Komparasi Toyota All New Rush vs Honda BRV

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Toyota All New Rush vs Honda BRV, mana lebih baik? Ah kalau itu sih keputusannya diserahkan ke pembaca sadja.. Yang jelas kita kupas dulu aja perbandingan kedua SUV 7 tempat duduk ini. Mengapa New Rush vs Honda BRV? Karena Toyota Rush merupakan pemimpin pasar dan hadir dengan banyak pembaharuan di tahun 2018 nanti. BRV? Sejauh ini dia paling cocok untuk mengganggu jagoan dari Toyota tersebut, dimensi, desain, spesifikasi, fitur bahkan juga harga! Yuk cari tau komparasi antara keduanya.

Abaikan soal penggerak, karena keduanya gakan ketemu, All New Rush 2018 baik standar maupun Rush TRD Sportivo masih setia menggunakan gardan alias penggerak roda belakang sedangkan Honda BRV 2018 juga setia dengan ciri khas rata rata mobil Honda, FWD alias gerak roda depan. So fokus perbandingan All New Rush vs Honda BRV ini akan di sektor lain lads seperti desain, spesifikasi mesin, fitur dan harga, kualitas interior belum bisa karena unit Rush 2018 belum liat nih. .. Okeh, brace yourself lads.. halaah sok inggrissss hehe..

baca juga: Bocoran Fitur Toyota All New Rush 2018, Makin Lengkap!

DESAIN

Toyota (dan Daihatsu) dapat dikatakan sukses saat mendesain All New Rush dan All New Terios kali ini, terlihat ganteng dan gagah meskipun terkesan tidak orisinal comot sana sini dari produk lain dan aura maskulinnya berkurang dibandingkan versi lawas. Bodinya kini melar alias lebih panjang dari Rush dan Terios lama akibat penambahan 1 baris lagi di belakang. Yak All New Toyota Rush kini menjadi SUV 7 seater lads, seperti Honda BRV.

buritan all new rush kini tanpa konde ban di belakang

Konde alias ban cadangan di belakang kini di lepas, berpindah ke bawah, membuat sisi belakang terkesan neat dan clean. Lampu depan lebih pipih masing masing memuat dua reflektor, jadi totalnya empat lads, juga ditambakan dengan Day-time Running Light (DRL) agar kekinian.

baca juga: Mengintip All New Toyota Rush TRD Sportivo

Yang mantap itu desain interiornya All New Rush lads, terlihat seperti lompatan jauh ke masa depan dibandingkan interior Rush & Terios lawas yang seperti dari jaman prasejarah, bosen! Kini – meskipun masih agak kaku – tapi terlihat dan terkesan mewah. Bagian dashboard tengah dan door trim diberi aksen jahitan – entah asli apa palsu, belum pegang sih – tapi kalau seperti di Yaris sih ih ga banget deh.. Yang jelas speedometernya kini hi-tech punya!

baca juga: Galeri Foto Toyota New Rush 2018 dan Mengintip All New Daihatsu Terios 2018

Beralih ke Honda BRV, desainnya secara keseluruhan masih terlihat mumpuni dan gagah meskipun kini bagian belakangnya sudah mulai terlihat membosankan, mungkin perlu sentuhan baru di sisi ini, terlalu membulat.

Kalau desain dashboard KBY cenderung memilih Honda BRV meskipun dari bentuk AC digital dan bagian Head Unit masih bagusan dan lebih mewah All New Rush 2018. Begitu pula bentuk setir, masih lebih suka Rush punya. Nah kalau speedometer masih lebih keren dan mewah punya BRV lads.. Sementara bentuk tuas transmisi matiknya hmm, kalau bisa milih tuasnya punya BRV tapi rumahnya model gate punya Rush..

Bicara dimensi ternyata Toyota All New Rush masih kalah panjang dan kalah lebar dari Honda BRV lads, hmm di atas kertas harusnya kalah lega nih, tapi semuanya kan gimana desain ruangan di interior ya. (lihat di bagian spek).

Point: All New Rush 8, Honda BRV 7.5

FITUR

Nah lads kali ini Toyota ternyata ogah setengah setengah kalau bicara fitur, beneran dikeluarin semua euy yang dimiliki, Honda BRV pun dapat saingan berat dari All New Rush dari sisi fitur. Misal saja AC full digital auto climate (TRD Sportivo), lampu depan dan rem LED, 6 buah airbags! Smart key dan tombol start stop, hingga Emergency Brake Signal (EBS). Mangga disimak tabel di bawah ini lads..

All New Rush:8.5, Honda BRV: 7.5

fitur all new rush 2018 vs Honda BRV

SPESIFIKASI & PERFORMA

Kalau All New Rush terbaru menang di fitur, tapi Honda BRV boleh tepuk dada di sisi performa lads. Toyota Rush 2018 sebenarnya punya mesin baru, 2NR-VE dengan dual VVT-i, secara teori dual VVT-i (Variable Valve Timing intelligent) seharusnya punya performa yang kuat, tapi sayangnya tenaga malah turun menjadi 104PS/6000 dan 139Nm/4200. Kalau dibandingkan dengan mesin L15 series dengan i-VTEC milik BRV sih jauh, 120PS/6600 dan 145Nm/4600. Ga tau nih kalau sudah di jalan performanya gimana, kudu tes.

Belum lagi dari sisi teknologi transmisi, Honda BRV dipersenjatai transmisi 6 kecepatan untuk versi manual, sedangkan versi matik dikasih CVT yang halus tapi tetap bertenaga. All New Rush? Masih 5 kecepatan dengan matiknya konvensional 4AT! Waduh jaman now masih 4 kecepatan aja nih lads, sayang banget!

All New Rush: 7, Honda BRV: 8.5

spesifikasi All New Rush vs honda brv

HARGA ALL NEW RUSH vs HONDA BRV

Nah bicara harga, memang All New Rush belum lagi punya harga resmi mengingat Toyota juga belum mengumumkannya, katanya sih Januari tahun 2018, tapi ancer ancer alias bocoran harganya adalah mulai dari Rp. 249juta hingga Rp. 289 juta. Sedangkan Honda BRV dijual dengan harga Rp. 233 juta hingga Rp. 268 juta (Prestige CVT). Mana lebih value?

All New Rush: 7.5, Honda BRV: 8

THE VERDICT

Dengan perbandingan desain, fitur, spesifikasi, performa dan harga cukup sulit juga menyimpulkan mana yang paling value untuk ditebus. Melihat desain All New Rush 2018 terbaru yang lebih keren dengan fitur yang berlimpah sepertinya point jatuh ke SUV 7 tempat duduk terbaru dari Toyota ini, tapi ternyata New Rush kalah di performa dan spesifikasi mesin oleh Honda BRV dimana hal ini cukup signifikan juga sebenarnya. Harga lebih tinggi sebenarnya bisa dimaafkan andai performa di atas kertas bisa lebih baik.

Perbedaan point cuma sedikit, 0.5 doang, tinggal lebih pilih mana? Desain dan fitur atau performa mesin serta kecanggihan transmisi? Lads yang pilih.. Semoga bermanfaat.

Total Point:
All New Rush: 31
Honda BRV: 31.5

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

67 KOMENTAR

    • Desainernya enak ya? Dibayar mahal untuk hasil copas-an. Setiap inchi desainnya “terispirasi” dari BRV. Cuma lekukan aneh BRV di samping saja yang gak diambil !?

  1. Ntahlah…klo sy kok lebih suka yg pake transmisi matic konvensional drpd cvt bang Kobay… Ken cvt klo di kickdown ato digeber aneh aja rasanya hehehe…

  2. Dashboard rush kliatanyya sih jahitan palsu kayak xpander yang PENUH JAHITAN PALSU.

    rush gak berani kasih harga karena nunggu wuling CORTES ngeluarin harga

  3. Si kobay ga beda sama si triamomo…suka hapus2 komen..gw pikir lu beda….parah apalagi endorsannya banyak lebih parah lagi…..ntar gw atur agar iklan jgn pake lu

  4. Artikel gini kok sepi ya Bang Kobay?? Gak ada yg tengkar soal sohc dan dohc. Gak ada yg komen “dohc kok overstroke”… gak ada yg komen “rem belakang masih tromol” … gak ada yg komen “cvt ngorok” wkwkwkwk…..

  5. Rush berubah jadi SUV Banci atau SUV rasa MPV, ngikuti BRV, sampe detail desainnya ditiru (gak malu ya desainernya)… cuma gc-nya aja yang ditinggiin. Duit 250 mending ambil Cortez yang bentar lai nongol, dengan kenyamanan, teknologi dan fitur yang bahkan bisa ngalahin Innova. (Sayang katanya bukan merk Jepang)

    • Nah ini bener juga..

      Tp balik ke ‘ibu negara’. Kalau demen brand susah untuk ngeyakinin. Seperti biasa, emak2 kalau uda kumpul arisan, brand membawa pride.

      Kalau pun dibeliin, pasti suatu hari disuruh beli yang brand bagus..

      • Istri bakalan elu bawa bertahun2 di samping, nah kalo mobil yang ga dia juga suka elu bawa bakalan panas kuping elu saban naik mobil bareng?

        Apalagi kalo ada masalah ama mobilnya, pasti elu disalahin?

  6. Untuk design vote BRV, kalau riding quality lebih suka penggerak roda belakang. Penggerak roda depan di jalanan licin agak horor manuvernya (Kalau gak ngerasain berarti lu belum kenceng bawanya).

    • Di mobil kelas bawah iya, klo di mobil premium >500 jt gejala kek gitu gk bakal ad lg, fitur TC, VSC udh ngebantu bgt klo masalah kek gitu di mobil fwd

    • Kategori kenceng yg dimaksud itu gimana sih? Terus jalan licinnya jg gmna? Licin peralihan abis hujan menuju kering di aspal? Atau lumpur? Atau semen basement kena air? Atau gmna? Monggo di share safety drivingnya broo ?

    • Sebenarnya kayaknya sampean yang belum pernah mencoba.jalan licin pakai rwd?yang ada power traksi di ban belakang akan selalu liar dan akan membuat “pantat” mobil lari ke kanan dan ke kiri.lebih susah pengendalian arah mobil (paling gampang lihat gejala mobil drift)…berbeda dengan fwd,pengendalian di jalan licin lebih mudah karena power traksi ada di ban depan,jadi lebih mudah mengarah mobil.
      Saya sudah buktikan sendiri di kalimantan yang notabene banyak jalan berlumpur

  7. Kebetulan punya terios 2013 manual n udah nyoba duduk di terios yang baru. Luas kabin depan sama kedua ga beda jauh sama yang lama, ruang kaki masih sempit gara” ada tunnel buat gardan. Untuk jaitannya itu palsu kang, cuma ga terlalu keliatan motif jaitannya kalo dibandingin yaris / xpander.

    Mesin yang lama kalo untuk dalem kota cukup lah, biar kata di tol ngos”an n cenderung boros kalo panteng 100kmh. Nah mesin yang baru sih curiga bakal lebih ngos”an lagi

  8. Rush trd jahitannya asli
    Yah di komparasi menang brv tadi di penjualan malah nelangsa?
    Sekali lagi astra ngamuk di rushter?

  9. Kalo ane milih all new rush kang..

    Kenapa? Karena liat built qualitynya BRV gak terlalu bagus. Celah kaca dng bodi itu jari kita bs masuk lho.. Kalo gak peracaya cobain aja..

    Tapi kalah ada pilihan Xpander, semua pilihan diatas ane coret Kang. Jujur lebih milih xpander.

    Kalau bs milih xpander yg ultimate karena bisa di unlock fitur cruise controlnya lalu ditambahin tombol cruise control di setir.

    • klo Honda pake SOHC itu karena kecanggihan mesin SOHC nya sob, mesin CB sampe sekarang masih dipake, bahkan dijual sampe 32jt dan blogger pun manggut2 tanda mesin superior bak kebo di cokot lobang idung nya. Worthed lah mesin tahun 1970 an dipake ampe sekarang seharga 32jt, klo Yakampret segitu mah operpret sob, gak worthed.

    • Kalo dipikir-pikir lucu juga yah…hahaha

      Hon*a mobil (HPM) malah mobil2nya banyak yg SOHC..bri*, cit*, mobili*, br-*…1 basis mesin..tapi teknologinya mantapp diatas kertas powernya paling gede dibanding product sekelasnya. Dijalan mobili* std vs avxen/ertig*/nvl std atau br-* std vs rus* std atau cit* std vs vio*/balen* std rata2 emg kencengan mobil hon*a

      Tapi kalo ngomongin Hon*a motor (AHM)..mesin DOHC near square-nya sering diledekin SOHC Yamah* & DOHC over bore Suzuk* di kelas 150cc..kelas diatasnya, 250cc 2cyl..tahun ini emg tahunnya Hon*a dengan titel IRS,AP250 plus motoGP yang paling bergengsi…

      Pada akhirnya konfigurasi single/double cam ga menentukan siapa yg bs lebih baik…masing2 ada kelebihan dan kekurangannya..sesuaikan dengan kebutuhan kita aja…ga perlu nge-bece dohc hello kitty atau sohc loyo…???

      • Betul om.power itu sebetulnya yang lebih berpengaruh itu karena bore stroke nya.honda kebanyakan power nya lebih tinggi karena dia bore nya lebih besar dari toy*ta semisal avx*n.

  10. Rush kelemahannya :
    Kalo dipake cruising di tol, ngos ngosan
    Bodyroll ga enak bgt, apalagi versi facelift yg shocknya lebih empuk, tiap belok kec diatas 60 kaya mau ngguling..

    BRV kelemahannya :
    Shock keras!!
    Desain belakang harusnya lebih macho kalo plat nomer ditaruh di posisi lambang “H” nya, bag bawah lekukannya diterusin dr kiri ke kanan..

    Sbg perbandingan kalo dibawa cruising kec 100 kmh :
    Rush MT : 3700rpm @topgear (5)
    BRV MT : 2800rpm @topgear (6)

    Rush AT : 3100rpm ( Posisi D, locked up clutch)
    BRV CVT : 2000rpm ( Posisi D, locked up juga)

    • Tapi jni rush lama yaa..
      Kalo sama all new rush sih belum tahu..
      Dari sisi model dan fitur jelas ane condong ke all new rush, tp kalo performa sama kaya yg lama ya mending avanza 1.5 aja haha

    • Bener bangeett…kerass bangett euyy suspensinya BR-V…bangkunya jugaa begituu lagii…???

      Kalo ketemu jalan agak keriting, pinggang cepet pegel…(atau pengaruh umur juga sih)..hahah..

      Bersyukur suspensinya keras kalo lagi dijalan mulus agak lenggang atau butuh manuver kanan-kiri di tol…preecciiisseee…at least untuk mobil sekelasnya…

    • Rush terios keras suspensinya oy wakaka, brv sebut aja produk gagal, cuma desainnya doang yg oke, soal handling yg pling jelas superior di lcgc cma brio dh, asli nyalip di tol jalur kanan ke jalur kiri gampang bgt, radius putar jg pendek n pling enteng stirnya

  11. Untung bokap dpt pajero sport dakar 2013 cuma 280 juta doang wakaka, klo gk cuma dpt low suv n mid mpv doang kek innova type E/G, rush/terios wkwk

  12. brv (mobilio modif) dashoard ala brio kok bagus wkwkwk
    trs ruah jg udh ad bahan kulit di dashboard & doortrimny kok

  13. Om yg pasti gk ada di brv itu TCS & VSC. Secara klo dgn harga segitu, ya si rush or terios menang bnyk klo compare brv. Which is engine brv yg superior. Tapi mau maju kenceng dmn di jln kota

  14. Dua hari lalu gue coba duduk di belakang kemudi New Terios. Memang sensasinya kayak bawa Pajero Mini. Tinggi. Tapi kok rasanya gak nyaman, sempit (kursinya ngepas di pan***) dan atapnya kok sepertinya rendah. bikin jarak muka gue ke kaca depan terasa dekat banged. (Gue biasa pake Old Rush)

  15. Yg inden banyakan all new rush juga harga varian tertinggi Rp161.300jt drpd BR-V.
    NilaiTotal: all new rush=32; BR-V=30.5

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.