Suzuki SV650A

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Di booth Suzuki di arena sirkuit Sepang Malaysia kemarin, KBY tak hanya melihat kehadiran Suzuki Burgman 400 2018 namun juga sosok moge yang bersahaja, kalem ala sleeper! Dia adalah Suzuki SV650A ABS 2017 dengan mesin V-Twin berwarna hitam metalik. Ini adalah pertama kalinya KBY melihat sosok moge yang satu ini dari Suzuki, bagaimana kalau kita kenali lebih jauh? Ini dia galeri foto Suzuki SV650A ABS terbaru! Bagaimana impresi awal KBY saat melihatnya?

Pada helatan motoGP Sepang Malaysia minggu lalu, KBY atas undangan PT Suzuki Indomobil Sales berkunjung ke Booth Suzuki di Sirkuit kebanggaan publik jiran tersebut. Selain melihat pernak pernik apparel Suzuki dan juga beberapa motor di booth tersebut yang masuk kategori moge seperti Suzuki Burgman 400, GSX-R1000R, V-Strom 650, GSX-S750 dan tentunya yang menarik perhatian KBY adalah Suzuki SV650 seri A alias ABS!

Moge berkapasitas 650cc dengan mesin 2 silinder berkonfigurasi V-Twin tersebut dipajang di luar booth Suzuki Sepang, baru ngeh setelah keluar booth hehe, maklum karena cuaca panas langsung masuk buat ngadem, which is sebenarnya gak adem juga di dalem hahaha.. Nah bagi KBY si SV ini menarik karena justru tampilannya sederhana! Yoi, sleeper seperti motor standaran biasa ala CB150R dan All New Vixion gitu deh lads.. Bahkan dimensinya pun sekilas gak jauh beda!

Suzuki SV650A
bule keliatan kesengsem tuh

DESAIN SUZUKI SV650A ABS

Bagi yang gak suka motor model begini mending skip, daripada cape cape baca haha.. Karena memang bentuk alias desain SV650|A ini tidaklah wow dan dramatis. Desain dan bentuknya justru simple, mengingatkan KBY akan Honda VTR250 yang sama sama punya konfigurasi V namun cc-nya lebih kecil. Kesamaan lainnya adalah struktur tulang alias chassis yang sama sama model Truss Frame, dan dibiarkan telanjang tanpa bungkus. Justru disini letak eksotisnya, sayang andai warna sasisnya merah mungkin lebih menarik. Eh tapi tar dicap nyontek Ducati dong hehe..

Garisnya minim sudut tajam, begitu slim, sleek and sophisticated dimana menurut KBY justru itu lah yang menjadi keunggulan desain SV650 VTwin ini lads.. Desainnya gak banyak neko neko tapi makin dilihat malah makin asik juga nih bentuknya. Tinggal cari kecocokan warna aja, ingin terlihat sedikit dramatis, maka pilihlah warna yang terang dan mencolok seperti biru, putih atau merah.

TEKNOLOGI dan FITUR SUZUKI SV650A ABS

Suzuki SV650A ini memiliki dua varian, ABS dan Non ABS, dimana keduanya memiliki fitur fitur sebagai berikut:

  • Suzuki Easy Start
  • Mesin SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material)
  • Low RPM Assist
  • Dual Spark 90º V-Twin
  • Light Weight Bike (195kg dan 197kg – ABS)
  • SDTV Fuel Injection
  • Lampu rem LED
  • Full LCD Speedometer

Low RPM Assist pada Suzuki SV650A menurut Suzuki bertujuan untuk membantu para rider terutama di kondisi stop dan go serta saat harus putar balik, biasanya saat kondisi tersebut RPM akan drop dan rider harus mengatur bukaan throttle, pada SV650 ini hal tersebut tak perlu dilakukan, cukup mengatur bukaan kopling saja dan RPM gakan ngedrop. Prakterknya sih kayaknya si RPM akan di panteng di 1000-1200 ya, jadi gakan turun di bawah itu. Hmm, andai bisa ngetes langsung.

Menurut para insinyur dan test rider, karakter mesin V-Twin SV650A itu luas (broad) dan menyesuaikan dengan karakter si rider sendiri, jadi saat throttle dibuka lembut, mesin pun akan bereaksi dengan anggun tanpa gejala choke alias ndut ndutan, cocok untuk cruising maupun city riding. Namun jika rider iseng betot gas dengan kasar, reaksi mesin V-Twin dual sparks nya pun bereaksi spontan! Duh anjaayy KBY jadi ngiler gini euy 😀

Lebih lanjut lagi, menurut mereka, pengembangan SV650A dilakukan pada mesin kembar V Twin terlebih dahulu, kemudian barulah sasis dibuat untuk memperkuat dudukan mesin dan juga handling. Untuk kenikmatan berkendara, desain pun sengaja dibuat se-slim alias seramping mungkin agar rider tidak terbebani dengan bobot dan dimensi yang besar. Alhasil bobotnya hanya 195kg dan 197kg (ABS) saja.. Mantap!

Memang di bagian setang tidak terlalu banyak tombol yang memukau, well SV650 ini memang bisa dikatakan moge middle alias kelas menengah yang tidak banyak fitur tombol hi-tech seperti moge eksotis. Bahkan belum throttle by wire dan nihil riding mode. Dari sisi ini memang terlihat sangat konvensional. Namun basic need dari sebuah motor sih sudah ada semua, ditambah tombol hazard. Sisanya, MID lengkap ada pada speedometer.

SPESIFIKASI SUZUKI SV650A TERBARU

Tipe Mesin: 4 Langkah, 2 Silinder V-Twin 90º, DOHC, Liquid Cooled
Bore x Stroke: 81mmx62.6mm
Kapasitas: 645
Kompresi: 11.2:1
Seat Height: 785mm
Bobot isi: 195kg & 197kg (ABS)
Tenaga: 75PS
Torsi: N/A

THE VERDICT

Opini KBY, Suzuki Indonesia sebenarnya wajib memasukkan Suzuki SV650A ke Indonesia, modelnya klasik gak banyak neko namun tetap sporty. Teknologinya lebih ke mesin dan sasis serta riding experience bagi pemiliknya. Asalkan harga cocok, kayaknya bisa jadi best seller ngalahin Kawasaki Z650, apalagi mesinnya sudah V-Twin, sesuatu yang jarang ditemukan pada moge moge menengah yang ada di Indonesia.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

44 COMMENTS

  1. Beeuuuuhh, foto terakhirnya itu lhoo. Bisa di test ride gak mang?
    Keseringan poto sama es pe ge suka dimarahin nyonya gak mang? Wkwkwkwk. Pisss.

  2. Ini motor klu di liat secara seksama aslinya ganteng bgt…

    Plus
    Bisa buat ngasepin biker zaman now
    Hahaha

  3. Pwr msh unggul mt 07 di 170 an, tpi desainnya gk nahan, brojolin gek kesini 160-180 jt dehh, biar gua ngerasain naik kelas ke middleweight, sekalian nyoba sensasi vtwin, pabrikan pd budeg bawa motor kelas middleweight kesini, yimm gk ngebawa2 mt07,adanya kawan doang z650 yg….. Gitu deh

  4. Kalo ni sv ada di jalanan Indonesia pasti diolokin “motor laki ko mesin selonjoran” wkwk…

  5. Bukannya ini motor pernah dijual sm sis ya? Soalnya pernah megang2 wktu di iims taun2 lalu dan ada pricelistnya.

  6. Sayangnya ini motor ga di masukin sama suzuki indonesia padahal bisa jd lawan yg kuat buat z650

Yuk Tinggalin Jejak Lads..