Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrrr… Akhirnya bakal ada tindakan nih, Dishub Bakal Menderek Mobil Yang Tak Punya Garasi dan parkir di pinggir jalan. Setelah keluarnya aturan pelarangan beli mobil bila tak punya garasi dan parkir di jalanan umum maka siap siap kena derek dishub lads. Warga Indonesia memang unik, berani membeli mobil seharga ratusan juta rupiah, namun parkirnya di pinggir jalan alias jalanan umum, alasannya sih karena lahan rumah yang terbatas. Pemandangan ini kerap kali terlihat di beberapa sudut jalan kota besar seperti Jakarta!

Nah, belakangan bakal dipastikan bahwa mobil-mobil yang diparkir tidak di dalam garasi itu siap-siap diderek oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI, Andri Yansyah. Seperti apa informasinya?

Pemilik kendaraan roda empat kini wajib memiliki garasi sebagai lahan untuk memarkir mobilnya. Dasar hukumnya adalah sebagaimana yang termaktub dalam Peraturan Daerah DKI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi. Dalam Pasal 140 butir satu Perda DKI Nomor 5/2014 disebutkan, bahwa setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi.

Hasil survei konon membuktikan, banyak yang keberatan parkir mobil sembarangan terutama di bahu atau pinggir jalan umum yang seringkali dilewati kendaraan. Ya memang sangat mengganggu terlebih jika parkirnya di ruas jalan yang merupakan dua arah, seharusnya cukup dua mobil lewat jadi harus gantian.. efeknya? Ya maced lads, kan nyebelin.. Terutama di jalan jalan yang merupakan jalanan utama. Banyak warga yang minta ke Dishub untuk menderek mobil-mobil yang parkir sembarangan tersebut. Gak punya garasi kok maksa amat sih punya mobil..

Oia mobil parkir di pinggir jalan yang akan kena derek ini juga dikabarkan meliputi komplek perumahan loh.. Jadi bukan berarti kalau di komplek perumahan bakal aman.. Ya karena komplek perumahan meskipun bisa dibilang jalan pribadi (milik developer) tapi kalau sudah seringkali dilewati kendaraan umum maka sifatnya menjadi jalan umum..

komplek perumahan juga bakal kena

 

Banyak Yang Akan Jual Mobil?

Kalau ini bener diterapkan secepatnya, kayaknya bakal ada pergerakan fluktuasi harga mobil seken nih gan, khususnya di Jakarta.  Bagi yang gak punya garasi masak masih maksain beli mobil? Sementara bagi yang sudah terlanjur punya mobil tapi gak punya garasi pilihannya ada tiga, jual mobilnya, rombak rumahnya bikin garasi atau segera mencari lahan untuk menyewa parkir mobilnya hehe..

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

29 COMMENTS

    • Setuju bgd. Daerah rmh gw yg cuma pas mepet 2 mobil banyak yg parkir smbrangan. Tmpt yg hatusnya bs buat maen benteng jd g bs. Hahaha
      Cm kayanya ini blm nasional deh kang. Soalnya ini perda. Jd msh khusus DKI Jkt aja. Cmiiw

  1. Setuju banget dgn peraturan ginian..dp 20 juta, perbulan 2,5 juta..apa ga penuh tuh jalanan gara2 bnyk yg ngambil mobil dgn skema cicilan kaya gini…

  2. Peraturan yang aneh om kobay…
    Om kobay pernah hidup dimalay kan??
    Disini parkir dipinggir jalan yg khusus mobil bisa dipakai klo malam. . Klo pagi mulai jm 8 – 4 sore bayar jam pertama 30sen dan jam selanjutnya 20sen.. .. Tpi klo selepas itu gratis…

  3. Saya yakin yg begini ini gak akan jalan. Palingan awal2 saja berjalan mungkin 2 mingguan stlh itu ya krmbali lagi seperti semula.
    Kecuali peraturannya ditambahi dg kalusul” dealer yg dg sengaja menjual mobil kepada konsumen yg belum punya garasi pribadi maka dealer yg dimaksud akan kena denda minimal seharga mobil yg dijual”
    Nah kalo ada prnambahan klausul seperti ini saya yakin gak akan ada mobil parkir pinggir jalan dan PASTI DITOLAK PENGUSAHA MOBIL😂😂😂😂😂😂😂

    • wkwk serem ya.
      tapi jadi ga bakal ada cerita lucu lg kaya temen ane yg domisili nya di benda baru tangsel, tiap hari harus balik gawe lebih cepet dr tetangganya, kalo ngga mobilnya ga bs masuk garasi 😁

  4. mau jalan komplek kek, tetep aja sertifikat tanah si mpunya rumah ya sebatas pager depan, bukan meliputi jalanan depan rumahnya.. intinya itu jalan umum, kekekekekekek………………

  5. Yang punya tanah kosong, bisa tu dibikin parkiran bertingkat. Ambillah dibikin 3 lantai, dimana 1 lantai bisa 10 mobil (total 30 mobil). Sewain sebulan 2 juta, kalo penuh bisa dapet 60jt/bulan. Dipotong petugas jaga rangkap kebersihan, listrik, dan biaya lain” perbulan ambillah 10jt. Dapet bersih bisa 50jt/bulan.

  6. # Tanya :
    1. Apakah ada Jam derek? Misal tengah malam s/d 6 pagi
    2. Karena kalau tidak, bagaimana membedakan parkir daily atau parkir business , misal nya : Dokter X praktek di rumah, pasien nya pasti banyak tuh, kalau motor mungkin bisa, kalau mobil ? pasti berbaris di jalan luar praktek (begitu juga home industri lain). Apakah peraturan baru ini akan “membatasi” ruang gerak bisnis rumahan ?
    3. Oke, sudah buat parkir, tetapi ketika jumlah pasien melebihi kapasitas parkir yang disediakan? Kalo dokter rame ane liat ngantri nya aja jam2 an -_-
    4. Diluar pertanyaan di atas, ane setuju sih peraturan ditegakan tanpa tebang pilih. (kecuali ambulan ,emergincy , dll ) xixixi

  7. Ada rmh dgn carport tp g punya mobil mending sewain bulanan atau tahunan lumayan / bikin kost2an bt mobil
    pak kobay g mau nambah? kyknya halaman bisa muat 4 hatchback lg tuh

  8. Kalo yg punya garasi tapi kalo siang di taruh di depan rumah gimana mang jadi masuk garasi kalo malem aja

  9. Mang Kobay kelebihan muatan garasi juga? Sayah siap nampung 2 njazz 😂, tapi jadi hak milik yang punya garasi 😁
    Kasian garasi lowong

Yuk Tinggalin Jejak Lads..