Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr.. Beruntung sekali KBY saat ikut sunmori bersama GI Joe beberapa waktu lalu, karena di moment tersebut pada akhirnya berkesempatan test ride sebuah moge yang jarang terlihat di jalan raya.. Test Ride Suzuki GSX-R1000 K5! Yoi, KBY berkesempatan mengetes GSX-R1000 ini sebanyak beberapa putaran. Bagaimana riding impression di atas moge berkapasitas 1000cc ini? Yuk digeber dulu..mayan lah buat nambah nambah wawasan..

test ride Suzuki GSX-R1000 K5

Cukup sulit menemukan moge Suzuki di jalan raya, ya karena untuk moge Jepang rata raya kalau gak Honda ya Kawasaki, Yamaha aja cukup jarang apalagi Suzuki. Padahal secara performa dan handling, konon Suzuki itu lebih banyak dipilih di Amerika sana loh lads… Nah saat sunmori perdana GSX Indonesia Journalist Owner beberapa minggu ke belakang akhirnya kesempatan bertemu salah satu moge legendaris dari Suzuki akhirnya tiba.. Riding Suzuki GSX-R1000 K5!!

Suzuki GSX-R1000 K5

DESAIN SUZUKI GSX-R1000 K5

Moge Suzuki ini dibawa oleh Dukun Satar.. Berwarna merah dengan semburat hitam.. Kode Suzuki GSX-R1000 ini kemungkinan K5 meskipun bisa juga merupakan model K6, tahun pembuatan 2005-2006. Entah apa bedanya selain perbedaan tahun. Melihat sosoknya berlama lama KBY jadi paham banget kalau ternyata, sang adik GSX-R150 memang gak banyak beda dengan para kakaknya yang lebih powerful! Desainnya gak terlalu jauh.. Gak aneh kalau menyebut sang adik merupakan GSX-R1000 atau GSX-R600 versi kecil..

Khas dan karakter Suzuki, desain GSX-R1000 berkode K5 ini gak neko neko, wow effect –nya seperti biasa kurang saat pertama kali melihat, butuh adaptasi untuk mendapatkan rasa suka pada moge yang lebih diterima di negeri paman Sam alias Amerika ini. Pun begitu, melihat sosoknya tidak akan sulit untuk mendapatkan bahwa ini adalah sebuah moge, bukan moge mogean hehe..

Paling jelas ada pada swing arm belakang yang besar, lalu suspensi upside down yang cenderung berwarna tembaga dibanding emas, agak mengaburkan identitas sebuah motor spesial.. Untungnya sasis Suzuki GSX-R1000 buatan tahun 2006 ini ala twin spar atau disebut Suzuki sebagai Twin Beam yang tebal mampu mempertajam karakter sebuah mode, ditambah besarnya ban belakang makin memantapkan sosok moge Suzuki dibawah Suzuki Hayabusa ini..

Desainnya dari samping besar kemungkinan dapat diterima orang, tapi belum tentu dengan bagian belakang dan depannya.. Kurang gahar, meskipun kembali ke selera. Mungkin malahan sosok sang adik, GSX-R600 lebih menarik untuk disimak

PERFORMA SUZUKI GSX-R1000 K5

Jika penampilannya masih kurang meyakinkan kalau Suzuki GSX-R1000 2006 ini merupakan sebuah moge tulen, ada satu hal lagi yang akan membuat orang orang yakin, yaitu suaranya! Dengan menggunakan exhaust tipe free flow dari akrapovic, suara 4 silinder dari Gixxer 1000 ini jelas menggelegar! Edan lah pokoknya, udah kayak halilintar wkwkkw.. Knalpot Akrapovic Megaphone ini emang beneran membantu sosok sang motor secara keseluruhan hehe..

Suzuki GSX-R1000 K5

Lantas bagaimana dengan performanya? Nah kebetulan KBY sempat ngetes lads, mayan ada 4 laps lah ya.. Puter putar sepanjang jalan raya Pati Unus, RSPP dan kembali lagi.. Dibandingkan dengan saudaranya, Hayabusa 1300cc,  Suzuki GSX-R1000 K5 yang punya kapasitas mesin 999cc dengan tenaga sebesar 176bhp dan torsi 117.96Nm tersebut bisa dikatakan lebih “gila”.. Dari awal saja terasa sangat intimidatif!

test ride Suzuki GSX-R1000 K5

Sang moge terasa ogah ogahan dan males diajak santai, jadi kalau pelan pelan maka dia akan terasa endut endutan jalannya.. wkwkw.. Karakternya berbanding terbalik dengan Hayabusa yang buas tapi sopan dan nurut diajak santai.. Tapi ternyata, karakternya itu perlahan jauh berkurang setelah kecepatan berada di 40km/jam atau masuk gigi 2, fine fine saja diajak berkendara pelan.. Tapi begitu turun gigi dan memulai lagi, tabiatnya keluar lagi hehe..

Moge ini punya tenaga 176bhp atau 178.4HP dan torsi 117.96Nm tapi konyol banget rasanya mencoba full throttle di jalanan yang cukup padat, di awal saja tenaga dan torsinya sudah terasa berlimpah, yang jelas menuju 80 atau 100km/jam bukan hal yang sulit bagi GSX-R1000 K5 ini lads..

ini dia sumber suara biadabnya

HANDLING GSX-R1000 

Ergonominya termasuk sangat bersahabat.. tinggi jok hanya 810mm, beda 20mm doang dengan Honda CBR250RR, kaki tetap jinjit tapi aman, gak tau juga ya kalau udah diturunin, yang jelas sih enak.. Setang underyoke khas superbike tapi gak sampai mengganjal perut hehe.. Sayang minim fitur di bagian saklar, speedometernya sendiri perpaduan antara digital dan analog..

Berbelok bersama Gixxer 1000 K5 ini juga cukup mudah, bobotnya yang 166kg lagi lagi gak jauh dengan Yamaha R25 dan CBR250RR, ringan kan?? Makanya, melakukan selap selip juga relatif mudah.. Yang kudu dikontrol hanya putaran gasnya saja.. Kalau over pede siap siap aja mencelat.. Tetap kudu respek, ini moge 1000cc however!

THE VERDICT

Afaik Suzuki GSX-R1000 ini bisa dikatakan sebagai moge yang konvensional, tidak ada piranti elektronik yang membantunya.. riding mode saja gada, kalah sama sang adik GSX-R600 hehe.. Tapi tenaganya ajib.. Entah mengapa Suzuki seperti lebih sayang kepada Gixxer 600, karena dari sisi desain saja, sang kakak ini masih kalah, begitu juga dengan fiturnya.. Soal panas mesin moge Suzuki bisa dibilang pada kalem kalem, panasnya normal untuk sebuah moge.. Tapi, Gixxer 1000 is a nice bike to have lah, meskipun kalau KBY pribadi lebih suka sang adik..

Dengan demikian moge Suzuki yang belum KBY tes jadi tinggal satu, yaitu GSR750.. Soalnya si adik GSX-R600 kebetulan baru saja mencicipinya.. Hmm mudah mudahan next time beruntung lagi..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

45 COMMENTS

  1. yg new gixxer 1000 desainnya jauh bgt sm yg ini , bikin susah tidur. penasaran sama SV650 kang, the essential bike hehehe simple, praktis desainnya timeless.

  2. FYI bahkan pabrikan BMW, melalui insinyurnya, Stephan Zeit, mengembangkan superbike S1000RR dengan mengambil basic dari gixxer k5 ini lho…

    Gixxer K5 was an iconic motorcycle which remains a benchmark in the liter class!!!
    No ride-by-wire, No ride modes, no traction control, no bullshit its just need to be ridden.

  3. waww 166 kg!!! sadiss… jadi penasaran pengen coba… kapok sama ER6N yang feel nya berat bgt, beda jauh sama Z650 yg feel nya lbh light..

  4. Hampir semua moge sdh pernah dicoba, btw moge yamaha kapan mang…? Kok kayaknya ga pernah..? Emg jarang yg punya ato males ngetesnya…?

  5. Bukan lbih sayang yg 600
    Emang klas 600 jepang itu tempatnya motor2 tamvan..masa jelek sndiri

    Klas 1000 mukanya dlu pda biasa2 aja.. jdi gk terlalu kompetitif 😂

  6. Prriiiitt…
    Kepinggir dlu mas yg bawa moge..
    Kenapa itu gk ada plat nomer depan lagi?
    Plat belakang di taro di kolong lagi
    😂😂😂

Yuk Tinggalin Jejak Lads..