di Toyokawa Plant Jepang

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Kali ini KBY akan bercerita tentang pengalaman pertama kalinya ke negeri Sakura alias Jepang.. Yoi, baru kali ini KBY pergi ke sana, alhamdulillah rejeki diajak oleh PT Suzuki Indomobil Sales bersama 5 sahabat blogger lainnya. Well, 5 hari yang luar biasa selama berada di sana, memang terasa gak pernah cukup mengingat Jepang juga negara yang luas meski tak sebesar negeri kita tercinta Indonesia. KBY sangat terkesan dengan negeri Matahari terbit ini dalam beberapa hal, dari udaranya yang bisa dibilang bersih dan segar banget, sistem transportasi mantap, gadis gadis lokal yang unch unch dah, rasa sake-nya yang ajib hingga bertemu kendaraan aneh yang gak kita temui di sini. Ini adalah cerita blogger jalan jalan ke Jepang lads..

KBY memang pernah mengidam idamkan suatu saat bisa ke Jepang, pengen tau aja kaya apa sih negara penyumbang otomotif terbesar di negara kita itu, eh ternyata rejekinya dari Suzuki Indonesia.. Berarti ini kedua kalinya KBY diajak Suzuki ke luar negeri, yang pertama nonton bareng MotoGP Sepang Malaysia tahun lalu.. Makasih banyak ya Suzuki!! Muaahh..

Oke kembali ke topik.. Agak agak lupa nih, gak di draft sih soalnya wkwkw. Kita berangkat Senin malam tanggal 16 April lalu dan setelah kurang lebih 8 jam di udara, akhirnya kita mendarat di Haneda Airport Tokyo, sampai sana sekitar jam 8 pagi hari local time, gak langsung ke hotel tapi kita langsung manfaatin waktu jalan jalan setelah mengisi perut terlebih dahulu. Lah tas dan koper gimana kang? Nah ini, jadi di Jepang banyak banget loker buat naro tas atau koper lads, tinggal bayar sekian yen, koper dimasukkin loker dan terkunci. Jadi kita jalan jalan cuma bawa tas punggung aja. Di Indonesia? Bisa sih, tapi pasti udah banyak yang dijebol hahaha..

Nah dari situ kita naik kereta Keikyu Line ke St Shinigawa lanjut kereta lagi ke daerah Ueno di situ ada pasar murah Ameyokocho dan juga Taman Ueno mau liat sisa sisa bunga Sakura. Lanjut setelah makan siang menuju Shibuya, tempat itu sangat terkenal dengan persimpangan dan penyebrangan alias Shibuya Cross-nya yang padat dan ramai, dan pernah dibuat lokasi syuting Fast and Furious Tokyo Drift.

di pasar murah ameyokocho Jepang

Di situ juga ada patung anjing setia yang legendaris Hachiko. Kebetulan kondisi Tokyo dan Shibuya saat itu masih ada sisa sisa musim dingin lads, weleehh udaranya segerrr banget, bersihhh.. kaya ruangan berAC yang pake nanoe technology dan plasma cluster deh, serasa di puncak tapi tanpa polusi, gada itu bau bau knalpot, beneran!

di salah satu sudut Shibuya Cross
di Onitsuka Tiger Store Shibuya

Seperti pada film film Jepang, bener aja lads, nyaris kita gak menemukan orang jalan santai, yang tua tua kaya kakek dan nenek aja jalannya cepet semua! Bused.. Salut sekaligus kasian, kok kayaknya selalu terburu buru gitu hidupnya hehe. Apalagi di Stasiun, semua kaya tergesa gesa dan bener juga di jam sibuk naek kereta udah kaya di Jakarta deh, bedanya gada bau bau gak sedap gitu haha.. Satu lagi, KBY bisa menghitung dengan jari sebelah orang yang tubuhnya gendut, rata rata proporsional lads.. Ceweknya juga, aduh putih putih! Kalau wajah sih standar lah ya, cuma menang poin kulit yang mulus dan putih itu loh ..unncchh

rush hour di stasiun kereta Jepang amat padat

Tempat sampah juga sulit KBY temukan di Jepang, jadi kayaknya sengaja biar bersih kali ya.. Yang jajan dan sejenisnya wajib ngantongin sampahnya hingga ketemu tempat sampah. Untung WC banyak, kebayang kalau sama susahnya kaya nemuin trash bin haha. Setelah puas pindah pindah stasiun kereta hari itu, dengan menggunakan Shinkansen kita langsung menuju Hotel yang bertempat di Hamamatsu, markasnya Suzuki. Yoi soalnya besoknya kita akan berkunjung ke Toyokawa Plant, tempat sepeda motor Suzuki dibuat..

Nah di Shinkansen juga KBY terpana akan konsistensi jaringan GSM di Jepang lads, bayangin aja dengan Shinkansen yang berlari lebih dari 250km/jam, tidak ada itu gangguan jaringan handphone! Selalu stabil dan tetap cepat! Bahkan Wak Haji TMC yang upload youtube di lap top gada gejala nge-lag.. Gila! Padahal jaringan HP didapat via wifi pod berisi nomor Jepang yang dibekali oleh Suzuki dari Indonesia. Pod nya ada 3, jadi 1 pod untuk 2 orang lads.. Mantap bener dah itu jaringan, udah cepet konsisten pula. Bayangin aja kita naek kereta ke Bandung misalnya, itu blank spot ada dimana mana ๐Ÿ˜€

gila jaringan internetnya superrr

Selain itu kenyamanannya patut dapat 2 jempol lebih! Dengan kecepatan tinggi nyaris gada goyangan yang terasa.. jeglak jegluk khas kereta api lenyap! Dan bagi smokers alias ahli hisap ada dua ruangan tersedia.. ah sedap! Saking nyamannya itu Shinkansen, liat aja foto di bawah, menjijikkan bukan?

saking enaknya naek shinkansen

SUZUKI TOYOKAWA PLANT

Esok harinya, tokoh nomor 1 Suzuki di Indonesia, Itayama San (baca: Seiji Itayama Presiden Direktur Baru Suzuki Indonesia Yang Humble) sudah menjemput kami di Hotel Crown Palais untuk segera menuju Toyokawa Plant. Di pabrik Suzuki roda dua tersebut kami disambut petinggi pabrik (maaf KBY lupa nama hehe). Di pabrik, bisa dikatakan tidak terlalu ramai, harap dimaklumi Jepang sendiri memang tidak banyak memproduksi roda dua lads, bahkan yang lebih ramai itu pabrik roda empatnya, sayang KBY dkk tidak berkunjung ke sana..

Toyokawa Plant

Singkatnya, aktivitas pabrik sama lah dengan pabrikan roda dua di Indonesia, kebersihannya pun 11-12, pabrik wajib bersih lads. Mungkin yang membedakan adalah adanya robot pengangkut parts yang bisa mengangkut dari titik satu ke lainnya tanpa dikemudikan alias otomatis. Afaik di Indonesia keknya lom ada sih..

blogger di Pabrik Toyokawa

Sekilas Toyokawa Plant

Didirikan tahun 1971, luasnya 139 ribu M2 dengan luas bangunan 75ribu M2.ย  Kapasitas produksi per hari sekitar 500 unit, per bulan mencapai 10 ribu unit dan pertahun sekitar 130 ribu unit. Plant ini tidak hanya merakit mesin roda dua, tapi juga mesin outboard (jetski/ boat). Untuk jenis sepeda motor yang dibuat bervariatif dari 50cc hingga moge 1400cc. Pabrik ini juga membuat produk untuk domestik maupun ekspor lads.

SAKE JEPANG MANTAP!!

Usai dari pabrik, sebelum menuju Suzuki Plaza dimana ada museum Suzuki, kami semua diajak Itayama sama untuk menikmati makan siang berupa unagi alias daging belut yang.. syeedd yummy beud.. Soal makanan, ternyata cita rasanya justru sangat kental aroma dan bumbu Jepang lads, kenikmatan dan lezatnya agak berbeda dengan Indonesia punya. Terkesan tidak banyak bumbu tapi beneran uenaakk.. Bahkan jenis sushi yang di Indonesia sangat terkenal pun kalah sama orisinil Jepang di resto pinggiran, KBY yang gak terlalu suka pun makan banyak di sana hehe..

Bicara sake, KBY penasaran akan rasanya, kayak gimana sih? Nah di restoran pertama ternyata sake nya bukan orisinal, dalam arti bukan tradisional Jepang gitu deh, tapi ala modern, rasanya sih kaya Vodka wkwkw.. Baru lah di restoran berikutnya seperti di Osaka KBY temukan sake yang asli, dengan botol kecil gak sampe 30cm dan cangkir cangkir mungil.. rasanya? Nagih! Wkwkwk..

sake asli Jepang.. mantap!

artikel berikutnya KBY akan bahas tentang kesan di museum Suzuki di Suzuki Plaza, bertemu dengan orang nomor 1 Suzuki di Jepang dan dunia serta berbagai aktivitas jalan jalan yang gak kalah serunya sampai ketemu gadis lokal yang cantik dan mulus!! Stay tune ya..

gadis lokal jepang pakai kimono ๐Ÿ˜€

Many thanks to: PT Suzuki Indomobil Sales

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing ๐Ÿ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

65 COMMENTS

  1. Kok lokalan disana lbh mantapp dibanding sini ya *eh, kesimpulannya mang kobay cocok jd fbs millenial ngah ngah ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  2. Mmmmm….. Sijuki iseng aja nih, emang ada manfaatnya ngajak jalan2 Blogger serigala bermuka abstrak, ngah ngah ngah …

  3. Andai Koneksi Internet di Sini kencengnya kek disana, padahal cuma pake modem
    Aku kapan Kejepang ?

  4. Bay. Lu mabok sake. Gak nyoba mabok coca cola bay? Denger denger ada yg mabok coca cola sampe ngelantur tiap ngomong .ngah ngah ngah

    Cie si satar memalingkan muka saat lu foto sama cewe .Kayanya kalian memang ada sesuatu dah .ngah nhah ngah

    Ketemu kakek lejen gak bay? Di ajak syuting pelem gak? Wkakka

    Oh iya ada sebuah kisah

    Al kisah ada seorang fbs garis keras. Begitu sujuki mau bangkit fbs tersebut seolah olah tidak mendukungnya. Malah sibuk nyerang mahonda dan mengunggulkan yemehek

    Dan akhirnya kita tahu fbs itu singkatan dari fans babu siabidien

  5. wakaka romantis bner ama simbah dukun. btw bawa oleh2 apan nih dari sonoh? terus tanyain simbah mang, knp blognya udah brp hari ini kga bisa dibuka

  6. klo roda2 disana memang ga banyak, apalagi winter… mostly orang jepang lebih mengutamakan safety.

    itu motor apa ya moge 1400cc? next hayabusa?

    btw foto cewe yang terakhir kok mukanya familiar ya? apakah…..?

  7. Ane bulan lalu juga baru ke jepang, emang luar biasa tuh negara, sistem transportasinya bener2 edan.
    Kagak maen salju om?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.