ninja-250-vs-cbr250rr

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Cerita antara dua sport fairing 250cc 2 silinder terkuat belum juga berakhir. Ini adalah episode terbaru dari duel antara All New Ninja 250 FI 2018 vs CBR250RR yang kebetulan dilakukan oleh para Japanese. Baru-baru ini, produsen part Racing Tricstar asal Jepang melakukan perbandingan antara Ninja 250 baru dengan CBR250RR diatas mesin dyno dan juga di dalam sirkuit Spa Nishiura di Prefektur Aichi di Jepang yang digelar pada 3 Februari 2018. Jadi siapa yang unggul?

Tes tersebut ikut melibatkan pembalap ARRC Takehiro Yamamoto dan Tsuruta Ryuji, ikut juga dalam pengetesan ini pembalap JP250 Toshiya Mori. Kebetulan sekali bisa dibilang tes tersebut mewakili dua kondisi balapan, wet race dan normal. Hasil tes yang dilakukan oleh Takehiro Yamamoto terhadap dua motor sport tersebut adalah sbb :

  1. Tes pertama di Pagi hari dengan kondisi trek basah :
    CBR 250 RR: 1 menit 00 detik
    Ninja 250 2018: 1 menit 01 sec 42
  2. Pengetesan kedua di sore hari – trek normal
    CBR 250RR: 59,63 detik
    Ninja 250: 1 menit 00 s 46

cbr250rr-vs-ninja250-2018

Trek sirkuit yang mereka tes bisa dibilang track kecil dengan panjang track hanya 1561m dan straight sejauh 416m dengan lebar track hanya 12m saja. Sementara untuk spesifikasi kedua motor yang dites tersebut sudah sama-sama menggunakan knalpot racing aftermarket IKAZUCHI prototipe dan menggunakan ban Dunlop α – 13 SP. Dari hasil pengetesan di sirkuit Spa Nishiura tersebut, bisa dilihat dari catatan di atas, sang jagoan dari Honda, CBR250RR ternyata mampu menjadi yang tercepat lads, baik di trek basah maupun kering.

ninja-vs-cbr250rr

Pun begitu, bukan berarti Kawasaki Ninja terbaru buruk loh, karena menurut Yamamoto sendiri peningkatan power Kawasaki Ninja 250 bahkan melebihi ekspektasi mereka jika dibandingkan dengan Ninja versi lama. Ditambahnya lagi power Ninja seharusnya bisa digali lebih jauh lagi terutama karena saat pengetesan kemarin knalpot IKAZUCHI yang digunakan Ninja masih berupa Prototype…

Sementara itu di Indonesia Kawasaki Ninja 250 versi 2018 masih belum diterima oleh semua konsumen secara merata. Info sampai saat ini belum ada media atau bikers maupun pihak lain yang sudah melakukan komparasi secara rinci terutama di sirkuit. Info komparasi Ninja baru dan CBR250RR dengan R25 baru dilakukan diatas mesin Dyno dan juga tes drag di beberapa ratus meter oleh Blogger (Baca : Adu Drag CBR250RR vs Ninja 250 dan R25 ).

ADU POWER DI ATAS DYNO

Di atas lintasan sirkuit, Honda dengan CBR250RR nya sudah membuktikan lebih cepat dari Kawasaki Ninja 2018, lantas bagaimana kalau diadu di atas mesin dyno lads? Nah, di Jepang juga sudah ada nih yang melakukan komparasi dua motor 250cc terkuat di kelas sport 250cc 2 silinder. Dengan melakukan uji tes tenaga riil di atas mesin Dyno Jet, siapa paling unggul di atas kertas?

Dan hasilnya ternyata CBR250RR yang sudah wara wiri sejak awal tahun 2017 lalu ini kalah dengan gap lumayan jika dibandingkan dengan power Ninja baru yang rilis akhir tahun 2017 kemarin, silakan diintip data grafik yang diungkap Media Young Machine dibawah ini :

hasil-tes-dyno-cbr-vs-ninja

Dari hasil komprasi yang dilakukan oleh pihak Tricstar tersebut menghasilkan data sbb :

  • Kawasaki Ninja 250 2018 : Power on crank sebesar 35,20 Ps atau setara 35,2 Hp pada 12.500 Rpm, sedangkan power diatas kertas brosur Ninja baru ini bisa menncapai 39 Ps Spesifikasi Ninja 250 FI baru.
  • Honda CBR250RR : Power on crank mencapai 33.99 ps di Rpm yang sma, sedangkan power diatas kertas CBR250RR ini mencapai 38,7 PS pada 12.500 Rpm

Jadi lads, secara nilai, baik Honda CBR250RR 2 silinder maupun All New Kawasaki Ninja 250 2018 ternyata saling mengalahkan. Ninja 250 jago di atas mesin statis dengan menghasilkan power yang lebih besar, sementara CBR250RR membuktikan dirinya lebih baik di atas aspal.

Sumber : Young Machine

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

54 COMMENTS

  1. Jadi ga sabar liat pembuktian nya dibalapan, tapi secara teknis kenapa Ninja 250 power nya bisa setinggi itu ya?, btw dengan segala kelebihan Ninja 250 yg baru Om Leo aja lebih prefer ke Honda CBR250RR , mungkin feel in the bike nya lebih dapet.

    • Gak jga
      Karna memang desain rancang bangun awal sudah berbeda tujuan
      Cbr250rr supersporr, ninja sport tourer
      Biarpun power lbh besar di track cbr250rr msh raja, karna handling n cornering lbh unggul, blum lgi feel in the bike pasti lbh unggul, ergonomi jga lbh cocok untuk libas cornering d sirkuit
      Kalau ninja mw ungguli cbr banyak perubahan terutama ergonominya, karna ninja bukan supersport, tpi sport tourer
      D pakai harian jelas ninja lbh nyaman

    • klo liat video (di facebook) yakni milik Ryuji Tsuruta, tidak terlihat kagok pembalapnya. cukup lihai melibas tikungan pake ninja.
      sayang kaga sekalian tes adu drag

    • Ingat bro.. balapan bukan cuma tentang power gede. Tpi banyak faktor penentu handling/accelerasi dsb. Kalau diliat dri harga ninja yg udah mepet cbr memang wajar jika banyak orang lebih prefer ke cbr mengingat power bukanlah segalanya.

  2. sekilas penglihatan, bidang frontal fascia new ninja250 lebih luas, dampaknya coefficient dragnya bisa lebih besar daripada cbr. begitu juga dengan moncong dan windshield cbr yang lebih “tidur” aka streamline dibanding new ninja250.

  3. Knp rselawe g ikut? Apakah gara2 terlemot? Apakah hanya angan2 fansboy punya motor 40ps dikelas 250cc. Atau mungkin sedang berhalusinasi tentang mesin dohc 150cc? Ah sudahlah, mungkin Tuhanpun sudah tak sudi menegur yamaha

  4. Ini lagi.. kok selalu tidak melibatkan r25…. Apa takut kalau kalah????

    Berita yo mbok fair dikit… Ikutkan dong R25… Buktinya export tinggi,., Raja export,. Berarti di lapangan jelas paling laku dan di minati, karena R25 paling superior…

    Adu test yang kurang fair menurutku….

  5. Mana R25…ga ikut di tes…kalo ikut lap time kena 1menit 30 detik…..wkwkwkwk

    CBR250RR vs ninja 250 fi…..setara……
    DOHC 250cc yamaha vs SOHC 250cc SUZUKI….setara….

  6. Kemarin2 saya liat di daerah kebon jeruk new ninja 250 2018 udah nangkring di salah satu rumah modifikasi lho kang, kayanya begitu turun langsung digelandang buat di modif pasang aksesoris.

      • eh kok hpm wkwkwk salah mang maksudnya Honda motorcycle yg global. walau di situs jual ga termasuk tpi info/pemberitaan cbr ada d sana. iseng” buka bagian CBR.. pas scroll bawah ada gambar cbr250rr.. brarti kan emang dah d akui dunia. mungkin mereka blom kebagian jatah saja

    • cbr di luar negeri memang ga ada CBU,, semuanya CKD. makanya exportnya cuma 5 dan itu cuma buat kompetisi balap.. klo yg dijual ga masuk itungan ekspor krna berupa CKD. makanya FBY” pekok yg ga tau apa” bangganya setengah mati bisa ekspor dll.. nyatanya di jepang sana CBR250rr lebih menggoda dripada r25.. mereka bangga liat data klo r25 lulus ekspor,, padahal CKD jg smua dari indonesia, cuma rakitnya doang di sana.. hahahaha

    • Pasar motor Jepang itu kecil sekali apalagi untuk kelas 250cc kecil sekali paling beli cuma buat even balap . Jepang dengan trasnportasi umumnya yang maju apalagi diperkotaan masyarakat Jepang lebih memilih naik transportasi umum selain murah dan cepat juga Jalan Cepat membuat mereka sehat bugar. kalau di daerah -daerah urban masyarakat pake motor kecil kaya CB CUp atau motor matic kecil.

      R25 diJepang dijual built Up bukan ckd kayak cbr250rr. Salah satunya sein diJepang harus sein tempel ngak tau dech kalau ada bahan kualitas parts yang juga harus ngikutin standar kualitas Jepang. kenyataanya data aisi yang terjual 5 unit entah itu ckd apa cbu. dan yang pasti belum ada negara selain jepang di Asia yang dapat cbr250rr secara resmi. saya kerja di Singpura dan Johor ngak pernah lihat cbr250rr yang sering terlihat untuk kelas 250cc yaitu Ninja250, R25/MT25 bahkan X max 250 pun cukup terlihat wara wiri.

      berdasarkan artikel om Leopold di pasar Inggris dan Australia penjualan no. 1 kelas begginer malah R3. yang sebenarnya hitungannya jualannya tetap R25 karena negara Eropa dan Australia perjenjangan nya dari 125cc ke 300cc ke atas jadi yang dijual ya R3. kalau perjenjangannya 250cc pasti yang dijual r25.

      entah kenapa cbr250rr ini ngak jadi produk global sayang sekali padahal diluar negeri seperi singapura dan johor apalagi eropa jalannya mulus mulus sekali nikmat buat gass poll

      • Menurut statista.com, total penjualan Sepeda Motor Honda di seluruh dunia utk Fiscal Year 2016 adalah 17,6 juta unit.
        Total penjualan Sepeda Motor Yamaha global di 5 jutaan unit.
        Entah mengapa, nggak di Indonesia, nggak di dunia, Yamaha hanya sekitar 28-30%nya Honda..

        Padahal katanya value banget…🤔

        Note: Fiscal Year 2017 berakhir di bulan Maret 2018

      • kasih link fiscal nya masbro biar ga dikata hoax…

        berarti 70%-nya dari Honda di seluruh dunia itu orang gak smart.. menurut teori tutur tinular

      • kata siapa engga produk global,, wong CBR250RR masuk situs resmi Honda Prospect Motor kok ( alias Honda Global ). mungkin baru akhir tahun ini di ekspor/ckd.. soalnya di jepang aja baru” ini kok dan itu juga CKD..

  7. jadi lebih baik di atas mesin statis atau di atas aspal hayoo, hahaha,, siapa tau ada yg lebih hobi main motoran secara statis, jadi kayak naik sepeda statis untuk fitness gituh,, hehehe
    klo menurut ane sih, CBR lbh kenceng di atas aspal karena faktor Air Ram nya Mang, ga tau dengan ninja ini sbnr nya udah ada Ram nya juga atau belum.. makanya putaran atas nya lebih galak CBR mgkn jadinya..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..