CBR

Suara Suara Aneh Yang Timbul Dari Mesin Motor, Kenali Asal dan Akibatnya

mesinnya terlihat padat!

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Punya motor kadang kita suka penasaran pada bunyi bunyian yang kerap timbul dari si motor.. Dalam hal ini pembahasannya lebih kepada suara suara aneh yang timbul dari mesin motor. Apakah suara alias bunyi bunyi aneh tersebut berarti ada yang rusak dengan mesin motor kita? Bisa ya, bisa tidak, makanya kita kenali asalnya dan akibatnya biar lebih paham.. Yuk geber..

Kadang kita gak paham suara yang muncul dari mesin motor dianggap ada yang rusak atau gak normal, hal yang wajar sih karena kita kan tidak atau belum paham ya.. Yang kita tahu di motor lain bunyi tersebut gada.. Begitu.. Nah artikel ini KBY buat saat sedang FB walking dan nemu di grup Honda CB150R Streetfire Lovers, saat itu ada sahabat masbro Sena Ponda yang sedang sharing pengalamannya sebagai orang yang sering banget berinteraksi dengan mesin motor.. Yuk ketahui suara suara aneh yang muncul dari mesin motor versi Sena Ponda..

Berikut ini hal-hal yang bisa menimbulkan potensi Sumber Bunyi Aneh pada mesin motor 4 Tak dan  bisa menjadi penanda awal kerusakan. Namun, tidak semua berisik dan getaran berarti pertanda adanya kerusakan. Karena ada kalanya sebuah motor design rancang bangunnya emang udah berisik dr sononya… wkwkwk…πŸ˜„πŸ˜ƒπŸ˜„πŸ˜ƒ
Berikut bagian mesin yang sering menjadi penyebab berisiknya mesin.

1. Valves Train

Suara ‘tik-tik’ atau ‘tuk-tuk’ ringan saat mesin stasioner menandakan setelan katup renggang, sehingga rocker arm memukul kepala katup. Bunyi kian keras saat putaran gas ditinggikan. Selain itu, per katup yang lemah, menimbulkan bunyi yang sama. Sesuaikan setelan celah katup dengan rekomendasi pabrik atau kalau menggunakan cam after market sesuaikan Dial-an nya.

2. Cam & Holder

Suara mendengung bahkan klotok2x, ini lazim ditemukan di beberapa motor Honda K15A generasi awal produksi th.2012. Hal ini diakibatkan karena clearance antara Cam hub dgn Housingnya yg longgar krn. Secara teknis tidak akan menimbulkan kerusakan atau berkurangnya perfoma mesin secara keseluruhan, tetapi membuat kurang nyaman pendengaran kita.

3. Rantai Keteng & Tensioner

Suara seperti ‘tok-tok’ mungkin akibat rantai yang sudah kendor karena usia pakai atau setelan tensioner rante yg sdh kendor. Rantai keteng yang terlalu kencang juga menimbulkan bunyi  dengungan. Sedangkan suara gemericik terus menerus, biasanya gear atau rantai keteng minta diganti.

mesinnya akan dipakai Modenas lads

4. Piston

Di sektor ruang bakar, bunyi sangat minim. Gejala piston atau ring piston oblak atau piston clearrance terhadap linner yg sdh longgar, hampir tidak terdengar. Mudah diketahui bila tenaga motor berkurang dan keluar asap putih dari knalpot. Jika suara ketukan agak berat mulai terdengar, pertanda piston minta diganti karena aus.

5. Stang Seher

Terkadang muncul suara gemeretak di putaran bawah sampai menengah yang berangsur hilang di putaran atas. Suara ini muncul dari big end stang piston yang menampar dinding silinder saat titik mati bawah. Waspadai bunyi ini dengan memeriksa mesin dengan cara dibongkar top end/half cut.

6. Pin Piston & Clip

Bagaimana kalau bunyi dengung muncul saat motor dihidupkan? Bisa berarti setang piston mulai oblak karena pin piston tidak menempel pas di rumahnya. Bila kondisi setang piston sudah parah, bunyinya semakin keras. Apalagi kalau clip sampe lepas, pen piston bisa bergeser.

7. Kruk As  & Balancer

Kondisi sama akan muncul saat bearing metal duduk dan metal jalan di kruk as aus. Biasanya diiringi suara ‘ker-ker’ dan ketukan berat yang keras. Tak lupa vibrasi mesin meningkat di footstep dan setang. Mencegah kruk as berbunyi, ganti setang piston berikut bearing metal duduk dan jalannya. Sangat berbahaya kalau sampe memakan/menghatam dinding crankcase dan gearbok rasio.

8. Kopling

Rumah kopling bermasalah ikut menyumbang suara tidak enak didengar. Bunyi ‘srek-srek’ secara berkesinambungan atau ‘duk’ saat motor direm mendadak bisa diakibatkan kopling aus atau sistem otomatisnya mulai merenggang atau rumah kopling sudah oblak.

9. Gear Box

Suara berisik khas gearbox bermasalah sangat mudah dikenali dari asal suara yaitu pada bagian belakang mesin dengan seperti suara metal beradu saat shifting gear.

10. Knocking

BBM dengan kualitas octane yg buruk, modif mwain yg mwningkatkan rasio compressi yang tinggi dan pemakaian Stand Alone ECU yg menyebabkan AFR jd lean serta derajat pengapian yg tinggi bisa menyebabkan gejala nglitik pd movement parts. Sangat berbahaya kalau tidak ditanggulangi atau dibiarkan

11. Lubrication Failure.

Filter oli yg mampet membuat oil pump turun debut pressure juga bisa menimbulkan seluruh komponen menjadi berKONSERT ria…πŸ˜„πŸ˜ƒ Beraihkan filtwr oli setiap 2-4 kali ganti oli baru.

Nah dengan adanya beberapa info dari Sena Ponda di atas, kita paling tidak jadi paham asal muasal bunyi yang muncul dari mesin motor kita lads.. Suara aneh memang suka bikin penasaran dan jujur aja paling susah untuk dapat langsung mengetahui penyebabnya kecuali kita sudah pernah mengalaminya secara langsung.. Begitu ada yang nanya, kita bisa jawab hehe..

Info di atas bersifat umum, untuk semua motor ya lads. So semoga bermanfaat dan ga bingung lagi.. Thanks to Sena Ponda

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About Kobayogas 3376 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

20 Comments

  1. sip infonya. kebanyakan di suara aneh tersebut bisa dikurangi/dicegah kalau pakai oli mesin dengan film strength bagus, bukan film strength aditifnya, tapi olinya, misal oli yang pakai ester, atau yang sudah ditambahi minyak kelapa sawit. Lalu bensin harus sesuai. Modif nggak asal pasang knalpot, pakai filter racing, pakai busi racing, pakai coil racing, dst.

    https://kupasmotor.wordpress.com/2017/07/13/enak-banget-pakai-kacamata-kuning-karena-lampu-led-putih-motor-jadi-terlihat-redup-dan-nggak-silau-lagi/

    • Betul tuh mas bro

      Injektor Itu sistem buka tutup ny pake selenoid valve
      Pada saat buka/tutup valve terjadi suara tik tik gitu (normal)

  2. Mang, ane blom ngerti klo knocking itu suaranya gimana dan dimana asal suaranya ?
    Ane sering denger bnyak yg bilang ngegelitik, nah tapi gmn ya maksutnya

    • Kletek Kletek gitu, Ada yg minim atau parah.. Biasanya angkot atau taksi sering gitu tuh karena salah oper gigi.. Mobil yg kedengeran banget mah..

      • owhh iyaa mang ane pernah denger itu di mobil, kenceng bener bunyinya

  3. Mang, GSX-R nya ada bunyi-bunyi aneh gak?
    S sy kok ada bunyi yg kurang nyaman ya. Cuman sulit mendefinisikan bunyinya.

  4. saya masih bingung motor saya ada suara krrr krr ketika digas dari 2rb rpm dilepas otw idle ada suaraa krrr tek tek hilang dan kadang muncul. takut kruk as nya kena

Yuk Tinggalin Jejak Lads..