banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Tipikal pemilik motor itu berbeda beda, ada yang setia dengan satu tipe dan merek hingga itu terus yang digunakan selama bertahun tahun (setia apa gada duit ya hehe, kidding).. Ada juga bosenan, hobinya gonta ganti motor dari berbagai jenis merek dan tipe, perasaan maunya nyobain yang baru terusss.. Untuk motor, coba kalau bini.. eh. Nah email pembaca kali ini agak bikin mumet jal, soalnya masbro ini ingin insyaf gak ingin gonta ganti motor lagi, syaratnya berat, kudu yang beneran bikin dia kesengsem dan tidak akan menggantinya dalam waktu paling tidak 4 tahun!  

Assalamu’alaikum mang kobay anu keren…

Pengen sharing unek2 nih mang. Gw hampir disebut penggila motor yg bener2 gila. Knp, karena sering gonta ganti motor tapi ga pernah paham sama yang namanya mesin hehhehee…

Sejak SMA gw pernah pakai Honda Supercup, Honda Grand, Yamaha Force One, Suzuki Cristal, Suzuki RGR, Honda Tiger, Honda Supra, Kawasaki Kaze, Yamaha Mio, Honda Beat, Honda Scoopy, Bajaj Pulsar 125, Yamaha NMax, Yamaha R15 jadul, Kawasaki Z250SL, Kawasaki Ninja 250 FI, Honda Vario 125, dan sekarang lagi mo jual Kawasaki D’Tracker yang baru delapan bulan dipake, parah yah… Cuma karena penasaran dan bosenan, astaghfirullah…?Kenapa pengen ganti lagi..? Jujur karena ngiler sama model classic kayak Estrella sama Royal Enfield mang. Wkt gw kecil babeh pernah punya CB100 dan gw jatuh hati banget sama tuh motor. Nah sekarang di usia gw yg 40 ini, ehem, jadi kesengsem sama yang model jadul begini. Astaghfirullah lageee…?Namun… Inilah kejamnya dunia otomotif hikss, kenapa harus ada KTM 390 mang..? Kenapa harus muncul XMax mang…? Kenapa Versys itu enak banget dipake touring mang..? Apalagi suara Benelli itu pait banget di hati… Belum lagi CB300, Ohh… Hayati lelah, kenapa gaji dan bisnis tidak bisa cover itu semua, rakus wkwkwkk…?Di email ini, email apa dongeng yah, gw pengen minta nasihat dari mang kobay, sebagai maestro bloger di negara Indonesia tercinta ini, bagaimana yah langkah sekanjutnya..? Ada saran ga enaknya motor apa ya mang sebagai pengganti treker pego gw..? Motor yang bisa bikin gw insaf ga ganti2 lagi, seenggaknya tiga ato empat tahun kedepan… Need your advice ya mang, hehehe…

Sakitu wae mang, hatur nuhun, hapunten bilih ngarewong, diantos reply na, hehehe…

Wassalamu’alaikum…

Regards,

Iman Arbani

Empat tahun.. hmm sungguh pilihan dan keputusan yang gak gampang.. Satu motor 4 tahun yang bisa bikin betah dan gak mau gonta ganti lagi dalam kurun waktu tersebut.. Hadeuhhh lieurrr wkwkwk. Karena KBY gak paham karakter mang Iman ini sebenarnya lebih kemana, karena kalau lihat track recordnya sih motor apa aja hayuk ya.. So KBY akan beropini dengan menunjuk diri pribadi.. ejiyeee

Kalau duitnya terbatas tarohlah 100jt (asumsi harga KTM 390), maka KBY akan berpikir motor yang 4 tahun ke depan tidak akan ketinggalan jaman, ada dua tipe, model sport/ skutik klasik atau sport/ Skutik modern. KBY akan melihat fitur yang diusung, karena suka dengan fitur dan teknologi kekinian yang setidaknya masih akan terus terpakai hingga 5-6 tahun mendatang.

Untuk sport modern ada Honda CBR250RR, shock depan USD, swing arm aluminum model gull, riding mode, speedometer full digital, teknologi mesin air ram dengan multi silinder, lampu full led sampe fitur mubazir lap timer juga ada. Semua tidak akan hilang dalam waktu dekat, bahkan produk lain dari Honda nya sendiri akan mengacu pada CBR250RR.. Kayaknya saat ini belum ada yang selengkap ini di kelasnya. Di kelas bawahnya ada All New R15.

Untuk skutik modern, Yamaha XMax 250 adalah yang terbaik, desain modern yang keren, tenaga oke, akomodasi luas, kenyamanan dapet, semua fitur ada, ABS hingga kontrol traksi! Ya shock depan memang masih konvensional tapi kelas ini afaik memang gada, dan sudah cukup banget lah. Pakai XMax bisa bertahan hingga 4 tahunan. Kelas 150 MAxi Scoot ada All New PCX, kelas bawahnya lagi bisa pilih Aerox. Tapi untuk Aerox sepertinya akan membosankan dalam 2-3 tahun ke depan.

Sport Klasik, ada Estrella 250 dan Kawasaki W175 atau Royal Enfield series, ga usah panjang lebar, motor sederhana dan justru itu yang jadi keunggulannya. Mau standar silakan, mau dioprek bisa. Motor kayak gini bertahannya lama banget selama memang gak menuntut macam macam. Kalau di kelas skutiknya siapa lagi kalau bukan Vespa, atau Lambretta mungkin?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

38 KOMENTAR

    • Ini sih tergantung konsumennya. Kalo emang ga mau ganti2 tinggal pake kacamata kuda. Ibarat kalo pernikahan, walaupun punya istri spt Chelsea Iskan, kalo matanya jelalatan tetep aja cewek lain terlihat lebih cantik….

  1. Kecuali klo kita disuguhkan dg model2 itu2 aja. Contoh honda, astrea grand teruuss sampek kirana.. sport megapro ama gl max.. itu baru tobat. Sekarang beda, banyak model tiap taun yg bagus2… ibaratpertumbuhan cwek2 cantik..???

  2. Ada cara nya biar ga sering gonta ganti motor
    1. Jangan suka buka youtube, nanti jadi tau berita motor baru.
    2. Jangan suka baca blog motor, racun tenan para blogger ini
    3. Kalau lg di jalan mata nya jgn jelalatan, cukup liat metromini

  3. Kalau yg saya tangkap si penulis memang tipikal orang yg lapar mata aja ikut2an trend kekinian, udah pasti gak akan nemu motor yg bakal bertahan selama 4 tahun kedepan hehe

    Saran saya ganti moge sekalian yg 4 silinder dan nekat kredit selama 4 tahun – 5 tahun, udah gak bakal ganti2 lagi dah, yg penting siapin motor matic kecil buat harian 😀

  4. Moge mungkin z900RS Cafe (half fairing). biar tabungan ngga cukup lagi buat ketagihan beli motor baru lagi, paling sisa in buat biaya ngerawat + surat2 tahunan.

    kalo umur 40-an ya paling simple W175 (mesin karbu, tidak terlalu mementingkan performa + bisa santai nikmatin perjalanan )ato skutik new PCX150 Hybrid (biar sekalian penasaran nyoba mesin hybrid) yg terakhir mungkin ya Xmax 250 (kalo ngga terlalu masalah sama dimensi + bobot skutiknya. pikirkan juga area tempat parkir umum nya)

    kalo pingin dual purpose ban si w175 dibikin ala motor flat tracker

  5. mau tau cara ampuh?sedekahkan 70% penghasilanmu. Insha Allah barokah dan bikin insyaf.

    Selama ente punya kemampuan untuk, bakalan susah insyaf.

    • ups ralat….
      dari
      “Selama ente punya kemampuan untuk, bakalan susah insyaf.”

      menjadi

      “Selama ente punya kemampuan untuk membeli, bakalan susah insyaf.”

  6. ducati monster 696 795/796.
    dari dulu model ngga jauh berubah, means bakal awet dimiliki.
    saya pikir w175 juga bakal awet, harga dan model timeless.
    estrella/w250 sedih liat harganya, ngga worth to buy (buat saya)

  7. Semakin lama kendaraan ngga di ganti pemiliknya semakin tau karakter dari kendaraan aslinya,bahkan kerusakan kerusakan yg ngga di sangka,,,

    Rata rata tetangga saya malah ngga mau di ganti padahal udah menginjak puluhan tahun,alesannya banyak kenangannya,,,

    • Nah ini dia, ane banget, dr bahulak sa.pai kekinian, sll make tiger ma cs1,,,,klopun da duwit, ane gak akan jual tu motor, mending nambah.

  8. Kalo beli bosen ya udah… Build it!! Bikin dari nol biar lu tau kepuasan yang elu mau! Banyak modifikator jempolan yang bisa diajak kolaborasi

  9. Bener kata @tolet teblum di atas…

    Selama ada kemampuan membeli dan tdk bisa mengendalikan keinginan,

    “No bike will ever satisfy you…”

    Percuma nanya pendapat2 juga…?

  10. untuk umuran 40an mah … kalo buat harian pilih RE aja, klasik nya dapet dan bukan motor mainstream jadi everlasting buat diliat

    klo ada duid lebih, bisa pilih Triumph Bonnevile ato BMW R9 yg retro

  11. dan ane umur 25 udah 12 kali ganti, ?? yg di beli’in bokap cuma 2 sisanya alhamdulilah duit sendiri

  12. Royal enfield classic 350 asli di semua mall bekasi bisa masukk, dijaminn dh, di Jakarta kocas n plqza senayan gua jg pernah liat royal enfield parkir moge, looknya bener beda, ato beli kawasaki Vulcan 250 ganteng banget dahh, gua lbih rekomen pilihan kedua itu di harga under 100 jt slain life cycle nya panjang dri pabrikan tsb ,desainnya enak dipandang, ktm duke 390 umur teritung pendek, desain gk overlast, xmax bisa juga 5 tahun dijamin tanpa ad hambatan kompetitor, ato custom bandit 400 jdi scrambler ato tracker aja bro, meski agak langka n susah ngurus surat2nya, but pasti puas bgt, yg jelas gua gk ngerekomen kelas 150/250 cc sport fairing buat ngilangin lapar mata krn lifecycle rata2 teritung pendek n bisa dibilang selalu hype bgt di dunia otomotif roda dua Indonesia ??

  13. mgkn kasih saran aza gini om, suruh punya 2 motor aza om, yg 1 yg emg bnr2 sesuai sama ekspektasi, misal RE atau estrella atau apalah yg biasanya masuk ke classic atau yg european bike misal vespa, yg 1 lagi yg bisa untuk commuter atau untuk harian yg mgkn bisa dituker2 atau buat dijual2 misal skubek atau sport. niscaya ga bosen dgn kondisi itu,

    just my opinion

  14. Kalau liat daftar motor yang pernah dibeli, rata2 (maaf) motor Jepang model pasaran, mesin kecil, harga murah, cepet ganti model, cepet ketinggalan jaman. Pantas saja cepat bosan.

    Kalau dari pengalaman saya biar rasa sayangnya awet, sekali seumur hidup bisa coba ambil motor moge Amerika atau Eropa di atas 1000 cc seperti Ducati, BMW, Triumph, MV Agusta, Harley Davidson.

    Lalu pilih model yang ikonik legendaris seperti MV Agusta F4, BMW GS1200, Ducati Monster, Triumph Bonneville/Thruxton, Harley Davidson Softtail Fat Boy atau Dyna Low Rider. Semakin tua semakin jadi Collector item. Selain itu harga mahal bikin selalu ingat kerja keras ngumpulin duitnya. Walhasil rasa sayangnya juga awet.

    Seperti istri yg setia menemani di saat susah hingga sukses akan awet rasa sayangnya.

    Salam.

  15. Kalau saya pribadi si, pilihannya cuma Honda NSR 250 mc28 (edisi rothmans) yang bisa bikin gak gonta ganti motor, sampe 10 th jg ga bakalan ganti , hehe

  16. Wah kalo vespa, kayaknya buka pilihan yang tepat deh kalo buat dipake 4 tahun, soalnya build qualitynya kayaknya kacau banget. Pengalaman pake lx, penyakitnya aneh aneh banget, kayak cvt, dinamo stater kena, stang kena (padahal gak pernah jatoh dan jarang lewat jalan rusak) dan lampu depan tiap tahun putus. Rasanya sih kalo yang tahan pake vespa lebih dari 3 tahun (terutama lx), itu ada dua macem, yang pertama itu orang sabarnya gak ketulungan, yang kedua, itu orang duitnya banyak ???

  17. Kalo sy jd sampeyan 40 th cari motor yg riding positionnya rilek biar gk gampang bosen pilih yg unik sekalian opsinya di lightweight sport ada Benelli TNT 250 2 silinder unik suaranya mirip 4 silinder. .beda banget sm 2 silinder jepang model jg mirip kawasaki ER6 lama, kedua bs seri Royal enfield 300-500/ estrella/ W175 byk aliran gaya kl suka modif, kl dimetik bisa lambretta keren bodi besar panjang syg area sekitar roda blkg kopong dikit, kl mau rada nyleneh ada LML Star150 model plek vespa LX 2T tp mesinnya 4T asli unik aksesoris byk bs pake pny LX 2tak mesin rosa kopling manual..

  18. Sepertinya tidak terlalu sulit syarat yang diminta mas Irman… Mang kobay tinggal ajak mas Irman kenalan.. ngobrol.. sama tetangga mas Irman yang kendaraan dipunyai cuma sebuah motor tua (yang usia motornya di atas 4 tahun), kendaraan satu-satunya, karena tidak kuat beli yang baru, duitnya habis buat makan keluarganya dan sekolah anaknya. Sepertinya motor mas Irman yang sekarang sedang dipunyai bisa jadi usia kepemilikannya akan lebih dari 4 tahun…. karena kita bisa jadi lebih bersyukur… saya serius… mohon maaf bila kurang berkenan, ya?

    • Bener nih. Hahahaha… ya gmn lagi, duit cupet tp maunya banyak.mending diajari bersyukur.
      Percuma dikasih duit banyak2 org kayak gt, nanti ganti hobinya ganti2 mobil. Kelas puluhan juta, ganti2 motor, kelas ratusan juta otaknya dah gak bego lagi gan,,,, gak mau kepanasan/keujanan,,, ya mobil.

  19. Sblm bahas motornya, bahas dulu kebutuhan n keinginannya. Jd jelas mau apa.
    Klo menurut ane sih saranin aj nmax, xmax.
    At least gak malu bawa jas ujan, helm.
    Gak kayak motor sport, ganteng maksimal, giliran musim ujan,,, bawa buntelan d jok belakang,,, atau mau jemput pacar,,, eh…bawa helm…lu tukang ojek?
    Beda ceritanya klo udh punya mobil, terserah dah mau motor apa. Udh tau lah swaktu2 kebutuhannya apa.

    Atau, sarannya, jangan ganti2. mau beli mah beli aj, yg lama jangan dijual. Pajak progresif? Ya gt, banyak gaya sbanding dgn banyak tekanan gan. Hehehehe.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini