Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Lagi heboh Honda CB150R patah as setangnya. Well, tidak semua jalanan di Indonesia itu mulus, bahkan di kota kota besar pun yang namanya retakan jalan, lobang, jalan bergelombang, kerap kali ditemui. Nah kalau rute harian terbiasa melewati jalan jelek kaya begini otomatis kinerja kaki kaki motor termasuk pemegangnya seperti setang, triple clamp, poros setang menjadi kerja keras.. Salah satunya bisa jadi fatigue, alias lelah dengan kata lain terjadi keausan, atau degradasi kekuatan part. 

Lah tiap hari dilewatin, iya kalau sehari hanya dua kali, pergi dan pulang, bagaimana kalau sehari bisa beberapa kali karena tugas kantor memang harus seringkali lewat jalan tersebut? Ditambah riding style yang “bodo amat”, lobang hajar, polisi tidur bablas, jalan bergelombang, terabas, kalau kaki kaki motor bisa teriak mungkin sudah menjerit lads hehehe..

Kasus yang lagi rame di sosmed adalah rider Honda CB150R yang mengalami kecelakaan karena as alias poros roda di bawah tripe clamp alias segitiga bawahnya patah! Info awal di dapat dudukan setang patah karena hajar lobang.. nah disini polemikpun timbul dan berlanjut, beberapa komentator di Facebook bilang di area tempat insiden CB150R tersebut tidak ada lobang! Nah loh..

Seperti biasa yang jadi tertuduh adalah kualitas part sang motor, salah kah? Gak juga sih, wajar nebaknya ke arah sana, kan yang rusak motornya hehe. Tapi apakah rider dapat diabaikan andil kerusakannya? Bisa jadi. Itu yang kita gak tau. Oia uniknya beberapa komentator bilang daerah situ memang jalannya jelek, bergelombang, ada lobang gak besar tapi dalam dan banyak yang jatuh. Mana yang bener? Gak tau KBY gak hapal daerah sana soalnya kekeke..

komstir cb150r patah

Memang, kornes, komstir atau as alias poros setang memiliki kinerja yang tidak kalah berat dari ban,velg dan suspensi, makanya ada istilah komstir oblak karena merupakan poros. Pun begitu, patahnya as CB150R ini sepertinya kudu dicek lagi, apa ada part yang sebenarnya di bawah kualitas tapi lolos karena sample itu sifatnya random, tidak setiap part satu satu dicek. Karena setau KBY kalau bukan karena hantaman keras yang terus menerus dan berlangsung lama, harusnya sih aman ya, soal itu yang kita gak tau, bagaimana ridernya, motornya terawat apa gak dll..

Well, beberapa kasus di bawah ini juga bisa menjadi contoh betapa kejamnya lobang jalanan.. Tapi pabrikan juga wajib melakukan investigasi ya gak lads.. jangan malah kirimin meterai ke user wkwkkw.. bmw GS patah arm dan gardan

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing ya lads..

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

123 KOMENTAR

    • PROPAGANDA LAGI SI KOBAY, YG PROTOL SI A EHH SI B DIBAWA BAWA SEBAGAI PERBANDINGAN, PAKAI BAWA BAWA MATERAI, SAMPE SEGITU NYA NYARI DUIT BAY, CARI YANG HALAL BAY, KALAU CARA LOE KAYAK GINI , BLOG LOE AKAN JADI BESAR, KARENA READER CUMA DARI BRAND TERTENTU, CONTOH BOKERMAGS, TRIATMOYONG MANA RAME BLOG MODEL BEGITU, NYADAR BAY SEBELUM DI BANNED PERMANENT, CIAOOOO

      • Gini bay itu kasus saber, sudah di klarifikasi jelas-jelas salah konsumen seolah-olah menyebar bc, pas di investigasi pihak Y ternyata itu motor gak ada di pemilik yang mengupload berita, pengakuan si pemilik saber motornya sudah di jual beberapa bulan lalu, gitu bay, jadi pihak Y memberi pernyataan materai karena gk ada barang bukti buat diganti unit/diperbaiki pihak Y, seolah-olah konsumen bc produk Y dan permasalahan clear, sayang media bloger ivvb-kobay-tmc tidak meliput terlalu

    • Lagu”an nyebut zuragan lu Triatmonyong.

      Udah punya stok promag yg banyak lu, d stop nasbung dari si triatmonyong baru tau rasa lu….

      Emangnye di blog zuragan lu, gw baru koment yg bertentangan dengan yamaha langsung d banned. (Netral buat kaum lu)

      Ngah ngah ngah

    • Bukan artikelnya dihapus, tapi komen sampean yg bakal dihapus di kobay.
      Gw bukan FB siapa siapa, tp kenapa mang kobay sepetinya benci sekali dg merk Y, padahal beritanya tentang H.
      Terus pake goblok goblokan komentator lagi, ahhh sudahlah. Ini semua Politik kotor

      • Cek komen gila mana yg gw hapus.. Wkwkwk.. Dan ge ga benci Y ye.. Kalau lo bukan pengunjung karbitan pasti tau gw Ada motor apa aja huahahahaha… Sayangnya lo karbitan sih..

        Gw cuma gak suka sama fby yg (ngaku) smart padahal wkwkwkkw

    • Bakar terus mang lumayan buat ganti kembang api taun baru, sekalian nambah jumlah orang ayan wkwkwkwk

      • Pemilik blog sebaiknya hati hati dalam memilih bahasa. Nyari duit ga seberapa salah salah bisa celaka. Soalnya nggak semua reader sudah matang dan dewasa dalam berdiskusi. Harap dibedakan antara nongkrong diwarung dan sebagai moderator. Tetap semangat keep calm bray…

      • Gua sekedar mengingatkan ngeri aja baca komenya pada panas. Sementara profil keluarga terbuka lebar. Sebaiknya profil keluarga di sembunyikan saja.

    • wih ternyata Om Kobay ga suka ama fby yg sok sok an. Padahal FBH jg ada yy sok sok an tuh.

      dulu ada 3 blog yg ane selalu pantau, TMC, Triatmono, Indobiker. setelah tri dan satar tulisannya pada munafik semua, ganti dgn TMC, Iwb, ama kobay… Namun akhir2 ni kobay kayak mau mirip2 triatmono dan satar deh.. Aneh, ga suka ma fby tapi dimasukin ke tulisan… ahahhahahahaha.. gapapa lah mang kobay, asal loe kenyang aja, makin gemuk dan makmur…

      salam dari FBH tapi motornya mx king.

    • Emang yg lagi rame kasus CB150R di Jatim ini. Komstr patah, motor pisah jadi dua. Penyebabnya blum jelas. Dan blum ada tanggapan dari pabrikan. Kl di grupnya CB yg banyak kasus rangkanya pada protol…

      • CB ini banyak masalahnya.. dr awal keluar smpe edisi skrg, Honda keknya diem2 aja.. sempet nyusahin waktu tengah malam mati, akhirnya nelpon kakak buat stutin motor. pas di cek sm bengkel resmi, masa bilangnya air radiator kurang. logika ga?? case laiinnya, Rantai.. ah itu mah udh penyakit turunan dari jaman Pattimura pegang pedang besi sampe pegang pedang LightSaber..wkwkwk.
        AHM perbaikin dong kualitas produknya.. kecewa sama produk AHM yg cm mengedepankan irit tapi bahan nya bikin protol mesin.

  1. Mio 2009 ane setiap hari kerja lapangan (senin-jumat) nempuh jarak +/- 100-130 km, jalan ancur vs mulus 40:60, bawa motor kcepatan 40-110kpj (on speedo) belum pernah ganti komstir sejak turun dari mobil dealer sampe hari ini, sil shock depan belum pernah ganti juga, shock belakang masih ori masih oke, laher paling 4-6 bulan sekali gantinya, tp ngga pernah sampe ada kejadian “ambrol” gitu mang.padahal ada niat minang motor sport jepang 150cc masa kini tp jadi ngeper lagi, rasanya terlalu banyak kasus rusak parah padahal mtor pada baru,muda2,apalagi yg mtor difoto atas kang,punya tmen saya bru 6 bulan yg item doff kejadian rantai keteng lompat sampe jebol mesinnya,ngga bisa diklaim ke dealer,mau pesen sparepartnya inden tp gabisa ditentuin kapan adanya,akhirnya pakai keteng old cb150 “disambung” pula.semoga diperhatikan sama pabrikan,sayang bentuknya bagus tp kualitas material banyak yg jd komplen (meskipun ngga semua).salam.

    • Kalau Ada kejadian kayak gitu lagi trus dealer gak terima komplen lapor langsung ke customer service Honda mang, namanya dealer atau Bengkel pasti kalau bisa ngeles

  2. lebih baik pake motordual purpose atau supermoto karena sudah disesuaikan dg jalanan di Indonesia

  3. Masalahnya bukan cuma lubang tapi juga poldur. Bahkan dijalan lebarpun ada poldurnya dan celakanya banyak poldur yang nyaris tidak terlihat karena tidak diberi tanda. Akibatnya ada yg jatuh karena terpental. Btw anak jaman now biasanya main gasak aja kalau ada poldur. Wajar kalau ada yg patah. Cmiiw.

    • Sebelum lahir cbsf banyak kasus protol ga ya untuk motor2 Laen dgn catatan usia motor yg tergolong muda ??

  4. Wah wah wah……

    2 artikel berturut turut nih…….

    Semoga dapet transferan dari yamaha mang….

    (Kan kl bikin artikel tentang kerusakan Y, dianggap dapet ? ma kubu ‘netral’……

    Ngah ngah ngah

  5. wkwkwk konyol. habis banyak itu.

    eh itu sepertinya pernah dibongkar sebelumnya. buat masang paralon replika USD. kalau pengamatan ane

    • Pasti om
      Walopun mungkin cuma ngendorin baut trus turunin shock, masukin cover & balikin shock k posisi semula

      Btw ap iya itu pengaruh k kejadian ini

    • Biasanya sih shock dimentokin sampe travel distance.nya minim.. Ya ngaruh sih ke kekuatan nopangnya… Tp gatau lg sih klo kejadian yg ini…

  6. Yang ane heran itu saksinya sampek bisa tau persis kalo komstirnya itu oblak daripada yg punya motor??
    Trus kenapa tiap ada fail di motor H pasti selalu di sematkan fail dimotor Y, tp kalo ada fail di motor Y tidak ada foto tentang fail di motor H??
    Ahh bercanda kamuhhh !!!
    Pokok gak auto recall aja yahhh ?????

    • Sy juga kepikiran yang sama. Kenapa yg jadi perbandingan adalah
      yamaha Scorpio tua (udah uzur + karatan + modif peninggi sok blkg biar nungging -diluar konstruksi stdnya)

      sama motor adventure enduro kelas berat (yg notabene emang dipakenya di medan keras, kasar, offroad, batu2an, hmpir pasti sering jatoh2an – yg mana lebih bs dimaklumi klo patah)

      New cb150r kan motor baru nan seger, justru akan lebih relevan & informatif klo dikasi contoh case2 rangka patah cb yg lain yg udah banyak terjadi biar masyarakat tau klo case ini berulang ada kemungkinan mereka juga bisa jd korban, jadi bisa lebih hati2 pakenya atau bisa mikirin solusinya biar ga pada patah lagi bikin kecelakaan di jln.

  7. Mengkambing hitamkan jalan nggak tepat menurut saya, masih banyak motor biasa beban berat dijalan gak bagus2 amat lobang, polisi tidur, jalanan konblok dan sudah 6-8 tahun nggak sampe begitu? Alasannya kurang intelek

  8. Setelah hampir 3tahun ngikutin Berita motor di blogger, 90% yang komen negative saling menghujat mental generasi bangsa ini butuh perbaikan…

  9. Udah mang recall aja, kasian fbh. Dulu kan saya baca diblog lain sasis patah di rccall, artikel tetek di recall, rembes oli di recall. Jd yg ini jg di recall gpp mang

  10. Tapi motor cb150r nya mas sayur jpr kuat loh tiap hari angkut beban kurleb 200kg. makanya kalo ngemodif motor harus hati2 dan teliti, jangan asal..

    • Ahh x**re milik p****i deket rumah ane juga swing arm.nya gak patah tuhhh. Padahal tuh motor biasanya buat ngejar pemotor nakal, dan jalannan di sekitar rumah ane banyak banget lobangnya. Swing armnya juga biasa-biasa aja.. trus gimana tuhh??
      Apakah selama ini fail di H juga di tutup2in pakek materai??
      Siapa yg tahu, ya kan??
      Orang fail tentang H aja jarang di muat ngah ngah ngahhh….????????

  11. Oh ini tho kasus yg triatmono lagi goreng karena gorenganya kagak ada yg beli? Ngah ngah ngah

    Yg udah langanan komstir oblak. Swing arm patah. Alumunium ajaib sampe karatan. Veleg kualitas ngeropah yg gampang penyok. Tiap dibahas bilangnya uoaya menjatuhkan merek. Eh sekarang bahas merek lawan sesembahanua langsung di goreng etc. Gak bisa netral kah? Ya gpl sih. Cuma ngakak aja. Gak bisa netral ngaku bloger independent. Maksudnya independent menguasai sesembahanya kali yah

    Ngah ngah ngah

  12. Padahal klaim FBH beat itu kena lubang dalam 30 cm (turun, diukur dulu dalam lubangnya baru dilewatin) komstir dan velg gapapa. Ini masak bisa patah gini

  13. Bay, lu gak bahas velg cbr yg protol tabrakan di kali malang, masa nabrak gt doank lngs protol. Sekalian masukin fail di motor Y yak

    HAHAHAHAHA

  14. Klo kejadian yamaha kok pada langsung bully di kualitas ya.
    Klo anda bilang “sample” wah parah berafti, kejat tayang saja.

  15. Bangsa kita sedang di adu domba produk jepang…saling membela sesembahan nya,sama bangsa sendiri jd ribut

  16. Bener juga tuh komen kuli pabrik
    Produk sendiri aja bukan..ngebela sampe segitunya
    Kl produk asli dalam negeri, brand dalam negeri dihujat trus dibela mati2an ane setuju artinya lu pada nasionalis sejati
    Ini kok ributnya besar,wakakak
    Akuin aja emang buily qualitynya jelek tuh produk..cuma punya merek aja mknya bnyk yg pake..artinya apa?artinya yg pakai kemakan merek doang alias fansboy

    • Bener om, sampe di blogspot macan tua, ada komen yy ngatain fbh yg muda dan yg tua tolol semua, sampe segitu sampe ngatain ortu tolol

  17. ane komen lagi diblog T3 mono kalau mungkin itu dimodif diganti kok gak lolos ya? perasaan ane komen biasa aja ya gtw gmna bagian netralnya

    • Komentar yg membantah pengiringan opini mazapahit mana bisa lolos om. Ngoahahahah

  18. Ingat pesan adipati Jaos jaman perang bharatayuda: ; motor boleh dihina, benda mati dia, tapi jangan manusia dihina, palagi ortu. Mau ortu fbh, fby, fby dll, jgn pernah.

  19. Waduhh kang bisa prothol gitu
    Seremm amatt.

    Ngmong2 awas ntar artikel’y di recall lg kang, gara2 gambar as stang prothol.
    Hehehhehee
    Peace..

  20. Tapi kita harus berikan apresiasi utk om Kobay…. walaupun beliau fbh garis keras, tapi dengan gentle masih mau memuat berita yang notabene ‘aib’ produk idolanya, sesuatu yang (hampir) mustahil ada di 2 warung sebelah…..

  21. kurang lengkap klo bukan si pemilik yg ngomong, klo yg ngomong fansboy(garpu/suwiwi) sih dah tau arahnya kmana ngoahaha

  22. Well, beberapa kasus di bawah ini juga bisa menjadi contoh betapa kejamnya lobang jalanan.. Tapi pabrikan juga wajib melakukan investigasi ya gak lads.. jangan malah kirimin meterai ke user wkwkkw..
    ===============÷================

    Polmas 31/12/2017 at 08:01

    Gini bay itu kasus saber, sudah di klarifikasi jelas-jelas salah konsumen seolah-olah menyebar bc, pas di investigasi pihak Y ternyata itu motor gak ada di pemilik yang mengupload berita, pengakuan si pemilik saber motornya sudah di jual beberapa bulan lalu, gitu bay, jadi pihak Y memberi pernyataan materai karena gk ada barang bukti buat diganti unit/diperbaiki pihak Y, seolah-olah konsumen bc produk Y dan permasalahan clear, sayang media bloger ivvb-kobay-tmc tidak meliput terlalu

    Kalo recall artikel gmn kang?
    Materai jg kahh
    Wkwkwkwkwkwkkk

      • Fbhkoplak 31/12/2017 at 18:26
        Well, beberapa kasus di bawah ini juga bisa menjadi contoh betapa kejamnya lobang jalanan.. Tapi pabrikan juga wajib melakukan investigasi ya gak lads.. jangan malah kirimin meterai ke user wkwkkw..
        ===============÷================

        Polmas 31/12/2017 at 08:01

        Gini bay itu kasus saber, sudah di klarifikasi jelas-jelas salah konsumen seolah-olah menyebar bc, pas di investigasi pihak Y ternyata itu motor gak ada di pemilik yang mengupload berita, pengakuan si pemilik saber motornya sudah di jual beberapa bulan lalu, gitu bay, jadi pihak Y memberi pernyataan materai karena gk ada barang bukti buat diganti unit/diperbaiki pihak Y, seolah-olah konsumen bc produk Y dan permasalahan clear, sayang media bloger ivvb-kobay-tmc tidak meliput terlalu

        Kalo recall artikel gmn kang?
        Materai jg kahh
        Wkwkwkwkwkwkkk

  23. Lah ini blog tiba2 rame n komen nya panjang2
    Seles2 di tmc n iwb pada buka lapak di mari ya?

    Udah 2thun lebih main di mari, kaya nya mang kobay netral… gak suka bahas yg aneh2

  24. Dah mang diemin aja sales2 H yg pada ga trima produk’a d jelekin…? Sales n pengunjung karbitan mah mana tau mang kobay punya motor apa aja.hehehehe
    Kalo mang kobay bahas produk Y yg rompal pasti banyak yg dukung…..

  25. Ehmmmmm kualitas metal nya mulai ngak bisa dipercaya aja ngak H ya Y sama jelek utk mtr baru , banyak cth bukti, k jg ada , yg S ada dikit krn jualan dikit ? cuma H plg ngak mau nanggung (beda zaman federal mtr- ai kenalnih orangna) , recall di sini memalukan – pd hal nyawa taruhannya – biaya pengadilan n waktu tak sebanding sebab regulator wasitnya amatir

  26. Om kobay dah kapok kena jewer dari pabrikan ??
    Jadi ingen artikel cbr 250rr yg kasusnya semper viral
    Sempet d terbitin artikelnya selang brapa jm artikel d hapus ???
    Kayaknya dah berubah haluan y om
    G sekompeten yg dlu

    • Klo melihat dari usia motornya masih baru, dan yg saya tahu jalanan daerah sidoarjo itu mulus2 aspalnya, harusnya AHM harus lebih bijak tuk investigasi penyebab as forkx bisa patah, apa karena cara pakai penggunanya atau kurang teliti terhadap kualitas matreal (kualiti kontrol) klo AHM tidak mengambil sikap melalui perwakilan dealerx MPM di jatim bisa2 menurunkan brand image motor itu sendiri, apalagi CB150R sekarang penjualannya lagi bagus2x dan mampu menumbangkan raja sport tanah air Vixion.
      Klo artikel yg bang Kobay buat adalah penjelasan berdasarkan kira2 atau opini pribadi, apakah bang Kobay salah beropini sendiri tentang kasus diatas??? Itu sudah menjadi hak setiap warganya di Indonesia tuk menyampaikan opininya masing2.

  27. Iya..parah tuh ,,aku pake kawasaki kaze sudah di pakai 10 tahun..cuma ganri oli 3 bulan sekali,nggak diservis gak pernah dapet masalah..ini motor baru dah ambrol tadinya aku naksir mo beli tapi kejadian akhir2 ini termasuk crf ambrol kebakar bikin mikir 2x

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.