dimana lagi dapet engine yang sama kaya nsf250?
    Plus frame yang aduhai
    USD
    BAN MICHELLIN
    Bahkan mungkin bisa dikatakan lebih baik daripada motor jepun sekarang
    Kalo saya ada uang pun bakal ambil 1
    Hahaha

  8. Mang kobay, mau tanya.. Dibanding duke 250/390 getarannya TVS apache 310 RR lebih parah mana? Lalu untuk build quality dan material dibanding 3 trio 250cc jepun gimana mang? Material yg nemplok di TVS itu sama dengan di BMW ga sih mang? seperti mesin, usd, perangkat rem dll.. Lalu satu hal lagi mang, denger2 setelan shock belakangnya itu bisa diatur ketinggiannya ya? klo seting ke level paling rendah, bisa turun brp cm? soalnya pernah punya 200NS dan akhirnya dijual karena ketinggian.. Agak susah klo mau belok u-turn dan mundurin motor.. Secara spek soalnya ini tinggi dan beratnya 11-12 sama NS.. Thanks mang kobay klo mau jawab pertanyaan ane..

    • lebih parah TVS sih kalau dirasain ya..

      BQ ay liatnya 11-12 dengan cbr250rr, sedikit di atas R25 dan Ninja.. tapi material plastiknya agak tipis ya..

      kalau shock belakang lom tau..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.