banner

cara mengecek ketinggian oli

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr… Pelumas alias oli merupakan darah bagi mesin kendaraan bermotor sebagaimana halnya darah di tubuh manusia, sifatnya melumasi agar kinerja part part di dalam mesin dapat maksimal. Tergantung dari kapasitas mesin, isi atau banyaknya cairan oli di dalam mesin bisa beragam. Sebagai pengguna kadang kita suka penasaran atau bahkan ingin tahu apakah oli mesin motor atau mobil kita masih ada, kurang atau cukup atau jangan jangan berlebih? Nah ini KBY kasih tau cara mengecek ketinggian oli yang ideal dengan memakai deep stick alias dipstik yang sudah tersedia di kendaraan masing masing.

Pastinya sudah banyak yang membahas hal ini, tapi gapapa siapa tau ada yang belum hapal. So, KBY membahas tipe mesin yang masih menggunakan deep stick/ dipstik ya untuk mengetahui ketinggian oli atau banyaknya oli di dalam mesin, karena di beberapa kendaraan khususnya motor, ada yang tidak menyediakan deep stick melainkan melalui kaca transparan pada sisi samping mesin. Yang model kaca ada pada Kawasaki Ninja 250FI/ Z250FI atau Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150. Jadi untuk mengecek ketinggian oli dan banyaknya oli tinggal intip melalui kaca tersebut.

cara mengecek ketinggian oli
ini kalau sesuai buku manual

Sementara lebih banyak lagi yang menggunakan dipstik, khususnya mobil alias roda empat, ya iya lah, mobil gimana ngintipnya coba kalau pake model kaca wkwkk.. Nah kalau motor milik lads pakai dipstik, KBY kasih tau cara ngecek oli yang ideal. Ideal disini yang disarankan oleh buku manual nama lain dari buku petunjuk. Caranya gimana? Cekidot:

  1. Posisi motor tegakkan, bisa pakai standar tengah, paddock stand atau ganjal standar samping pakai alas yang kira kira bisa bikin motor tegak.
  2. Panaskan dulu kendaraan selama 2-3 menit
  3. Setelah dimatikan, diamkan kurang lebih selama 5 menit (lebih boleh), agar oli kembali turun
  4. Buka/ Angkat dipstik dan bersihkan
  5. Masukkan dipstik dengan menyentuh ulir tanpa harus dikencangkan
  6. Lihat ketinggian oli sesuai panjang ujung dipstik kendaraan masing masing
  7. Jika oli hanya sedikit di ujung dipstik berarti siap siap menambah atau mengganti oli
  8. Jika ada di tengah hingga batas maksimal berarti masih mantap

Nah itu cara mengecek ketinggian dan jumlah oli yang ideal sesuai buku manual lads, ada juga sesuai kebiasaan yang tanpa harus mesin dipanaskan terlebih dahulu terus langsung angkat dipstik, ada juga yang mengeceknya biasa memutar dipstik sampai penuh baru diangkat. Masalahnya, beda cara beda hasil lads, cek foto deh..

ini kalau gak dipanasin terus dipstik gak dikencangin

Tapi yang pasti jangan sampai oli kelebihan atau kekurangan karena keduanya membuat kinerja mesin tidak maksimal bahkan kalau oli kurang, si piston dan silindernya bisa macet/ baret. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

<

26 KOMENTAR

    • Si kanjeng juragan ngeluarin artikel menohok, wah2 si asep irama dan om kogay bisa kojel kojel nih. Ngah ngah

  1. kalo gw… buat ketinggian oli GAK PERLU dipanasin, buat cek kualitas oli dari warnanya baru dipanasin, tah kitu mang…

  2. Mau tanya mang.. posisi motor gimana?? Karna ad beberapa motor yg ad standar sampin n standar tengah.. soal.y pernah nyoba pas standar samping oli d batas low, bgtu standar ngah masih aman.. karna kemungkinan oli klo standar samping ngumpul d blok magnet..

  3. NMax ku br tak cek sore ini, coz rencana mo d pake k sukabumi.. takutnya olinya berkurang spt penggantian sebelumnya.. ;-(

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini