Kobayogas.com –ย Hola lads, salam geberrr.. Dua motor berjenis sport fairing, sama sama punya mesin 150cc, sama sama sudah punya dua kem alias DOHC namun berbeda karakter karena yang satu nearly square alias overstroke, sementara yang satunya lantang berteriak ciri khas overbore. Berhubung sudah mencoba jarak dekat maupun jarak jauh kedua motor sport fairing 150cc tersebut KBY akan menuangkannya ke dalam artikel, Honda CBR150R K45G vs Suzuki GSX-R150, mana sih yang paling cocok dan sesuai dengan karakter kamu?

Honda CBR150R K45G sudah wara wiri nyaris 2 tahun dan mendapatkan penyegaran berupa warna baru belakangan ini (cek: Warna Baru dan Harga All New CBR150R 2017 Terbaru), sport fairing 150cc andalan Honda ini menjadi nomor satu di penjualan pada kelasnya. Sementara Suzuki GSX-R150 merupakan kuda hitam gacoan baru Suzuki Indonesia yang juga merupakan produk global. Meski penjualannya tidak seheboh CBR, namun Gixxer 150 ini punya prestasi yang membanggakan tersendiri.

Untuk mempersingkat artikel, kedua motor sport berbeda karakter ini sudah KBY bahas di artikel artikel sebelumnya, untuk memudahkan lads dalam mencari – siapa tahu penasaran ingin membaca lagi bagi yang sudah membaca atau bagi yang belum agar tidak penasaran – KBY berikan link di bawah ya..

handlingnya mantaappp

Nah sepertinya sudah cukup ya link di atas untuk mewakili karakter kedua motor tersebut baik All New CBR150 K45G maupun GSX-R150 2017. Kalau si Samehada GSXR150 sudah pernah KBY bawa jauh dari Jakarta ke Puncak, lengkap dengan macetnya, si CBR150R terbaru ini malah baru dicoba turing saat event Honda Bikers Day 2017 kemarin lalu lads. Tepatnya dari Magelang hingga Yogyakarta, jarak tempuh kurang lebih 100km.

ketemu jalan lurus segini mah eces buat gixxer 150 ๐Ÿ˜€

Thus,ย setelah mencoba keduanya, mana yang paling asyik untuk digeber harian dan dibawa turing? Ingat digunakan harian dan turing ya.. Baiklah ini adalah ulasan versi KBY, yang lain belum tentu sama loh..

Sebagai info, CBR150R K45G punya spesifikasi sbb:

  • Tenaga: 17.1ps/9.000
  • Torsi: 14.4Nm/7.000
  • Seat Height: 787mm
  • Bobot (isi): 135kg

Sementara spesifikasi Suzuki GSX-R150 adalah sbb:

  • Tenaga: 19.17PS/11.000
  • Torsi: 13.9Nm/8.500
  • Seat Height: 785mm
  • Bobot (kering): 126Kg

Membahas untuk harian tentu tergantung rute yang dilalui, kalau seringnya macet Honda CBR150R K45G yang berkarakter overstroke memang lebih “menggigit” terutama untuk stop dan go, torsi yang besar dan di raih pada RPM yang cenderung rendah membuat dia gesit untuk berakselerasi dan keluar dari himpitan kendaraan lain. Sedangkan GSX-R150 yang sifat alaminya overbore agak kepayahan disisi ini, perlu bukaan gas sedikit lebih besar untuk membuatnya tetap lincah di kemacetan.

Dalam turing atau ke luar kota, KBY juga lebih condong ke CBR150, ini bicara kemudahan akselerasi dan pengendalian dalam arti keluar dari himpitan kendaraan ya. Torsinya yang besar dengan jarak antar gigi rapat, juga membuat urusan nanjak menanjak lebih mudah, bahkan di gigi 3 pun si Cibi ini bisa cukup mudah melaju tanpa mesinnya terasa melemah. Sementara GSX-R150 lebih asyik ketika harus menyalip di trek panjang lurus atau tanjakan panjang. Saat CBR kehabisan nafas, Gixxer terus melesat hingga RPM mentok.

ketemu jalan gini enak bener

Itu membahas sisi performa, bagaimana dengan ergonomi alias kenyamanan? Nah keduanya menganut paham yang berbeda, Honda ingin pemiliknya tetap nyaman saat berkendara, so menurut KBY si New CBR150R K45G ini lebih seperti sport fairing tourer, seperti saudaranya CBR500R dan CBR650F. Setangnya tinggi dengan busa jok yang cukup empuk, efeknya memang tidak mudah pegal lads.

GSX-R150 didesain dengan pendekatan racing oleh Suzuki, dimensinya kompak, merunduk berkat setang underyoke ala Moto3 dengan buritan meninggi. Ya memang berbeda sih, Gixxer benar benar ke arahย passion.ย Jadi kalau untuk jarak jauh ya kalah nyaman jadinya. Sayangnya jok GSX-R150 kurang empuk, buat turing lumayan kebas lads.

THE VERDICT

Singkat kata, bicara trek trek pendek serta jalan luar kota yang sarat tanjakan serta padat kendaraan, CBR150R terasa lebih cocok dan pas, sementara GSX-R150 memang lebih ke pure passion, ada hal yang tidak akan didapatkan dari CBR, yaitu sensasi nafas yang panjang dan teriakan mesin di RPM tinggi yang membuat rider dapat tersenyum puas terutama saat menemukan jalan lowong panjang di depan.. So sudah tahu mana sport fairing 150cc yang cocok buat kamu lads?

Semoga bermanfaat lads… bantu sharing ya..

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

47 COMMENTS

  1. Ulasanya seperti yg sering di bahas di group fb gsx mang,nyamanya cbr,mungkin itu slaah satunya,kenapa penjualanya masih memimpin ,di luar brand yg nempel di motor ya hehe

  2. harganya masih murah GSX ya plus fitur keyless jadi pengen punya wkwkwkwk walaupun dipake jarak dekat kayaknya capek

  3. Lbh suka desain gsx ala moto 3, apalagi kalo lampunya lo cat ato copot buat balap keliatan moto 3 wannabe, dibuat harian gk seenak cbr,tpi touring menengah jauh jujur lbh prefer gsx, klo turing udh jauh gua rasa gk bakal pegel diarea pundak n pergelangan tangan, krn under yoke posisi udh nyatu dgn motor, gk biaa dibilang nyatu juga,tpi klo posisi atang upperyoke gua rasa malah pegel krn stang dibilang nanggung klo mw dibikin stang streetfighter saja skalian, ini yg gua rasakan waktu turing dri Bekasi ke karang anyar, temen2 gua juga yg punya gsx n motor fairing underyoke juga pd enak ini, feel nya lbh dpt apalagi dipake dijalan Sumatra n Sulawesi, beuhhh gk bakal kerasa dah….

  4. R155 vva mana bay? Masa gak di ulas? Apa takut ewuh pekewuh sama nanti pabrikan yg minjemin r15vva? Katanha power terbesar. Fitlur terlengkap. Jualan masih nyungsep sampe ngeles eksport dll bla bla bla

    Padahal kalo di liat dari featurenya r155 itu gak boleh kalah loh. Bahkan aib kalo kalah. Coba di tungangi biar tahu kenapa masyarakat engan beli. Kalo petingginya di beberin dari survey internal. Sama di yakinkan paten r155 vva pake mesin dohc seperti wacana awal vva di cc kecil ya tetep aja mbudek. Atau masalah seat height yg udah di ingatkan? Masalah desain yg melompat terlalu jauh? Atau masalah kesan motor itu terlalj bucky. Bahkan kakaknya terlihat lebih kompak. Atau masalah internal salles yg bikin produk sasaranya kelas atas. Cara mbayarnya kudu kelas fby. Alias kredit

  5. Stuju mang. Pengalaman pake K45A jg mirip2 yg dibahas di GSX-R150. Palagi kl ketemu tanjakan trus macet, ditambah body K45A yg gembrot, asli payah ngendarainya. Mungkin ini kenapa AHM nekat bikin K45G jd nearly.

  6. Tapi jangan salah, pun begitu yang dipinang om Kobay GSX-R150 hahaha…

    Peace om Kobay

  7. Kenceng kenceng mao ngebut dmna si mang kobay? Jalanan dimana mana macet puol.. mesti yg punya tarikan stop and go.. masa kalah sama matic mangโ€ฆ

  8. Msh Demen mesin overbore, tarikana atasnya ituloh enak dirasa dn d denger apalagi pakai knalpot racing wkwkw
    Kalau masalah stop and go utk mesin overbore kan bsa d akalin pakai per kopling racing bang biat lbh respon hehe
    Soalnya pengalaman naik cbr 150fi thailand sya d jalan macet sih gak capek2 amat utk stop and go
    Parahan tarikan motor saya malah mesin overbore + gear belakang di turunin dari 43 ke 42. Walaupun d kota sya macetnya msh dlam batas wajar ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  9. klo ngebut enakan pake GSX/RGR/Tornado GS laaa…
    buat tarik2an ya enakan RGR/Tornado GS laaa… sekali betot ban depan msh ngangkat di gear 3, cenderung liat, sampe redline jg bikin spaneng rider 250cc… wkwkwkwk

    buat harian enakan pake MX King, secara dah SOHC perawatan gak seribet DOHC, BBM irit 1:50 msh dpt…

    Vote MX King laaa

    • Harian ay pilih Vario,beat atw ga addres.ga perlu maen kopling,dan yg pasti bagasinya bisa naro jas hujan dll

  10. Mau bilang apapun gsx tetep yg di pilih ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜
    Soal tanjakan memang beda pendekatan aja om
    Kemaren2 maen ke sarangan pas lg macet2nya enak bnget mulus g menghentak2.
    Pandai2 jaga rpm aja kalau d tanjakan. Saya akuin aksel d tanjakan emang kurang pakek bnget . Etah kalau d bejek gasnya gak brani soalnya lg bawa boncengan
    Untuk sensasi teriakan mesin g usah d bahas g selera semua orang ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

  11. Memang bener mang… Gsxr tarikannya tidak ganas.. apalagi ketemu tanjakan, tenaganya jadi mendem. Saya sering lewat kelok 44, danau maninjau, sumatera barat. Lebih pede bawa vixi utk jalur tikungan + mendaki (punya vixi sebelum minang gsxr). Tapi kalo ketemu jalur lurus bin panjang wuuiiihhhhhhh … Ga ragu klo ketemu 150cc lain.. kecuali 2 tak. Hahaha.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..