review Suzuki SX4 S-Cross AT

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr… Hari raya lebaran tak terasa sudah mau hadir lagi di tengah tengah kita, sampai lupa kalau tahun lalu KBY mudik menggunakan Suzuki SX4 SCross AT dan masih ada artikel yang tertunda haha.. Well, baiklah, langsung saja kita bahas artikel penghujung tematis Suzuki SX4 S-Cross AT, artikel penutup ini lebih mengedepankan kesimpulan dan opini KBY pribadi setelah menghabiskan waktu bersama cross over Suzuki ini selama kurang lebih 14 hari.. Ini dia kesimpulan dari Review Suzuki SX4 S-Cross AT..

Sebagian kecil atau besar dari lads kayaknya penasaran akan kesimpulan dari review Suzuki SX4 S-Cross AT berwarna biru yang KBY gunakan sebagai transportasi mudik ke Bandung dan jalan jalan baik di kota Kembang tersebut maupun di Ibukota Jakarta di tahun 2017 lalu.. Paling penasaran kayaknya sih komentator dengan nickname toolkits.. soalnya mengkuot artikel KBY tentang impresi awal SX4 S-Cross saat melihatnya di GIIAS tahun 2016 lalu..

baca: First Impression Suzuki SX4 S-Cross

review Suzuki SX4 S-Cross AT

Penasarannya sih kayaknya lebih kepada kenapa kalau disebut berat penjualannya melawan kompetitor tapi KBY malah dipinjemin itu mobil kali ya? Mungkin dianggap jelek jelekin Suzuki S-Cross tapi kok malah dikasih pinjem wkwkkw.. Yaaaa biarkan saja Mr. Toolkits itu berpikiran seperti itu hehe.. Yang jelas kalimat kuot di bawah ini merupakan hal yang riil..

quote
dengan semua yang dimiliki KBY beropini berat bagi SX4 S-Cross untuk memimpin pasar, dia tidak memiliki nilai jual yang breakthrough dibandingkan produk lain di kelasnya. Apalagi semacam crossover wannabe seperti Honda BRV sudah 7 seater, Chevrolet Trax sudah turbo sementara Ford Ecosport punya versi titanium dengan sun roof.. Berat euy!
unquote

Memang jika kita bicara untuk menjadi pemimpin penjualan di kelas ini akan berat mengingat Suzuki SX4 S-Cross kurang punya senjata pamungkas untuk ditawarkan ke konsumen, sementara kompetitornya tarohlah dari Honda HRV yang punya model keren, Honda BRV punya 7 tempat duduk, Chevy Trax menawarkan meisn Turbo dan Ford Ecosport ada pilihan SunRoof..

buka puasa di jalan tahun 2017 lalu

Tapi hal tersebut bukan berarti Suzuki SX4 S-Cross menjadi tidak laku loh, modalnya sendiri cukup kuat jika kita bicara pada driving experience, driving quality serta fitur yang diusung, belum lagi harga yang cukup kompetitif.. Hal yang menjadi keunggulan dari SX4 mengingat para kompetitornya belum terjamah selengkap ini di tangan KBY.. Jadi KBY punya cerita yang bisa dengan lengkap diinfokan kepada pembaca dibandingkan merek lainnya..

Soal fitur, lads sudah mengetahuinya dari artikel awal test drive SX4 S-Cross Crossover ini, begitu juga dari soal performa mesin serta handling dan kinerja kaki kakinya yang mantap (baca: Ngetes Kenyamanan Suzuki SX4 S-Cross AT).. Fitur juga sudah KBY bedah cukup lengkap di artikel lainnya.. dari mulai yang ada di interior hingga yang ada di eksterior.. So ini adalah kesimpulannya..

review Suzuki SX4 S-Cross AT review Suzuki SX4 S-Cross AT

THE VERDICT 

Bicara desain, SX4 S-Cross AT crossover berwarna biru ini sebenarnya jauh banget dari kata buruk, bahkan bejaban dengan Chevy Trax dan Ford Ecosport, tapi sayangnya, kompetitor lain memiliki desain yang lebih keren, misal Honda HRV, BRV .. Mungkin agak sulit membuat orang langsung terpana melihat pada pandangan pertama..ditambah lampu rem yang belum LED mengurangi pesonanya. Sisi ini KBY berikan nilai 7..

untungnya SX4 S-Cross sudah berubah: Baca SX4 S-Cross Facelift, Makin Gagah

Dari sisi fitur, untuk entertainment KBY kasih nilai 8,5, semua koneksi ada dan dipermudah dengan kabel yang sudah tersedia, tinggal colok dari mulai USB, Aux, hingga HDMI. Pilihan blutooth baik musik maupun telp juga ada.. Belum lagi setir multi fungsi dari ngatur audio, telepon hingga fitur cruise control.. MID juga hadir lengkap di dashboard..

Belum lagi fitur lainnya yang sejauh ini kayaknya gada (cmiiw) di kelasnya 1.500cc crossover, selain cruise control juga adanya rain sensor, manual adjusted leveling headlamp, lampu depan dengan mode auto – menyala sesuai cahaya serta transmisi 6 speed dengan Manual Mode dan paddle shift!

Lampu depan memang terkesan ketinggalan di era LED dengan minusnya lampu LED, tapi HID projector malah jadi keunggulan mengingat kompetitor malah masih mengandalkan bohlam konvensional untuk pencahayaannya. Ditambah deretan DRL, area lampu depan makin asik dilihat. Andai lampu rem sudah LED pasti lebih ciamik..

Membahas pengendalian dan driving quality, untuk sebuah Crossover, KBY ternyata dibuat takjub oleh SX4 S-Cross ini, suspensinya punya racikan yang pas, cukup lembut namun stabil untuk bermanuver.. Kabinnya kedap, seakan berada satu kelas di atasnya.. Ban yang buatan India ternyata gak bisa diremehkan, kontrolnya baik dan cukup senyap. Driving position mungkin bukan yang terbaik, namun masih layak dapat acungan jempol.

Sebagai penumpang belakang, ternyata KBY mendapatkan impresi yang tak jauh dari sisi driver, kabin masih senyap, ayunan shock baik dan jok empuk dengan senderan yang bisa direbahkan satu step membuat tubuh cukup rileks dibuatnya. Akomodasi SX4 SCross juga baik, mampu menampung cukup banyak barang untuk diangkut. Kekurangannya kabin kurang fleksibel jika harus diadu dengan Honda HRV misalnya..

Dengan harga SX4 S-Cross AT 2016 Rp. 261,850,000, (versi facelift mulai dari Rp. 256juta) KBY merasa ini adalah mobil crossover dengan value for money terbaik di kelasnya, apalagi nama Suzuki di roda empat juga sebenarnya gak kalah kalah amat dengan Honda atau Toyota.. Tinggal kembali ke selera dan kecocokan masing masing akan masalah desain..

Sekarang tinggal ngetes SX4 S-Cross Facelift 2018 nih, apakah ada perbedaan atau masih sama enak dan tangguhnya?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

19 COMMENTS

  1. Syukur ya mang warung ini makin rame trs ada bintang2nya ya, dikirain sx4 yg facelit mirip bmw-bmwan

  2. Keren semuanya 👍💪

    Merasakan Tenaga Besar All New PCX 2018, Tidak hanya unggul di mesin, PCX 2018 juga unggul untuk bermanuver

  3. Sepertinya impresi berkendara dengan Suzuki S-cross ini ga jauh beda dengan mang Kobay. Saya cuma bisa membandingkan antara Ford Ecosport Titanium dgn Suzuki S-cross ini, beberapa kali sebagai driver dan penumpang (baik kursi depan ataupun belakang). Untuk Chevy Trax atau Honda HRV belum pernah nyoba (ada yang mau pinjemin?). S-cross lebih empuk suspensinya, tapi handling lebih tajam di Ecosport, feel lebih presisi. Fitur2 lumayan ngga kalah dgn mobil yg lebih mahal. Kembali ke selera pembeli aja.

  4. Yang lama hidungnya agak mirip mercy, yang baru mirip BMW… Wkwk. Menurut saya kelebihan utama mobil ini ya di harganya yang reasonable banget, udah dapet fitur yang lumayan overkill.. Kalo aja rakitan sini, mending cruise control disunat diganti dengan nambah jumlah airbag/ fitur yang lebih menarik buat kelas mobil 250 jutaan. Sunroof misalnya.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.