Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Tentu lads masih ingat akan motor sport terbaru berkapasitas 150cc buatan Honda Thailand yang sempat bikin geger jagad roda dua dengan desainnya yang out of the box dari pakem produk Honda yang umum. Ya dia adalah CB150R Exmotion! Nah untuk kelas ini dengan acuan sama sama berkapasitas 150cc dan menggunakan suspensi depan upside down, CB 150R terbaru ini suka gak suka diadu dengan Yamaha Xabre yang di Thailand bernama M-Slaz! Ini dia adu keren Honda CB150R Exmotion vs Yamaha Xabre, lawan sepadan kah?

ADU DESAIN

Desain adalah selera, artinya tentu dikembalikan ke preferensi masing masing, terutama keduanya sebenarnya berbeda pendekatan, CB lebih ke cafe racer sedangkan Xabre ke supermoto seperti KTM Duke. Tapi kalau KBY ditanya pilih mana desain CB150R exmotion vs Yamaha Xabre? maka jawabannya adalah desain si Exmotion. Menurut KBY desain CB Exmotion lebih luwes dan mengalir, meski dianggap memiliki desain cafe racer namun masih masuk kemana mana sih, sedangkan M-Slaz alias Xabre terlalu kaku terutama bagian tengah ke belakang.

Bicara sasis, mungkin Xabre bisa dibilang lebih unggul mengingat popularitas Delta Box dianggap lebih mumpuni dibandingkan truss/ trellis frame meskipun tidak selalu benar juga. Bentuk knalpot Xabre juga kurang selaras dengan desain keseluruhan. Tapi kalau dilihat dari belakang, keduanya punya pola desain yang mirip sih, bentuk remnya juga 11-12 hanya berbeda warna mika saja.

Bentuk lampu depan? Selera lagi deh, tapi dengan pemilihan lampu bulat, CB150 exmotion cocok saja dengan desain keseluruhan, dibuat persegi juga bisa, sementara Xabre juga tidak buruk, malah jadi kaya kacamatanya Cyclops XMen hehe.

ADU FITUR

Kalau suspensi, swing arm, speedometer serta lampu lampu kita masukkan ke dalam fitur, boleh lah ya? Nah disini CB150R Exmotion Thailand punya shock breaker depan upside down dari Showa dengan ukuran yang lebih besar, yakni 41mm vs 37mm milik Xabre/ MSlaz buatan Kayaba. Arm belakang sudah menggunakan model banana, alias sama sama melengkung.

Beralih ke lampu, CeBe Exmotion sudah full LED, sedangkan Xabre hanya lampu depan dan lampu rem saja. Speedometer juga Xabre 150 kalah kumplit, tidak ada MID meskipun model negative displaynya enak juga dilihat. Untuk ukuran ban, ukuran ban depan sih sama sama 110/70 tapi di belakang Xabre pakai 130/70 sedangkan Exmotion berukuran 150/60. Gede juga yak buat 150cc.

Ukuran disc brake Yamaha Xabre tidak diketahui karena di website Yamaha tidak ada sedangkan CB150R Exmotion berukuran 296mm dan 220mm dengan model wavy alias model petal/ gerigi.

ADU TENAGA

Kalau spesifikasi Yamaha Xabre 150 jelas dengan tenaga sebesar 12kw alias 16.32ps/8500 dengan torsi 14.3Nm/7500 dan bobot 135kg (isi), spesifikasi CB150R Exmotion belum jernih lads, hasil browsing sih 120ps itu pun expected. Melihat tipe mesin yang sama dengan CB150R Indonesia yaitu K15G, maka kurang lebih tenaganya ada disekitar 17.5PS dengan torsi 14-14.5Nm.

Nah kalau menurut lads sendiri gimana? What is your flava?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

27 COMMENTS

  1. Bukannya CB150r sf kodenya K15G ya mang?
    Kalo selisih harga antara exmo dan sableng di thailand berapa ya?

    • Beda genre. Trus yg namanya keluar belakangan ya malu maluin kl ga lbh baik dr yg keluar duluan. Kl ane sih wajar2 cb cafe skrg unggul. Tp tinggal tunggu moment New MSlaz VVA launching aj. Ntar si cb juga bakal jenggot sariawan wkwkwk..

  2. Bahan bakar2 nich.. selamat buat sales beha punya barang jualan baru nich kode Q2R aka all new paryo.. ngoahahaha

  3. Klo disuruh milih (bkn beli yak) ya jelas cb150r exmo, mayoritas semuanya lbh superior dibanding xabre, tpi ngeliat dri harganya juga udh beda wkwk, btw makin kesini udh bisa bedain bgt ciri desain yamaha si MT nya robotic n si honda cb nya makin ke klasik tp ttp mempertahankan desain yg modern, btw belakangnya cb 150 exmo kurang suka ane, kok kyk ngelebar gitu, lbh pas si xabre menurut ane #cmiiw

  4. Xabre napa jelek banget ya, headlamp nya itu loh kayak titid belom disunat. Menjijikan liatnya.

  5. center of NOT interest dari m-slaz dari pertama motor ini dirilis adalah knalpot yg gak sesuai dengan tema/desain motor secara keseluruhan, kalau gak keliru dulu salah satu pejabat yamaha indonesia juga mengakui itu karena kurangnya waktu buat riset. betul, desain adalah selera, di luar knalpot, dua2nya keren cuma beda tema desain aja

    • menurut sy. xabre mesinnya kan overstroke. nggak mungkin pake knalpot kolong.
      buat ngejar putaran atas, knalpot mesti panjang.

      kalo cb150 pake mesin yg overbore, sama kayak cb125. jadinya ya knalpot bisa pendek. buat ngejar torsi bawah.

  6. Punya pasar sendiri2 selain beda harga yg signifikan. Buat Selera biker yg berbeda M Slaz ke Genre Minor Fighter sedang Xmotion CafeRacer.

  7. dua duanya jelek semua. yg satu bisa dibeli di indo. yg satunya murni thailand punya. AHM bego sih bikin sasis. kerenan bikinan honda thailand

  8. “spesifikasi CB150R Exmotion belum jernih lads, hasil browsing sih 120ps”
    setara sama mitsubishi colt…!!!

Yuk Tinggalin Jejak Lads..