banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Salah satu pabrikan sepeda motor tertua di dunia, Royal Enfield melakukan gebrakan baru lads, sepanjang sejarah berdirinya pabrikan roda dua asal Leicestershire Inggris ini baru kali ini mereka membuat mesin dua silinder! Mesin berkapasitas 650cc dua silinder paralel berpendingin udara ini akan menjadi daya untuk generasi terbaru dari motor-motor Royal Enfield ke depannya. Jadi, seperti apa mesin modern terbaru Royal ENfield ini? 

Gagasan inti dibalik terciptanya mesin dua silinder 650cc ini adalah untuk mengembangkan
platform mesin global yang dapat membawa sejarah dan karakter asli Royal Enfield ke dalam konteks yang lebih modern. Mesin telah dirancang secara khusus agar dapat memberikan keseimbangan antara daya, torsi dan fungsi sehingga dapat menawarkan pengalaman berkendara yang halus dan tidak ‘mengintimidasi’. Karakter tersebut menawarkan torsi luas, sehingga motor menjadi mudah dikendarai tanpa harus sering melakukan perpindahan gigi.

Platform mesin berkapasitas 648cc dua silinder paralel 4 langkah (4 stroke), single overhead cam (SOHC), dan berpendingin udara ini dikembangkan oleh tim Pusat Teknologi Royal Enfield di Inggris dan Chennai, India. Dirancang khusus untuk dapat berakselerasi dan memberikan daya serta torsi lebih tinggi pada RPM yang lebih rendah, mesin baru ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan daya maksimum sebesar 47bhp dan torsi hingga 52Nm. Hal ini akan membuat berkendara menjadi lebih halus dan bebas.

Dengan karakter yang sangat halus dan manuver terbaik di jalan raya, mesin dua silinder 650cc ini telah dikembangkan untuk memberikan performa berkendara yang nyaman dalam berbagai kondisi di medan sesungguhnya. Bergaya klasik, mesin ini telah dirancang secara khusus untuk mencapai tingkat karakter modern yang sempurna. Pipa kembar dan sirip pendingin pada mesin menghasilkan tampilan visual yang indah.

Mesin sepeda motor ini mempertahankan rasio kompresi 9,5:1 di bawah tekanan dan sistem injeksi bahan bakar memastikan adanya daya yang mulus dan mudah diakses setiap saat. Fokus pengembangannya adalah pada torsi yang memadai, menyebar luas sepanjang rentang putaran sehingga pengendara dapat langsung menyesuaikan tanpa perlu melakukan pergeseran gigi yang berlebihan. Hasilnya, mesin terasa menyenangkan dan gesit. Sejumlah elemen, mulai dari kedalaman mesin yang dilengkapi single-piece forged crankshaft (pertama untuk Royal Enfield) yang menjamin kekuatan dan kemampuan untuk menangani torsi ganda.

Crankshaft ini menggunakan firing order 270 derajat, yang memberi karakter tingkat tinggi pada pengiriman daya mesin. Selain itu, berkat penggunaan poros penyeimbang, tidak ada lagi getaran yang mengganggu. Mesin ini mempertahankan mesin berpendingin udara legendaris dari Royal Enfield, yang memberi tampilan sederhana, lebih bersih, dan lebih elegan dengan komponen dan berat yang lebih sedikit.

Hal ini memastikan mesin tetap sederhana. Menggunakan aliran udara ambien yang dikombinasikan dengan oli mesin agar suhu mesin tetap terjaga optimal sehingga radiator, fan, selang, dan komponen lainnya tidak terlalu dimaksimalkan lagi. Hal ini membuat mesin tetap bersih, seperti pengalaman berkendara yang diberikannya.

Suara yang dihasilkan oleh mesin ini sama relevannya dengan individualitas mesin. Karakter “getaran” khas dari Royal Enfield satu silinder sangat disukai oleh banyak penggemar, dan sebisa mungkin dibuat agar mesin 650cc dua silinder ini dapat memberikan soundtrack yang sama menariknya. Upaya maksimal dilakukan untuk mengutak-atik setiap variabel yang berkontribusi pada suara mesin, menghasilkan peredam suara ganda dengan nada yang tepat.

Seluruh platform, termasuk mesin dan sasis telah mengalami pengujian yang ketat selama
program pengembangan. Semua telah menjadi sasaran uji trek balap (proving grounds), jalanan umum dan bahkan di laboratorium. Sebagai pemimpin di antara sepeda motor generasi terbaru Royal Enfield, mesin twin 650cc ini merupakan hasil yang membanggakan yang dikembangkan selama beberapa tahun oleh tim di seluruh dunia.

Sebagai jantung dari line-up sepeda motor lainnya yang menarik di masa mendatang, sepeda motor ini menjanjikan potensi untuk dapat memperkuat dan memperluas segmen sepeda motor berukuran menengah; membawa gaya Royal Enfield dari sepeda motor yang mengusung filosofi pure motorcycling unik kepada para loyalis, serta kepada seluruh penggemar baru.

Spesifikasi Mesin 2 Silinder Royal Enfield

Tipe

4 langkah, 270 derajat crank, single overhead cam (SOHC),
pendinginan udara & oli, 648cc parallel twin (dua silinder)

Daya maksimum 47bhp @ 7100rpm
Torsi 52Nm @ 4000rpm
Diameter x langkah 78mm x 67.8mm
Rasio Kompresi 9.5:1
Transmisi 6 percepatan
Sistem Bahan Bakar Injeksi Bahan Bakar
Ignition Digital spark ignition – TCI

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

7 KOMENTAR

  1. HAHAHAHAHAHAHA…

    Sport kok SOHC? Sport murni ya DOHC Near Square laaaa… SOHC hanya untuk para bencong… gak percaya? tanya aja Ngepbeha..

    HAHAHAHAHAHAHA…

  2. Ogah masih pake sohc, pokoknya saya mau dohc!!! Biar klotok klotok busuk gapapa!!

    Nyang penting DOHC!!!

  3. Masuk sini harga berapa ya? Semoga masih main dibawah 160 ya,,,cakep banget yg interceptornya, kayak bonneville atawa cb 1100. Ojo larang larang indihe,,,banyakin diskonhe,,,nanti saya belihe,,,

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini