Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Otomotif negeri Cina menyerang pasar low MPV Indonesia! Wuling Confero adalah awalnya, tidak menutup kemungkinan varian lain dapat menyusul jika MPV murah asal negeri tirai bambu ini sukses di pasaran. Wuling melakukan penetrasi yang khas sebagai pemain baru, yaitu harga yang murah namun dengan kualitas mumpuni! Pertanyaannya mengapa harga Wuling Confero Bisa Murah hingga diprediksi dapat merusak harga pasar mobil-mobil LMPV dari produsen Jepang.

Harga murah memang identik dengan kualitas ala kadarnya alias murahan, ya sesuai dengan harganya lah ya. Memang tidak selalu tepat 100% lads, tapi kenyataannya rata rata harga berbanding lurus dengan kualitas sih. Nah Wuling Confero memiliki trik marketing yang kebanyakan menjadi ciri khas dalam dunia dagang, yaitu memberikan value lebih dengan harga murah alias terjangkau.. Padahal KBY sudah lihat sendiri pada banyak bagian, Confero punya material yang lebih baik daripada mobil Jepang di kelasnya!

Salah satu contohnya adalah penggunaan plat bodi yang paling tebal di kelasnya. Wuling Confero menggunakan plat bodi setebal 0,8 mm, lebih tebal sekitar 0,2-0,3mm dibandingkan produk sejenis, begitu juga dengan kualitas busanya. Lantas jika demikian adanya mengapa harga Wuling Confero bisa Murah? Apa gak rugi mereka? Yee namanya juga trik marketing, namun selain itu ternyata ada beberapa hal yang membuat Wuling Confero series bisa menekan harganya, apa saja? Cekibrot..

Yang pertama mengapa harga Wuling Confero Bisa Murah adalah karena model Confero yang dijual di Indonesia adalah setali tiga uang alias sama yang diperjualbelikan di negara asalnya. Di China, Wuling Confero sudah terjual sebanyak tiga juta unit. Dengan mengambil basis desain yang ada, biaya riset dapat ditekan karena tidak perlu melakukan riset lagi untuk membuat produk baru untuk dijual di negara lain. Model global lah intinya.

Kedua, tidak ada biaya impor dan bea masuk lainnya yang dikenakan kepada Wuling. Mengapa? Nah kalau lads mantau blog mobil KBY, Wuling itu kan sudah membangun pabrik bernilai jutaan dollar di Indonesia, so mereka sudah merakit Confero secara lokal di pabrik yang sudah mereka bangun dong, bisa dikatakan buatan lokal malah. Komponen lokal yang terkandung di tubuh Wuling Confero disebutkan sekitar lebih kurang 56%.

Ketiga, ini tentang efisiensi, dikatakan Wuling sudah melakukan proses produksi atau manufacturing secara efisien. Jadi, para vendor yang akan atau sudah menyediakan spare part Confero atau produk Wuling yang lain ke depannya harus mendirikan pabrik di area atau lokasi yang sama dengan pabrik rakitan Wuling. Dengan demikian biaya kirim dan sejenisnya dapat secara efisien ditekan semaksimal mungkin.

Alasan terakhir adalah adanya common part, lads mungkin sudah tahu kalau Wuling Confero menggunakan mesin yang serupa dengan milik Chevrolet Spin bensin 1500, ini juga menjadi info kalau Wuling Grup sudah mengakuisisi sebagian saham milik Chevrolet lads. Dengan adanya common parts tentu dapat menurunkan biaya produksi sehingga harga part seperti fast moving bisa lebih terjangkau.

Nah lads, sekarang sudah tahu kan alasan mengapa harga Wuling Confero bisa Murah tanpa membuat mengurangi kualitas produknya? Tentu hal tersebut di luar strategi penjualan dari pihak Wuling sendiri. Memang sebagai pemain baru dengan nama yang asing, menjual Confero S dengan harga mirip pemain lawas ya sama saja bunuh dari lah.. Semoga dengan valuenya Wuling Confero series ini dapat membuka mata produsen roda empat lainnya terutama untuk kelas LMPV di Indonesia..

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

52 COMMENTS

  1. Kenapa bisa murah lads? Karena ora payu. Di dealer kota G sini cuman ada 3 unit lads. 2 unit buat dijual, 1 unit buat Test Drive. Dari dibuka pertama kali sampek sekarang ya itu2 aja unitnya Lads.
    Mungkin malu beli merk China lads. Wkwkwk.

  2. klo gak salah, ni mobil basicnya dr Chevrolet Enjoy …… harga murah krn bea riset jg rendah, tp mngkin mereka bakalan menghadapi tantangan marketing plg berat 😀

    elicits

  3. Angkut lads buat taksi onlineeeee …
    Btw, salfok dgn Kang Kobay di lirikin cwek tuh …

  4. Praktek oligopoli lah yg buat harga mobil produk lokal mahal, mereka buat standar harga buat mereka sendiri, padahal biaya produksinya cman setengah harga saja, ditambah biaya lain seharusnya harga jual mobil lokal ya seharga wuling itu, karena gak mungkin ada produk yg dijual rugi padahal dahbjelas secara kualitas bahan yg dipakai lebih baik dari yg ada ….

  5. Makasih infonya mang.. saya memang nunggu artikel ini.. murah bukn brrti murahan. Tinggal nunggu info dari konsumen..jozz mang makasih

  6. Wuling?kayak nya masih ragu juga kang.
    Xpander,seandainya rwd..ah sudah lah.
    Kang tolong dong ulas juga head2head antara second boil under 150jtan.khusus nya lmpv.umur maksimal 6tahun lah.kompare juga sama wuling.mana yang lebih value kang.
    Mohon pencerahan.lagi rencana kendaraan buat kluarga.yang terjangkau.makasih kang

  7. Laini lo buktinya..udah di siksa ma para bloger di jogja..tetep wulingkan? Berrti mmang bagus nich..

  8. Alhamdulillah sudah ngandang di rumah, warna item Confero L+. Sangat puas…!!! jauh dibandinkan rival sekelasnya. ga percaya, coba dulu unit test drive di dealer

    #antimainstream

  9. jujur, gw pribadi ragu bli brand-nya… fitur oke, qualitas oke, tp masih ragu sama after sales-nya… time will tell lagh :v :v :v

  10. apakah ini artinya avxen series overpriced? padahal duo ini udah terjual hampir 2 juta unit di indonesia zaza? pabrik juga di indonesia, perkara kandungan lokal gak usah ditanya, apakah brand image itu yang bikin mahil? kalau bisa menjual lebih banyak (baca: mendapat untung lebih besar), mengapa juga ngambil untung sedikit?

    • jelas OP…sama merk S yg imho kualitas dan kenyamananya lebih baik juga lebih mahal avxen kan..tapi avxen itu menurut saya lebih ke jual brand, aftersales, sama pride

    • Jelas op. Adu dgn ertiga aja udh kalah fitur & build quality, avxen menang rwd, katanya2, & gimmick doang (dual vvti 1300cc yg lebih boros dan lebih lemot dr 1400cc ertiga)..

      *Di bdg udh udh banyak yg pake wuling, minimal tiap hari ketemu satu di jalan

  11. banyak sales astra yang asal bacood..kualitas avanza perbaiki…jangan membodohi konsumen….alhamdulillah saya sudah ambil xpander ketimbang AVANZA yang katanya tersohor….

    • nah xpander juga masuk mobil yang sangat value for money ya…harga dan kualitas+fitur jauh lebih baik dari duet maut sejuta umat

  12. Lo belom liat downgrade ala cina. Lebih parah dari ala indo maupun jepun di racuni petinggi indo

    Cina lebih busuk dalam hal ini mah

  13. Nama. Orang indo kebanyakan masih mentingin brand image. Dari nama aja udah bisa jadi faktor penentu. Dan ada imbas negatif bekas dulu hype mocin yg skrg gagal survive

  14. Kenapa harga produk astra relatif lebih mahal? Karena harga yang dibayar customer sudah termasuk biaya after salesnya: service gratis, jaminan ketersediaan spare part, dll. Nah itu yang menjadi challenge bagi Wuling: apakah bisa memberikan after sales yang setara dengan apa yang diberikan pemain lama dengan harga yang lebih murah?

  15. Avanza xenia jg udah terjual jutaan unit, pabrik jg udah di indonesia, tp knapa masih mahal?
    Oke kl mahal trus fitur harus berjibun dong, scr udah jualan disini dr 2004, tp kok fitur ga beda dr taun pertama muncul?
    Hmmnn

  16. Seorang lelaki memiliki uang 8 juta untuk membeli henpon. Dia tidak kaya tapi tidak juga kekurangan. Pertanyaannya, henpon cina atau henpon sony/apple/samsung/LG yg akan dia beli dengan uang segitu dengan kondisi keuangan yg seperti itu juga?

    Kalo tebakan saya, dia akan beli henpon yg udah terkenal kualitasnya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..