test ride dan review kawasaki W175 SE

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Akhirnya kesampaian juga menuntaskan rasa penasaran ingin nyobain motor baru Kawasaki yang punya genre sport klasik. Yoi, sebelum merilis Kawasaki Ninja 250 FI 2018 terbaru, KMI sudah lebih dulu meluncurkan motor sport baru bernuansa klasik lawas jadul yaitu W175. Nah kayaknya cuma KBY nih blogger nyingcet yang belum sempet ngetes wkwkkw.. So, bertolak ke kediaman Iwan Banaran, inilah test ride dan review Kawasaki W175 SE 2018. Seperti apa impresinya? Makanya pantengin sampe habissss..

KBY menyebut nama Iwan Banaran, apa hubungannya? Jelas ada, sport retro klasik W175 SE tersebut ternyata masih ada di rumah blogger yang menjadi salah satu panutan KBY tersebut. So, setelah konfirmasi dan janjian di rumahnya, hari Minggu tanggal 28 Januari kemarin jadilah meluncur ke daerah Pekapuran Depok bersama si kebo bongsor Suzuki Hayabusa warna biru hehe.. Lumayan juga jaraknya sekitar 25km dari rumah, sempat kehujanan juga wkkwk..

test ride dan review kawasaki W175 SE

DESAIN W175 SE

KBY tidak akan banyak mengulang, yang jelas Kawasaki W175 SE berwarna hijau militer tersebut memang lebih enak dilihat dibanding versi standarnya lads. Pilihan warna hijau ala militer juga membuat sosoknya terlihat makin vintage. Tipe SE alias Special Edition memang ada beberapa perbedaan dengan W175 standar, misal velg ruji (jari jari) yang berwarna hitam, serta ada stiker SE di tangki. Sisanya sih sama semua.

test ride dan review kawasaki W175 SE

Yang KBY suka dari W175 adalah bagian mesinnya, terlihat mewah dalam balutan chrome hitam dengan sirip sirip chrome putih/ silver, serasa melihat mesin milik Estrella 250! Sedangkan bagian lainnya ya so so lah, kaya motor lawas jaman dulu, lampu dan speedometer bentuk bulat, knalpot ala senapan jaman WW 2 (world war) hehe..

ERGONOMI & KENYAMANAN W175 SE

Ini juga salah satu favorit KBY, dengan tinggi jok W175 SE hanya 720mm, kaki aman menapak ke aspal, kalaupun bikin jinjit itu karena joknya yang empuk dan tebal lads. Posisi duduknya agak tegak dengan setang lebar dan sedikit ke depan, bikin pose sedikit arogan wkwkwk.. Dirasa rasa untuk perjalanan jauh lumayan pegal lads, bagi KBY sih bagusnya dimundurin dikit pasti lebih nyaman.

Suspensinya juga oke, nyaman dan lembut tapi gak sampai mengayun, beberapa kali sengaja melewati polisi tidur ukuran tanggung, shock depan dan belakang mampu melibas tanpa membuat rider terpental, ini juga berkat jok yang empuk. Sementara koplingnya biasa saja seperti motor kopling 150cc kebanyakan, gak keras gak pula ringan.

Uniknya, tuas gigi Kawasaki W175SE 2018 ini malah pure motor sport loh, yaitu tunggal hanya di bagian depan saja, jadi mengoper gigi ya sistem ungkit. Padahal menurut KBY sih kudunya justru kaya Vixion lawas yang ada injekan di belakang, soalnya kan model vintage.

PERFORMA MESIN W175

Sesuai brosur, Kawasaki W175 SE 2018 punya tenaga sebesar 13PS/7500 dan torsi 13.2Nm pada 6000. Wah jarang jarang mesin motor yang torsinya lebih gede dari powernya. Lantas bagaimana tarikan alias performanya? Menurut KBY sih dengan kapasitas mesin 175cc tenaganya so so ya, dibilang lemot banget gak, dibilang responsif gak, biasa biasa aja. Dan sekali lagi, motor ini tidak berorientasi pada performa, lebih ke lifestyle alias gaya hidup.

Yang unik, karena masih pake pengabutan model karburator, saat pertama kali dinyalakan pasti rada susah, makanya butuh choke lads, posisinya ada di kanan, di atas karbu. Tarik ke atas, start dan biarkan menyala beberapa saat sebelum diturunkan hehe..

THE VERDICT

Dengan harga jual W175 SE seharga Rp. 30.8 juta dan tipe standar Rp. 29.8 juta, motor klasik vintage ini tentu tidaklah murah, apalagi nyaris tidak ada sentuhan modern pada sosoknya. Tapi kalau diteliti lebih jauh memang Kawasaki lebih mengincar detil seperti chrome pada mesin.

Lagipula sport klasik ini punya modal sebagai bahan mentah yang asik buat di modif (baca: Modifikasi Kawasaki W175). Yang jelas buat gagayaan dan jalan jalan sore, turing santai ke puncak dengan gaya pakaian yang juga model retro klasik bakal cocok banget, disitulah target harga W175 bermain. Tertarik punya satu? Hmmm andai harganya bermain di 25jutaan sih kayaknya oke juga. Mangga disimak galeri foto W175 berikut lads..

Spesifikasi Kawasaki W175 2018 Indonesia

Tipe mesin 4 tak , 1 silinder berpendingin udara
Pengabut bahan bakar Karburator Mikuni VM24
Kapasitas mesin 177cc
Power maksimum 13 PS pada 7,500 rpm
Torsi maksimim 13.2 Nm pada 6,000 rpm
Transmisi 5-speed,
Berat 126 kgs
Kapasitas tangki 13.5L

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

27 COMMENTS

  1. Yamaha ada Lexy,… Knp gak bahas itu????? Yg lain ja rame bahasanya,.. motor yg bakal nge kill Vario 110

  2. Ah motor biasa aja, lebih prefer ke tirev taw scorpio taw megapro taw gsx jadiin custom. Tp yg susah nyala pertama kali smpe harus mainin choke bener mang ? Perasaan motor kaum 2000an karbu ngga sampe segitunya, begitu nyelah langsung cekgur. Paling klo dingin baru pake choke ( hnya beberapa kali ) $0 $0 $0 $0○●R¥ TO SAY. Jas my opini mang

  3. WoOhh gtu ternyata. Eh motor punya paklek iwb 😅😅😅 kirain punya …. Tp feeling sih mang kobay mah gg selera sm motor bapak2( nyebutnya retro ) ups 😅

  4. Kereeenn bang….tapi ada yang kurang…. kurang celana cutbray, baju lengan panjang motif bunga2, ama rambut panjang ikal menggemaskan 😁😁….

  5. ukuran headlamp terlalu besar, coba diresize 90 persen, letak headlamp terlalu maju ke depan, coba mundur dikit (5 cm an) agak dibenamkan ke area klem segitiga. dan kasih aksen chrome lah itu knalpot, dijamin maknyus ganteng poll……….

    • betul bgt. seretro2nya motor kasih sentuhan/fitur yg modern penting juga, apalagi kayak fuel meter yg termasuk kategori urgent. kickstarter malah dihilangkan, padahal ini kelebihan karbu dr injeksi yg rata2 udah ngilangin starter.

  6. Nah masalah harga ini yg jadi titik lemah kawasaki. Kalau nanti H dan Y ikutan nyemplung, mereka bisa ngasih fitur jauh lebih oke dgn harga sama, atau harga lebih murah dgn fitur mirip. Habis lah mereka. KLX150 jadi acuannya, kalau terjadi ya terjadilah..

  7. wah motor ginian dibilang lyfe style, gimana naik gl 100 mang? bisa2 gasadar berasa bawa moge wkwk

  8. Salam om,
    Kalo buat ningkatin performa bisa pakai Filter Udara Aftermarket macam K&N nggak? atau mungkin ada cara lain? Terima kasih

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.