Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Pada artikel lalu sudah dikupas tentang data penjualan Vario 150 vs Aerox 155 September 2017. Tapi sebenarnya masih ada yang bisa dibahas di kelas ini mengingat di kelas skutik 150cc tersebut masih ada lainnya seperti Yamaha Nmax, Honda PCX150 dan juga yang paling bontot Honda SH150i. Biar gak penasaran yuk digeber data penjualan skutik 150cc di bulan September 2017, data ini berisikan perbandingannya selama 3 bulan terakhir.

Skutik 150cc
Vario Nmax
Aerox
PCX
SH150i
Juli 2017 41.631 24.233 19.880 288 53
Agustus 2017 49.715 31.295 10.513 420 7
September 2017 45.009 27.332 14.809 214 20

 

Berdasarkan info di atas, bisa dilihat jika diantara skutik 150/ 155cc yang terlaris memang tetap Vario 150 lads, seng ada lawan emang.. Penjualan Vario 150 perbulannya konsisten diangka 40ribuan unit. Sedangkan posisi kedua diisi oleh Yamaha Nmax, meski penjualannya mengalami naik turun di 3 bulan terakhir, namun berada di rentang angka 20ribuan unit.

Bagaimana dengan skutik yang digaungkan sebagai Vario 150 killer? Nah Yamaha Aerox justru belum pernah mencapai angka 20ribuan unit pada 3 bulan terakhir lads, hanya mentok diangka 19ribuan di bulan Juli kemarin, dan makin kesini trend penjualannya cenderung turun tidak seperti saudaranya si NMax.. Wah kapan Vario 150 gulung tikarnya kalau begitu..?

Bagaimana dengan dua skutik CBU Honda yakni Honda PCX150 dan SH150i? Meski terdapat gosip jika maxi skutik Honda ini akan dihentikan impor-nya ternyata di bulan September kemarin PCX masih diimpor sebanyak 200an unit oleh AHM. Mungkin last order? Bisa jadi.. bisa juga gak..

Sebagai penutup adalah skutik elegan bergaya eropa, Honda SH150i, di awal AHM sepertinya memang hanya sekedar showcase untuk skutik ini, jadi gak ambil pusing berapa yang terdistribusi setiap bulannya. Skutik yang didatangkan langsung dari Vietnam dengan harga kena pajak CBU sekitar Rp 44jutaan OTR Jakarta ini selama September 2017 kemarin hanya didistribusikan sebanyak 20unit saja..

Sumber : JamesHuff Indomoto.com dan warungasep.net

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

41 COMMENTS

    • Vario jg sampe kalah, pokoke harus tetap menang om kogay, kalau kalah dampaknya signifikan ke banner blog ternak, imbasnya nanti artikelnya ala kadarnya karena kurang cuk. Ngah ngah ngah

  1. Jika di Total 150cc H & 155cc Y jumlahnya hanya terpaut tipis
    Ini sudah prestasi luar biasa bagi YIMM apa lagi jika di + Export

    • eits, hati hati, jangan sampe kena jebakan gal gadot si wonder woman, angka unit jualan boleh kalah, tapi liat dulu dong revenue nya. makanya jadi pengamat dan komentator harus kritis, jangan terpukau oleh angka angka distribusi zaza, liat juga dong overall cuan nya. betoel?

    • Kalo ngomong gabungan,,harusnya vario 150 digabung vario 125 lho. Itu lho 80% common part.. menang banyak tuh honda. Motor cuma beda block head cyl aja, bisa laku banyak banget. Walaupun dihina mesin 2 klep, tapi banyak peminatnya..

    • Ngah ngah ngah delusi terus. Kalo mau main angka campur ekspor ya mikir. Plant masih gede gitu. Jualan dalem negeri mentok. Eksport karena pabrikan luar yg punya qc lebih bagus dari indonesia pabriknya kecil kecil karena kesulutan keuangan. Buktinya semenjak eksport di pegang yimm reccal produk pake berjilid jilid. Ngalahin bapernya jajaran dedengkot kader pdip. Ngah ngah ngah

    • Skutik becak tidak lagi di jual. Sementara sambil menunggu gen 2 motor ini dengan nama yamaha triatmono. Mesin 3 silinder 155 vva dengan hanya 1 ban. Ngah ngah ngah

  2. gak ada tricity? kan masih skutik 150cc? tahun 2016 laku 16 unit (kemungkinan besar masih nemenin debu debu di dealer) dan tahun 2017 sukses laku 0 unit.

    • Motor belom di testride aja udah berjilid jilid artikel mios. Sampe mebuat delusi fby kalo mios itu seperti pcx dalam tanda kutip. Artinya tanpa juragan sadari dia membuka borok hasil survei internal yamaha. Kalau nmax laku karena orang pingin pcx gak kesampean. Makanya smax155 di paksa brojol kalo pcx lokal hadir. Bisa kaya kasus cbr vs r15 lagi nih. Ngah ngah ngah

  3. Penjualan motor XMAX 250 jauh lebih laris dibandingkan dari CBR250RR, Ninja 250 dan R25. Apalagi melihat data penjualannya di bulan September 2017, XMAX bisa terjual hingga 1.349 unit jauh dibandingkan penjualan CBR250RR yang hanya 401 unit Ninja 250 hanya tejrual 477 dan R25 203 uniti jauh juga ya selesihnya.

    • Kelasnya aja beda. Coba kasus ini di versusin matic ngonah vs sport yamaha di kelas yg sama 150cc padahal yamaga cuma ngandelin byson di 150cc. Bukan 155cc. Nah loh. Masih percaya pengiringan opinj ala mazapahit?

  4. Skr nmax bolehlah jumawa soale honda n suzuki blm ngeluarin maxi skutik, nanti kalo sdh sama2 ngeluarin penjualan nmax pasti berkurang karena marketnya akan dibagi-bagi

  5. klo dibandingin kapasitas produksinya gimana om? Yamaha berapa plant buat produksi NMax + Aerox vs Honda di Vario?

    • ya kalah, cuma pertanyaannya jadi bertambah nih, kalau laris kenapa ga nambah pabrik ya? kan jadi bisa imbangin kapasitas produksi kompetitor.

      Kita aja buka cabang usaha karena hasilnya bagus.. kalau ga bagus mana berani bikin kantor cabang.. untung kaga tekor iye hehe

      • Nambah pabrik ngak segampang mendirikan rumah . Sedangkan pasar bisa berubah – rubah toh dengan ekspornya produk Yamaha Nmax ini sudah terserap full kapasitas mesin produksinya + sampai sdmnya pun banyak yang lembur. yang terpenting Return of Investment nya dapat balik Modal + Keuntungan.

        .

      • ooo bgt yak, jd krn emang gak laku maksudnya? jika perolehan nya selisih sedikit bukannya AHM yg turun sedangkan Yamaha naik? Pun nambah plant buat apa? jika tujuan nya ROI ya manfaatkan yg ada bukan nambah plant baru.

      • bukan gak laku, tapi disesuaikan dengan demand, berapa lama sih bisa rotasi shift 24 jam yang bisa ngorbanin kualitas karena fatigue karyawan? Kalau lama lama demand makin banyak masa iya jadi 26 jam? Ya kalau gw punya perusahaan sih kembangin bikin cabang baru, kalau pabrikan? Diriin plant baru. Atau kalau yang lama sudah ada tapi terbengkalai ya aktifin lagi plant nya..
        Keknya simple deh ya..

        Lo kan ga mungkin bikin banyak barang kalau permintaannya sedikit, trus mau jual paksa gitu? Di awal awal mungkin berhasil, lama lama? Stok numpuk.. dealer/ Toko kapok malah bisa kolaps.. mending jualan produk lain..

    • Yimm banyak plant yg nganggur,,dulu kan ms nya hampir 50%. cuma kalo mau bangunin tuh plant, kan harus rekrut tenaga kerja,,mungkin mesin baru.. sesuai ngga investnya dengan demand yg ada?
      Bisa dapet untung atau malah buntung?

    • Jualan motor turun. Sementara kapasitas produksi yamaha juga banyak ngangur. Kok nyalahin produksi kurang. Harusnya baik honda sama yamaha sama sama kendor donk plant pabriknya. Pertanyaanya kenapa penjualan yamaha sered? Apa karena salah strategi? Atau karena emang bikin produk gak diminati? Harusnya sih yah. Kalo diminati mau plant mentok juga kapasitas produksinya juga tetep jalan bahkan cenderung naik. Ini malah cenderung stangan. Padahal motor yamaha taun ini banyak yg brojol. Apa iya motor baru yamaha cuma laku 3 bulan awal peluncuran?

      Atau dibalik aja. Ilmu marketing triatmono gak cukup untuk menebak arah pasar indonesia. Dia cuma bisa menebak pasar mainstream kaya zimbabwe. Kongo. Afrika utara da daerah kutub

      Pertanyaanya ilmu s3 juragan momok apakah selalu update dengan ilmu yg ada? Atau memakai ilmu usang yg karatan

Yuk Tinggalin Jejak Lads..