review KTM New Duke 250 2017

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. KTM mengklaim Duke berkapasitas 250cc 1 silinder terbaru ini memiliki settingan mesin yang lebih halus dan lebih tenang dengan performa tetap bertenaga. Benarkah demikian? Testing is believing yes? Nah si New Duke 250 ini sudah KBY kupas selama empat hari dengan menjangkau lebih dari 100km, mangga disimak review KTM New Duke 250 terbaru yang ternyata terbukti memang lebih halus dan bikin tenang rider saat bertemu kemacetan ataupun kondisi stop dan go! Cekibrot!

DESAIN KTM NEW DUKE 250 MY 2017

KBY akan mengulas sedikit dan singkat akan desain dari KTM New Duke 250 Indonesia terbaru buatan tahun 2017 ini. Senang melihatnya kalau motor aurat dan porno karena berjenis telanjang ini tampil lebih macho dan trengginas. Kali ini KTM lebih berani memperlihatkan otot kawat balung besi milik Duke.. Lihat sasis trellis yang tebal berwarna oren di belakang tidak lagi terbungkus panel bodi, menemani tulang di bagian depan yang berwarna hitam. Terlihat gagah dan tangguh!

test ride dan review KTM New Duke 250 2017

 

Berterima kasihlah kepada KTM karena menginginkan produk ini memiliki DNA desain yang sama dengan moge-nya si KTM Super Duke 1290 yang punya kapasitas mesin 5 kali lipat dari KTM New Duke 250 2017 hehe.. Singkatnya, tampang dan desainnya kini lebih mengintimidasi, belaga arogan? Boleh aja deh wkwkw.. Karena riding positionnya pun menyiratkan demikian.

review KTM New Duke 250 2017

ERGONOMI KTM NEW DUKE 250

Kalaupun harus ada yang disesalkan adalah berubahnya seat height alias ketinggian tempat duduknya, bukannya makin rendah eh malah makin tinggi! Sesuai spek, New Duke 250 punya seat height 830mm, naik 30mm dari yang lawas. Bah! Tentu saja KBY yang punya TB 165cm jadi jinjit. Untung lah pada prakteknya, ketinggian ini hanya sedikit saja menyusahkan ketika ketemu jalan yang elevasinya berbeda, sisanya? No boundaries! 

ergonomi KTM New Duke 250 2017

New Duke 250 Indonesia ini juga lebih nyaman berkat adanya perbaikan pada kualitas busa tempat duduk lads, kini lebih empuk dan lebih berkelas dengan embos DUKE. Sementara riding position-nya dapat dikatakan tidak ada perubahan, masih seperti yang lawas. Untuk kenyamanan, saat sendirian memang masih terasa agak keras dibanding Duke lama, paling pas memang berboncengan..

PERFORMA MESIN

Jangan tanya soal top speed KTM Duke 250 2017 ini yak, karena gada kesempatan buat geber pol, jalanan macet dimana mana euy! Yang KBY rasakan sih lari 110 saja ini motor sudah berasa kencang, kemungkinan akibat jenis naked bike membuat tahanan anginnya gak bagus, angin langsung menerpa pengendara meskipun sudah merunduk, ditambah ground clearance yang tinggi membuat kestabilannya sedikit terganggu pada kecepatan tinggi.

Yang asik, klaim KTM terbukti nyata! Mesinnya kini memang terbukti lebih halus dan lebih tenang, nyaris tidak ada gejala menyendat saat di kecepatan maupun rpm rendah pada kondisi macet atau stop dan go seperti yang terjadi pada Duke versi sebelumnya. Dengan demikian rider bisa santai dan lebih tenang tanpa harus banyak mengatur gas dan kopling agar gejala menyendat tersebut tidak terjadi. Koplingnya pun ringan berkat adanya Slipper Clutch dengan perpindahan cepat dan minim engine brake.

Power delivery-nya serta akselerasinya pun halus! Mirip seperti membawa motor sport Jepang lads.. Versi lawas terasa kosong dan menyendat di RPM bawah untuk kemudian beringas setelah melewati RPM 4500-an dan terus hingga mentok limiter. Versi terbaru ini semuanya rata, dari bawah, tengah hingga atas terasa padat berisi! Memang kalau bicara feeling, versi lama terasa lebih ganas, tapi menurut KBY hal tersebut lebih dikarenakan bawahnya yang terasa ngempos. Yang pasti sih tetap wuss wusss khas 1 silinder.. Perkara wheelie pun cukup mudah dilakukan.

Bagaimana dengan getaran dan panas mesin, keluhan overheat? Mulai Duke 250 tahun 2016 semua sudah menggunakan bilah kipas yang lebih besar hingga pendinginan mesin lebih maksimal dan sudah cocok untuk iklim tropis macam Indonesia. Cuma ya itu, suara kipasnya jadi kenceng banget! WKwkw.. gapapa daripada mesin mati? Hehe. Panasnya juga masih acceptable lah, sedikit panas di bagian betis kiri. Getaran mesin juga masuk kategori normal lah.

Oia, berkat penerapan exhaust model baru, kini mesin dan suara knalpot KTM New Duke 250 sudah lebih umum di kuping wkwk.. Yang lawas kan kalau idle suaranya pok pok pok efek dari knalpot underbelly, Duke 250 versi 2017 ini sudah gak lagi seperti itu lads. Cuma kalau sudah digeber, knalpot lawas malah lebih merdu didengar. Ah tapi KBY lebih pas yang sekarang sih hehe..

HANDLING

Enak! Nimble and agile! Setang baplang di awal membuat kawatir, namun begitu sudah sekian menit riding, KTM Duke 250 anyar ini membuat segalanya jadi mudah. Selap selip pun selama space nya cukup tidak menyulitkan. Berbelok cepat butuh sedikit trik agar mulus, masih seperti Duke lawas yaitu kaki diturunkan satu hehe. Bukan sok keren atau belaga arogan, tapi sejauh ini memang trik itulah yang paling pas dilakukan dalam menaklukkan tikungan lads.

Ban dari Metzeler Sportec M5 Interact berukuran 110/70/17 dan 150/60/17 ternyata mampu mengimbangi kelincahan serta ledakan torsinya baik di jalan basah maupun kering. Good tyre!

PENGEREMAN

KBY merasa kedua rem – baik depan dan belakang – sama kuat dan responsifnya. Ini agak berlawanan dengan motor sport lain yang sudah KBY tes dimana rem depan yang lebih kuat. Sepertinya akibat KTM Duke 250cc terbaru ini memiliki karakter supermoto yang kental, jadi rem belakang dibuat sama kuatnya dengan depan untuk membuat efek sliding di tikungan bagi yang ahli. Kaliper radial hadir di depan dari Bybre, sayangnya cakram kok masih belum model floating.

THE VERDICT

Usai sudah review KTM New Duke 250 2017 terbaru ini lads. Jujur aje, ini motor enak! Sulit menemukan kekurangannya – kecuali seat height yang tinggi dan bisingnya kipas – tapi ya jangan tanya kalau sudah bulanan dipake ye, itu mah ga bisa diprediksi. Pas buat harian lads, lincah, kencang, ringan dan cukup nyaman, konsumsi bbm New Duke 250 ini juga sangat masuk akal. Apalagi harganya juga terjangkau, Rp. 45,9 juta. Lads akan mendapatkan paket motor 250cc 1 silinder yang lengkap, bergaya, powerful namun tetap efisien.

New Duke 250 tersedia dalam dua pilihan warna, oren dan putih. Hmm.. andai dia dua silinder..

Thanks to: PT Penta Laju Jaya Motor – KTM Indonesia

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

39 COMMENTS

  1. But imo, balung besi yg diekspos sampe belakang malah jadi terlihat aneh.. ntar dikira abis servis lupa dipasang lagi covernya… apalagi frame yg depan justru dicat item jadi ga keliatan… selera sih…

    • Akibat kelamaan pake produk jepun. Seluruh tulangnya ditutupin plastik. Biar gampang bikin all-new…..hihihi

  2. kawasaki z250l punya apa sih? kaliper radial? USD fork? cast aluminium swing arm? downdraft intake? ban lebar? ABS? enggak ada semua. cuma menang 2 cylinder, itupun mesin jadul yang di-refurbish.

      • iya maksudnya yang z250 (tanpa L). 2 cylinder gak selalu lebih baik dari single cylinder. buktinya tenaganya cuma beda 0.5 kW dengan segala kelebihannya duke 250.
        mungkin z250 cocok buat yang demen santai2 karena kurva powernya pasti landai dari bawah sampai atas,

  3. Ane pernah beli 2nd.. 25 juta duke 200 tahun 2014..km baru 4500
    Handing. Power josss untuk ukuran 200cc
    Motor paling nurut dan ringan selama ini yg pernah ane naikin drpd mt25 z250,
    A
    Syang nyonya ngomel2.. beli motor lagi.. beli motor lagi..
    Akhirnya jual lagi 27jt bonus helm nhk fulfes…
    Wkkakakaaa

    • Power memang mepet 2 silinder, tpi tetep kalah kalau d adu drag, nafasnya terlalu pendek kalo d adu sma 2 silinder, tpi masalah torsi sma jambakan pasti unggul
      Modelnya ini bikin rontok iman euy
      Mesin udh halus ya gak kyk generasi kmren????

  4. iya pak, generasi sebelumnya cenderung ngotak n kaku.. sebaliknya generasi sekarang termasuk superduke punya desain yg lebih mengalir dan mgkin kebetulan saja agak mirip desain 200ns, cuma superduke headlampnya lebih kliatan sadis.. #sekedaropini

Yuk Tinggalin Jejak Lads..