Acara Inspirasi 60 Tahun Astra Di Medan

 

Kobayogas.com – Hola lads, salam geber.. Selepas usai acara di Aceh tanggal 20-21 September lalu, KBY dan Tim Astra melanjutkan perjalanan ke Kota Medan karena di sana lah PT Astra International Tbk akan mengadakan kegiatan Inspirasi 60 Tahun Astra pada 22-24 September 2017 dengan mengusung tema Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL). Kegiatan tersebut sejalan dengan peringatan Hari Lalu Lintas pada 22 September 2017. Seseru apa acaranya? Nah makanya geber dulu yuks..

audience menyanyikan lagu Indonesia Raya

Medan merupakan satu dari rangkaian peringatan HUT ke-60 Astra di enam kota di Indonesia lads, yakni Jakarta, Yogyakarta, Balikpapan, Surabaya, dan Makassar (setelah Medan). Nah seperti yang sudah disebutkan di atas, kota Medan terpilih dengan tajuk Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) dengan menggelar acara Astra Road Safety Fest yang memang bertepatan dengan peringatan Hari Lalu Lintas. Tujuan kegiatan IAABL ini adalah untuk kembali mengajak dan mengingatkan masyarakat Indonesia agar senantiasa aman berkendara dan berlalu lintas, sekaligus wujud kepedulian Astra di bidang keamanan berlalu lintas.

Rangkaian kegiatan IAABL selama 3 hari di Medan tersebut ikut dihadiri oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi dan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi. Sementara Festival IAABL-nya sendiri dibagi dalam beberapa kegiatan, yaitu Talkshow IAABL, Awarding Astra Road Safety Fest, Astra Fun Drive, dan IAABL Carnival. Paling seru bagi KBY adalah Talkshow IAABL, kenapa? Nanti yah hehe..

Sebelumnya, masyarakat Medan bersama Grup Astra telah terlebih dahulu melaksanakan beberapa program IAABL, salah satunya adalah Astra Road Safety Challenge yang telah dilaksanakan sejak Agustus 2017. Acara ini sekaligus menjadi ajang kampanye “Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas” dengan target peserta komunitas dan pelajar Medan. Nah setelah itu tentu ada pemenangnya yang KBY sudah share pada link di bawah ini.

baca juga: Pemenang Astra Road Safety Challenge – Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas

Talkshow Seru dan Interaktif

Dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi dan Direktur PT Astra International Tbk Suparno Djasmin, talkshow ini berisi pemaparan mengenai pelopor tahun keselamatan untuk kemanusiaan, dan juga dihadiri oleh beberapa narasumber seperti Kakorlantas Polri Irjen Polisi Royke Lumowa, pembalap internasional yang cantik Alexandra Asmasoebrata, dan Badrun Radhi dari Grup Astra Medan.

Acara HUT ke-60 Astra di Medan juga diisi dengan berbagai sesi talkshow yang menghadirkan berbagai pembicara dan tamu undangan loh lads. Ada talkshow bedah buku Astra on Becoming Pride of the Nation yang menghadirkan pembicara Pemimpin Redaksi Harian Investor Daily Primus Dorimulu dan penulis buku Astra on Becoming Pride of the Nation Yakub Liman.

BERKENDARA AMAN DAN CANTIK ALA QUEENRIDES 

Iim Fahima dan Dian Mirza

Sesi berikutnya talkshow dengan sentuhan entrepreneurship yang diimplementasikan ke dalam talkshow kewirausahaan dengan menghadirkan tiga pembicara, yaitu Founder start-up Queenrides Iim Fahima yang enerjik, Founder Sarang Jasa sekaligus pemenang Astra Start Up Challenge Batch 1 Rendy sang mahasiswa yang sukses, dan Presiden Direktur Astra Mitra Ventura Jefri R. Sirait. Moderatornya juga gak kalah menarik, wanita cantik presenter TV Dian Mirza, bikin betah juga memperhatikan penjelasan dari Iim Fahima dan Rendy tentang kiat sukses mereka plus pengalaman menjadi pemenang.

Di sesi ini KBY juga sempat bertanya ke Mbak Iim Fahima akan safety riding yang sudah dilakukan sejauh ini oleh start up Queenrides terhadap para perempuan terutama akan kesadaran mereka dalam mengendarai sepeda motor. Queenrides memang melakukan aksi safety riding dengan pendekatan berbeda ala mereka, yaitu safety, style, beauty. Kurang lebih konsepnya adalah berkendara aman dengan tetap bergaya dan tetap cantik.. Cihuy bener..

Jadi para perempuan selain diperkenalkan cara berkendara yang aman, juga diberikan semacam tutorial bahwa dalam berkendara itu masih bisa tampil bergaya alias stylish dan juga masih bisa tetap tampil cantik dan segar.. Gaya berpakaian juga diberikan yang tetap gaya namun dalam berkendara tetap mengutamakan keamanan, juga perawatan wajah dan tubuh agar tetap bugar saat dan setelah berkendara. Cocok beud bagi cewek deh..

KBY bersama blogger Medan Agnesia berfoto bersama Iim Fahima dan Bang Ichsan

Talkshow SATU Indonesia Awards juga menghadirkan penerima apresiasi dari Riau Rosmiati, Penggerak Kesehatan Ibu dan Anak, dan dari Aceh Ichsan Rusydi, Penggerak Rumoh Tiram Kampung Tibang. Meski bertemakan keselamatan berlalu lintas, rangkaian acara di Medan juga memberikan sentuhan entrepreneurship yang diimplementasikan ke dalam talkshow kewirausahaan dengan menghadirkan tiga pembicara. Talkshow tersebut sekaligus sebagai penutup acara hari pertama di Hotel Santika Dyandra Medan lads..

baca juga: Berkunjung Ke Rumoh Tiram Kampung Tibang Aceh, Nyobain Tiram Segar Dari Tambak

Aksi Inspiratif

Berbagai aksi inspiratif dari masyarakat Medan pun terwadahi dalam acara ini. Beberapa di antaranya adalah pencanangan pelopor IAABL yang merupakan bentuk apresiasi kepada para tokoh yang telah menyukseskan IAABL dan mengampanyekan keselamatan berkendara. Selain itu, dalam rangkaian acara hari kedua, dilangsungkan juga Awarding Astra Road Safety Challenge dan penandatanganan prasasti Kampung Keselamatan Berlalu Lintas.

Tak hanya itu, di hari kedua 23 September 2017 tersebut ada Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL), acara tersebut antara lain Talkshow Indonesia Ayo Aman Berlalu lintas yang dihadiri kurang lebih 450 peserta dengan rincian 200 peserta dari komunitas roda dua dan roda empat, 150 mahasiswa dan 50 siswa SMA/SMK serta 50 peserta dari Organda.

Makin menarik karena di talkshow spesial ini turut hadir pula pembalap internasional Indonesia yang cantik, Alexandra Asmasoebrata dengan moderator yang tak kalah segarnya, Twinda Rarasati, news anchor salah satu televisi nasional.. Andra panggilan akrabnya bercerita singkat tentang karir dan kegiatannya yang berhubungan antara driving, riding, Astra Fun Drive serta keamanan di jalan.. Seru juga mendengarkan kisahnya terutama saat Andra bingung mengapa dia yang dipilih oleh Papanya untuk terjun di arena balap, sementara kakaknya yang lelaki malah tidak hehe..

Selain talkshow, di hari yang sama namun berbeda tempat, ada agenda Astra Fun Drive dimana para peserta mengedukasi keselamatan berlalu lintas untuk masyarakat sesuai dengan tantangan yang diberikan oleh panitia. Ada juga aksi penanaman pohon buah langka di Lapangan Benteng. Banyak loh komunitas roda empat setempat yang ikut di Astra Fun Drive Medan ini, rame sangat.. kurang lebih ada 300 mobil yang terlibat di acara ini.

Di lokasi lain, tak jauh dari Hotel Santika Dyandra Medan tepatnya di Lapangan Benteng ada acara Festival IAABL yang menggulirkan acara antara lain Safety Riding Training, Safety Riding Games, Amazing Race IAABL hingga Astra Family Car.. Heboh deh dari pagi sampai sore di Lapangan Benteng Medan tersebut, wong total audience-nya saja lebih dari 600 peserta lads..

Kembali ke arena di dalam Hotel Santika, acara talkshow terakhir di hari kedua berlanjut dengan tajuk Astra Road Safety For Women. Acara ini dihadiri oleh executive PT Astra International Tbk dan perusahaan yang berada dalam naungannya seperti Aloysius Budi dan Istiyani Susriyati, serta Korps Polwan Polda Sumut AKP Sri Pamuncak, Citra Ayu dari safety riding dengan moderator Iim Fahima.

Lepas acara talkshow para peserta terutama perempuan diajak untuk mengetahui fashion dalam berkendara dengan subyek Fashionable On The Road yang kemudian dilanjut sesi Yoga.. Yoga? Iya senam untuk para wanita yang mengendarai kendaraan sendiri lads.. Senam ringan agar tetap bugar loh.. Lumayan kan hehe..Acara hari kedua ini pun ditutup dengan joged beramai ramai antara korps Polwan dengan para peserta, wah heboh dah hehe.

Kampung Berseri Astra Binjai

Polisi cilik di Kampung Berseri Astra Binjai
Menteri Perhubungan Budi Sumadi di Kampung Berseri Astra Binjai

Aktivitas hari ketiga di Medan, KBY beserta tim Astra dan sahabat blogger asal Medan Agnesia kini melipir ke pinggir kota, tepatnya ke Binjai dimana ada Kampung Berseri Astra (KBA). Acara ini dibuka dengan aktivitas gowes alias bersepeda, judulnya Astra Gowes Berseri yang start dari dealer Auto2000 Binjai menuju Kampung Berseri Astra dengan jarak kurang lebih 9 kilometer.

Acara puncak di KBA adalah peresmian Kampung Tertib Lalu Lintas. Selain itu di KBA ini juga diselenggarakan banyak macam kegiatan, sebut saja mini trek safety riding, gerobak baca, tenda kesehatan untuk masyarakat yang beuhhh rame pake banget, dari mulai cek darah hingga periksa mata dan dapat kacamata gratis loh..

Acara selesai menjelang Dzuhur, KBY dan tim pun bertolak langsung dari Binjai menuju bandara Kualanamu Medan setelah tentunya mengisi perut dulu lads hehe.. Sungguh petualangan menarik nih bagi KBY, bertandang ke Banda Aceh dan Medan, khususnya menikmati makanan dan minuman ala Aceh yang penuh dengan menu misterius bernama “racing” hehe.. Next article KBY akan sharing deh kuliner di Aceh. Oke lads?

Special Thanks to Astra International Tbk dan tim

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

6 COMMENTS

  1. Bloger Ngaheam… gemuk2 kecuali 1 yg g bisa gemuk..!!?

    Dan si monyong Triatmonyong semakin monyong mulutna…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..