Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Kejadian tragis sekaligus bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua terutama bagi lads yang baru “naik kelas” ke 250cc 2 silinder setelah sebelumnya mungkin berkutat di kelas di bawahnya. Sebuah Kawasaki Ninja 250 gres keluar dari dealer sudah ringsek akibat kecelakaan menabrak sebuah mobil pick up.. Beruntung sang pengendara meskipun terluka cukup parah masih diberi umur panjang. Apa pelajaran yang dapat dipetik dari kecelakaan lalu lintas ini? 

Sebenarnya kecelakaan ini bukan yang pertama, KBY sudah beberapa kali membaca kecelakaan macam gini, bahkan dulu saat Ninja 250 RR Mono (Sekarang Ninja 250SL) baru dirilis di Bali ada tester yang mengalami kecelakaan karena menggeber sang motor, juga pernah ada kisah tester Ducati kecelakaan saat sesi test ride di suatu event. Ditarik benang merah kemungkinan besar penyebabnya sama menurut KBY, yaitu menganggap enteng!

Ya mungkin juga nasib sial hadir ye, shit always happen, tapi kasus kecelakaan Ninja 250FI yang gres keluar dealer (juga kasus Kecelakaan CBR250RR Remuk Jadi Mirip Vultus) di Paiton Pantura ini menurut opini KBY merupakan murni kesalahan dan kesembronoan dari sang rider. Kelas 250cc memang bukan moge tulen, namun jangankan yang 2 silinder, 1 silinder aja kalau nganggap remeh bisa bikin nyawa melayang! Ya karena tenaganya nyaris dua kali lipat motor 150cc 4 tak modern saat ini!

Motor baru pasti terasa enak, tapi ingat, semuanya masih “perawan”! Ban masih licin, rem juga masih bedding in, belum lagi adaptasi yang kurang, sok belagu sudah merasa fasih membawa sport 150cc – misalnya – menganggap 250cc 2 silinder sama aja, yah bisa lewat kalau begitu mah lads! Apalagi Ninja 250 terkenal handlingnya yang stiff, butuh pengalaman untuk bikin dia mudah meliak liuk dan menjadi motor penurut. Ingat show respect! Kalau tidak motormu (yang ditunggangin) bisa membunuhmu..

Jangan lupa juga berdoa sebelum dan sepanjang perjalanan serta jaga konsentrasi.. Ingat, di safety riding tidak ada istilah panic braking, kalau itu terjadi artinya lads tidak konsentrasi!

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

23 COMMENTS

    • Salah tong. Untung beli ninja. Ninja aja rompal segitu. Kalo r25 yg kualitas rijectan luar negeri gimana nasibnya? Mungkin sudah ketemu sang pencipta dan di masukan ke neraka karena mati konyol

      • Udah sekaya dan sehebat apa posisi lu manggil gw pake tong? Pake nama asli aj gak berani kek org hti

      • Mas ex karyawan yamama y.. 2 thn kerja zero absen ttp aj ga diangkat jd kartap.. jd esmosi onalisme bgt.. sabar om rezeki dtg dr mn aj..

    • Apa hubungannya sm hti? Perlu disumpal lambene fahri pke knalpot cah iki.

  1. Emang banyak yg nganggap enteng mang, 250cc emang bukan moge sih, tp powernya tetep luar biasa. Apalagi dijalan raya

  2. Mas, justru 250 1 silinder itu jauh lebih liar di putaran awal daripada yg 2 silinder, pengalaman saya.

      • Oh ya mas, rencana saya yg dulu mau nambah silinder, dari 250 rr mono mengkerucut ke 2 pilihan, current nin250fi atawa z250fi, (lupakan all new nin250fi, alasannya simpel, tidak ada cerukan kecil di belakang yg difungsikan sebagai behel. Pengalaman saya di xabre dan 250 rr mono yg berbobot di kisaran 150 an kg saja sudah sangat merepotkan kalau mengeluarkan dari tempat parkir)

      • Lanjut, kalau menuruti ingin, jelas pilih nin250fi. Tapi dari sisi kepantasan, apa ya pantas di usia 40an ngantor dengan sport full Fairing. Makanya pilihan z250fi itu juga muncul

  3. sering bawa RGR pasti beda feel nya ama Ninja/CBR250, so kudu adaptasi dulu. Wkt dpt MX King jg sama, padahal dah fasih main RGR, feel nya beda. Enjoy dulu motornya, klo dah biasa br naikin sedikit2, klo dah fasih sikat bleh sampe mampus… itu mah nanggung, entar sembuh jg kebut2an lg

  4. setengah jam sblum kecelakaan,,, si rider nya masi petantang petenteng naek motor baru tuh.. blayer sana sini.. seneng bgt motor keren.. sengaja ga pake helm biar orang2 tau muka yg punya motor.. ehh.. digas dikit,lepas kontrol,,ciuman sama pickup… nyesel deh… #ImajiSaya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..