Review Suzuki Address Playful

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr..Akhirnya sudah lebih dari 100km dan 6 hari KBY menghabiskan waktu serta jarak tempuh bersama skutik buatan Suzuki ini. Kena panas, kena hujan, karena memang lagi musimnya sih ya, jalan mulus jalan jelek juga dilalui bersama skutik global ini.. So ini adalah review Suzuki Address Playful 2017 berwarna orange buatan tahun 2017 yang dipinjemin Suzuki Indomobil Sales kepada KBY, jadi bagaimana kesimpulannya akan skutik yang punya kapasitas mesin 110cc bergaya eropa ini? Apa saja kekurangan dan kelebihannya?

Pada review Suzuki Address Playful buatan tahun 2017 berwarna oranye ini KBY akan membahas tak hanya kelebihannya, tapi juga kekurangannya, tujuannya ya agar pembaca tahu keseluruhan si skutik global bercita rasa eropa style ini. Meskipun belum tentu tertarik dan membeli tapi paling tidak bisa menambah wawasan akan salah satu skutik yang ada di Indonesia tersebut. Well, kita Awali dulu dengan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh Suzuki Address playful ini, okey..

Review Suzuki Address Playful

Kekurangan Suzuki Address playful :

  1. Desain terlalu sederhana
  2. Tidak ada side stand switch
  3. Lampu belum led
  4. Tidak ada fitur iss/sss, acg/smg starter, answer back, smart key dan sejenisnya
  5. Speedometer konvensional

Kelebihan Suzuki Address Playful

  1. Bagasi sangat luas mampu mengangkut helm full face pabrikan
  2. Ergonomi sangat nyaman
  3. Suspensi sangat nyaman
  4. Busa jok empuk
  5. Mesin halus
  6. Performa mesin sangat memadai
  7. Laci/kantung besar
  8. Pembuka jok menyatu dengan rumah kunci
  9. Harga murah

Ground clearance rendah yang dikeluhkan oleh konsumen pemilik Address karena sering mentok polisi tidur tidak KBY alami sama sekali, bahkan ketika digunakan bertiga pun masih Aman, mungkin juga karena poldur di daerah KBY gada yang ekstrim ya, jadi Aman Aman aja tuh.. Tapi begitu ketemu yang agak tinggian, memang terbukti gesrot sih hehe. Sebenarnya ini bisa menjadi kekurangan Address, tapi karena KBY sangat jarang mengalaminya, jadi opini pribadi sih gak masuk ya.

KENYAMANAN

Yang paling KBY sukai dari Suzuki Address Playful ini ada dua, yang pertama adalah kenyamanannya – baik ergonomi, jok dan ayunan suspensi – bisa dikatakan skutik ini adalah yang terbaik dari sisi kenyamanan, sumpah dah, enak bener! Bahkan menurut KBY, kenyamanannya bejaban banget sama PCX. Pada beberapa hal bisa dikatakan menyerupai skutik eropa seperti Piaggio series (Medley 155) dan vespa terbaru seperti LX 125 i-Get yang memang sudah terbukti nyaman dari sisi suspensi.

Ayunan suspensinya mantap, jalan jelek bisa dilalui dengan sangat baik, apalagi dijalan mulus! Enaaakk..Terbaik! Belum lagi joknya yang empuk, tidak terlalu tebal tapi empuk.. coba busa ini dipake di GSX series.. Dan yang kedua adalah bagasinya.. Ini mantap bener dah, helm full face Honda standar pabrikan yang lumayan besar bisa masuk dengan cukup mudah. Nanti KBY bahas deh di artikel terpisah..

Bagasi Suzuki Address Playful

PERFORMA MESIN

Meski starternya berisik tapi mesinnya halus, akselerasi, deselerasi, sama halusnya. Hanya bisa dikalahkan oleh kehalusan mesin PCX deh. Hanya karakter mesinnya agak lucu, meskipun SOHC dan over stroke tapi karakternya seperti overbore, agak lemah di bawah namun begitu sudah mencapai kecepatan 60km/jam, tarikannya makin kuat dan terus mengisi. Jadi kalau menginginkan tenaga spontan dari Address, gas kudu langsung dipuntir banyak.

Review Suzuki Address Playful

Bagi yang tangan kanannya bisa diatur karena karakter mesinnya yang lambat di bawah, maka konsumsi bbmnya bisa irit, setidaknya lebih dari 1:45, tapi kalau gak sabaran seperti emak emak yang make, akibatnya bisa di bawah 1:40 kaya kasus KBY wkwkwk.. (baca: konsumsi BBM Suzuki Address Playful). Masukkan buat Suzuki, mungkin berat rollernya harus sedikit diubah agar tarikan dibawah bisa langsung terasa.

SPESIFIKASI SUZUKI ADDRESS PLAYFUL

4-stroke, 1 cylinder, air-cooled, SOHC
Diameter Langkah
51,0 mm x 55,2 mm
Isi Silinder
113 cm3
Ratio Kompresi
9,4 : 1
Sistem Bahan Bakar
Fuel Injection
Sistem Pengapian
Electronic ignition
Sistem Starter
Electronic and primary kick
Transmisi
CVT
Kapasitas Tangki
5,2 L
THE VERDICT

Sebagai sebuah skutik, Suzuki Address Playful ini sebenarnya sudah menjawab semua harapan konsumen dari sebuah skutik standar, ya kaya Honda CB150 Verza yang sudah mengakomodir keinginan konsumen sebagai motor sport entry level. Bahkan bisa dibilang dengan harga Rp. 15,4juta (Address Playful), konsumen dapat lebih! seperti kenyamanan yang terbaik, bagasi terbesar yang bisa angkut banyak barang, dimana dua hal tersebut bahkan tidak didapatkan di kelas atasnya.

Memang masih ada Suzuki Nex sebagai skutik entry level yang benar benar sebagai komuter dari titik A ke B, namun Address punya keunggulan yang tak didapatkan di Nex. Mungkin agar lebih menarik konsumen, Suzuki wajib melengkapi beberapa fitur kekinian seperti pada skutik lain di kelasnya pada Address generasi berikutnya. Ya gak lads? Tapi kalau lads mencari sebuah skutik yang nyaman dengan akomodasi luar biasa plus warna menarik dengan harga terjangkau, Address Playful adalah jawabannya.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

50 COMMENTS

  1. Nambahin kang, kelebihannya juga ada di dedicated lampu plat nomor belakang, mirip yang ada di mobil. Di Shogun FL saya juga ada.
    Biarpun minor tapi menurut saya itu nilai tambah.

    • lampu plat nomer dan casingnya itu, plug n play dengan punya shogun FL. persis sama juga dengan punyanya FU FI.

  2. kesimpulannya kalau butuh metik nyaman beli aja Address, jangan beli PCX ngoahahahaa zlubhhh

  3. Sayangnya di tempat saya dealer Suzuki udah bertransformasi sebagian, sharing lokasi sama dealer Viar roda tiga.

  4. klo make nya normal sebetulnya irit, klo make gradakan ya mentok 38-40kpl. Normal sih segitu mah. Poldur kampung biasanya sadis2 sih, gw pake MX King klo berdua jumbo selalu mentok. Hhha

  5. piara address dari tahun 2016.
    yg bikin seneng:
    bagasi gede
    tanki bensin 5 liter
    jok empuk
    shock empuk
    warna bodi biru khas suzuki cakep (GP edition)
    mesin alus

    yg dirasa kurang:
    tarikan bawah ny

    konsumsi bensin, biasa aja. tergantung tangan kanan puntir gasnya gimana.

  6. Add ress…. .tambah kenyamanan….
    Pasar indo klo beli motor lbh perhatikan model.. dan harga jual kembali yg katanya tinggi…. pdhl itu hanya ilusi… harga jual kembali tinggi itu hanya ilusiiii… klo yg dijual.. ada scretth… yg hrg jual gak tinggi enak aja….. haha

  7. Tapi ya gitu, kalau di negeri ini ya tetep kalah sama merk sebelah penjualannya… Walaupun merk sebelah pijakan standar tengah gampang patah, tangki untuk type sport gampang bocor tetep aja laris….
    Ups, kaboorrr………….

  8. launching juga, artikelnya, hehehe
    address saya udah pake behel yg versi eropa, tinggal beli topboxnya aja.

  9. emang bagus sih modelnya, apalagi yang warna silver… Tinggal ganti lampu belakang + behel versi eropa bakalan joss… andai suzuki niat jualan di kota saya.. Kayaknya mungkin bakal minang 1. Sayang layanan 3s si kota tempat saya singgah sekarang amburadul. Kampas rem aja ga stok.

      • Oke lah kalo beberapa parts fast moving bisa kanibalan, semua motor juga gitu. tapi masa iya sekelas bengkel resmi ga punya diagnostic tools & ga stock komponen fast moving samasekali. malah mekaniknya menyarankan beli di bengkel pinggir jalan dulu. Belum pelayanan yang ala kadarnya. Nih saya ada cerpen mang:

        Motor saya contohnya. Ada masalah di idling speed sensornya. Waktu di bengkel resmi saya sudah bilang idlenya bermasalah, apa yang dikerjakan mekaniknya? cuma ya ya ya doang didepan. Saya amati ternyata throttle body ga disentuh… malah bongkar cvt dll… giliran saya protes baru mekanik bilang ga berani bongkar throttle body. WTF.. kenapa g bilang dari awal. Saya dilempar ke bengkel lain, dan sama aja, asal bilang sanggup didepan, giliran ditanya lebih detail baru ngaku kalo g sanggup ngerjain.

        Saya waktu beli suzuki sebetulnya sudah expect 3s yang kurang memuaskan, dibawah Y & H pastinya.. cuma ga nyangka aja kalau separah ini. ayolah suzuki.. you can do better than this.

    • Klo mekanik gak berani bongkar,,,,mekanik masih baru itu,,,,perlu training ulang kyknya,,,,kirim email sj ato telpon ke CS,,,biar ditindak lanjuti,,,

      Temen sy, cowo,,,pernah komplain email ke pusat klo di cabang x pelayanan bla,bla,bla,,,,

      Eh esoknya ditelp pusat,,,,selang 3 hari di telp lagi dari cabang regional,,,ditanya cabang mana pelayanan nya seprti itu,,,,selanjutnya gak tau deh,

      • udah sempet komplain (lebih tepatnya nanya alamat) ke cs suzuki dan sudah dijawab dengan sangat responsif dalam waktu 1×24 jam oleh CSnya, bagus sih pelayanannya ramah & sigap. Dealer Suzuki yang punya diagnostic tools dari tempat saya jaraknya kurang lebih 80KM. Segitulah Harga yang harus dibayar buat memiliki produk suzuki disini. Padahal di kota saya kalo ga salah ada 3 beres suzuki, sayangnya ga ada satupun yang punya alat yang namanya diagnostic tool.

        Btw sori ya mang kobay kayaknya tiap ada artikel suzuki komen saya ini lagi ini lagi.. wkwkwk

      • Garut mang, iya mang disampein aja… Mudah mudahan kedepannya 3s suzuki merata baiknya baik di kota besar maupun kecil.

  10. Mang saya rencananya mau beli motor matic entry level, tapi masih bingung antara beat apa address. Minta sarannya dong Mang ?

    • Kalau entry level yg sekelas beat sbnrnya Ada Nex, lebih murah.. Kalau tujuannya hanya utk komuter harian Titik A ke B dan ga butuh fitur, nex udah cukup banget mang..

    • Sori keburu kekirim, nah address itu di atas beat, kalau nyari kenyamanan dan akomodasi cocok address, tapi kalau masih pengen fitur Ada vario 110..

  11. Ini nih yg kata orang enak tp ga laku

    Coba itu di kasih emblem honda
    Desain di rubah total ala honda

    Dah top cer

    Kata chanel yutub
    Ane lupa namanya
    Yg jelas ada dangdutanya

    Ini matik paling safety
    Di kelasnya
    Ga gampang ngesot

  12. Address tidak diragukan suspensinya ngalahin matik sekelasnya,asli nyaman banget,empuk.mesin Suzuki sekarang jg sudah ga brisik dan bodi klotok klotok,kaya jamanya spin,smas,shogun.image yg harus dibangun sama suzuki,menghilangkan image 3 motor tadi.semoga Suzuki mendengar aspirasi.buat bang kobay makin sukses dan tambah rame warungnya.

  13. ya so-so lah… kalo ditambah fitur side stand, ISS, speedo dll mungkin hargany jg ga bakal segitu. kl mau ditekan harga segitu bakal ada yg dikurangin. cm memang kekurangan Suzuki, seperti yg sdh sering diulang2, di fast moving terutama pengkodeannya.

  14. so far ane puas pake Address … beli seken type MotoGP, cuman rekondisi sektor cvt, pengereman dan kabel spido semua ready stock kok di beres dan juga gak mahal kayak yg sering digemborkan sebagian orang

    berhubung berat yang over, ane kudu ganti shock belakang plus ban standarnya yg masih tube type

    overall puas pake Address dan ngangenin … soale udeh ane jual hehehehe

    Mang klo sempet, coba dah test Kymco Trend SR bagasi nya gak kalah loh dari PCX, kali aja ada pembaca yg mo minjemin hehehehe

  15. Itu bannya udah diganti tubeless apaasih bawaan mang ?
    Kaya aga gede kalo difoto ukurannya soalnya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..