test ride selis balis
test ride selis balis

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Pada arena test ride di IIMS kemarin lalu, usai test ride Royal Enfield Himalayan dan Patagonian Eagle, KBY tertarik akan gerak gerik sebuah kendaraan unik nyentrik sekaligus terlihat futuristik, unik karena punya tiga buah roda, futuristik karena bentuknya serba membulat kaya mobil masa depan, sekaligus nyentrik karena pengendaliannya bukan menggunakan setir bulat melainkan setang motor! Nah loh, penasaran kan? Sama! Wkwkw.. Kepingin tau juga impresinya kayak gimana nih, langsung aja KBY dan mang Rama Otoborn masuk ke dalam kabinnya, ini dia hasil test ride Selis Balis yang punya roda tiga!!

Kelar ngetes Patagonian Eagle, KBY menuju ke booth sebelahnya yaitu booth milik Selis (Sepeda Listrik). Di booth Selis tersebut baru saja masuk – habis dites konsumen – kendaraan roda tiga yang bisa disebut mobil atau juga motor, kalau Bajaj gak mungkin wong mereknya beda hehe.. Tapi kendaraan beroda tiga identik sama Bajaj sih ya, kalau dulu sih Bemo. Tapi bukan kok, ini adalah Selis New Belis lads.. Penasaran kayak gimana sih mengendarainya, jadi deh KBY test ride Selis Balis bermesin listrik ini.. Mesinnya listrik kan? Yoi, jadi bisa masuk kategori EV alias Electric Vehicle deh hehe.. Orang lain mah tes moge ini malah test ride Selis Balis wkwkkw

selis balis

DESAIN SELIS BALIS

Futuristis! Yoi lads, masa depan banget, bulet bulet chubby menggemaskan gitu deh kaya akyuuu.. lampu depan ada berbentuk bumerang sipit menyatu dengan bentuk pipih, lampu rem juga kekinian sudah pakai LED, sayang sinar lampu rem nya menurut KBY masih kurang kuat di siang hari, gak terlalu keliatan lads.. Pintu Selis Balis ini ada dua, kiri dan kanan yang terbuka sama panjangnya, jadi mau masuk dari kiri ataupun kanan sama aja.. Desain pintu dibuat begitu agar praktis, sehingga yang duduk di belakang pun bisa keluar masuk dengan mudah.

selis balis belakang

Melihat dashboard alias kokpit Selis Balis hehe, kaya mainan, lumayan rapi tapi terlalu banyak ruang kosong.. Ada speedometer dengan bentuk sederhana tapi sudah full digital yang menunjukkan jam dan kecepatan. Di bagian bawah kokpit Ada beberapa tombol untuk menjalankan sang New Balis. Ini lebih kaya Mobil mobilan anak yang pake Aki, karena tombolnya persis! Ada D untuk Maju, Netral dan R untuk mundur.

speedometer selis balis

interior selis balis

Jangan berharap adanya air conditioning alias AC di dalam kabin selis balis ya lads, ada sih AC alias angin cepet alias kipas angin wkwkkw.. Membantu? Nyaris kagak sih tetep panas haha.. persis di bawah tombol tombol operasi wiper depan ada gantungan belanjaan, lumayan lah daripada ditaro di alas kan?

interior selis balis test ride selis balis 1

TEST RIDE SELIS BALIS

Oke langsung kita tes jalan deh si Selis Balis motor listrik tiga roda ini lads.. Putar kunci kontak ke On maka sebenarnya Si Balis ini sudah menyala. Tinggal tekan tombol ke posisi R untuk mundur atau D untuk maju, gas deh. Tapi kalau di rem depan maka mesin akan mati, settingan-nya memang gitu lads, tapi begitu di gas lagi ya akan nyala, jadi kaya ISS/SSS ya?

Begitu gas dipuntir keluar pit eh booth, buseddd hentakannya terasa banget! Kaya torsi mobil diesel nih.. padahal mundur tuh.. Begitu sudah lurus, pindah tombol ke D, gas deh.. Wuinggg Selis Balis melaju menyentak ke depan dengan sadis tanpa suara.. dorongan awalnya memang gokil juga nih lads.. Tapi begitu gas ditambah, gada lagi dorongan tambahan, linear gak mau lari wkwkwk.. Sesuai spek top speednya memang hanya 45km/jam sih..

Suspensinya di atas jalan dengan model paving block lumayan keras, kaya naik bajaj sih tepatnya ya.. kabinnya juga lumayan berisik, ya iyalah tar ditambah peredam bisa bisa gak jalan si selis balis ini, keberatan wkwkw.. Bicara bobot, selis belis mampu mengangkat beban hingga 300kg lads..

Handlingnya bagaimana? Well yang jelas setang kerasa gak mau diam, setang kudu digenggam cukup erat biar gak lari lari.. lumayan pegel nih kalau buat jarak jauh. Bicara jarak, selis balis mampu mencapai jarak 50km dalam keadaan batre penuh.. Berbelok lumayan lincah, cuma ngeri aja takut kebalik lads kwkwkw..

HARGA DAN SPESIFIKASI SELIS BALIS

Menurut sang sales, selis balis dijual dengan harga Rp. 42juta, gak terlalu murah jugaa ya, yah kompensasi ada kabin sih.. cuma STNK nya lupa nanya nih, masuknya ke motor atau mobil ya, pajaknya juga lupa nanya.. Sedangkan untuk spesifikasi, sesuai brosur tidak disebutkan tenaganya, speknya sbb:

  • Top Speed Selis Balis: 45km/jam
  • Jarak tempuh: 50km
  • Daya Angkut: 300 kg
  • Kapasitas penumpang: 3
  • Kapasitas Batre 60V 45aH
  • Motor: DC 60V 1500w
  • Warna: Putih hitam dan hitam merah

CARA MENGISI BATRE SELIS BALIS

Di bagian belakang bodi selis balis ada semacam tutup tangki yang kalau dibuka ternyata merupakan colokan untuk pengisian daya alias batrenya. Menurut sang sales daya isinya membutuhkan daya 900watt selama kurang lebih 7 jam hingga penuh dengan biaya Rp. 7500 lads. Murah juga..

Juga terdapat semacam fuse/ sikring di bagian belakang tersebut yang bisa diaktifkan agar tidak ada daya yang terbuang atau terpakai saat Selis Balis tidak digunakan dalam waktu cukup lama, jadi aki gak cepet soak gitu.. Oke juga nih, cuma bentuknya kaya sikring di rumah hahaha..

Well, asik juga sih pengalaman test ride selis balis si motor listrik tiga roda yang unik hehe.. Yang penting udah gak penasaran lagi lads.. Mangga ditonton videonya, jangan lupa like dan subscribe yaaa..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

27 COMMENTS

  1. “Berbelok lumayan lincah, cuma ngeri aja takut kebalik lads kwkwkw..”

    ya itulah kalau 2rodanya ada di belakang, seperti di film Mr.Bean

  2. Seperti ini yg berpotensi merusak pesta motor bensin di lampu merah, spt tesla merusak keseruan drag mobil. Btw setahu ane kalau nama dan spesifikasinya adalh sepeda listrik ya tidak pakai STNK.

    • Teroris kampret ngapain ngebom tempat ibadah? Kalo berani bom tuh markas fansboy koplak biar blogger mongtor damai dan adem !!!!

      Setahu saya emang gada stnk. seperti halnya sepeda listrik. Undang2nya blum ada, makanya gesits jg blum bisa jualan….cmiiw

  3. versi warna merahnya plus model lampunya mengingatkan pada CBR thailand.
    awkowakowkaowkoakwokaokwokoawa
    hati-hati disruduk mobil morris minor ntar langsugn keguling (seperti ceritanya Mr. Bean)

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.