horeee nyala lagi

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Bagi motor atau mobil yang sudah ada fitur power outlet alias power charger atau socket charger fitur tersebut memang sangat bermanfaat terutama bagi yang mobile alias bergerak terus di jalan, sebut saja ojek atau taksi online dan tukang turing hehe. Tinggal jleb colok, handphone langsung terisi daya. Problem datang ketika si soket charger tiba tiba tidak berfungsi atau mati, waduh rusak nih? Bongkar bodi dong nih? Eit tunggu dulu, siapa tau sikring yang punya nama lain fuse yang putus. Nah ini dia cara mengganti sikring soket charger yang putus di Honda PCX 150 CBU. 

Sudah cukup banyak motor yang memiliki fitur pengisi daya alias socket charger, gak usah moge adventure deh, skutik saja sudah ada, sebut saja Honda Scoopy, Yamaha Aerox 155, PCX 150 lokal dan CBU, XMax 250 hingga yang terbaru Yamaha Lexi 125 VVA. Kalau mobil mah ga usah ditanya lah, dari dulu juga udah, menyatu dengan soket pemantik rokok hehe. Bedanya mobil jaman now sudah lebih banyak jumlah soket nya, bisa ada di tiap baris bangku seperti misalnya All New Rush 2018.

Nah kebetulan KBY ada PCX CBU 2014 nih lads, pernah satu hari mengalami hal ini yaitu tiba tiba saja socket charger mati dan tidak berfungsi, setelah diingat ingat ternyata pernah mencoba mencolok alat pengisi angin ban (mini kompresor) ke dalam port charger yang wattnya terlalu besar untuk soket charger tersebut, sempat berfungsi sebentar tuh si kompresor tapi terus mati. Saat itu KBY pikir memang daya di PCX gak kuat buat ngangkat powernya. Gak dicek lagi si soketnya.

Berhubung hari berikutnya pakai Zeref CBR250RR, masih belum ketauan tuh kalau si socket dalam keadaan rusak, barulah kemarin sore ketauan saat pulang kantor mencoba mengisi batre handphone yang sudah tiris. Posisi si port charger PCX CBU sendiri ada di dalam laci sebelah kiri lads.. ketika kabel dihubungkan ke HP loh kok gak aktif, dicek lagi chargernya kok lampu LED nya mati.. Langsung kepikiran, wah rusak nih gara gara kemarin..

posisi aki dan sikring pcx 150 cbu

Sempat berpikir, waduh bongkar bodi depan nih buat ganti si soket, hadeuhh pe er bener.. eh langsung keingetan, pasti ada sikringnya nih, harusnya ada, tinggal posisi rumah sikring PCX 150 ada dimana ya.. Langsung coba cek di bagian aki (accu), posisi aki PCX CBU ada di bawah jok, ngumpet di bagian ujung depan lads, cek foto deh. Setelah dibuka dan melihat diagramnya, dipastikan kalau untuk socket charger kodenya adalah OP, mungkin kepanjangan dari Outlet Power yak hehe..

posisi rumah sikring di honda pcx 150

Kalau sudah tau posisi sikringnya sebelah mana, sekarang tinggal kita cabut deh buat mastiin kalau sikringnya yang bermasalah alias putus. Nyabutnya gimana? Tuh ada penjepit warna putih yang diberikan dari pabrik, kalau gada cari tang yang pipih. Yak ternyata confirm sikringnya yang putus lads, alhamdulillah bukan soketnya yang rusak wkwkwk..

sikringnya yang putus, ujungnya nyaris gosong gitu lads

Karena sudah tau sikring yang putus, maka harus segera diganti dong, biasanya suka ada sikring cadangan di balik tutup rumah sikring, yak betul ternyata ada bersama tang penjepitnya. Karena yang putus itu sikring 5 ampere ya ganti dengan daya yang sama, kalau gak salah sih boleh lebih tinggi tapi jangan lebih rendah. Jadi kalau 5A gada, boleh pakai 10 ampere. Cek foto lads..

posisi sikring cadangan pcx 150

Cara mencabutnya sama seperti di atas, pakai tang penjepit biar lebih gampang gitu loh. Nah setelah dipasang itu sikring soket charger berdaya 5 Ampere, jreeng, lampu LED si charger kembali menyala, artinya berfungsi kembali alias sembuhhh.. hehe. Meskipun contoh ini adalah Honda PCX 150 CBU tapi KBY cukup yakin jika ada trouble atau masalah yang sama, penyebabnya pasti sama, cek dulu sikringnya lads, kalau semua sikring aman, hmmm berarti memang si soketnya yang bermasalah. Semoga bermanfaat.

horeee nyala lagi

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

34 COMMENTS

  1. Mang … coba nanti di cek di unit PCX lokal ada gak tuh sekring cadangan dan alat pencabutnya … klo gak ada nanti ada yg bilang don-gret gak yah wkwkwkwkw

  2. Jangan lupa kalo dah kepakai sekring cadangannya dibeliin lagi,,
    Tar kalo pas putus di tengah jalan repot

  3. WOW KOMEN GW LEPASIN DASAR PENGECUT FBH AJA YG LOE PELIHARA, TAKUT DI KRITIK YA, PRETTTT AHHH PAKE BANNED IP ADDRESS SEGALA, SATU KATA LOSERRR

  4. Bang kobay,itu box dpn yg ada power outlet nya kalau di masukin hp yg 5.5 inch muat ga?

    Trs kedalaman nya sama kyk pcx lokal gak? Soalnya kalau diliat dr gambar nya kyk nya sempit banget.

    Makasih.

    • Gede kok ke dalamnya, sama dalem juga.. Malah sama yg lokal gede ini.. Yg lokal gede bukaannya aja..
      Hp cina gw oneplus 2 masuk Aman sentausa

Yuk Tinggalin Jejak Lads..