Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Belakangan ini marak berita recall untuk Suzuki GSX-150 yaitu GSX-R150 dan GSX-S150. Kabarnya ada, pemberitahuannya ada, tentu KBY berusaha cari info terakurat akan kabar ini, kalaupun benar kan bisa menginfokan lebih lanjut untuk rekan rekan yang memiliki GSX-150 series, termasuk si Samehada milik KBY. So, bagaimana sih cara mengecek dan mengetahui motor kita termasuk salah satu yang kena penggantian atau tidak? Lalu apa yang diganti? Memang efek atau pengaruhnya apa? Nah mangga dikebet sampai tuntas lads..

Tak dapat dipungkiri di Indonesia ini masih sulit menerima dan mendengar kata kata recall, bukan recall nya yang ditakuti tapi black campaign nya itu yang membuat pabrikan jadi ogah melakukannya secara terang terangan. Jangan kan pabrikan lads, blogger yang memberitakan recall saja – padahal niatnya menginfokan biar pemilik pada tahu – kerap dituduh sebagai cara BC ke salah satu merek wkwkwk. Pusing ye?

Di roda empat, aktivitas atau kampanye recall sudah mulai terbuka lebih dari satu dasawarsa lalu, di sepeda motor, Honda memulainya tahun 2007 silam dengan Vario 110 karbu dengan mengganti anchor pin (baca: Recall Honda Vario Karbu), lantas ada Vespa Primavera (baca: Recall Selang Rem Vespa Primavera) dan ada Recall Yamaha R25 dan MT25 yang sampai dua kali. Semua sebenarnya untuk konsumen sih apalagi kalau produknya global. Nah kali ini Suzuki yang melakukan recall untuk GSX-R150 dan GSX-S150.

Menurut info yang KBY dapatkan, yang diganti adalah starter idle gear, dimana kalau bermasalah akan berbunyi berisik saat distart. Kalau didiamkan gimana kang? Ngaruh gak ke performa? Menurut sumber KBY sih gak ngaruh, tapi berisik aja, nah gak semua konsumen punya pandangan yang sama kan? Ada yang gak masalah dengan starter berisik tapi ada juga yang ogah ada bunyi bunyian aneh. Yang pasti mending diganti daripada kenapa kenapa toh? Terus kudu gimana?

Yang pertama ya cek dulu apakah motor kita masuk ke dalam daftar yang kena recall. Cara Mengecek Motor Suzuki GSX-150 kita termasuk yang kena recall atau tidak, lads bisa mengetahui caranya seperti ini:

  1. Masuk ke website resmi Suzuki di www.suzuki.co.id
  2. Klik menu di pojok kiri, lalu pilih Suzuki Quality Update.
  3. Terdapat 3 kolom yaitu : Masukkan 17 digit nomor rangka kendaraan, Nama dan no. Telp/HP
  4. Isi semua dengan lengkap, nomor rangka ada di STNK jadi tidak perlu bongkar motor. Nama tidak harus sama dengan STNK tapi isi nomor telp beneran ya biar bisa dihubungi
  5. Setelah lengkap klik tombol cari, nanti akan keluar hasilnya.
  6. Kalau motor kita masuk ke program recall maka kita disuruh memilih; 1. Bersedia dihubungi Halo Suzuki, 2. Melakukan Booking Online 3. Menghubungi Halo Suzuki. Kalau KBY sih memilih nomor 1.

Bunyi pengumumannya seperti ini lads:

Product Announcement

Pelanggan Setia Suzuki,
Terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu menggunaan produk Suzuki sebagai pilihan berkendara.

PT Suzuki Indomobil Sales, sebagai produsen dan distributor kendaraan mobil, motor dan outboard motor merk Suzuki di Indonesia. Selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk kepuasan pelanggan setia Suzuki.

Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara Bapak/Ibu. Serta sebagai tanggung jawab dan proses evaluasi berkelanjutan terhadap produk mobil Suzuki. Kami akan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan Bapak/Ibu, dan akan dilakukan perbaikan dan/atau penggantian part bila diperlukan.

Pada program Suzuki Product Quality Update ini. Pelanggan dapat melakukan pengecekan atas kendaraannya apakah termasuk dalam list pemeriksaan atau tidak, dengan memasukan 17 digit Nomor Rangka kendaraan. PT. Suzuki Indomobil Sales beserta Bengkel Resmi Suzuki, akan melakukan program perbaikan dan/atau pergantian komponen secara gratis.

Untuk informasi lebih lanjut, Bapak/Ibu dapat menghubungi Layanan Halo Suzuki, Bebas Pulsa 24 jam di nomor 08001100800.

Nah karena si Samehada juga kena dan sudah memilih nomor 1, sekarang KBY tinggal nunggu dihubungi Halo Suzuki deh. Terus bentuknya gimana sih si Starter Idle Gear Set tersebut? Tuh intip di bawah termasuk daftar harganya. Nanti KBY update berapa lama pengerjaannya dan bagian mana persisnya yang kena penggantian, wokeeehh??

STARTER CLUTCH SUZUKI GSX-150

1 12611-12K10-000 12611-12K10-000 GEAR, STARTER IDLE (NT:15/53) 1 Rp 34,000
2 12614-26H00-000 12614-26H00-000 CLUTCH,STARTER ONE WAY 1 Rp 300,000
3 12622-12K01-000 12622-12K01-000 GEAR,STARTER CLUTCH 1 Rp 125,000
4 09180B13012N000 09180B13012N000 SPACER (13X19X6) 1 Rp 5,000
5 09206B13007N000 09206B13007N000 PIN (74X13X40) 1 Rp 29,900
6 09263-22075-000 09263-22075-000 BEARING 1 Rp 26,500
7 07130B0616AN000 07130B0616AN000 BOLT 3 Rp 2,400

sumber: semarmotoblog

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

58 COMMENTS

  1. Akhirnya bang Kobay yg pertama ngangkat recall Suzuki GSX.. Alhamdulillah punya saya juga kena recall. Bukan bingung malah seneng soalnya bentuk tanggung jawab pabrik yg luar biasa. Mungkin yg alergi sama recall lebih senang kalau pabrik diam saja dan pura-pura tidak tahu kalau produknya bermasalah..😁

  2. Emang part nya rusak gimana mang? Kalo recall r25 mt25 kemarin kan gear apa nya itu dari plastik takutnya rompal cmiiw

    • R25 ganti gear pump oli saat diganti juga Dari tetap bahan sejenis plastik Cuma di bikin gigigiginya lebih tebal Karena kompresi R25 yg tinggi.
      Semua motor za man now hampir semua menggunakam gear pump oli sejenis resin plastikk untuk menghindari serpihan logam masuk ke pump kalau terbuat dari besi selain itu mesin Jadi lebih Halus suaranya Karena tidak Ada gesekan antar gir besi. kalau situ punya motor zaman now walau beda merek pasti gear pump nya juga terbuat bahan yg sm dengan R25 silahkan dibongkar

  3. Wah kebetulan saya juga punya all new Satria F150 keluaran 2016, sampai sekarang ga ada masalah, atau saya aja yang kurang aware terhadap bunyi-bunyian….
    Sudah saya cek nih di webnya Dan hasilnya tidak perlu di recall…

      • Biar kayak satria Thailand si….hahahaha….
        Kalo gir starternya kayaknya ni mang yang error tu bagian pelor one way, tu pelor kalo pecah bisa bikin runyam juga kayak punya temen ane mang, seingat ane mang dulu dia ngomong rusak berat dibagian area gir starter, tapi nggak tau sih mang kalo model sekarang, kan satria ane sama temen satria ckd

  4. Jadi inget kemaren Y recall produk’y tapi di BC fbh sana sini.
    Yg patah2 malah diem2 bae….
    Ngopi napa diem2 bae.
    Wkwkwkwkwkwk

    • Woiii honda ada recall tuh. Pancen honda rompal rongsokkk… Tapi honda mobil lho iki yo. Brio, jazz, mobilio, brv. Honda motor sih aman. Produk sempurna.

  5. “Di roda empat, aktivitas atau kampanye recall sudah mulai terbuka lebih dari satu dasawarsa lalu”

    tergantung produsennya, contoh hpm yang diem2an dan nunggu customernya dateng ke bengkel baru diganti..padahal ini barang cukup fatal, ane uda tanya bberapa temen ane pengguna honda pada bilang ga pernah dicall ato baca info recall.

    barbuk: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180124105644-384-271172/bahaya-konsumen-belum-tahu-master-rem-mobil-honda-bocor
    “Seperti dijelaskan sumber dari dealer resmi Honda di Jakarta Selatan, bahwa proses pergantian komponen dilakukan ketika konsumen yang mobilnya masuk daftar merah berkunjung ke dealer.”

  6. Mang, bikinin artikel ttg mengetahui riwayat servis sama recall buat motor seken dong, kan banyak mt25/R25/gsx yang ada di dealer milad dan kita gatau udah direcall belum

    Nuhun mang

  7. Suzuki seblm ini jg pernah recall Inazuma mang. Waktu itu recall utk penggantian switch rem belakang.

    Soal recall kyk gini menurut ane sangat bagus sekali. Soal remeh temeh aja alias bukan part vital yg berhubungan langsung dengan unsur keselamatan diperhatiin, apalagi sampe makan korban kecelakaan.
    Di sisi lain ada jg pabrikan yg nutup mata atas kelemahan dari produknya. Kasusnya jg bukan cuma 1-2 tp udah banyak. Apalagi part yg bermasalah merupakan part yg sangat vital dari segi keselamatan. Sampai sampai udah ada juga yg mengalami kecelakaan.
    Kalau di Amrik ato Eropa yg punya badan keselamatan lalu lintas jalan raya independent, pasti sudah memberikan surat teguran ke pihak pabrikan jika menemui kondisi seperti ini.

    Jd kl kita berpikiran terbuka, dari sini kita bisa nilai pabrikan mana yg care sm pelanggannya dan mana yg ngga perduli.

  8. Di satria fi dulu juga pernah..
    Yg jadi pertanyaan itu apakah berani a** recall produknya yg sering bermasalah..
    Elahdalah..

  9. Di recall karena bunyi setelah di stater berisik…
    Ane salut sama suzi,bentuk tanggung jawab produsen yg bagus menyangkut quality control dan quality assurance dari produsen…
    Yg sebelah banyak bunyi bunyian….malah takut me recall…
    (Mungkin daripada di recall mending langsung di upgrade di planning control nya)….konsumen nya gigit ibu jempol….

    Salut sama ymh atas r25 dan mt
    Salut sama suzuki atas gsx/gsr…
    Yg di recal……untuk menjadi lebih baik dan bentuk tanggung jawab produsen…

  10. Yang ada di gsx r ane malah keras kalau mau masuk 1 dan dioper 2, dan terlalu gampang netral …. ini juga salah atau ciri “khas” motor suzuki? Sisanya fine-fine aja… mohon pencerahan

  11. Suzi nglakuin langkah luar biasa.. belom ada masalah/keluhan, tapi berani ambil resiko buat recall demi mencegah masalah.. walaupun kadang recall dipandang negatif.. padahal ada pabrikan yang punya produk dengan segudang masalah, tapi berlagak nggak ada masalah, diem diem bae… yang penting tetep laku .. duh.. FBH logic ..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.