Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Jangan heran kalau belakangan ini lads seakan akan melihat Suzuki yang baru tapi lama, lama karena semangat dan kerja keras yang sedang dilakukan saat ini merupakan semangat kejayaan masa lalu. Suzuki Indonesia saat ini terlihat gembar gembor aktifitas, semua itu dilakukan untuk menyokong brand awareness dari Suzuki itu sendiri. Gelontoran produk produk baru pun sudah dilakukan dan catat, itu baru permulaan. Tak pelak kompetitor mulai gentar gemetar ketar ketir melihat semangat kebangkitan Suzuki yang cetar dan mulai kasak kusuk sibuk melakukan grendel!

Suzuki Indonesia Roda Dua bisa dikatakan memang seakan baru terbangun dari tidur yang panjang kemudian keluar dari goa dan melek melihat perkembangan industri roda dua saat ini yang berkembang pesat dan penuh dengan persaingan antar produk. Tipe dan model baru pun banyak sliweran dari kompetitor, menunjukkan pergerakan yang dinamis di industri ini.. Positifnya, meskipun agak terlambat, namun Suzuki segera bergerak cepat, paham tertinggal lumayan jauh dari kompetitor, Suzuki belajar dan beradaptasi sesegera mungkin dengan perkembangan yang ada.

suzuki bike meet cibodas

Lantas seperti yang lads ketahui beberapa produk pun dirilis, paling gres dan fenomenal itu ya GSX-R150 dan GSX-S150, ada pula beberapa penyegaran dari produk lain seperti Address Playful, Suzuki Nex facelift hingga Smash FI faceliftSesuai info yang diberikan oleh petinggi PT SIS saat di acara Suzuki Bike Meet Cibodas bahwa Suzuki pernah menjadi market leader kedua loh dulu di tahun 2000-an awal (lupa tepatnya), dan itu lah semangat yang kembali dikumandangkan oleh Suzuki Indomobil Sales saat ini! Dulu mereka bisa sekarang pun harus bisa! Tidak mudah tapi proses sedang dilakukan lads..

Jadi jangan kaget kalau saat ini Suzuki menggandeng banyak blogger selain media  bahkan vlogger untuk kembali mengingatkan konsumen kalau Suzuki masih ada, masih berdiri dan bisa kembali besar! Apalagi loyalis Suzuki yang masif jumlahnya ikut menyambut baik kebangkitan Suzuki ini. Pun demikian, usahanya ternyata tak semudah membalikkan telapak tangan lads.. Suzuki mendapatkan ujian baik internal maupun eksternal, sisi eksternal adalah adanya usaha penjegalan dari kompetitor! Wah macam apa itu?

kebangkitan suzuki

Memang harus diakui namanya bisnis ya ada kompetisi, Suzuki pernah besar dan sekarang sedang menggeliat, tentu jika dilihat dari kacamata kompetitor, gerakan Suzuki Indonesia roda dua saat ini gak bisa dianggap sebelah mata lagi, di awal mungkin saja kalem, kemudian mulai memantau.. Setelah tahu efeknya cukup dahsyat, maka usaha penjegalan pun mulai dilakukan! Acara acara yang dilakukan Suzuki belakangan ini mulai mendapatkan tantangan lads..

Misalnya, tempat dan venue serta tanggal acara yang sedianya sudah diatur sedemikian rupa tiba tiba tidak bisa digunakan karena sudah digunakan oleh pabrikan lain, hal tersebut memaksa tim panitia memutar otak pindah venue dan tanggal event. Atau acara yang digelar Suzuki ternyata dapat acara tandingan serupa dari kompetitor. Hal tersebut terjadi berkali kali lads.. hehe.. Ada ada saja ya..

Finally, dengan adanya usaha membatasi tersebut dapat dilihat sisi positifnya lads, artinya gebrakan Suzuki memang tak dapat dianggap remeh dan membuat kompetitor melakukan aksi aksi yang dapat menahan pergerakan Suzuki roda dua. Seperti yang dikatakan oleh salah satu petinggi PT SIS di Cibodas..

“Kami hanyalah pabrikan kecil yang sedang menggeliat lagi, saat ini usaha kami adalah membangun brand awareness Suzuki kembali kepada masyarakat, adanya usaha penjegalan dari kompetitor membuat kami bangga, artinya kini kami tak dapat dipandang sebelah mata”.

Kalau pertarungan makin seru, tak hanya Suzuki kok yang diuntungkan, konsumen pun diberi keuntungan dalam bentuk kebebasan memilih produk produk berkualitas yang ada di pasaran. Bukan begitu lads? Ditunggu gebrakan berikutnya Suzuki!

foto bareng bersama Namekawa san

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

73 COMMENTS

    • paling gampang nyerang produk S*z*ki,,,yaaaa bilang saza spare part nya mahal,,,itu yg sering dilakukan para penjegal,,,,gak cuma Y*h*m*,,,H*nd* jg sama,,,,ad lagi harga jual jatoh dan itu pun di amini lembaga leasing/finance,,,,org klo mau jaminkan BPKB motor merk s*z*ki, langsung ditolak

  1. Gua tau nih kompetitor tukang jegal wkwkwk
    Sapa lagi kalo bukan yakamprett hahaa dari gsxr150 ampe gsxs150 .kata fansboynya mah jumawa suzuki bukan level yakampret ternyata dari pihak pabriknya sih ketar ketir juga dul dul wkwk

    • Bukannya tukang jegal itu klo lawan ud dapat bola ?
      Kira” siapa tue tukang jegal yg suka nguntit dr blkg?
      Ngekor trus semua langkah lawannya..
      Minim inovasi dan kreasi
      Aye kasi tips deh
      Salah satu fans nya ya blogger ini 😆
      Dan Fans nya terkenal oondah 😉

      • Nihhh liat kelakuan salah satu fansboy sampah yakampret gamau ngaku
        Ngeles ngikut lah itu lahh

      • Tadinya gw ga mau kasih clue.. Tp gw kasih deh.. Itu tuh yg market share nya nomor 2 dan susah naek.. Hehe.. Merasa terancam tuh..

      • lah yg nga mo ngaku siapa ?
        kenyataan ciri tukang jegal kaya gitu 😆
        makanya pemilihan kata tukang jegal itu kurang tepat !!!
        dan sangat dimaklumi karena fans oondah gitu loh 😉
        cth real RI1 mantu di medan booking resto 3 hari eh ud keduluan sama venue lain yg uda book duluan..
        malah RI1 yg majuin bookingnya..
        Klo kasus kaya gini menurut fans oondah RI1 ud dijegal donk sama venue lain ?
        LMAO 😆

    • MS diatas 70% ngapain main jegal bro, masih jauh gap nya justru pabrikan sesembahan ente yang panik karena MS nya mulai kesusul, bukannya nyusul malah kesusul #eh
      lagian udah diperjelas sama kang kobay tuh siapa yang panik wkwk

      • Ciakakaka
        Lg lg sangat dimaklumi fb oondah gitu loh
        Klo belum tau sepak terjang asutrah dalam dunia perjegalan mending piknik lebih jauh dulu 😉
        Situ kira MS 70% didapat dr fair play??
        LMAO

  2. tebak-tebak siapa pabrikan ‘penjegal’ s*s
    a*m? sebagai market leader dengan ms 75% kok kayaknya kecil kemungkinan pabrikan ini pelakunya, masih terlalu jauh untuk dikonfrontasi.
    y*mm? ada kemungkinan, kenapa? pabrikan ini termasuk punya sejarah head to head angka distribusi produk mereka, plus s*s mulai berkembang lagi dengan mengandalkan produk sportnya, tipe motor yang menjadi tulang punggung y*mm, kalau tipe ini juga tumbang dari pabrikan lain, alamat buruk buat image brand mereka. belum lagi, tren penurunan prosentase distribusi produk y*mm beberapa tahun terakhir dan tren kenaikan prosentase (meskipun masih belum seberapa) dari distribusi produk s*s.
    k*i? ada kemungkinan juga, kenapa? secara angka distribusi penjualan, k*i adalah pabrikan yang distribusi penjualan produknya selalu head to head dengan s*s akhir-akhir ini. sama-sama mengandalkan tipe sport sebagai tulang punggung penjualan mereka (at least sampai saat ini).
    t*s? are you kidding me?
    vi*r? you must be crazy.

    • K*I meski scr angka head 2 head sama SIS tp by segment beda. K*I ga fokus di kelas 150cc ato kl harga di 30jt kebawah. Suzuki sebaliknya, produk yg bs dihargain 33jt (GSXR150) malah dijual dibawah 30, biar pangsa pasar mampet disini. Jd kecil kemungkinan K*I jegal SIS.

  3. Sebenarnya kebangkitan suzuki kek gini ada drama2 take over dibelakangnya juga. Mudah2an tidak berimbas ke konsumen kalau nantinya bisnis mengalami down karena PMA yang sudah nyaris 100% disemua lini.

    • Kan Saya bilang, ini baru awal hehe.. Tentu butuh konsistensi jangan Cuma panas di awal eh tengah sampai akhir memble..
      Produk lain 2018 bakal lebih banyak muncul dan semoga desainnya ngikutin selera kebanyakan konsumen

  4. Halla si tongos yg ditakutin apane?….keliatan penggiringan opininya ke yemiha biar kesane manajemen yemiha benar2 da bobrok.

    Amplop emang sadiiis

  5. Masih remeh, gebrakan apa buktinya banyak yang gak minat produk S harga second juga masih jatuh duo produk andalan S

  6. Intinya merk S pekerjakanlah ahli render macam peys-julak-motoblast dll biar dibikinin motor yang bagus desainnya

  7. Sasaran tembaknya pasti yahmama..
    pantes aja ada fbeyek yang ayan dan nyinyir kaya emak2 berdaster..

    • Kejayaaan FU dilawan Sonic sama2 ayam jago

      Bebek MX king SOHC beda Genre

      DOHC overstroke dilawan DOHC Overbore

      SOHC VVA punya pangasa pasar sendiri

      Semua matic entry level dikuasai Beat

      Kawak KLX150 yang MS nya kecil masih dilawan CRF 150

      Jadi kira kira siapa penjegalnya atau kompetitor sebenarnya???

  8. sbelas 2 iblis brarti ini a*m sm y*mm
    fix. tmbh jatuh hati ke sijuki. yo ditunggu brugman nya yo

  9. Udah lupa ya

    Kejayaaan FU dilawan Sonic sama2 ayam jago

    Bebek MX king SOHC beda Genre

    DOHC overstroke dilawan DOHC Overbore

    SOHC VVA punya pangasa pasar sendiri

    Semua matic entry level dikuasai Beat

    Kawak KLX150 yang MS nya kecil masih dilawan CRF 150

    Jadi kira kira siapa penjegalnya atau kompetitor sebenarnya???

    • klo pengamatan ane,,,penjegalnya yaa A*M,,,,sales mereka memborbardir calon konsumen dengan slogan ‘spare part s*z*ki mahal’,,,padahal yg mahal justru spare part A*M

      #fakta

  10. Ane sih masih pesimis, suzuki bangun juga setelah sang tulang punggung satria di ganggu sonic, kalo engga? ya ga kan ada inovasi. Design juga kurang menarik banyak orang (ga usah kesinggung fbs, liat data empiris aja)

  11. Santai aja Mas Juki, Kang Yamame mah masih maen gertak aja. Musuh utama si mas Ngondahh. Inget produk low matic nye musnah habis sama Beat, Satria yang melegenda pun diporotin sama Sonic. Sekarang masih agak nyante mas Ngondahh nye, lagi mau ngebante Mang Kawasaki. Tunggu aje Mas Ngondahh bunuh loe.

  12. Semoga suzuki juga memperbanyak jaringan main dealernya, produksi bermacam macam tapi dealer tidak terjangkau masyarakat ya bakal tetap susah untuk bangkit, semua harusnya berimbang, produksi dan purna jual juga di perbanyak.

    • Jangan cm dealer, tp sparepart yg common antar brand di perbanyak terutama yg fast moving. Trus pengkodeannya diseragamkan sama brand sebelah. Mekanik/bengkel jg diarahkan jgn malu2 ambil sparepart tetangga kl emang cocok, dgn seijin konsumen tentunya. Jgn malah diarahin ke sparepart mobil yg sama2 inden. Kejauhannnn…

    • Ini Demen banget ya bilang diapus lah diapus lah, liat dong Ada juga.. Gw komen org org kek gini justru ditongolin biar komentator yg laen baca wkkwkw

  13. tempat dan venue serta tanggal acara yang sedianya sudah diatur sedemikian rupa tiba tiba tidak bisa digunakan karena sudah digunakan oleh pabrikan lain

    ============

    ini bukannya pesen venue + tanggal sudah ada perjanjian dengan pemilik venue dan bisa tiba2 dibatalkan karena ada yang ambil tempat tersebut pada waktu yang sama? suzuki ga pasang DP dulu sama yang punya acara? kok bau2 amis kurang percaya ya gw

    • perumpamannya begini :

      mang kobay dan aripitstop berencana menikah di taman lawang hari rabu, 14 februari 2018, nah dengan pengelola taman lawang kan sudah deal waktu tersebut. jika tiba2 mbah dukun dan om vandra juga berencana menikah di hari dan tempat yang sama kan pasti ditolak sama pengelola venue kecualiii mang kobay ga ngasi tanda jadi terlebih dahulu buat booking tempat. ini kan menyangkut profesionalitas pengelola lokasi juga

    • Kemungkinan memang blm kasih DP.. Atau tanggal dan tempat sudah ditentukan tapi infonya bocor, nah langsung tanggal dan tempat yg sama dibook pihak lain.. Sementara sis blm bertindak jauh

  14. 2000an jamannya shogun-tornado, shogun 110 sama satria r ya? Sesuatu memang.

  15. Yg gue harap sih Ms nya ahm jatoh Yamaha ttp suzuki naik gua yakin bkal rame bgt otomotif info (bkn FB nya loh ya) cuma nasib bkt lain

    • Bkn apa apa yg gue perhatiin skrg kok otomotif roda dua krg menggigit gitu produknya, liat gk pas gsx150 mw muncul kan byk yg hype bkn di blog otomotif n forum roda dua, di roda empat pun membahas bgt gsx 150 ini pdhl blm nongol spyshotnya, eh pas udh nongol spyshotnya hype lg

  16. Mang kobay tolong bilangin dong ama suzuki biar buka dealer skitaran bogor barat,, masa iya saya harus beli ke kota yg berdomisili skitaran lwiliang jasinga
    Bayangin dehh klo mau servis ja harus nempuh jarak skitar 20-30 km dri rumah saya, ada daerah galuga ntu jga cuma jual motor ja ga ada tempat servisnya sperpart harus inden, ntu dealer lebih mirip toko klontongan

  17. sama seperti saya dulu, karena duit cekak pas2an dpt nya murah (baca: harga jatoh) shogun 125 second taun 2004 (wkt sy beli tahun 2010)

    Smp sekarang awet, di rmh ada motor honda blade jg tp sensasi riding nya jauh berbeda, makanya ini gak tak jual2 lg smp skrg, mesin msh sehat riding PP42 km tiap hari, malah org kantor pd heran itu motor koq msh cakep aja suara mesinnya, settingan sy borosin dikit, yaudah kalo ada yg nyobain kaget karena bs njengat2….

Yuk Tinggalin Jejak Lads..