cukup pakai obeng kacamata untuk setting piggyback speedsparks Fuel controller

piggyback speedsparks Fuel Controller

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Mungkin sebagian besar dari lads sudah tahu kalau Suzuki GSX-R150 Samehada milik KBY sudah ganti knalpot racing dari WRX tipe Oval K2 yang menggelegar dengan performa ajib hehe.. Sayang knalpot racing freeflow tersebut menyisakan brebet di rpm bawah. Nah buat menghilangkan brebet tersebut KBY pasang piggyback speedsparks fuel controller nih lads di roled custom galaxy bekasi.. Bagaimana hasilnya setelah pasang piggyback speedsparks tersebut? Ayok disimak dulu biar nambah lah wawasannya hehe..

Sebenarnya hampir semua Suzuki GSX-R150 yang mengganti dengan knalpot racing itu mengalami brebet di RPM bawah, ada yang minim ada juga yang cukup parah. Menurut kang Adrian semua tergantung desain pipa knalpotnya, ada yang freeflow nya besar ada juga yang minim.. ya intinya gimana itungan si engineering knalpotnya lah hehe. Buat yang mengalami brebet pada motor GSX-R150 nya setelah mengganti dengan knalpot racing, salah satu cara menghilangkan brebetnya adalah dengan memasang piggyback, salah satu merek piggyback yang ada di pasaran adalah Speedsparks Fuel Controller (FC).

piggyback speedsparks Fuel controller

Nah sebelum memutuskan untuk memasang piggyback speedsparks FC tersebut sebenarnya KBY sudah mencoba memasang open looper speedsparks di GSX-R150 Samehada, alat yang mampu menipu bacaan CO ini ternyata mampu mengurangi brebet di rpm awal tapi belum maksimal, RPM bawahnya masih kurang debit bbm alias kurang kaya atau terlalu miskin.. Mau tidak mau piggyback adalah pilihan terakhir.

Setelah sekian lama susah mengatur jadwal ketemuan dengan juragan speed sparks, om Adrian – KBY yang sibuk bukan om Adrian nya wkwkwk – akhirnya hari ini bertempat di Roled Custom Jatibening, GSX-R150 Samehada KBY geber kesana. Di Roled sudah menanti Harel, teknisi handal andalan wkwkw… Setelah kelar memasang di KLX 250 milik konsumen barulah masbro ini mengambil alih si Samehadauntuk pasang piggyback speedsparks.

Well KBY skip deh kalau soal teknis pemasangan piggyback speedsparks nya, ora paham hahaha, yang jelas pemasangan kali ini lebih cepat dibandingkan saat memasang open looper, gak pake bongkar pasang fairing lagi, kemungkinan besar karena sudah dibuat jalur untuk piggyback ketika memasang open looper.

Cara Setting Piggyback Speedsparks

Cara menyetel alias melakukan settingan untuk piggyback speedsparks Fuel Controller termasuk sangat mudah! Pada foto lads dapat melihat ada 5 setelan, masing masing untuk up limiter, seting RPM rendah (idle s.d 3.000), lalu 3.000 hingga 7.000 lalu 7.000 sampai 20.000 dan Fuel Jet.. Brebet yang dialami GSX-R150 ada pada rpm rendah sekitar 2.000 hingga 3.000, dengan menyetel semprotan bbm lebih kaya yaitu 17% (untuk samehada) si brebet langsung lenyap! Awalnya di 13% juga sudah ilang cuma KBY tambah lagi di 17% soalnya di 3.000 masih kurang mantap.

cukup pakai obeng kacamata untuk setting piggyback speedsparks Fuel controller

Untuk fitur setelan ke 5 yaitu Fuel Jet sebenarnya memiliki dua karakter, yaitu perpaduan setelan ke 3 dan Fuel Jet. Misal di setelan dua diset 15% lalu setelan Jet 5%, maka saat gas dipuntir biasa atau normal, debit bbm hanya 15% saja, namun begitu gas disentak atau putar agresif, maka yang akan dibaca adalah 15% + 5% = 20%.. Ini tentu membuat respon mesin lebih agresif lads!… Mantap kan?

THE VERDICT

Untuk hasil, yang KBY rasakan memang berbeda, selain brebet hilang yang membuat riding di stop dan go alias kemacetan bikin lebih nyaman, tenaga di kitiran tengah dan atasnya juga makin mantap! RPM bergerak cepat dibanding sebelumnya hingga gak sadar sering banget kena limiter, padahal GSX-R150 itu limiternya di 13ribu! Afdolnya memang naek ke mesin dyno lagi sih.. (baca: Hasil Dyno Mesin Standar Suzuki GSX-R150).

Apakah piggy back Speed sparks bisa untuk GSX-S150? Tentu bisa, untuk motor lain juga bisa kok. Harga Piggyback speedspark fuel controller tipe 2071 ini adalah 1,3jt, termasuk terjangkau sih menurut KBY. Pertanyaan yang sering muncul, apakah harus pasang speedsparks open looper juga kang? Tergantung, kadang ada yang sudah puas dengan memasang Piggyback saja karena brebet sudah hilang dan tenaga lumayan terasa bertambah.

Piggyback speedsparks fuel controller bisa didapatkan di Speedsparks dengan om Adrian di 0818856978, Harel 085891671400 atau via kobayogas.com juga okeh.. Semoga bermanfaat

kata si sulung.. ENAK! Kaya motor baru!

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing ya lads..

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

30 COMMENTS

  1. Open looper & fuel controller dua-duanya ditaruh di bawah jok belakang mang? Mau pasang di gsx jg nih

  2. Cocok buat cbr250rr yg bocor kemaren tuh mang
    Coba yg mpunya pake ini
    Pasti gak ada bulian dr fby

    Ajak ngopi tuh biker ny
    Suruh pasang beginian juga
    Kalo berhasil suruh bersihin nama baik cbr250rr

    Wkwkwkw

    • sejauh ini BBM cuma turun 0.2km/liter dari 32.2 ke 32. Itu sudah digeber geber saat tes baru pasang, dipake puter puter sama si sulung dan udah dipake ngantor hari ini

  3. Coba test ama all new cbr 150 rr dohc near square the dna motogp bay, kata ngepbeha katanya bisa nabokin dohc suzuki…

  4. Bro coba di test pake Stand Alone punya BRT Juken 5, lebih maknyus yang mana ? Minat juga nih , pikir2 drpd pasang2 piggy back yg repot naruhnya, apa mending pake stand alone aja ? Harganya juga gak beda2 jauh kalo gak salah 1,2 juta yg tipe turbo ECU BRT nya.
    Ditunggu bro Reviewnya segera, Ok

    • Dari jaman maen Mobil, ay bukannya ga percaya kalau stand alone itu gak bagus, tapi sangat jarang yang bener bener bisa setting sempurna..kalau gak Jago, Tujuannya gak dapet. Trouble suka muncul, Brebet, kopong, idle naik turun dll..

      Makanya dari dulu lbh pilih piggyback, dulu di mobil pake dastek unichip

  5. Udh lu coba lawan DOHC Near Square Sang Engine MotoGP Penguasa Market Share belom? Jangan ngaku kencang klo belom lawan Penguasa Market Share!!!

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.