Mitsubishi XPander MT
cuma nyoba kaga beli

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Mitsubishi XPander salip penjualan Avanza! Sejauh pengetahuan KBY, sejak lahirnya MPV rakyat murah meriah dari Toyota yaitu Avanza, hingga sang MPV menjelma menjadi mobil yang harganya gak murah lagi, belum pernah sekalipun penjualannya disalip oleh kompetitor (cmiiw ye), kalau didekati sih sudah beberapa kali. Nah baru kali ini dominasi penjualan Toyota Avanza runtuh oleh MPV terbaru dari pabrikan tiga berlian yaitu Mitsubishi XPander! Tentu ini prestasi luar biasa karena bisa menyalip jagoan Toyota yang terkenal sangat sulit ditumbangkan tersebut. Berapa sih selisih jumlah penjualannya di bulan Februari 2018 menurut Data Gaikindo? 

baca data gaikindo sebelumnya: Mitsubishi XPander Tempel Avanza Di Posisi Dua Penjualan Januari 2018

Bulan Januari 2018 lalu, prediksi “kemenangan” Mitsubishi XPander atas Toyota Avanza memang sudah tercium cukup kencang, perbedaan antara keduanya di bulan lalu tidak sampai 500 unit! Yaitu 7.543 unit vs 7.079 unit. Jika Mitsubishi terus kencang mendistribusikan unit XPander sementara demand Avanza menurun yang membuat Toyota ogah berspekulasi mengirimkan unit yang banyak ke dealer maka tahta nomor 1 bisa direbut MPV gerak roda depan dari pabrikan berlogo tiga berlian tersebut.. dan benar saja di bulan Februari tahta MPV terlaris di Indonesia akhirnya terebut!

baca juga: Uniknya Gigi Mundur Mitsubishi XPander

Mitsubishi XPander MT

Per Februari 2018, Xpander sudah berhasil melampaui Avanza dengan penjualan wholesales (distribusi pabrik ke diler) sebanyak 7.400-an unit. Angka tersebut naik 4,5% dari penjualan bulan sebelumnya (Januari) yang mencatatkan 7.079 unit. Dan penyebab tersalipnya Avanza adalah karena penjualannya menurun! MPV RWD ini mencatatkan 6.773 unit di Februari, turun dari 7.543 unit (turun 10,2%). Bused, turunnya banyak juga sampai 10%! Shifting demand terjadi di kelas ini wkwkwk.. sejarah tercipta di kelas LMPV (Low MPV) oleh XPander lads..

“Ekspektasi volume bertambah karena memang kapasitas produksi terus kita tambah,” kata Amiruddin Kepala Penjualan dan Pemasaran Region 2 PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) ditemui di Banyuwangi, Jawa Timur, Senin, 12 Maret 2018. Ucapan tersebut terbukti setelahnya.

review All New Toyota Avanza G AT

Dengan tersalipnya salah satu mesin uangnya sepertinya Toyota cukup shock ya wkwkw.. Tanggapan PT Toyota Astra Motor sebagai produsen Avanza lewat Executive General Manager nya Fransiscus Soerjopranoto terlihat hambar dengan enggan berkomentar banyak. Beliau hanya menyatakan penjualan retail sales (diler ke konsumen) Avanza masih cukup tinggi.

“Iya (turun). Retail sales Avanza masih 7.000-an. Yang penting diler stoknya bagus untuk melayani kebutuhan pelanggan,” kata Soerjo (sumber : Viva)

Diplomatis sekali ya jawabannya.. Bakal ada meeting tengah malam nih kayaknya di kubu pabrikan berlogo tri ellipse.. Mengingat cukup 2 bulan di tahun 2018, tahta kelas low MPV direbut oleh Mitsubishi, sebuah nama yang sebenarnya bisa dianggap jauh dari ancaman dibanding nama Suzuki atau Honda di kelas ini..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

40 KOMENTAR

  1. Akhirnya duet maut runtuh juga, emng xpanser keren bgt, duet maut desainya makin difacelift makin terbelakang malah kerenan desain 2012 dibanding yg sekarang haduh2 blunder oh blunder pd oh pd

  2. Misalkan duet maut current design merknya wu ling trs confero cortez merknya tolota – diahasu wakakakakakkkk

  3. Mobilio kapan bisa menang, kalo desain asal yg diadopsi. Mestinya jangan ada sisa garis desain brionya, biar ga dibilang, mobilio adalah brio yg dipanjangin.

  4. Dengan hadirnya Calya, posisi Avanza jd kejepit…
    Mau “mewah”, ambil Innova
    Mau value for money, ambil Calya..
    Ditambah desainnya tdk lebih baik dari Avanza 2011..

    Utk kelas mpv, Toyota msh menghegemoni…

    • Wah wah calya dibilang value for money 😂
      IMO penjualan avanza 1300cc gak turun (didiskon juga kok), yg rusak yg 1500cc nya karena meski diam-diam diskon tetap kena serang 2 produk : xpander dan sodaranya sendiri yg turun harga (terush).

    • value for money darimana?? Harganya brp itu woyy, bandingin sama ignis gmn?? Otak dipake dong cung, build quality kaleng n fitur rombeng dibilang value for money dasar fansboy atoyot

  5. Mudah2an begini terus sampai beberapa bulan kedepan biar boyota insaf dan ngeluarin all new yg lebih menarik lagi jadi konsumen yg diuntungkan 😂

  6. makanye toyota klo bikin mobil yg bener, jangan mikirnya nyari untung terus, customer jaman sekarang ga bodoh… uda mahal, limbung.. fitur ala kadarnya.. dibilang lega, kompetitor2 lainnya lebih lega.. dibilang irit juga masih iritan kompetitor.. dibilang teknologi maju, ane liat bentuk pistonnya aja masih kayak jaman dulu.. kualitas bodynya dibilang bagus ya ga juga…

  7. Yg pantes diwaspadai tuh xpander sama ertiga..
    Punya value for money yg lebih.
    Kalo mobilio kaya mobil alakadarnya

  8. Untuk 6 bulan ke depan, produk Xpander masih di atas 7000an. Masih menguasai. Karena indent yg masih 4 puluhan ribu. Kalau TAM genjot Avxen, yaa alamat numpuk di dealer. Secara yg masih beli Avxen saat ini banyak korporat. Sedang mereka yg mau beli Xenia atau Avanza G pun akhirnya shifting delman pilih Terrios X/AT/MT. Harga sama tapi fitur lebih komplit. Toh masih satu pabrik, cuma beda logo…

    • dikelas ini pilihannya banyak. expander kliatan megah dan berwibawa, besar dibandingkan Avxen. Jadi wajar banyak yg pindah ke XPander.

  9. Klo kualitas sih kyknya gak beda jauh ya..tp klo masalah desain mah udah beda kelas avxen sm xpander…jauhh…

  10. Yg hadir prematur itu xpander, mgkin 3-4 thn model spt itu baru nongol. Krn mgkin mitsubshi dah ga ada produk zmn now, mka produk future dikeluarin. Apa toyota gak punya? Jelas banyak. Slh satunya yg mengadopsi spt dn multisix

    • dn multisix? itu kan mobil konsep. tapi masih konseppun, tetap jauh lebih keren xpander yg real. klo dibandingin sama xpander konsep, lebih jauh lagi tertinggalnya.

  11. Ya baguslah kalo runtuh… Biar toyota, honda apalagi nissan kebakaran jenggot & ngeluarin produk baru. Bagus sih tren r4 sekarang… Persaingannya arahnya positif, ga cuma sisi kosmetik saja tapi mengarah ke fitur keselamatan. Avanza sekaang menyediakan headrest & seatbelt 3 titik di semua bangku tengah. Sekarang yaris & rush sudah pakai 6 airbag, datsun go cross pakai vsc.. Mudah mudaha trennya terus seperti ini.

  12. Ane bukan pengamat mobil mang. Tapi sempet baca berita Xpander, cukup booming juga waktu launching. Wujud Xpander pun belum pernah ngamati langsung.
    Awal bulan maret lihat ada mobil lumayan gede yang ane kira semacam Rush Terios CRV, di depan kantor. Pas liat belakangnya tulisannya Xpander.
    Owalah, ini toh Xpander itu.

    Ya pantes kalo Xpander nyalip penjualan Avanza. Mungkin hanya fansboy akut yang masih ambil Avanza. Eh mobil ada fansboy juga gak ya???

    Ane sekarang jadi tertarik ama mobil mang. Padahal dulunya gak tertarik sama sekali. Beda ama motor yang dari suara knalpot saja sudah tau merk dan tipenya.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.