nomor andalan #76

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Belum pernah sekalipun KBY ikutan balapan terjun langsung ke sirkuit dalam tajuk ajang resmi. Biasanya sih turun sirkuit itu seringnya ya kalau ada sesi test ride dari pabrikan, lokasinya kalau gak trek gang senggol (Test Ride CBR150R K45), Sentul Kecil (NMax, Xabre) dan Sentul besar (banyak lah ini).. sekali pernah ikutan track day MVOCI (MV Agusta Owner Club Indonesia) pake moge Brutale 675, F3 dan Yamaha R6. Nah baru kali ini nih ikutan balapan di ajang resmi, yaitu Indonesia CBR Race Day! Turun di kelas 250 Community C, bagaimana kesan KBY saat langsung menghadapai atmosfir kompetisi? Yang jelas sih seru!

Dulu saat lagi demen demennya maen mobil sih track day di Sentul cukup sering, tapi itu kan mobil ya. Nah, pertama kali turun di Sentul besar pake motor itu langsung pegang moge, aje gile.. Gak tanggung tanggung semuanya 600 dan 675cc lads! (baca: Track Day Sentul Geber MV Agusta F3 675, Brutale 675 dan Yamaha R6). Pertama kali dan langsung nafsu, sampe masuk gravel (baca: Pengalaman Masuk Gravel Di Sentul), untung gak panik, jadi gak pake jatoh, alhamdulillah. Sejak itu turun di Sentul pake bisa dibilang makin sering seiring banyaknya sesi test ride produk baru yang diadakan di Sentul.

pertama kali nyentul ya pake ini..

Tapi ya cuma itu thok, kalau gada sesi test ride ya ga pernah nyentuh aspal panas Sentul lads.. Jadi skill juga bisa dibilang otodidak dan pas pasan alias semenjana, latihan aja gak pernah wkwkwk.. Lantas kenapa “nekad” ikutan balap di Indonesia CBR Race Day kalau gitu? Nah ini, alasannya adalah ingin mencoba rasanya berada dalam suasana, kondisi dan atmosfir kompetisi! Biasanya kalau test ride kan isinya teman teman blogger semua, rasa bersaingnya minim.. Tapi kalau dengan “pembalap” beneran yang ingin jadi nomor 1? Beda banget!

nomor andalan #76

ALASAN IKUTAN INDONESIA CBR RACE DAY

Ya itu alasan pertama udah di sebut di atas, yaitu kepengen merasakan langsung situasi dan kondisi serta suasana balapan dengan para rider yang berlomba ingin jadi yang terbaik. Apakah Kang Kobay ingin jadi juara? Idih, siapa sih yang gak wkwkwk.. Tapi itu bukan tujuan utama kok, selain alasan di atas KBY juga ingin tahu sejauh mana skill dan motor yang ada (si Zeref CBR250RR) mampu berkiprah dalam tekanan kompetisi.

Selain itu, dengan usia yang sudah gak muda lagi, KBY ingin puas puasin geber pol mumpung masih semangat, siapa tahu 3 atau 5 tahun lagi rasa ingin kebut kebutan sudah hilang sama sekali toh? Hehehe.. So dengan menggandeng Paul, teman yang punya bengkel PITLINE, KBY titip si Zeref CBR250RR di tangan dia, bukan untuk dioprek sih, karena CBR250RR spek mesinnya sendiri sebenarnya sudah race ready.. Paul cuma bantu daftarin atas nama Komunitas CBR Corner Society Pitline Racing Team sama bongkar part kaya lampu lampu, standar samping, cek rem dan towing ke Sentul.

Spesifikasi Honda CBR250RR Zeref

  • Mesin standar tanpa PnP atau bore up
  • Air Filter Ferrox
  • Knalpot full system RX8 plus WRX GP6 Carbon
  • Speedspark open looper
  • Ban Michelin Power RS uk 120/60/17 dan 160/60/17
  • Master Rem Nissin Samurai
  • Selang rem HEL ABS depan
  • Tenaga ±33.3hp dan 19.4Nm (on wheel – sebelum dipasang Ferrox dan Open Looper)
kegedean buat balapan

Nah sebenarnya ada yang kurang sreg nih dari spek di atas, yaitu ukuran ban! Untuk balapan idealnya pake ukuran 110 di depan dan 140-150 di belakang. Jelas ini akan membuat akselerasi dan top speed nya cukup lama diraih. Tapi ya sudahlah, spek ban Michelin Power RS sebenarnya track oriented kok.. Lagian juga nyari pengalaman bukan kemenangan hehe.. Oia KBY juga penasaran dengan performa knalpot WRX GP6 R1 Carbon, makanya dipake saat sesi kualifikasi.

SESI KUALIFIKASI

Semua aturan jelas yaitu pakai sistem time bracket. Tak terkecuali di kelas 250 community C yang KBY ikuti, yaitu paling cepat 2:10, so bila pada sesi kualifikasi ada yang lebih cepat dari itu maka akan dilempar ke kelas yang lebih tinggi, terus kalau saat balapan ada yang  best time-nya lebih cepat dari 2:10 maka otomatis diskualifikasi dan yang dibawahnya naik posisi.

kobayogas indonesia cbr race day
sesi kualifikasi

Saat turun balap jelas wajib pake wear pack alias racing suit, KBY di support oleh BestRI, wear pack buatan lokal asal Bandung yang seringkali membuat racing suit untuk tim balap nasional. Terakhir KBY pake baju ginian adalah sesi test ride Honda RC213VS, itu juga cuma 3 lap.  So dengan baju balap baru, adaptasi kembali dilakukan, gerakan kudu lentur lads..

Problem lain datang dari sarung tangan yang kegedean, ukuran XL masbrrroo!! Soalnya glove yang KBY bawa tidak memenuhi standar. Aduh mak dobel adaptasi nih. Untungnya frame kacamata baru tidak selicin yang lama, jadi cucok meong dipasangkan dengan helm Arai RX-7X Davide Giugliano, aman gakan merosot hehe..

Sesi kualifikasi dimulai, setelah motor dipasang transponder, kita semua siap siap di pit line, kemudian dilepas tiap 2 motor hingga habis. Lap pertama adaptasi gerakan badan yang pake wear pack, juga tangan dengan sarung tangan kegedean wkwkw.. aduh ganggu juga nih, bagian jarinya mentok tuas rem depan mulu. Dengan susah payah akhirnya kembali ke PIT dan sukses jadi urutan ke 23 dari 33 peserta! Wkwkw.. Sebenarnya ada 44 rider, tapi 11 rider mulai urutan 34 ga masuk kualifikasi, dinilai terlalu lambat mungkin (lihat foto).

Tapi karena ada 7 rider yang waktunya sangat cepat dan dilempar ke kelas A dan B, maka otomatis KBY naik ke posisi 16! Horeee hehe.. Catatan waktu KBY sendiri adalah 2:16:086, ini rekor sih karena setau KBY catatan waktu terbaik di Sentul adalah 2:22++ pakai CBR250RR (diitung manual) sedangkan di atas GSX-R150 2:26:060 (pakai transponder) – baca adu kencang blogger vs vlogger di sentul.

Bersambung ke artikel selanjutnya yaaa..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

51 KOMENTAR

  1. aaarrgghhh … artikelnya kentang euyyy, bloman gas poll udeh ketemu lamerrr hahahaha

    ane tungguin yak kelanjutan artikelnya

  2. gini nih blogger kalo lagi happy, nulisnya dari hati, artikelnya panjang sampe berjilid-jilid wkwkwk
    lanjutkeun…..

    • Haha.. Ya itu lah Hidup, dulu kecil smp kuliah semester 2 masih Demen motor tapi gak pernah sama sekali ke Sirkuit (jaman ancol).. Terus maen Mobil sempet track day sama komunitas juga.. Ttp ga jadi pembalap juga sih huahahahaha…

  3. Omm, bikin artikel installasi speedspark open looper dunk.. sya ada rencana pengen make juga

      • Urusan yg ini ane paham banget karakter mang kobay deh

        Demen banget motor tp ogah mumet ma Kelistrikan dll yg njlimet

        Saran Ane mang
        Misalkan ada keinginan bikin artikel yg berurusan dengan oprekan (Kelistrikan atau mesin) mending pas instalasi d bengkel sekalian d bikin vlog nya, kayak artikel mang kobay waktu bahas knalpot beberapa waktu yg lalu

        Saya yakin banyak pengunjung setia blog ini yg menunggu artikel tema tersebut
        Seputar motor yg mang kobay miliki ajah cukup ko
        Untuk detail ny bisa langsung d wawancara ke suhunya langsung d tkp

  4. wah mang kobay miring2 di sentul nih

    btw mmg seharusnya ikutan lomba begini sekali seumur hidup
    biar pernah

  5. mau repliy komen di atas tp eror mulu yawda bwt komen lg baru

    lumayan klu udah pernah bisa bwt pamer ke cucu di masa depan
    hahaha

    udah mirip2 lah sama pembalap profrsional klu pake wearpack

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.