Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Market share boleh saja terus memimpin lads, tapi belum tentu semua lini produk yang dimiliki itu laris semua, ada yang laris banget, ada yang segelintir bahkan ada juga produk yang gak tersentuh oleh konsumen alias gak laku, Iya gak laku satu pun! Alias Nol! Itulah kisah lain dari sepeda motor Honda di Indonesia. Apa saja motor HondaΒ  yang gak laku di bulan Februari? Nah yuk kita intip dolo..Β Β 

Menurut data AISI, penjualan motor di bulan Februari mengalami penurunan sekitar 9%,Β  penjualan sepeda motor sepanjang Februari 2018 sebanyak 439.586 unit. Angka itu turun 9 persen dari bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 482.537 unit. Penjualan Februari 2018 juga mengalami penurunan jika dibandingkan dengan bulan Februari di tahun 2017 dimana sepeda motor mampu terjual sebanyak 453.763 unit. Di bulan Februari ini ternyata meskipun Honda tetap memimpin namun ada fenomena dimana 3 produknya tidak laku alias gak terjual sama sekali..

Sebelumnya kita lihat dulu pencapaian penjualan wholesales domestik lima merek anggota AISI sepanjang Februari 2018 :

  • Honda: 339.152 unit.
  • Yamaha: 85.429 unit.
  • Kawasaki: 10.456 unit.
  • Suzuki: 4.500 unit.
  • TVS: 49 unit.

Angka angka tersebut di atas membuat Honda menguasai sebesar 77% pangsa pasar motor domestik di bulan Februari 2018, produknya adalah Honda Beat yang tetap menjadi yang paling laris disusul Scoopy dan Vario cs. Namun ternyata meski produk-produknya bisa laris hingga ratusan unit ternyata ada 3 produk Honda yang loch tipe motornya yang belum laku satupun di Februari 2018 ini. Apa saja ?

Honda Spacy, skutik yang satu ini sempat terjual 28 unit di bulan Januari 2018, namun di bulan berikutnya penjualannya NIL! Tentu sebagai skutik yang statusnya lokal berita ini sama sekali tidak menggembirakan, meskipun isu berkembang produk berdesain cita rasa eropa ini akan segera berubah total tetap saja sisa stok yang ada kalau tidak laku satupun rada gimanaaa gitu.

baca: Honda Spacy Akan Facelift Lampu Rem LED?

Honda SH150i ABS Indonesia

Honda SH150i, hingga saat ini KBY pribadi bingung tujuan AHM memasukkan skutik yang didatangkan CBU dari Vietnam ini. Desain ala eropa gak terlalu banyak yang suka di Indonesia, Vespa adalah pengecualian, sudah gitu harganya tinggi gegara status CBU meskipun dibekali berbagai fitur terkini. Harga motor ini diturunkan mulai tahun 2018 yang semua 44jutaan menjadi 39jutaan tapi tetap saja NIL penjualan.

CRF250 Rally, spekulasi banyak seliweran akan motor cross yang stylish ini, di awal kehadirannya booming banget alias laris manis karena desain yang oke, performa mantap dengan shock yang lembut. Entah kenapa ada kabar motor adventure ini akan distop pengirimannya dari Thailand sehingga mungkin saja tidak adanya distribusi dari pabrik ke dealer merupakan trik AHM sendiri. Adakah agenda melokalkan CRF Rally ataukah agar CRF150L tidak terganggu penjualannya?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

53 KOMENTAR

  1. Nunggu spacy si motor jadul yg gak dianggap diskon jadi 10jt ah, boleh juga tuh buat wara wiri sekitaran rumah πŸ˜‚

  2. Boss kobay….
    Belum ada yg bahas MS bebek sport & ayago 150-155 cc …!
    Apakah MX king masih memimpin …..?

    • Cieee lu lupa nanya jualan si raja sport vixion yg jual 40.000/bulan…malah nanya bebek sport wekekekek

    • @Thole
      Sorri yaa….
      Setau ane sport udah banyak yg buat artikelnya dari yg naked sampe sarungan
      Iwb,Tmc,kang ari bahkan kang ari udah banding matic retro yg Scupy vs Fino & Avanza vs Xpander
      Coba lu unjukin link yg udah bahas MS kelas bebek sport

    • @Evoy

      Ok deh gw tau sebenarnya mau menjaga perasaan suzuki …krn kalo bahas 150 sport fby akan bilang : muka gw jelek tapi ada yg nemenin gitu lho…alias sifting delman ke merk S…mang cerdas gw

  3. kl SH150I sama CRF250 mungkin bs ngeles harga operpret atau strategi AHM yg emang ga terlalu serius jual barang orang. Tapi kl spacy emang menohok bingit. eh, emang megipret msh ada yg beli ya?

    • Ya ini ga sukanya saya sama ahm padahal saya udah 7 tahun pake produk dari ap honda Thailand malah lebih enak dari pada produk ahm

    • Beli motor cbu honda? Bkn buat kelas menengah kebawah.. harga sparepart mahal.. udah gitu ga inden jg ga jelas..

  4. Desain eropa bnyk juga yg suka om.. Tengok forza, atau r125 yg ditangisi darah oleh fby yg tak kunjung datang.. Desain yg nehi aca aca (ditolak) ya desain dr negri bollywood

      • Rselusin (r125) kan udah ada desain yg di jual iyu minerva. Tapi malah minerva bangkrut .Makanya yemehek gak akan masukin r125 .Karena tau gak akan laku

        Gak percaya? Yamaha kan perusahaan kapitalis. Cari duit sama untung. Susahnya apa nemplokin r15 pake body rselusin? Gak susah .Cuma karena analisa penjualan mereka yg ngatain gak akan laku

      • Yah baper nih mang.

        “”Desain ala eropa gak terlalu banyak yang suka di Indonesia, Vespa adalah pengecualian””

        Pdahal aye gk ada mksud ksana, cuma mau bilang gk semua desain eropa gk di sukai di indonesia contoh nmax xmax dan forza jg bnyak tuh yg pda naksir
        Kalem mangg…
        Hehehehehehe

      • duh yg kek gini bikin spaneng kepala, masa gagal paham sama kalimat “gak terlalu banyak”? Apa bedanya sama kalimat “gak semua”? Sleding juga nih…

        Lagian Forza lahir di mana? NMax lahir di mana? Xmax terbaru lahir di mana?

        cape ah.. masih untung gw mau ladenin wwkwkw

  5. Kalo buat sh150 menurutku harga yang terlampau tinggi, dulu pcx dengan harga yang sama masih laku karna gak ada pilihan lain..
    Tapi sh150 dateng pas pcx lokal ada dan fiturnya gak kalah
    Selain itu kalo masalah dek rata, orang indo merasa udah cukup dengan vario
    Jadi harga 39juta tu overprice banget, kalo ahm mau jual maksimal 35juta, syukur2 bisa 32/33juta pasti laku itu .

  6. Aje gile…. Skutik ky gitu 39 jeti,…..
    Trs kalo spacy diskon 50%, boleh lah ambil 1, hehee

    • ada kompetitor gak di kelas yg sama buat populerin? gak ada kan? klo gak ada ya gak ada yg beli. Toh produk laen masih laku. Megipret klo mw laku ya gampang, kasih model ANCB, pasti laku keras.

      Spacy? keunggulannya apaan? Bagasi luas? Irit? Udah ada Vario 110 dan 125 di range harga yg mirip, ente liat iklannya juga gak di tipi apa di blog2? SH150 itu kemahalan, udh ada alternatif NMax apalg skrg ada PCX Lokal.

      nah ayo bdt mau ngeles apa?

      • kan ini maslah logo sayap yg membutakan FBH

        kata fb sebelah.

        sh 150 emang kemahalan om. lawannya piagio.

        org lebih milih piagiao, ngengsi dpt.

        lain cerita kalu di pasar eropa.

        spacy cuma pilihan desain aja,

        megapro dari awal launching dari model india

        saya bilang itu produk cuma buat isi pasar sambil ahm

        nyiapin develop desain baru lawan vixion. strategi jangka pendek kala itu dimana vixion kuat banget.

        toh sekarang ahm dah ada verza,

        buat apa megipret dijadikan kaya ancb? wong dah ada ancb?

        apa yg mesti saya ngelesin?

      • Megapro itu tadinya diset sbagai Vixion Killer, dengan nama Honda dazzler, komentar ngepbeha ketika itu kan performa, akselerasi, top speed dan BBM diatas OV gen 1 dan OV gen 2. Lupa ya?

        Makanya disebut Vixion killer, karena OMP itu udh jatuh ama OV Gen 1. Megapro sempet juara beberapa x sampe akhirnya kolaps sampai sekarang. Bahkan euforia kemenangan NMP itu koar2 diblog2 bahwa raja msh bisa bertahan.

        Waktu itu gw ngebacot, klo AHM mw rontokin Vixion cuma 1 cara nya pakai DOHC CBR Thai, which is dipakai di OCB dan gen baru pake engine baru.

        Orang Indonesia itu yg penting desain nomor 1, mesin nomor 2, selain faktor merek. Klo desain dapet bakal di beli, megapro pakai desain ANCB bakal membunuh ANCB, sama kek Verza yg menjungkalkan OCB ketika itu.

        Hehheehe

        :v

      • Megapro diset sbagai Vixion Killer???? hahahhaha…. 2001 udah ada vixion ya?

      • Njirr megapro adalah vixion killer?

        padahal megapro 1999 dah nongol dan beberapa kali mengalami perombakan, sedangkan vixion aja baru nongol di 2007 gan.

        yang namanya produk killer itu setahu dan sepemahaman saya sih produk yang memang benar benar baru dibuat untuk menandingi/menghancurkan produk yg saat itu sedang berjaya.

        contoh nih ya, xpander tuh adalah avanza killer. Eh bener gak ya xpander itu sekelas ama avanza πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      • @supra 2002 dan otobro

        lu lu pada gak bakal kabur kan klo gw kluarin beritanya dimari?

        Vixion itu The Giant Killer OMP
        NMP itu Vixion Killer

        πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    • Santai om @roy

      Klu yg ga tau artikel itu pasti komentator yg baru netes
      Komentator kawakan pasti tau dah apalagi ane yg dah pantengin blog red painem dr jamannya ob hotel

  7. Disinyalir sh150 cuma buat test konsumen, apakah mereka mau disodorkan metik mid-level kya gitu ? Dan ternyata TIDAK, dan oh ahm jadi deh melokalkan pcx. toh ahm jg gg rugi org cuma menggelontorkan beberapa ekor si sh150 ini. Mungkin

  8. esha 150 operprice rasa sepancy kelm in dikali dan disain bukan taste eropa, ceref250 mesin ceber 250 0 unit ganti baju konsumen ogah bisa harga jual bekas 20jt dilihat dari mesin ceber 250 0 unit.
    salut buat mang kobay berani lek wb aja takut

  9. Vario agnes 110 vs beat 110 karbu vs spacy pgmfi, paling enak dan stabil ya spacy kekurangannya cuma gc rendah dan jok keras. Matic murah siap tempur sebenarnya spacy. Bagasi luas, kapasitas bbm lumayan besar dan jarang rewel.

    *pengalaman pribadi dan motor sendiri

  10. Om kobay, mau tanya OOT nih, klo boleh tau, apa sih keuntungannya jd anggota AISI? Mungkin klo berkenan bisa dijawab dlm bentuk artikel ttg seluk beluk AISI. Hehe… Thanks sebelumnya

  11. Spacy itu Bagus, sayang desain blkng ancurr, n jok nya licin asli, gua melorot mlu nyodok ke depan, oh iya, sama GC nya gk banget, sering gasruk poldur kecil jg,

  12. SH150 ok lah desain eropa tapi sayangnya secara sekilas tetap wujudnya metic. dengan cara pikir pasar disini pastilah orang berpikir harga segitu bisa beli maxi scoot ngapain beli yg bentuknya metic biasa

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.