banner

Kobayogas.com – Hola lads, Sejalan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Lalu Lintas pada 22 September 2017, PT Astra International Tbk akan mengadakan serangkaian kegiatan Inspirasi 60 Tahun Astra pada 22-24 September 2017 di Medan dengan mengusung acara Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL).

Melalui serangkaian kegiatan IAABL ini, Astra kembali mengajak dan mengingatkan masyarakat Indonesia agar senantiasa aman berkendara dan berlalu lintas, sekaligus wujud kepedulian Astra di bidang keamanan berlalu lintas.

Rangkaian kegiatan IAABL selama 3 hari ini akan menghadirkan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi dan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi.

Festival IAABL dibagi dalam beberapa kegiatan yaitu, Talkshow IAABL, Awarding Astra Road Safety Fest, Fun Rally IAABL dan IAABL Carnival. Sebelumnya, masyarakat Medan bersama Grup Astra telah terlebih dahulu melaksanakan beberapa program IAABL, salah satunya adalah Astra Road Safety Challenge yang telah dilaksanakan sejak Agustus 2017. Acara ini sekaligus menjadi ajang kampanye “Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas” dengan target peserta komunitas dan pelajar Medan.

Talkshow Interaktif

Acara ini akan dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi dan Direktur PT Astra International Tbk Suparno Djasmin. Berisi pemaparan mengenai pelopor tahun keselamatan untuk kemanusiaan, talkshow ini akan dihadiri oleh beberapa narasumber seperti Kakorlantas Polri Irjen Polisi Royke Lumowa, pebalap Alexandra Asmasoebrata dan Ketua Koordinator Wilayah Grup Astra Medan Sutadi.

Selain kampanye IAABL, rangkaian acara HUT ke-60 Astra di Medan juga diisi dengan berbagai sesi talkshow yang menghadirkan berbagai pembicara dan tamu undangan.

Di Medan, talkshow bedah buku Astra on Becoming Pride of the Nation menghadirkan pembicara Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, Pemimpin Redaksi Harian Investor Daily Primus Dorimulu, Direktur PT Astra International Tbk Suparno Djasmin dan penulis buku Astra on Becoming Pride of the Nation Yakub Liman.

Penerima apresiasi SATU Indonesia Awards (SIA), yaitu para pemuda Indonesia yang berprestasi dan mempunyai kontribusi positif terhadap lingkungan dan inspiratif bagi masyarakat sekitarnya, juga turut memeriahkan perayaan HUT di kota Medan. Kali ini, talkshow SATU Indonesia Awards menghadirkan penerima apresiasi dari Riau Rosmiati,

Penggerak Kesehatan Ibu dan Anak dan dari Aceh Ichsan Rusydi, Penggerak Rumoh Tiram Kampung Tibang. Meski bertemakan keselamatan berlalu lintas, rangkaian acara di Medan juga memberikan sentuhan entrepreneurship yang diimplementasikan ke dalam talkshow kewirausahaan dengan menghadirkan tiga pembicara.

Mereka adalah Founder startup Queenrides Iim Fahima, Founder Sarang Jasa sekaligus pemenang Astra Start Up Challenge Batch 1 Rendy dan Presiden Direktur Astra Mitra Ventura Jefri R. Sirait.

Pengabdian Astra untuk Negeri

Salah satu wujud pengabdian Astra untuk lingkungan adalah program Kampung Berseri Astra (KBA). Oleh karena itu, dalam rangkaian acara Inspirasi 60 Tahun Astra di Medan, Astra turut menyambangi beberapa kampung binaan di wilayah tersebut.

Astra bersama para pelopor Kampung Berseri Medan pada tanggal 24 September 2017 turut melakukan aksi tanam pohon buah langka. Hal ini sebagai usaha Astra untuk turut melestarikan keanekaragaman jenis tanaman buah langka di Indonesia.

Aksi Inspiratif

Berbagai aksi inspiratif dari masyarakat Medan pun terwadahi dalam acara ini. Beberapa di antaranya adalah pencanangan pelopor IAABL yang merupakan bentuk apresiasi kepada para tokoh yang telah menyukseskan IAABL dan mengampanyekan keselamatan berkendara. Selain itu, dalam rangkaian acara hari kedua, dilangsungkan juga Awarding Astra Road Safety Challenge dan penandatanganan prasasti Kampung Keselamatan Berlalu Lintas.

Rangkaian di 5 Kota

Medan merupakan satu dari rangkaian peringatan HUT ke-60 Astra di lima kota di Indonesia, yakni Jakarta, Yogyakarta, Balikpapan, Surabaya dan Makassar (setelah Medan).

Pada setiap peringatan HUT di kota-kota tersebut, Astra mengusung tema berbeda tetapi tetap fokus pada pilar kegiatan kontribusi sosial (corporate social responsibility), yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan Kewirausahaan.

HUT 60 tahun Astra di Yogyakarta mengusung tema “Astra Hijau” dengan implementasi “Jambore Adiwiyata” dan dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Bumi yaitu pada tanggal 28-30 April 2017.

HUT 60 tahun Astra di Balikpapan bertajuk “Astra Cerdas” menghadirkan Festival Pendidikan sebagai bentuk apresiasi terhadap Hari Pendidikan Nasional dan dilaksanakan pada tanggal 19-21 Mei 2017.

Tak berhenti sampai di situ, HUT 60 tahun Astra di Surabaya mengusung tema yang tak kalah menarik, yaitu “Astra Kreatif”. Tema tersebut terwujud dalam festival bertajuk “Enterpreneur Fest” dan dilaksanakan pada tanggal 21-23 Juli 2017, bertepatan dengan Hari Koperasi Nasional.

Sebagai kota terakhir dalam rangkaian HUT 60 tahun, Makassar akan menghadirkan berbagai kegiatan dengan tema “Astra Sehat” yang direncanakan pada 17-19 November 2017.

Pada prinsipnya di mana pun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya. Hal ini sejalan dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini