CBR250RR K64A 2 silinder prototype

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Masih ingat saat itu di tahun 2015, satu renderan sebuah motor berjenis sport dengan watermark Tokyo Motor Show 2015 memperlihatkan sosok yang bernama Honda CBR250RR 2 silinder.. Kala itu berita begitu heboh mengingat Honda seperti acuh tak acuh untuk bermain di kelas sport 250cc 2 silinder dan seakan mempersilakan dua kompetitornya Kawasaki – sang pemain lama sekaligus penguasa pasar dan Yamaha, pemain baru di kelas tersebut – untuk saling berebut kue yang tidak besar. Ini adalah review CBR250RR ABS 2017 Setelah Satu Tahun digunakan oleh KBY.. Apa saja yang jadi poin plus dan minusnya sejauh ini? 

Dulu, sebelum terjun di kelas 250cc 2 silinder, Honda pernah menyebutkan mesin 2 silinder di mesin 250cc tidaklah efisien, gak hemat bahan bakar, dan berbusa busa mengumandangkan kelebihan 1 silinder teknologi terkini pada CBR250R kala itu.. Well, pasar yang berbicara, ini Indonesia, 2 silinder itu bersuara merdu, larinya kencang dan desain wajib keren. Konsumsi BBM? Like We Care! Hasilnya? Penjualan CBR250R 1 silinder terpuruk di dasar palung terdalam ngah ngah ngah.

Review CBR250RR ABS 2017 Setelah Satu Tahun, Apa Plus dan Minusnya?

Kembali ke renderan CBR250RR, seakan tak percaya kalau kolaborasi Astra Honda Motor (AHM) dan Honda Jepang serius menggarap sebuah motor sport 250cc 2 silinder berkarakter dan berdesain ala lightweight super sport yang mengingatkan kita pada kelas moge 600cc fairing dan 250cc 4 silinder di era terdahulu. Padahal dulu sangat mengagungkan 1 silinder, well ini membuktikan kalau pasar Indonesia itu memang spesial! Saat melihat renderan tersebut KBY sudah membatin, ini motor kalau sosoknya maspro-nya 90% sama dengan prototype, guweh wajib punya! Dan hadirnya sosok prototype di Tokyo Motor Show di penghujung tahun 2015 memperkuat indikasi kemiripan dengan versi masspronya.

Akhirnya di bulan Juli 2016, digelarkan Honda CBR250RR World Premiere yang ternyata memang dapat dikatakan sosoknya persis seperti versi prototype! KBY yang melihat langsung saat itu berdiri diam terpaku, mata melotot, tangan berkeringat, jantung berdegup kencang.. Ini kah yang dinamakan Fall In Love at First Sight? Gila, gak nyangka AHM bisa tembus proposalnya! Sebuah sosok motor sport yang berkali kali lipat lompatan desainnya dari CBR 250 versi sebelumnya, hadir tepat di depan mata KBY! A Masterpiece Craft! 

Tepat di akhir bulan Januari 2017 (STNK Februari), CBR250RR ABS warna abu abu metalik mendarat di garasi KBY, dikasih nama Zeref, melambangkan sosok imajinatif terkuat dari cerita manga Fairy Tail.. dan memang terkuat, terheboh, tercanggih, terlengkap si CBR 250 2 silinder ini lads.. Hadir dengan banyak fitur idaman pecinta motor (meskipun banyak yang gak mau ngaku wkwkwk), seperti shock depan upside down dari showa berwarna emas, swing arm aluminium model gull, 3 riding mode, throttle by wire, speedometer full digital and many more.

baca juga: Alasan KBY memilih Honda CBR250RR ABS


CBR250RR SATU TAHUN PEMAKAIAN

Jadi setelah berumur satu tahun apa saja yang dirasakan dari CBR250RR ini? Apa plusnya? Apa minusnya? Kilometer si Zeref sendiri memang baru 3000-an hehe, jarang dipake kang? Sebenernya mau tiap hari, tapi tau sendiri kadang ada motor pinjaman untuk dilakukan review, belum lagi gantian sama Samehada, Frozen, Sniego kadang Caltie. Si Zeref ini sudah beberapa kali melakukan modifikasi, knalpot, ban, selang rem, master rem, hingga nambah vernis cat.

Well tidak ada keluhan berarti sebenarnya, sama sekali! Konsumsi BBM masih relatif sama, bermain di 1:21-22 dengan ban Michelin Power RS ukuran 120 depan 160 belakang, knalpot sudah full system, air filter pakai hi-flow. Tarikan juga masih ganas, getar getar? Sama lah ama baru, nyaris gada! Overheat? Amit amit, aman! Cat? Masih kinclong mulusss.. Kopling? Rem? Aman sentausa lah.. Jok juga bisa dibilang paling empuk di kelasnya. Itu plusnya.

belilah yang asli jangan yang KW lads..

Tapi kalau mau dibilang ada kekurangan ya ada,  minusnya antara lain, mesin yang paling panas di kelas 250cc 2 silinder, buat yang gak biasa mungkin mengeluh, tapi bagi KBY segitu mah cingcai.. maklum biasa bawa yang lebih parah sampe menyiksa ngah ngah ngah. Putaran/ gerakan gas juga bisa dibilang berat untuk sebuah sistem throttle by wire, padahal seharusnya bisa ringan. Akibatnya tangan kanan suka cepat pegal.

Ergonomi bukan jadi poin minus kang? Gini, ini CBR250RR dari lahir emang didesain ya kayak begini, model super sport dengan setang underyoke, kalau lads beli terus ngeluh gak nyaman dan cepat pegal ya bukan salah motornya, salah elu yang beli wkwkwk.. Bener gak? Lah emang diciptakan bukan untuk kenyamanan kok, jadi ga bisa dibilang kekurangan lah.

Apakah KBY mengetik bersemangat seperti ini biar CBR250RR lebih laris? Tell you what, I don’t give a damn with market share, mau dia laris jadi pemimpin pasar ya sukur, kalau gak ya malahan lebih bersukur, motor keren begini kalau yang make banyak apa spesialnya coba? Wkwkwk.. CBR250RR K64A menurut KBY memang masterpiece-nya AHM!

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

74 COMMENTS

  1. Pdhl uda semangat banget bacanya, kirain smp 10 poin +- nya, tambahin lg mang biar makin lengkap

  2. Pengen sih.. Tp buat modal nikah dulu duitnya wuakakakak..
    Nih motor standar aja udah demen sih sm suaranya..

    • Nanya dong mang kobay,,,kalo motor langka/sedikit peminat tapi masih masspro apakah sparepart terjamin,,,

      • sebenernya setiap produsen kaya ada kewajiban membuat spare part hingga 7-10 tahun mendatang, hanya tentu jumlahnya disesuaikan

    • Amin mang. .Btw klo gas tbw gitu bisa disetting gak sih enteng beratnya? Kek gas yg pake tali kawat gitu..

    • Gua mo beli nih….warna apa tg cucok untuk Neng Erty roda 4 red radiant gue..apakah mesti gue kasih nama Sanji the Black Leg jika gue ambil yg warna Hitam..?😂😂😂😂

      Ngah ngah ngahhh…uhukkk…
      ( ketawa kek gini nyebelin…enakkan WAKAKAKAKAKK )

  3. Setuju 1000% sama smua kekurangan dan kelbihan yng d sbutin mang kobay d atas tp klo pnya ane udh 10200 kilometernya. Hehe..
    Tp sayang pnya ane ngembun speedometernya dan blm sempat ke ahass sih tau dsh bkal d ganti apa gk sma ahass nya. 🙁

  4. Kenalpotnya merek apa om itu jujur gidam kenalpot gituan tpi mgak tau mereknya. Mau ganti yang kya itu tpi ngak tau merek takut oemgaruh kemesin ada minusnya

  5. Itu knalpotnya merk KBY, dijamin ori kagak pakek kw kw an apalagi kw lodong. Lah wong cuma satu, memang tiada duanya…….hehe

  6. Oh iya mang, satu lagi minus yg belum disebutin. Yaitu banyak orang yg masih belum mau ngaku bahwa mongtor ini mang udah keren bin guanteng dari lahirnya. Apalagi para fb fb akut, buehh najis barangkali mau mengakuinya…… Saya mah yakin, walau nanti R25 yg baru bakalan brojol tetep desain dan aura mah ngga bakal kebanting, sama ninja nyang baru aja ngga kebanting kok… . Hehe

  7. Tambahan mang menurut sy yg belum nyoba dan punya
    plusnya :
    @ desain benar2 mantabbb untuk 5 -7 tahun ke depan masih ketje baday
    @ light bukan moge look secara dimensi body tp moge look dgn fitur n part2 seperti usd dan armnya itu looh
    @ harga “lumayan” masuk akal, tumben ahm
    @ jarang dijalan jd masih suka meleng klo liat ini motor

    Minus :
    @ suaranya kya ninja ya? Ngahngahahaha
    @ headlamp led ? Sy gg suka led
    @ sy belum punya

  8. Makin dikit makin mahal part makin tersingkir di garasi tinggal tunggu waktu takut bawa ke jalan n umur bertambah makin nyesel mirip nsr, tzm dulu – knapa pelajaran ini berulang – memori

      • karena pada saat itu NSR/TZM itu harganya mahal. tidak terjangkau untuk pendapatan orang2 ketika itu. hanya org yg bener mampu saja yg sanggup membeli nya.

      • beda om. Dlu UMK aja cuma 300rb. Harga motor Tornado GS aja wkt gw beli udh 10.350jt cash. Sekarang UMK berapa? harga Ninja sblm naik berapa? dr situ jg kliatan kok. Paling enak ya liat GDP nya aja sih. Makin tahun makin naik, tp skrg org sanggup beli motor. Dulu? cuma sedikit yg sanggup beli. Udh gt ada sistem kredit yg bener2 lebih murah cicilannya (mskpun makin lama).

      • Fbh nunggu vorza eh dikasih piciex
        Fbh nunggu piciex satu dekade dpt mesin 2 klep…
        Fbh nunggu cibier 150 update dpt dohc overztruk deltabox sasiz gnti mini tubular..
        Fbh nunggu pario 110 fi mesin water cooled eh dikasih mesin denganpendingin angin
        Fbh nunggu ceref 150 mesin dohc overztruk eh dikasih sohc 2 klep plerza
        Fbh nunggu cebe 150 exmotion eh dikasih cb plerza sohc 2 klep jadul
        Fbh nunggu cibier 250rr versi naked eh dibilang hahaem belum balik modal jualan kurang laku
        Fbh nunggu matic 150 cc 4 klep eh disuruh beli vorza yang gak bisa gadaikan ktp

        Fby nunggu :
        R15 lm out gnti baru dpt usd, mesin nmbh cc, vva,sliperclutch..😁😁
        r25 kluar dr 2014..5 thn..2019 dpt klbihn mcm mcm…tcs vva..
        matic mewah eh dpt xmax 250
        matic 125 cc powerfull dan value eh dpt lexi
        matic roda 3 seperti motor italia berkelas eh dpt tricity
        matic super mewah dan maxi eh dpt tmax

        Jd fbh kok bodoh dan kasian wkwkwkwk😕😆😆😆😆😆

    • Yamaha Nouvo n Suzuki Skywave yang tidak laku aja skrg banyak yang cari,Ninja 2 tak ama RX King yang sudah stop produksi (yang berarti part2nya banyak yang langka) aja harga bekasnya melonjak,sapa yang mau disalahkan? :))
      -kenapa dunia ini aneh – #menolaklogika

  9. minusnya…not a daily motorcycle…genre puresport kaya gini lebih cocok buat hobby atau kalau yg fanatik banget ya boleh2 aja dipake daily…

  10. Tul sekali makin jarang punya makin bagus.

    gw pertama kali beli ninja250 39jt….masih jarang yg pakai …org2 pada planga plongo setiap gw pakai…emak2 sampe komen ntu motor gede banget yah…satpam kantor pada ngumpul lihat motor gw di parkiran….di lampu merah jadi ajang tontonan…..tapi begitu sudah banyak yg pakai beuuuuh udah ngak spesial lagi apalagi ninja250 bekas meraja lela.

    • apalagi klo yg make ternyata banyak cuma berpakaian kaus tanpa jaket, bercelana kolor, pake sandal jepit, ga pake helm, cungkring, kulit kecoklatan mendekati gelap, rambut kemerahan (akibat sering kena matahari) wkwkwkwk

  11. Saya juga kalau dikasih rejeki lebih pengen punya ini motor.. tapi nggak tau kapan..😂 motor 250cc yg paling masuk akal ukurannya. Yg lain digede-gedekan.. mekso..

  12. nah ini nih penggiat sosial yg masih nulis artikel motor ga lakunya ngahaem, dibayar berapa sih sama ngahaem, om? ngah ngah ngah

    —–
    masih pengen sekennya sebiji buat bongkar ganti body full, but not in short time lah…..

  13. Kirain mau bahas klaim klaim yg ditolak, ngah ngah ngah….
    Klaim head seal, speedo ngembun, tbw stuck, dll… Tapi salut ane dengan sekian banyak cacat produksi, ahm jago ngelesnya dan kekeuh ga mau recall. Ngah ngah ngah…..

  14. wkwk Bung Kobay demen Fairy Tail,
    kenapa ga kasih nama Gajeel aja ketimbang Zeref
    coba liat deh Tampang Gajeel pada saat masuk “Iron Shadow Dragon Mode” (mirip lho ama muka cbr250rr) hehehe

  15. emang sih setiap liat cbr250rr di jalan terlihat cukup wah, dibandingin liat R25 apalagi ninja 250. tapi aura panigalenya itu loh yg gw sayangkan, padahal keren. fb jgn ngamuk ya, soalnya opini gw cbr250rr rada2 mirip panigale, mungkin menurut situ enggak ya bebas asal sopan. ok?

  16. Motor ekskostis model gini ,blm pernah ada yg survey – berapa lama pegang sampai di jual, atau hanya colect di simpen di gudang bawah tanah, krn umur pemakai menua/ kram , atau kesulitan part ori krn sedikit populasinya, mirip populasi menentukan rasa aman cub 100, kijang, avanza,vikson ninja serie, 😉 salam dari memori yg terulang

  17. nambahin komen ya mang kobay, selama ane make rr jok nya bukan termasuk yg empuk menurut ane di kelas 250cc, ane lebih suka jok nya yamaha r25, just my opinion
    salam @bimarpradana

  18. Menurut ane emang cbr 250rr ini keluarga cbr yg paling keren saat ini….bahkan sama kakak tertuanya, new fireblade aja menurut ane masih kerenan ini (desainnya)

  19. Agree..nabung beli second aj walau ga tau kapan wkwkwk. Pernah bandingin harga spare parts dgn kompetitor ga Kang? Mahalan mana ya?

  20. Ane salah satu fans Sejati CBR, sempat 3x ganti n pake cbr150 Thailand, berhubung di tahun 2013 honda gada, 2cyl dengan sangat terpaksa ambil merek sebelah..
    Sampi skrng sebenernya pengen banger pinang ini mongtor, dgn cara jual yg skrng.. tapi udah terlanjur bnyak modip, jadi dijual sayang.
    Selama blm punya ini motor, masih ada yg ganjal dihati 😊

Yuk Tinggalin Jejak Lads..