Suzuki GSX-R250
Suzuki GSX-R250 renderan young machine nih

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Suzuki boleh saza punya beberapa line up produk di Indonesia, dari skutik entry level, Maxi hingga sport 150cc  tapi belum lengkap karena di kelas sport fairing 250cc 2 silinder pabrikan berlogo S belum memilikinya. Memang di luar ada GSX-250R yang punya desain lumayan, tapi bakal berjudi kalau sampai hadir di Indonesia, pasalnya dari sisi spesifikasi akan jadi juru kunci. Nah satu gambar patent Suzuki GSX-R250 nongol di dunia maya nih, tepatnya sih milik Suzuki GSX-R300 katanya, tapi sangat besar kemungkinan desain dan spesifikasinya akan plek plek turun ke 250cc, bahas dikit yuk karena konon spesifikasinya mentereng punya! 

Sedikit flashback ke GSX-250R, model ini bakalan jadi penghuni gudang jika hadir di Indonesia, mesin loyo SOHC 2 silinder, shock depan konvensional, lampu depan single bohlam pula (baca: GSX-250R Speknya Lemah). Sempat juga KBY bahas GSX-R250 versi rekaan dan gosip dari majalah Young Machine Jepang sana, gambar patent lainnya juga sempat hadir yang disinyalir ternyata milik GSX-250R, tapi baru kali ini nih gambar patent GSX-R250 yang sebenarnya milik GSX-R300 nongol..

Gambar Patent Suzuki GSX-R250 GSX-R300

Apa yang bisa dilihat dari desain patent GSX-R300 tersebut? Banyak pake banget! Pertama dari depan dulu aja, lampu depan ngumpet disinyalir kuat sudah LED, sosok batang suspensi depan diprediksi upside-down (USD), dudukan rem di sebelah kanan terlihat seperti sudah kuncian kaliper radial,  setang juga terlihat sudah menganut tipe underyoke seperti adiknya, GSX-R150.

Beralih ke tengah dan sasis, chassinya menganut twin spar model trellis, seperti pada CBR250RR. Turun sedikit terlihat mesin dengan dua bundaran kecil sebagai lambang posisi poros dual camshaft yang menegaskan kalau mesinnya sudah pasti DOHC. Dua leher pipa knalpot jelas banget kalau motor ini akan menggunakan mesin twin dengan konfigurasi 2 in One (2-1) dimana hasilnya akan menuju ke satu end Muffler.

Gambar Patent Suzuki GSX-R250

Tangki bahan bakarnya punya mekanisme buka tutup dengan engsel di bagian belakang. Tangki radiator terlihat tidak begitu besar, sepertinya Suzuki punya mekanisme baru di sisi pendinginan nih atau jangan jangan kompresinya gak terlalu tinggi? Suspensi belakang Monoshock dengan link (full floater biasanya Suzuki menyebutnya). Swing arm pipih bukan kotak tahu layaknya CBR250RR, kemungkinan aluminium. Sisanya seperti kebanyakan motor sport lainnya, spakbor gantung, jok split.

Gambar Patent Suzuki GSX-R250 1

Melihat desain dudukan intake, Suzuki GSX-R250 sudah menganut kinerja mesin sport powerful terkini seperti kompetitornya CBR250RR, R25 (cmiiw) maupun All New Ninja 250FI, yaitu down draft, aif filter di bawah tangki, cuma belum keliatan apakah ada air intake chamber di depan kaya CBR250RR? Yang jelas soal performa mesin sih Suzuki jelas gak bisa dipandang sebelah mata.

Gambar Patent Suzuki GSX-R250

GSX-R250 WAJIB HADIR DI INDONESIA?

Nah sekarang tinggal bahas kebijakan Suzuki-nya nih, dengan model dan bocoran spesifikasi sementara apakah GSX-R250 wajib hadir di Indonesia atau justru sebaliknya malah jangan? Kalau opini KBY justru wajib hadir nih karena di kelas ini Suzuki belum punya produk yang mumpuni, betul? Dengan demikian Suzuki akan memiliki line up produk yang cukup lengkap.. Tapi ingat desain juga kudu Josss punya.

Pun begitu ada juga yang bilang mendingan jangan karena melihat dari sisi data penjualan Data AISI Sport Fairing 250cc yang memang gak sebanyak sport 150cc bahkan skutik premium 150 dan 250cc. Bahkan penjualannya cenderung turun terus lads (baca: Penjualan Kawasaki Ninja 250 Gak Sampai 50 unit). Memang masuk akal, tapi balik lagi ke atas, Suzuki justru wajib memiliki jejeran produk baru yang lengkap, karena gaung produknya kalah dari kompetitor.

Keputusan di tangan PT SIS, kalau melihat untung rugi yang bisa jadi GSX-R250 2019 gakan hadir di Indonesia – padahal gosipnya akan dibuat di sini lads. Tapi kalau berorientasi pada bisnis panjang, lengkapnya produk dan subsidi silang antar produk dengan menciptakan skutik 180-250cc baru nantinya, maka Suzuki akan punya taring yang cukup untuk berkompetisi.. Setidaknya posisi 3 di penjualan akan aman, bahkan bukan tak mungkin mencaplok yang sedang di posisi 2 nantinya.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

26 KOMENTAR

  1. Kembali lagi kalo sijuki sih… Resepnya cuma satu.. Harga. Sukur2 di bawah 50 laris kayaknya.. Gw sih gak kebeli.. Hahah

  2. Jajal awal CBU thai. Pemanasan. Lalu setelah itu CKD Thai.
    Sis gk harus invest bnyk. Cukup belajar buku panduan dan bikin eparts catalogue, jangn kyak honda yg sampe skrg gk punya e-parts catalogue.
    Yg boleh punya cumn dealer, itupun disuruh beli.

  3. Mencaplok no 2 mang ngakak ane bacanya Kwkakkaakk. Iya emang tren no 2 nyungsep tren no 3 lg ngacir.

    Seharusnya emang suzuki kudu all out masukin gsx-r250 kesini. Walaupun mungkin margin dan penjualan gak seberapa, tapi bisa jadi showcase klo suzuki emang bisa bikin produk yang ganas dan buat dongkrak pride adik2nya. Apalagi klo sanggup tembus 40++ ps nanti brand image dan pridenya naik drastis.

    Suzuki sebenernya nggak mulai dari nol, udah punya histori dan modal kuat untuk bersaing. Brand jepang yang konsisten dengan kualitas produk dan performanya, tinggal benahi 3s dan marketingnya lagi.

  4. ngak usahalah,

    wong cbr dan r25 aja kurang laku, padahal desain oke, race menang.

    nah suzuki?

    tapi kalu kusus buat om roy si boleh aja

    • gw sih ngarepnya RGV 250 sob tp harga terjangkau. CBR250RR Honda yg katanya worthed aja lakunya cuma ratusan unit perbulan. Export nya malah dibawah 100 unit. Mw apa pun itu mending 2 tak sih, udh pasti kenceng beneran.

      Pabrikan ketjil sebelah aja bikin 250cc 2 tak bisa tembus 80hp std. Nilai yg mustahil bagi engine paling canggih dan modern 250cc 4 tak DOHC 2 silinder PGM Fi, Air Intake bla bla bla… dalam keadaan std

  5. Setidaknya posisi 3 di penjualan akan aman, bahkan bukan tak mungkin mencaplok yang sedang di posisi 2 nantinya.
    Maaaaakjleeeeb……

  6. Tambahan:
    Eiscell kabur dr diskusi disini

    http://kobayogas.com/2018/05/03/mengakali-kekurangan-honda-pcx-150-lokal-dari-ganti-jok-sampai-kanvas-cvt/

    aneh…

    Eiscell 01/05/2018 at 15:31
    Komen berbusa ngumpat2 produk honda .. Pertsnyaane cums satu .. Sudah beli motor honda apa belum??? Klo lubkagak beli produknya bust apa nyinyir!!!!!

    Toh gak ngerugiin eluuu.. Merka beli produk yg lu kata dhock miring oskr duit2 mereka nspa lu yg berbusa mulutnya … Weka weka ceka ka

    tapi dia komentar

    eiscell 28/02/2013 at 14:21

    kalau kurang sak strip diarani wong miring… monggo komentator miring silahkan dikoment.. bebek tuaku spakboard nya jg miring .. tp kalau baru dah miring cacat tuh

    Beli kagak nyinyir iya…

    oh ternyata dia komentarin dirinya sendiri

    Eiscell 02/05/2018 at 08:56
    Disitu YLKI menulis pabrikan bertanggungjawab kepada konsumen ..

    Konsumen adalah orang atau badan yg membelinproduk dari produsen..
    Selama konsumen mendapatkan hak nya wajar2 saja .. Toh pabrikan berkewajiban memberikan penjelasan kepada konsumen bukan kepada komentator blog yg suka nyinyir sana sini betul gitu khan??

    YLKI juga berpihak pada konsumen kog bukan kepada komentartor yg sekedar komen to gak beli produknya!

    Hahahaha…

    • otak kalau sudah terdoktrin oleh suatu merk hasilnya seperti otaknya eiscell. jgn dilanjutkan debatnya, enggak akan ada hasilnya. cuma nambah dosa diskusi sama orang yang tidak bisa terima keritik, walupun kritiknya adalah kritik yang membangun dan ingin melindungi konsumen Indonesia.

      yang saya habis pikir, walaupun inner covernya bergesekan dengan outer spring “mereka” bilang masih normal. konsumennya pun banyak yang cuma ngangguk ngangguk doang. kasihan sih sebenarnya, tapi kita kan cuma bisa komen di kolom komentar tidak bisa berbuat lebih wkwkwk. KALAU motor gw yang kaya gitu mungkin gw akan mencak2 di kolom komentar. untungnya tidak 🙂

  7. Entah kenapa setiap sijuki punya produk baru yg risih malah bloger dan fansboy sijuki. Eh itu ngakunya sih .Tabiatnya sih fansoboy si ngabidien

      • Kan ada tuh komentator sama bloger yg ngakunya fbs .Belinya aja motor sujuki. Tapi sekarang mau berubah, malah di ulas kelemahanya terus .Gak oernah di promosiin

        Ternyata fans sijuki cuma buat di benturin sama yg lain .Dan mereka syok waktu tau yg kena gebuk sijuki ternyata singabidien

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.