noh mas mul keliatan di belakang

Kobayogas.com, – Hola lads, salam geberrrr.. Setelah pada artikel lalu KBY sudah membahas penampakan sport naked bike 150cc terbaru Yamaha yaitu All New Vixion R 155 VVA warna hijau putih, kayaknya kurang afdol kalau tidak membahas juga impresi awal saat KBY mencoba ergonomi dari All New Vixion R ini.. Kebetulan ada satu unit yang sedang nangkring di bagian belakang salah satu PIT di sirkuit Sentul.. Kesempatan untuk mencoba menaikinya.. bagaimana kesannya?

ergonomi  Yamaha All New Vixion R 155 VVA

Yamaha All New Vixion R 155 VVA warna hijau putih tersebut entah siapa yang bawa pokoknya terlihat sedang nangkring di belakang salah satu PIT milik Yamaha di sirkuit Sentul pada hari Minggu tanggal 16 Juli 2017 kemarin.. Sayangnya gada yang jaga euy, tadinya kalau ada KBY mau pinjam kuncinya sekalian hehe.. Yasudah akhirnya diputuskan untuk mencoba motor penerus Vixion series yang legendaris secara statis saja.. Untungnya setang tidak dikunci jadi duduknya bisa lebih bebas.. Yuk terusin..

ERGONOMI All New Vixion R 155 VVA

Melihat dari dekat, jelas banget kalau versi paling terbaru dari All New Vixion R 155 VVA ini ternyata lebih bongsor dari pendahulunya, terutama dari All New Vixion Lightning (NVL) yang ramping dan bergaya ala hewan predator tercepat di darat.. Cheetah.. Kayaknya sih si Vixion R ini sedikit lebih besar dari Vixion Advance (NVA), terutama dari dimensi tangkinya.. Belum lagi ditambah adanya shroud besar dari atas tangki hingga samping tengah.. Sementara bagian buritannya terlihat tidak mengalami perubahan berarti dengan NVL dan NVA, ramping dan mengecil/ meruncing.

ergonomi  Yamaha All New Vixion R 155 VVA

Langsung saja KBY tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada.. Mumpung ada mang Vandra MMBlog yang mau membantu jeprat jepret, langsung aja KBY nyemplak di atas All New Vixion R 155 VVA warna hijau putih ini lads.. Jreng jreengg.. Lhaaa ternyata dia jauh lebih tinggi dari versi lawas! Iya lads, ketinggian jok Vixion R ini ternyata ada perubahan.. Dengan tinggi tubuh 165cm lads bisa lihat kaki kobayogas yang menggunakan alas kaki masih jinjit nyaris balet!!

ergonomi  Yamaha All New Vixion R 155 VVA
waah jinjit euy

Ini sebenarnya menurut KBY pribadi agak bertentangan dengan versi lawas yang memberikan kemudahan hampir bagi semua biker dengan tubuh tinggi beda beda.. Nah kalau yang ini KBY serasa menaiki KTM New Duke 250.. 11-12 tingginya lads.. Sama sama bikin jinjit.. Hmmm.. jadi agak sulit nih bagi biker bertubuh di bawah 165cm.. KBY ga tahu apakah versi standar alias New Vixion standar juga sama tau tidak.. Belum nyobain..

Betul saja, setelah dicek di website Yamaha ternyata tinggi tempat duduk untuk All New Vixion R 155 VVA terbaru ini adalah 795mm, New Vixion versi standar 5 speed juga sama lads.. Artinya dia lebih tinggi dari Honda CBR250RR (790mm) atau saudaranya sendiri, Yamaha YZF-R25 (780mm), tapi masih lebih rendah dari All New YZF-R15 VVA (815mm). Lantas bagaimana dengan sisi ergonominya?

abaikan penampakan di belakang

Nah yang KBY rasakan sih kini sedikit lebih sporty, masih tegak sih artinya bakal aman dan nyaman untuk jarak jauh apalagi city riding.. Setangnya terlihat lebih pendek dari sisi lebar.. Kemungkinan besar handlingnya lebih baik lagi.. Tapi hehe.. bicara jarak jauh nih, ada hal lain yang KBY rasakan lads.. Jok All New Vixion R 155 ini terasa lebih keras dari pendahulunya.. mau didudukin atau ditekan, sama kerasnya.. bukan berarti kaya batu ye, cuma gak kaya Vixion lawas yang empuk lads..

Shock belakangnya ketika dicoba diayunkan juga kini terasa sedikit lebih firm, tak seperti versi Vixion Lightning atau Advance yang ngayun empuk, positifnya pasti ngaruh ke kestabilan saat menikung dan handling. Wah kalau buat jarak jauh gimana ya kenyamanannya Yamaha All New Vixion R 155 VVA yang diindikasikan seharga Rp. 29.5juta ini dibandingkan versi lama? Entahlah, kudu dites lebih lanjut itu mah..

SPESIFIKASI ALL NEW YAMAHA VIXION R 155 VVA

TIPE MESIN Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, 4 Valve, VVA
SUSUNAN SILINDER Single Cylinder
DIAMETER X LANGKAH 58 x 58.7 mm
PERBANDINGAN KOMPRESI 11.6±0.4 : 1
VOLUME SILINDER 155.1 cc
DAYA MAKSIMUM 14.2 kW / 10000 rpm
TORSI MAKSIMUM 14.7 Nm / 8500 rpm
SISTEM STARTER Electric Starter
SISTEM PELUMASAN Wet Sump
SISTEM BAHAN BAKAR Fuel Injection
TIPE KOPLING Wet Type Multi-Plate Clutch ; Assist & Slipper Clutch
TIPE TRANSMISI Manual
Dimensi
P X L X T (Length x Width x Height) 1950 x 720 x 1025 mm
JARAK SUMBU RODA 1320 mm
JARAK TERENDAH KE TANAH 165 mm
TINGGI TEMPAT DUDUK 795 mm
BERAT ISI 131 kg
KAPASITAS TANGKI BENSIN 11 L
Rangka
TIPE RANGKA Deltabox
SUSPENSI DEPAN Teleskopic
SUSPENSI BELAKANG Swing Arm
TIPE BAN Tubeless
BAN DEPAN 90/80-17M/C 46P
BAN BELAKANG 130/70-17M/C 62P
REM DEPAN Disc Brake
REM BELAKANG Disc Brake
Kelistrikan
SISTEM PENGAPIAN TCI
BATTERY YTZ4V/GTZ4V
TIPE BUSI NGK/MR8E9

Tonton juga videonya dan jangan lupa subscribe yaaa..

tonton via hp

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

33 COMMENTS

    • masih mending design petugas SPBU original, daripada design tiruan sepanjang masa … wkwkwkwkk

  1. Katanya dulu yg punya orang spbu yg di modif, sekarang di puji2x , mesin boleh cakep , desain modelnya ngak selera cakepan yg lama

  2. Kyknya masih mendingan gsx-s punya sy.
    Kalahnya di desain joknya aja gsx-s, krn split seat & yg belakang ketinggian plus sempit.
    Kl suzuki buat jok tandem & yg belakang gak tinggi dan lebar plus empuk, kelar tuh CB & vixion.

  3. Di review bang Kobay…. utk penggunaan harian dan touring jarak jauh. Trus di tanjakan bagaimana respon mesinnya.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..