Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Belum banyak yang tahu (dan pura pura gak tau) kalau produk sepeda motor Honda, tak hanya dijual dan laris manis di pasar domestik, tapi juga dikirim keluar negeri sebagai produk ekspor. Bahkan jumlahnya juga dapat dikatakan tidak sedikit loh. Beberapa negara di area Asia mempercayakan PT. Astra Honda Motor (AHM) untuk memproduksi sepeda motor untuk dikirim dan dijual di negara mereka. Menurut data aisi ekspor penjualan ekspor motor Honda di kuartal pertama tahun 2018 ini meningkat sekitar 22,7% dibanding periode yang sama di tahun 2017 lalu. Ternyata ke negara negara ini lah motor Honda buatan Indonesia diekspor, motornya apa saja sih?

Jika ditotal, menurut data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) ekspor pada periode Januari – Maret 2018, ekspor sepeda motor nasional dalam kondisi utuh (CBU/Completely Built Up) pada kuartal I/2018 tercatat sebanyak 129.852 unit atau naik 47% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pada periode Januari-Maret 2018, sepeda motor Honda yang diekspor PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan kontribusi 26% terhadap total ekspor triwulan pertama 2018 melalui angka ekspor 33.192 unit.

Pada triwulan pertama tahun ini, ekspor CBU model skutik Honda mencatatkan pertumbuhan signifikan yaitu 66% dibandingkan data triwulan pertama pada tahun sebelumnya dari 18.577 unit menjadi 30.794 unit. Produk ekspor terbanyak di segmen ini yaitu Honda BeAT eSP sebanyak 20.602 unit, diikuti oleh Honda Vario series 10.176 unit, Honda Scoopy eSP 10 unit. Penasaran gak motor Honda apa saja sih yang kipas kipas Dollar atau laris di luar negeri? Nah berikut ini adalah daftarnya:

Data AISI Ekspor Honda Januari – Maret 2018 :

Data AISI Honda 2018 Produk Terjual
Skutik (30.794 unit) Beat series 20.602 unit
Vario series 10.176 unit
Scoopy FI 10 unit
Bebek (805 unit) Revo FI 500 unit
Supra series
20 unit
Blade 125 45 unit
Sobic 150R 240 unit
Sport (1.539 unit) CB150R 40 unit
CBR series 913 unit
CB150 Verza 120 unit
CRF150L 520 unit

sumber warungasep.net

Cihh palingan juga di ekspor ke Timor Leste wkwkw.. Iya ya, nah biar gak penasaran sebenarnya motor AHM tersebut diekspor kemana saja sih? Nah biar lebih jelas kita harus tau juga kalau AHM menjual produk ekspornya ini dalam 2 tipe, yang pertama diekspor dalam wujud utuh atau CBU (Completely Built Up) dan model CKD atau Completely Knocked Down, dan negara-negara yang menjadi tujuan ekspor adalah sebagai berikut :

Negara Tujuan Ekspor CBU produk Honda :

  • Filipina
  • Bangladesh

Negara Tujuan Ekspor CKD produk Honda :

  • Jepang
  • Thailand
  • Malaysia
  • Vietnam
  • Kamboja.

Model yang diekspor secara CKD ini antara lain Honda Sonic, Supra GTR150, Honda BeAT series, Honda Blade, dan Honda CBR250RR. Total ekspor CKD AHM sepanjang kuartal I/2018 tercatat sebanyak 43.020 unit. Loh kok Timor Leste malah gada yak? Wkwkwk..

General Manager Overseas Business Division AHM Kurniawati Slamet mengatakan perusahaan memiliki komitmen besar untuk terus meningkatkan volume ekspor sepeda motor setiap tahun sejalan dengan peningkatan permintaan dari luar negeri dan kemampuan anak bangsa memproduksi produk berkualitas global.

“Kami senantiasa berupaya menghasilkan produksi sepeda motor dalam negeri dengan kualitas yang berstandar global. Kami berkomitmen meningkatkan jumlah ekspor sekaligus memperluas negara tujuan ekspor. Kami optimis hingga akhir tahun nanti ekspor unit maupun komponen kami akan meningkat.”

Baca juga artike menarik lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

    • Email me: kobayogasblog@gmail.com
    • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

49 COMMENTS

      • Pertanyaan katak dalam tempurung
        Kaya dah tau banyak tentang Jepang ajah

        Boleh d cek d mbah google
        C series juga Jepang impor dari thailand
        Salah satu artikelnya ada di wak haji TMC yg merupakan penggemar C series

    • Ngapain eropa jauh2 beli ke indo yg ongkos angkutnya mahal ….kecuali memang terpaksa krn di eropa kapasitas pabriknya kecil menyesuaikan marketnya di eropa yg kecil juga spt si yamaho…maklum biaya operasi di eropa mahal apalagi tenaga kerjanya banyak pabrik yamaho tutup krn marketnya seupil…sehebat2nya ms yamaho selalu di bawah kaki honda

      Lebih baik di buat di sentral di indo yg biaya tenaga kerjanya lebih murah dan kebetulan kapasitasnya sudah berlebihan krn kesalahan forecast yg over optimis tapi ternyata marketnya yg di indo mengkerut burut…msnya jadi 18% coooii dari target mau 50%…weleh2 fby dongok

  1. Dan banyak jg yg banyak pura2 gak tau, kalo sebelah trnyata punya produk global.
    Dan skrang latah bikin artikel eksport.(kmren kmn ajahh)
    Ehhhh
    kwkwkwkwkw
    Guyon kang ojo sewott yo.

    • kenyataanya produk Y banyak yang tembus Global market ngak gampang loh om bisa tembus Market Amerika dan Eropa yang terkenal super ketat dikit dikit recall makanya disana Recall itu biasa dari produk yang super maupun yang biasa saja

    • Meskipun secara kasat mata yang ekspor kaga ada bedanya sama yang lokal tapi kualitas partnya beda jauh… 😂

      • Produk Lokal kualitas global
        Ama
        Produk global di lokalin
        beda kali yakk..??

  2. trus yg masuk eropa sama amerika buatan mana bang? honda vietnam, thailand apa ada pabriknya sndiri?

  3. yang cc kecil untuk market eropa ada yg dari AP Honda Thailand, contohnya CBR125R yang mesinnya SOHC 2 Klep (Catet, bukan DOHC dan 4 Klep)

    Buat pasar eropa dikasi SOHC dan 2 klep doang tuh, hihihi……

    • sesuai regulasi disana mang, kl disini sim c bisa pake motor ber cc bebas,contoh yg punya warung, pake mbit sma moge simnya ttep aja yg onoh

  4. saya keliling asean ngak ada jual cbr250rr. Kalau ngak percaya silahkan lihat di singapore dan Malaysia yg terdekat paling banyak terlihat R25, Ninja 250 , KTM, CBR250r jomblo dan X Max 250 untuk segmen 250cc

    • Ini sih tebak tebakan ay doang mang.. Soalnya Ada hubungannya sama keputusan principal (Jepang). Untuk model cbr250rr keknya Jepang belum approve AHM untuk jual model itu ke beberapa negara.. Masih model lawas yg dijual belok an. Pasti ada PKS nya… Which is ay jg ga tau hehe… Soalnya aneh sih ke Jepang Ada tapi bbrp negara (asean dan luar asean) malah gada..

  5. Silahkan keliling ASEAN ngak ada deaer resmi honda yang jual CBR250rr entahlah kalau ada Importir umum yang jual karena seandainya pun ada di IU setahu saya ngak ada hitungan di data aisi untuk ekspor karena Importir Umum biasanya dia membeli dari Dealer lokal harga miring bukan dari pabrikan langsung makanya pas sampai negara tujuan harganya melambung tinggi. Sedangkan data aisi ekspor adalah ekspor yang dilakukan pabrikan.

  6. Cihh palingan juga di ekspor ke Timor Leste wkwkw..
    ————————————————————————
    Wkwkwk… Klo Yamaha dan Suzuki export kemana aja brou? apa mau pake Cihh lg buat ke pasar eropa?

    wkwkwkwk

  7. Nanya serius mang kobay

    Apa pengaruhnya dengan para FB ya
    Mo honda ke
    Mo yamaha ke
    Mo kawasaki ke
    Mo suzuki ke
    Mo k Timor Leste ke
    Mo ke eropa ke

    Saya yakin gak ada pengaruh sedikitpun malahan yg ada bisa bikin penyakit hati para FB fanatik kecuali emang orang bayaran yg emang kerjaannya nge BC,
    O iya kasus BC ini mirip kasus hoaks yg lg pada ditangkapin pak polisi lho, pada gak takut ap ya?
    Kalo urusan akhirat mah dah pasti api neraka siap melambay lambay menunggu kedatangan para BC ers

    #tobatbcyuks

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.