Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Review dan test ride KTM Duke 390 memang sudah berlalu, namun demikian masih menyisakan info yang mungkin berguna dan bermanfaat bagi lads semua terutama mereka yang haus akan informasi otomotif roda dua, penyuka moge dan tentunya bagi lads yang sedang mengeceng alias mengincar moge berkapasitas 390cc asal Austria ini. Pun begitu mangga disimak resume KBY akan kelebihan dan kekurangan KTM Duke 390 ABS setelah beberapa hari berada di tangan.. 

Bicara kenyamanan, mungkin lads akan sedikit terganggu oleh beberapa hal yang hadir di KTM Duke 390 terbaru ini. Yang pertama adalah panas mesin, hembusan saat kipasnya berputar ada di area betis sebelah kiri, kalau pakai celana panjang mungkin hanya terasa sedikit panas, tapi kalau pakai celana pendek atau jogger, panasnya lumayan juga wkwkw.. Triknya geser sedikit kaki ke belakang, jadi ujung kaki menapak sedikit di foot step.

 

Yang kedua menurut KBY adalah bunyi kipas Duke 390 yang wow mirip genset hehe.. Bising dan lumayan bikin bete, lebih bising dari RC250 dan Duke 250. Tapi memang tidak selalu bunyi sih, hanya saja bisa lebih sering kalau lads melalui jalanan yang cenderung macet. Cara menanggulanginya? Gampang, dengerin musik aja hehe, tapi volumenya jangan maksimal ya, kita juga harus bisa mendengar bunyi kendaraan sekitar lads..

Yang ketiga adalah ndut ndutan alias choking, pada kondisi stop dan go atau kecepatan rendah di bawah 30km/jam, si mesin tidak bisa tenang, nyaris selalu tersendat sendat. Karakter RPM di bawah 3000 memang begitu sih. Penanganannya? Putar throttle dengan lembut dan atau kudu mainkan kopling serta pilih gigi rendah seperti 1 atau 2.

Bagaimana dengan getarannya? Ini sih subyektif, mesin 390cc dengan silinder sebiji dan piston besar pasti konsekuensinya ada pada getaran, nah menurut KBY gejala rattling atau vibrasi ini masuk ketegori rendah, ada sih terasa tapi tidak sampai mengganggu, terutama ketika gas alias throttle ditutup.

Itu untuk kekurangan dari KTM Duke 390 ABS 2017, bagaimana dengan kelebihannya? Nah ini, justru seabrek juga lads.. cekidot.

KONSUMSI BBM KTM DUKE 390

Impresif! Alias mengesankan! Untuk sebuah motor dengan kapasitas mesin 390cc konsumsi BBM KTM Duke 390 2017 ini masuk kategori hemat loh menurut KBY, jalur yang dilalui saban hari macet, saat jalan kosong digeber, konsumsinya mirip dengan mesin 250cc 2 silinder! Thanks to torsi yang besar serta silinder tunggal yang membantu akselerasi di menengah-bawah, tengah dan atas yang edun.. Mesin gak perlu dipaksa menjerit untuk melesat, 5000-6000 pun sudah terasa besar dorongannya..

Konsumsi bahan bakar Duke 390 selama KBY gunakan harian adalah 21,11km/liter sesuai yang ditunjukkan pada MID di Speedometer.. cukup hemat kan untuk moge 390cc 1 silinder seharga Rp. 99jt ini?

Desain yang membuat kesan berbeda, berbeda dalam hal positif alias sangat good looking. Cocok untuk yang demen menjadi pusat perhatian di jalan raya hehe. Layar serta fitur speedometernya juga bisa dijadikan kelebihan, sangat jelas dilihat baik siang maupun malam hari, kontrasnya yang warna warni sangat baik dengan berbagai macam informasi seperti MID, ABS, fuel consumption, waktu jarak tempuh dll.

Performa mesin? Ah itu mah sudah gak aneh, karena mesin KTM Duke berkapasitas 390cc yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 43,5 Ps serta torsi hingga 37 Nm! Dengan bobot hanya 149 kilogram lads.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

16 KOMENTAR

  1. Mongtor di atas 20jeti emang cuman buat nampang. Terlalu berlebihan. Buat harian meong, mbit atau pahrio udah cukup

  2. Harian cukup mx 2011, handling n torsi ckup buat selap2ip ngpretin cepot2 jaman now tangsel-depok yg macet mulu, no offsense gan wkwk

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.