Suzuki RE-5 500

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Mungkin tidak banyak yang tahu – termasuk KBY sendiri tentunya kalau Suzuki punya satu model motor yang peredarannya hanya berusia satu tahun! Ya, hanya satu tahun tapi kelahirannya yang fenomenal begitu menggemparkan dunia otomotif roda dua, dia adalah Suzuki RE-5 buatan tahun 1974 yang punya kapasitas mesin 500cc (497cc) dan gilanya pakai mesin berpendingin air, single rotor Wankel Rotary yang legendaris! Suzuki RE5 merupakan proyek ambisius Suzuki di dunia roda dua.. Tak hanya mesin, desainnya hasil guratan maestro desainer asal Italia, Giorgetto Giurgiaro yang akhirnya desain ini memenangkan desain terbaik sebagai model baru.. 

Di Suzuki Plaza daerah Hamamatsu Jepang, markas besar Suzuki Motor Corporation yang juga sebagai museum Suzuki, KBY menemukan buanyaaaakk banget motor dan mobil aneh buatan Suzuki yang sebagian besar baru pertama kali KBY melihat dan mengenalnya.. Saking banyaknya jenis kendaraan tersebut, waktu 2 jam yang diberikan oleh Itayama Sama – Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Sales yang baru – tidaklah cukup! Akhirnya berbekal pengetahuan terbatas di dunia otomotif, KBY memilih beberapa unit untuk diabadikan, salah satunya adalah yang akan KBY bahas di artikel ini, yaitu Suzuki RE-5 buatan tahun 1974 yang sangat ambisius dan gila di jaman itu..

Suzuki RE-5

KBY tidak banyak tahu akan mesin bertipe rotary, terlebih lagi dari sisi kinerjanya, hanya secara singkat yang KBY pahami dari mesin buatan Wankel tersebut adalah, dengan kapasitas mesin yang relatif kecil namun power alias tenaga dan output yang dikeluarkannya bisa sangat besar! Itulah yang terjadi pada Suzuki RE-5 yang desainnya dibuat oleh maestro desain Giorgetto Giurgiaro yang setau KBY punya rumah desain bernama Pininfarina. Desain desainnya banyak memukau publik otomotof dunia lads, dari supercar hingga mobil keluarga seperti Hyundai Matrix pernah mendapatkan sentuhannya.

Dari sisi mesin rotary, sejauh yang KBY ketahui – selain Suzuki RE-5 di roda dua (mungkin lads bisa menambahkan nantinya motor apalagi yang pakai mesin rotary), ada Mazda yang menggunakan mesin Wankel tersebut di tipe RX-7 dan RX-8. Cukup 1200cc namun tenaganya mencapai 200dk.

DESAIN SUZUKI RE-5 ROTARY

Memiliki desain yang sebenarnya lazim di jamannya, yaitu tahun 70-an, classic retro tak jauh dengan saudaranya Suzuki GT750. Tapi lihat di bawah sasisnya, area mesin begitu padat sehingga semut pun akan cukup sulit menemukan celah untuk dimasuki hehe.. Knalpotnya ada 2 di sisi kiri dan kanan, entah bagaimana ini pembuangannya, gak terlalu paham seperti mesin modern saat ini yang bisa langsung terlihat pipa header terpisah jika mesinnya menganut paham multi silinder.

Suzuki RE-5 1

Yang heboh adalah bentuk speedometernya, kita seperti melihat sesuatu yang dibuat oleh NASA hehe.. rumah alias covernya berbentuk kapsul, lonjong sementara di dalamnya sih semua terlihat wajar, dari speedometer dan tachometer alias RPM, untung gak lonjong juga ya bentuknya. Uniknya di tahun tersebut Suzuki sudah memberikan gear position plus 1 lagi khas motor Suzuki yang dipertahankan di beberapa model terakhir hingga kini, gada fuel meter bar! Jadi kalau udah mau kosong kedip kedip tuh indikator haha.. GSX-R600 aja gada loh..

speedometer Suzuki RE-5 yang unik

SPESIFIKASI SUZUKI RE-5 ROTARY

Suzuki RE-5 Wankel Rotary yang tanpa piston ini punya spesifikasi mesin sebagai berikut lads..

  • Mesin: 500cc (497cc), pendingin air (radiator), 1 Rotary peripheral port
  • Tenaga: 62PS/6.500
  • Torsi: 7.6kg-m (74.48Nm)/ 3.500

Suzuki RE-5 engine

Sayangnya meskipun Suzuki RE5 bermesin rotary ini penuh dengan keajaiban, fenomenal, penuh dengan decak kagum dan merupakan proyek ambisiusnya Suzuki, sang motor hanya dijual disatu periode tepatnya satu tahun saja sepanjang tahun 1974. Penyebabnya adalah saat itu sedang krisis minyak/ bahan bakar lads.. Mesin Rotary Wankel yang fenomenal karena mampu mendongkrak tenaga dan torsi besar hanya dengan mesin kapasitas kecil ternyata memiliki kekurangan vital yaitu borosnya konsumsi bbm..

Dengan adanya krisis tersebut Suzuki RE-5 dipaksa memiliki usia peredaran yang sangat singkat, hanya satu tahun saja.. Produksinya yang distop setelah satu tahun membuat Suzuki RE-5 500cc Rotary Wankel disebut sebagai The Phantom Model alias Model Bayangan/ Model Hantu karena seakan akan tidak pernah dibuat dan tak pernah hadir di dunia otomotif roda dua..

Suzuki RE-5 3

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

26 KOMENTAR

  1. Wih mantap nih, brap brap rotaries
    IMO, Kalo di liat dari firing patternnya, 1 rotor housing itu ibarat 3 piston, soalnya dari 1 cycle terjadi 3 pembakaran. itu yang bikin mesin Rotor kecil cc tapi tenaga gede,
    setau ane kang motor yg pake rotor yang juga cukup terkenal itu Norton F1 (tau dari yutup sih hehe)

    mesin Mazda RX series yang rata2 2 Rotor itu sebenernya setingkat dengan pesaingnya yang pake 6 cyl, macam R34 atau Supra.

    • setau ane mesin rotary wankel bentuk dari pistonnya itu segitiga kalo g salah dan disebut rotor, ibarat mah 1 silinder itu 3 piston sekaligus, karna berbentuk segitiga yang mempunyai 3 sisi, maka 1x putaran rotor itu sama aja 3 langkah kerja, gimana gak sadis itu mesin.. cc kecil tapi bisa nguber cc gede.. maap kalo salah koreksi ya

  2. “ada Mazda yang menggunakan mesin Wankel tersebut di tipe RX-7 dan RX-8. Cukup 1200cc namun tenaganya mencapai 200dk.”

    654cc x2, 1308cc..
    output kisaran 180 – 200 (NA) atau sampai 270an (twin-turbo charged)

    btw itu ceritanya si Wankel bikin tuh mesin cukup memprihatinkan juga loh…

  3. Mesin wankel rotary
    Siklusnya mirip 2 stroke, dan gak ada stang piston bikin radius rotasi sangat kecil mesin akan dengan mudahnya berteriak
    Cuma Achilles heels nya ada di apex seal yg sangat ringkih, konsumsi bahan bakar n oli yg gak sepadan dg power n kapasitasnya
    Gakda jalan lain untuk pelumasan rotor selain injeksi ke ruang bakar, mirip 2 tak makanya emisi buruk n oli boros, blom lgi kelemahan torsi terutama putaran bawah.
    Jdi zaman sekarang udh gak bsa d pake kebentur euro

  4. setau ane mesin rotary wankel bentuk dari pistonnya itu segitiga kalo g salah dan disebut rotor, ibarat mah 1 silinder itu 3 piston sekaligus, karna berbentuk segitiga yang mempunyai 3 sisi, maka 1x putaran rotor itu sama aja 3 langkah kerja, gimana gak sadis itu mesin.. cc kecil tapi bisa nguber cc gede.. maap kalo salah koreksi ya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.